Website Wapannuri

FAKTA DAN KATA - KATA

Menjadi seseorang yang bisa dipercaya adalah masalah fakta dan kata – kata. Dipercayai berarti perkataannya sesuai dengan fakta yang terjadi. Sebagai contoh, teman anda mengatakan kalau saat ini dia sedang sakit. Tetapi, anda bertemu dengannya di Mall sedang berjalan – jalan bersama dengan pacar barunya. Apakah teman anda ini termasuk tipe orang yang bisa dipercaya ? Jika sekali atau dua kali, mungkin iya tetapi jika seringkali, maka jawabannya adalah tidak. Fakta dan kata – kata adalah syarat mutlak sebuah kepercayaan.

 

MARKETING - DUNIA KATA-KATA
Hidup di dunia marketing mempunyai kesenangan tersendiri. Lagipula, dunia marketing memberikan kesempatan untuk menjadi kaya dengan modal kata – kata saja. Sampai di sini, saya ingin mengatakan kepada anda yang hidup di dunia ini, “Selamat, anda memiliki modal yang dibutuhkan untuk menjadi kaya !”

teamwork
Yang dibutuhkan dalam marketing adalah kata – kata. Bagaimana kita menyampaikan sesuatu sehingga orang tertarik dengan perkataan kita. Sesuatu bisa disampaikan dengan menarik atau tidak tergantung dari kata – kata yang kita gunakan. Seorang marketing sejati mampu menyampaikan kabar buruk menjadi kabar baik.

Atau memutarbalikan fakta dengan kata – kata. Apakah seorang marketing adalah penipu ? Nggak juga. Marketing adalah permainan kata – kata. Dia mampu menyaring informasi dengan baik sehingga yang disampaikan adalah informasi yang diperlukan. Jadi, yang disampaikan adalah yang sebenarnya, tetapi tidak lengkap. Ha....ha....ha....

Saya mempunyai seorang teman yang hidupnya didedikasikan untuk marketing. Kata – katanya mampu mengubahkan pendirian seseorang, menyampaikan semua hal dengan baik sehingga membuat pendengarnya tertarik. Dari ketertarikan inilah dia membangun suatu hubungan yang ujung – ujungnya adalah penjualan. Rasanya, menjual adalah pekerjaan yang mudah baginya. Selain itu, tutur katanya yang halus membuatnya memiliki banyak teman (atau koneksi). Pendeknya, jalan menuju kekayaan terbuka lebar ! (Dan saya sangat ingin mempunyai kemampuan seperti dirinya he...he...he...)

Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang mempunyai komposisi sebagai berikut :

  1. 60 % marketing
  2. 40 % bukan marketing atau administrator

Jika komposisi usaha anda tidak seperti ini, anda mungkin bisa menjadi kaya...tetapi dibutuhkan waktu yang relatif lebih lama. Lalu apakah kalau komposisinya dinaikkan, katakan 70% marketing 30% administrator, maka kita bisa lebih cepat kaya ? Atau lebih agresif, 85% - 15%.

 

PEKERJAAN - DUNIA FAKTA
Semua manusia, entah itu yang digolongkan suci atau rusak, mempunyai sifat serakah. Anda...dan saya juga!

Dunia nyataSerakah tidak jelek loh...karena serakah memicu kita untuk memiliki lebih dari yang kita punyai saat ini. Serakah adalah kata – kata. Dan sebuah kata - kata tidak mempunyai nilai. Lalu mengapa orang – orang mengatakan bahwa serakah adalah sifat yang buruk ?

Jawaban saya untuk pertanyaan anda ini adalah moral.

Moral adalah nilai – nilai yang kita anut, atau saya bisa menyebut moral sebagai integritas. Jika kita tidak mempunyai moral, maka itulah yang menjadikan kita serakah. Moral menahan kita, menasihati kita, mengingatkan kita, dan membatasi kita. Jika batas ini terlewati maka itulah yang disebut serakah.

Fakta kehidupan adalah yang kuat memakan yang lemah. Jika saya tidak bekerja, maka saya tidak akan bisa makan. Sekarang, tergantung apa yang akan kita makan. Tahu tempe atau bistik dan ikan. Berikutnya, makanan siapa yang kita makan ? Jatah kita sendiri atau jatah rekan kerja kita ?

Sebuah perusahaan yang golongan marketingnya lebih dari 60% tidak akan menjadikan perusahaan tersebut lebih sukses. Tetapi menjadikan perusahaan tersebut medan perang ! Sebab ego seorang marketing sangat tinggi.

 

TEAMWORK - DUINIA FAKTA DAN KATA-KATA
Marketing mutlak dibutuhkan dalam suatu perusahaan. Tetapi untuk menjaga perusahaan tetap berdiri dibutuhkan sebuah kerjasama. Kerjasama antar orang perorang, divisi, bagian, atau pimpinan dan bawahan. Dengan kata lain, dibutuhkan timwork.

Tim yang kuat harus terdiri dari berbagai macam orang. Ada yang jago marketing, ada yang jago keuangan, jago administrasi, dan jago mencari kesenangan.

Tim yang kuat harus mempunyai kesadaran. Mereka sadar mereka membutuhkan satu sama lain. Mereka sadar kemampuan dan kekurangannya. Mereka tahu keberadaan mereka adalah untuk menutupi kekurangan rekannya. Mereka mengerti dengan bekerja di bidang yang dikuasainya akan membuat cara kerjanya lebih efektif.

Tim yang kuat dilandasi oleh kepercayaan. Mereka percaya bahwa rekan kerjanya akan melakukan yang terbaik. Mereka percaya bahwa semua masalah yang akan timbul akan diselesaikan oleh ahli-ahlinya. Mereka percaya dengan timnya dan mereka bekerja sesuai keahliannya.

Timwork mampu menghasilkan 10 kali lipat dari yang dapat dihasilkan oleh seseorang. Dan juga mampu menyelesaikan masalah yang muncul dengan cepat.

Sayangnya.....timwork membutuhkan kepercayaan. Dan kepercayaan adalah kesesuaian antara kata – kata dengan fakta.
Lebih sulit lagi, timwork menuntut orang untuk bermoral . Mengetahui batas – batas yang tidak boleh dilewati dan membiarkan orang untuk menikmati jatah yang bisa kita ambil dengan mudah.

17 PRINSIP MEMBANGUN TIM
Landasi tim anda dengan ke-17 hukum mutlak teamwork ini!

Share this content

ARTIKEL TERBARU

17 HUKUM TEAMWORK