Website Wapannuri

BUSUK

Andai semua manusia di dunia ini bermoral, maka bangunlah...sebab anda sedang bermimpi!

Kebusukan Moral

 

Kita hidup di dunia yang penuh dengan berbagai macam manusia. Ada yang baik, ada yang setengah baik, dan ada juga yang kurang baik, tidak baik sama sekali, dan ada yang kejam. Tidak apa – apa, sebab itulah tanda – tandanya kita masih hidup. Jangan dipikirkan, karena dimanapun kita berada, Indonesia, Amerika, Singapore, Thailand, kita pasti menemukan situasi yang sama.

Yang perlu anda lakukan adalah tetap memegang teguh jati diri anda. Tetap yakin dengan integritas anda. Walau bumi bergoncang, saya adalah saya. I am who I am.

Masalahnya adalah bagaimana anda bertindak jika anda mengetahui ada yang busuk di lingkungan anda. Teman anda sudah bau busuk, rekan kerja anda melakukan hal – hal busuk, dan anda mempunyai kesempatan untuk mengungkap kebusukan itu.

Menurut saya, ada dua pilihan yang akan anda hadapi. Pertama, membiarkan bau busuk tersebut menyebar kemana – mana. Atau pilihan kedua, menghentikan penyebaran bau tersebut. Pilihan mana yang anda pilih tidak akan terlepas dari integritas anda. Ada yang memilih membiarkan tetapi ada juga yang memilih menghentikan. Tidak ada yang salah dari kedua pilihan tersebut. Saya hanya menyampaikan konsekuensi dari pilihan anda.

 

MEMBIARKAN BAU BUSUK DI TEMPAT ANDA
Ini adalah pilihan yang sulit dan berat. Tetapi saya percaya anda mempunyai keyakinan dan pertimbangan dengan pilihan anda. Hanya saja, seiring dengan berjalannya waktu, anda akan semakin tertekan karena integritas anda protes. Rasa keadilan anda muncul di waktu istirahat anda, kemarahan karena penghianatan menjadi mimpi buruk anda, pertanyaan demi pertanyaan datang waktu anda sedang sendiri. Mengapa ? Untuk apa ? Demi apa ? Teganya ? Dimana moralnya ? Dimana integritasnya ? Dan lain – lainnya...

Setelah berhasil menenangkan diri anda....akan timbul alternatif berikutnya. Nah ini yang harus anda pertimbangkan dengan baik. Jika teman anda berhasil mengecoh perusahaan anda, dan anda mengetahui cara – caranya. Maka anda sekarang mempunyai kesempatan untuk mengikuti jejak rekan kerja anda. Kabar baiknya, karena anda mengetahui kelemahan sistem rekan kerja anda maka teknik yang anda lakukan akan lebih sempurna, lebih halus, dan lebih sulit untuk dilacak.

Pesan saya....ingat dengan integritas anda. Jangan biarkan titik support dan resistance anda terlewati. Karena pasti akan menembus tingkat berikutnya. Taruhannya adalah integritas anda. Integritas yang anda bangun dengan susah payah, seumur hidup anda.

Ingat keadilan Tuhan. Setiap perbuatan pasti ada akibatnya. Pertanyaannya adalah siapa yang akan kena akibatnya ? Anda sendiri ? Bersyukurlah....karena anak – anak anda telah diluputkan ! Cucu anda ? Jangan sampai terjadi ! Karena mereka tidak berdosa, mereka tidak bersalah!

Berikutnya....yang dapat anda ubah adalah diri anda. Sejarah mencatata bahwa kita tidak pernah bisa mengubah orang lain. Yang bisa anda rubah adalah diri anda sendiri. Anda bisa mengubah sudut pandang anda, anda bisa menentukan sikap anda, dan anda bisa memutuskan tindakan yang akan anda ambil. Dan untuk itulah anda dipanggil. Sebagai terang diantara kegelapan.

Tidak BermoralTetap bersikap profesional, kerjakan tugas anda dengan baik. Singkirkan pekerjaan yang mampu menggoda anda, membangkitkan amarah anda. Jika hal itu tidak memungkinkan....tetap bertahan! Sebab kejadian ini pasti akan berguna untuk masa depan anda. Saya tidak tahu apakah anda bisa bertahan, tetapi yang saya ketahui. Tuhan mengatur semua kejadian untuk mengajar hal-hal yang diperlukan dalam mengenapi takdir kita.

 

MENGHENTIKAN PENYEBARAN BAU BUSUK
Jika ini langkah yang anda pilih, maka hal pertama yang harus anda pertimbangan adalah suara hati anda. Apakah tujuan anda adalah iri hati atau demi kebaikan.

Jika pertimbangan anda adalah iri hati. Maka langkah yang anda ambil salah besar. Percayalah, anda akan lebih jahat dan kejam dari rekan kerja anda. Sebab anda mengetahui cara yang lebih baik dari teman anda. Dan jangan berpikir bahwa cara anda adalah cara terbaik. Akan ada orang yang lebih baik dari anda. Di atas langit masih ada langit. Percayalah. Sejarah mencatat bahwa kekuasaan yang lalim akan digantikan oleh penguasa baru yang lebih lalim. Demikian seterusnya.

Jika pertimbangan anda adalah demi kebaikan. Awas, sebab posisi anda berada di ambang batas antara benar dan salah. Anda akan mendapatkan tawaran dari teman anda yang busuk untuk bekerja sama. Di sini integritas anda akan digoncangkan. Siapa sih yang tidak ingin pergi ngelencer ke luar negeri, memberikan istrinya mobil baru, memberikan mertua alat masak baru, atau memberikan mamanya rumah baru. Jika anda tidak terpengaruh oleh bujukan teman anda....bangunlah....sebab anda sedang bermimpi...

Jika anda memegang integritas anda, maka bersiap – siaplah untuk menerima dua kemungkinan buruk. Pertama, rekan kerja anda akan berubah menjadi musuh anda. Kedua, anda sudah kehilangan rekan kerja yang dulu anda kenal.

 

DILEMA
Tidak ada penyelesaian yang baik dari kedua pilihan kita. Memang itulah kehidupan, namun hidup ini bukan tentang situasi dan keputusan terbaik. Hidup adalah perjalanan anda. Perjalanan anda dan saya menuju takdir hidup yang ditetapkan Tuhan. Yang terpenting di sini adalah keputusan yang akan kita ambil.

Kita perlu uang untuk hidup. Teman anda juga perlu uang. Kita punya keluarga. Demikian pula dengan teman anda, punya istri dan anak. Kita kepingin makan bebek dan bistik. Tak berbeda juga dengan keinginan teman anda. Semuanya normal dan manusiawi.

Yang berbeda di sini adalah cara mendapatkannya. Easy come, easy go. Datang cepat, hilangnya juga cepat. Tapi....demikian pikir anda....aku kok gak sugih-sugih yaa.....ha...ha...ha....samaaaaaa dooooong

Share this content

ARTIKEL TERBARU

17 HUKUM TEAMWORK