Website Wapannuri

KECURIGAAN : JALAN MENUJU KEHANCURAN TEAMWORK!

Jika sudah ada rasa curiga dalam anggota tim anda....ketahuilah ! Tim anda berjalan menuju kehancuran !

Rasa curiga tidak salah dan baik. Asalkan diletakkan pada tempat dan waktunya. Tetapi karena kita sudah diajarkan bahasa Indonesia mulai dari kecil sampai besar, dan ada pelajaran mengenai konotasi negatif serta konotasi positif, maka kita menilai kata curiga dengan konotasi negatif. Tetapi pada kenyataannya, semua kata adalah netral, bisa berarti positif dan juga berarti negatif. Tergantung waktu dan situasinya.

Kecurigaan

Darimana asalnya rasa curiga ini ? Menurut saya, kecurigaan itu berasal dari sesuatu yang tidak biasanya. Misalnya saja, mantan pacar saya biasanya sampai di rumah pukul 19.00, dan kalau dia pulang terlambat, maka dia akan SMS mengatakan kalau pulangnya agak terlambat. Kamis lalu, tanggal 28 Mei, si Ucrit pukul 20.00 belum pulang dan tidak kasih kabar. Maka mulailah timbul rasa curiga saya. Ini lain dari biasanya. Saya langsung telepon dia. Dan tidak diangkat....tambah curiga saya....jangan - jangan ada apa - apa dengan dia. Mulailah saya berpikir yang jelek - jelek.

Mungkin di jalan dia menjadi korban kejahatan. Tasnya dirampas sehingga tidak bisa menghubungi saya. Atau diculik dan minta tebusan kepada saya (ha...ha...ha...salah sasaran. Tapi jujur loh saya punya pikiran begitu, karena Ucrit kan ayu !) Atau pikiran lainnya, terjadi kecelakaan....

Lima belas menit kemudian, HP saya berbunyi....ternyata...Ucrit telepon dan mengatakan kalau tadi dia berada di lift tempat kerjanya, dan tangannya bawa barang banyak sehingga gak bisa mengangkat telepon saya. Setelah sampai mobil dia baru bisa telepon dan sekarang sedang meluncur ke rumah. Wuiih...leganya !

 

KETIDAK-TERBUKAAN
Kita semua pasti setuju bahwa unsur terpenting dalam suatu hubungan adalah kepercayaan. Dan lebih setuju lagi bahwa pelanggaran terhadap rasa percaya ini tidak dapat diampuni. Atau tiada maaf bagi dirimu yang telah menghancurkan kepercayaan dariku ini. Tidak ada kesempatan kedua!

Kepercayaan bisa bertumbuh atau bisa menurun. Tergantung dari kesesuaian antara kata - kata dengan tindakan. Jika yang dikatakan sama dengan yang dilakukan, maka kepercayaan bertambah. Jika yang dikatakan tidak sama dengan yang dilakukan maka kepercayaan menurun dan rasa curiga bertambah. Sedikit demi sedikit....dari curiga hal - hal yang kecil sampai mejadi besar...sehingga semua yang dilakukan hanya membesarkan rasa curiga. Dan akhirnya...DHUUAAAAR...meledak ! Dan buyaaar !

Sayangnya hal ini memerlukan penjelasan dari kedua belah pihak ! Pihak yang mencurigai dan yang dicurigai. Yang mencurigai merasa benar, demikian pula yang dicurigai, juga merasa benar ! Lalu yang salah siapa ? Yang salah adalah persepsi !

 

SOLUSI
Penyelesaiannya gampang kok. Ajukan pertanyaan ini kepada diri anda sendiri. Bisakah anda tetap mempunyai persepsi positif meskipun pada kenyataannya tidak ? Bisakah anda meminta penjelasan dari orang yang anda curigai itu ? Maukah anda melakukan dua hal yang gampang diatas tadi ? Sebab sudah menjadi hukum alam, bahwa kita tidak bisa merubah orang lain sebelum kita merubah diri kita terlebih dulu !

Pertimbangkan saja...anda membentuk tim sekian lama, sekian tahun, banyak darah dan keringat yang keluar. Tetapi hancur hanya karena sebuah kata "curiga"

17 Prinsip TEAMWORK
Bangun tim anda dengan ke-17 landasan John C.Maxwell

Share this content

ARTIKEL TERBARU

17 HUKUM TEAMWORK