Website Wapannuri

HUKUM PEMAIN CADANGAN | 17 PRINSIP KERJASAMA

Semua tiim yang ingin meraih kesempurnaan harus memiliki pemain pengganti yang sama baiknya dengan para pemain utama. Anda mungkin bisa melakukan beberapa hal yang luar biasa bersama sekelompok orang hebat, namun jika anda ingin tim anda bisa berprestasi untuk jangka panjang, bangunlah tim cadangan. Sebuah tim yang hebat tanpa pemain cadangan pada akhirnya akan hancur. Itulah Hukum Pemain Cadangan.

 

Prinsip teamwork, pemain cadangan

 

PEMAIN CADANGAN ITU PENTING
Semua orang memiliki nilai dan setiap pemain dalam sebuah tim memberikan nilai tambah pada tim itu dengan cara tertentu. Kebenaran ini saja seharusnya cukup untuk membuat para anggota tim peduli pada pemain cadangan. Enam alasan ini seharusnya membuat anda merubah pandangan mengenai peranan pemain cadangan :

Joe Montana1. Pemain cadangan hari ini bisa menjadi bintang di masa depan
Sangat jarang ada orang yang langsung mengawali karier mereka sebagai bintang. Kalaupun ada, mereka yang seperti itu kadang kala menemukan bahwa kesuksesan mereka sama seperti kesuksesan bintang film anak-anak. Setelah menjadi sorotan sebentar, mereka tidak pernah bisa menarik perhatian lagi.

Kebanyakan orang berhasil melalui masa pelatihan sebagai pemain pemula. Salah satunya adalah Joe Montana yang masuk dalam NFL Hall of Fame pada tahun 2000. Ia menghabiskan waktu dua tahun sebagai pemain cadangan sebelum akhirnya terpilih sebagai pemain utama San Fransisco 49ers. Sementara ia memecahkan rekor dan memimpin timnya ke berbagai pertandingan Super Bowl, orang yang menjadi pemain cadangan untuk mendukung dirinya adalah Steve Young, quarterback back lainnya.

Beberapa anggota tim yang berbakat lebih cepat dikenali karena sumbangsih positif mereka. Mereka dikembangkan untuk meraih kesuksesan. Anggota lainnya belajar, bertumbuh, dan memperoleh pengalaman selama bertahun-tahun tanpa ada seorang pun yang mengenali mereka. Lalu setelah 10 tahun bekerja keras, mereka terlihat “sukses dalam waktu semalam.” Dengan kondisi saat ini, di mana orang – orang bisa dengan mudah berpindah pekerjaan yang satu ke pekerjan yang lain, dan bahkan dari karier satu ke karier lain, para pemimpin yang baik harus selalu memperhatikan bakat – bakat yang baru muncul. Jangan pernah terburu – buru meremehkan siapa pun di dalam tim anda. Dengan dorongan, pelatihan, dan kesempatan yang tepat, hampir semua orang yang memiliki keinginan kuat bisa menjadi seorang pemain yang efektif suatu hari nanti.

2. Kesusksesan seorang pemain cadangan bisa melejitkan pemain utama
Ketika semua anggota tim memperoleh peran yang paling sesuai dengan bakat, karunia, dan pengalaman mereka, serta melakukannya dengan sangat baik, maka tim itu benar – benar diuntungkan. Prestasi dari keseluruhan tim itu membuat para pemain utama berkembang, dan prestasi dari para pemain utama akan membawa timnya ke tingkatan yang lebih tinggi. Prestasi sebuah tim jauh melampaui hasil tiap bagian tim yang dijumlah menjadi satu.

Anda mungkin pernah melihat tim yang dipimpin oleh orang – orang yang tidak memahami kebenaran ini. Misalnya saja, mereka lebih memilih untuk menyuruh para penjual bernilai jutaan dolar mereka untuk mengerjakan tugas-tugas adminstratif daripada menghubungi calon klien. Jika perusahaan ini mempekerjakan seseorang yang menikmati tugas – tugas administratif, para penjual itu akan senang dan menjadi lebih produktif. Selain itu, pendapatan penjualan mereka akan melebihi biaya untuk mempekerjakan petugas administratif itu. Ketika setiap orang diizinkan untuk bekerja di area kekuatan mereka, keseluruhan tim akan menang.

Biografi Steve Young3. Ada lebih banyak pemain cadangan daripada pemain utama
Ketika anda membaca daftar nama pemain dari tim sukses mana pun, anda akan melihat bahwa jumlah para pemain yang diturunkan di awal pertandingan selalu lebih sedikit daripada jumlah pemain yang menunggu di bangku cadangan. Dalam basket profesional, ada 12 orang dalam tim, namun hanya lima orang yang membuka permainannya. Tim liga utama baseball mulai bermain dengan sembilan orang, namun mereka membawa 40 orang pemain. Dalam Rugbi profesional, 22 orang membuka penyerangan dan pertahanan, namun masing – masing tim diperbolehkan untuk membawa 53 oang pemain di semua lini. Tim – tim kampus bahkan sering kali membawa lebih dari 100 pemain.

Anda akan menemukan situasi yang sama dalam setiap bidang. Dalam industri hiburan, aktornya sering kali dikenal, namun ratusan kru yang terlibat dalam pembuatan filmnya itu tidak dikenal. Dalam pelayanan, semua orang mengenl para pelayan mimbar, namun dibutuhkan banyak orang yang bekerja di belakang layar agar sebuah kebaktian bisa berjalan dengan baik. Untuk setiap tokoh politik, eksekutif perusahaan, atau desainer mode terkenal yang anda tahu, ada ratusan orang yang diam – diam bekerja keras di belakang layar untuk mewujudkan pekerjaan orang terkenal itu. Tidak ada seorang pun yang bisa mengabaikan kinerja mayoritas anggota tim namun berharap untuk sukses.

4. Seorang pemain cadangan akan menjadi lebih berharga daripada pemain utama pada waktunya
Saya rasa jika anda bertanya pada kebanyakan orang bagaimana mereka akan menggolongkan para asisten administrasi sebagai anggota tim, mereka akan menjawab bahwa para asisten itu adalah pemain cadangan, karena peran mereka adalah mendukung. Saya sependapat dengan itu – sekalipun dalam kasus – kasus tertentu, orang – orang administratif bisa langsung mempengaruhi sebuah organisasi. Pada waktunya nanti, nilainya sebagai seorang pendukung akan berubah menjadi pemain utama.

5. Pemain cadangan yang kuat memberikan lebih banyak pilihan
Ketika sebuah tim tidak memiliki pemain cadangan, satu-satunya pilihan bagi pemimpinnya adalah merotas peain utama untuk memaksimalkan efektifias mereka. Jika seorang pemain utama tidak bisa melakukannya, tim itu tidak beruntung. Jika mereka memiliki pemain cadangan yang lemah, pemimpinnya hanya memiliki sedikit plihan, dan sering kali pilihan – pilihan itu pun tidak terlalu baik. Namun ketika sebuah tim memiliki pemain cadangan yang hebat, pilihannya hampir tak terbatas.

Ketika salah seorang pemain utama cedera, ia memiliki penggantinya. Jika musuhnya mengubah pertahanan, ia memiliki cadangan pemain penyerang untuk mengatasi tantangan itu. Apa pun situasi yang dihadapinya, dengan tim cadangan yang kuat, ia memilki banyak pilihan yang akan memberikan timnya peluang untuk menang.

6. Pemain cadangan biasanya dipanggil di saat – saat kritis
Ketika sebuah pasukan berada dalam masalah, apa yang mereka lakukan ? Mereka memanggil bantuan. Itulah yang terjadi dalam semua bidang kehidupan. Anda tidak membutuhkan tim cadangan ketika semuanya berjalan dengan baik. Anda membutuhkan tim cadangan di saat – saat kritis. Ketika pemain utama terluka dan tim berada dalam bahaya, penggantinya akan masuk ke dalam permainan. Efektivitas orang itu seringkali menentukan kesuksesan sebuah tim.

Tahap

 

TAHAPAN ORGANISASI DAN PERGANTIAN ANGGOTA TIM
Tim mana pun yang menghindar stagnasi dengan berusaha mengembangkan diri akan melalui banyak perubahan dan, sementara pintunya berputar, berbagai tipe orang akan terus datang dan pergi. Misalnya saja, ketika sebuah organisasi baru saja mulai, ia banyak merekrut. Perusahaan itu tidak kehilangan siapa pun dan bersedia menampung siapa saja. Berita baiknya adalah bahwa ketika orang – orang itu direkrut, timnya terbentuk. Berita buruknya adalah bahwa orang – orang yang direkrut tidak selalu baik.

Ketika sebuah tim meminta komitmen, beberapa anggota tim meninggalkannya. Namun itu baik. Komitmen menyingkirkan orang – orang yang tidak berkomitmen dan menguatkan komitmen anggota tim yang bertahan.

Ketika tim itu sudah memiliki orang – orang inti yang berkomitmen dan mulai bertumbuh, tim itu sekali lagi merekrut orang baru. Orang – orang yang bergabung seringkali tertarik pada tim itu karena tingkat komitmen yang mereka lihat dalam diri para pemain lama. Hal itu meningkatkan kemampuan, mendorongnya untuk melangkah maju, dan mendukung tim itu untuk berprestasi meraih kesuksesan.

Tahap Pertumbuhan TimAkan tetapi, ketika sebuah tim meraih kesuksesan, pasti ada beberapa orang yang ingin meninggalkannya dan mencoba meraih kesuksesan yang lebih besar sendirian. Itulah saat – saat yang kritis bagi tim itu. Jika anda bisa memberikan tantangan – tantangan yang menarik dan membagi tanggungjawab serta penghargaan bersama mereka, anda mungkin bisa mempengaruhi mereka untuk tetap tinggal (jika tidak, anda mungkin terpaksa mengandalkan para pemain cadangan anda, dan anda akan mengetahui seperti apa tim cadangan yang telah anda bangun!)

Jika anda bisa terus bertumbuh setelah meraih kesuksesan dan mengulangi prosesnya sementara terus – menerus membangun tim cadangan, maka anda bisa menciptakan sebuah tim yang bertahan lama. Itulah yang dilakukan organisasi seperti GE, Disney, dan Home Depot. Pertumbuhan yang berkesinambungan dan reputasi keberhasilan mereka terus menarik orang – orang yang berkualitas pada mereka.

 

KISAH HIDUP STACY BUCHANAN
Dua setengah tahun yang lalu, seorang kenalan Stacy yang adalah pencari bakat mengarahkan dirinya ke INJOY Group. Pada waktu itu, kami sedang mencari aunan senor dan Stacy miliki latar belakang yang luas di bidang akuntansi. Ia teah mempersiapkan dirinya untuk menjadi akuntan publik bersertifikat (CPA), pernah bekerja selama enam tahun di organisasi non-profit yang mendunia, dan sempat mengajar selama beberapa tahun.

Injoy Group Stacy percaya dengan segenap hatinya bahwa ia adalah bagian dari INJOY Group dan ia benar – benar ingin bekerja dengan kami. Jadi ia melamar dan melakukan wawancara dengan kami, namun hal yang paling tidak diinginkannya adalah kembali ke dunia akuntansi. Christine Johnson, seorang karyawan yang telah lama bekerja di INJOY dan menjadi Manajer SDM kami saat itu, mewawancarai Stacy. Christine tahu bahwa Stacy sangat berharga dan ia tidak ingin melepaskannya. Jadi Christine mengenalkan Stacy pada Dick Peterson, Direktur Operasional. Sementara mereka bercakap – cakap, Dick pun tahu bahwa Stacy sangat berpotensi. Pada akhirnya Dick bertanya, “Pekerjaan apa yang anda inginkan?”

Stacy mengerahkan keberaniannya dan menjawab, “Sesungguhnya, Dick, saya menginginkan pekerjaan Christine:merekrut.”

Christine sangat senang mendengarnya. Selama ini ia dengan penuh tanggungjawab merekrut karyawan baru, namun tidak benar – benar menikmatinya. Ia juga tidak bisa menggunakan potensi terbesarnya. Ia dan Dick dengan gembira menciptakan posisi bagi Stacy sebagai perekrut, sehingga Christine bebas untuk berfokus pada administrasi dan manajemen. Dalam waktu tiga puluh bulan sejak saat itu, Stacy telah mempekerjakan hampir 200 orang untuk perusahaan INJOY, baik pemain utama maupun para pemain cadangan. Prestasinya sungguh luar biasa.

“Saya tahu akan terdengar seperti seorang pegkotbah dengan 6P saya,” kata Stacy, “namun ini akan memberi gambaran pada anda mengenai cara saya menempatkan orang. Saya menganalisa area – area berikut ini :

  1. Personality. Tes ini untuk menunjukkan apakah kepribadian seseorang adalah mendorong, mempengaruhi, mendukung, atau menghitung.
  2. Passion. Saya mencari tahu apa yang memotivasi mereka, baik itu hasil, hubungan, uang, pengakuan, penegasan, dampak, atau ketentraman
  3. Pattern. Saya mencari pola kesuksesan dan kegagalan mereka. Saya mengali apakah mereka lebih baik bekerja sendirian atau di dalam tim
  4. Potential. Saya berusaha melihat apa yang bisa mereka capai jika diberi arahan, motivasi, bimbingan, dan kepemimpinan yang tepat. Secara khusus saya menilai apakah mereka itu pemelihara atau pembangun.
  5. Profil. Saya mengukur apakah mereka akan cocok dengan budaya kami dan apakah mereka benar – benar sesuai dengan INJOY.
  6. Placement. Pada akhirnya saya berusaha mengukur di mana mereka akan sesuai, tim mana yang akan mereka untungkan namun sekaligus bisa memberikan nilai tambah bagi mereka.

 

Stacy telah melakukan pekerjaan yang mengagumkan dalam membangun tim INJOY melalui perekrutan dan sekarang ia telah mengembankan peranannya ke arah pelatihan. Ia berperan besar dalam memulai 9 kelompok monitoring yang saat ini diterapkan di INJOY Group. Stacy menyimpulkan pekerjaannya dengan mengatakan, “Keinginan terbesar saya adalah melihat orang – orang memainkan musik yang ada di dalam jiwa mereka.”

 

KESIMPULAN
Jika tim anda sedang mengalami masa sulit, anda tentu memahami pentingnya memiliki tim cadangan yang baik. Namun jika segalanya berjalan mulus, inilah saatnya mengembangkan para pemain cadangan anda. Bangunlah tim cadangan anda saat ini untuk menghadapi krisis di kemudian hari.

Hukum Identitas
Ketika Tim bertambah besar, inilah saatnya Hukum Identitas mengambil peranan

17 Prinsip Membangun Tim Pemenang
Tidak ada hal besar yang dapat dicapai oleh tim yang kuat ! Pahami prinsip ini dan LAKUKAN!

Share this content

ARTIKEL TERBARU

17 HUKUM TEAMWORK