Website Wapannuri

TEAMWORK, MEMILIH ORANG YANG TEPAT

Anda membutuhkan seseorang dengan kepribadian merah untuk membuat proyek anda sukses. Anda  juga membutuhkan si biru untuk mendapatkan hasil terbaik. Jika yang anda inginkan adalah maha karya, maka anda membutuhkan seorang yang berkepribadian putih.
Dan perayaan adalah tugas si kuning.

The Winning Team
The sainT Wedding Organizer, team yang cukup lengkap.

MERAH SI PENDOBRAK
Tidak ada kepribadian yang begitu menginginkan menjadi pemenang selain si merah ini. Tipe kepribadian ini menjadikan hidup sebagai tantangan. Berikan kepada mereka tujuan dan kebebasan, anda akan terkejut dengan hasilnya.

Tidak sulit untuk menemukan manusia dengan kepribadian merah ini. Umumnya mereka tegas, to the point, dan ceplas ceplos. Arah pembicaraan mereka selalu mengenai persaingan, tantangan, dan kemenangan. Mereka biasanya agresif dan cepat, orientasinya adalah kuantitas. Soal kualitas masuk urutan kedua.

 

BIRU SI PERFEKSIONIS
Dunia kita saat ini menginginkan hasil yang cepat. Jika kita tidak mampu, akan ada orang lain yang mampu bertindak cepat. Namun, apakah kecepatan itu sebanding dengan hasilnya, yaitu terbaik. Siapa yang suka dengan hasil cepat namun asal-asalan ?

Kita membutuhkan seorang yang berkepribadian perfeksionis ini. Mereka membuat setiap proyek menjadi sempurna. Tidak ada detail, masalah, dan fungsi yang kelewatan oleh si perfeksionis ini. Mereka belajar dari kesalahan yang lalu, memperbaikinya untuk masa kini,  dan memikirkan yang mungkin terjadi di masa depan. Dengan seorang biru dalam team anda, tidak akan ada yang ketinggalan di proyek anda.

Biru mudah dikenali ketika mereka sedang dalam masalah. Tidak ada orang yang memikirkan  masalahnya seperti kepribadian ini. Mereka bisa hanyut dalam emosi  dan mengalami depresi. Untungnya, begitu mereka kembali normal, produktivitas mereka akan membaik pula.

 

PUTIH SI PENGHUBUNG
Anda telah memiliki dua kekuatan yang bertentangan.
- Merah berorientasi pada kuantitas, sedangkan Biru pada kualitas.
- Merah maju dengan keberanian, sementara Biru menunggu kepastian
- Merah menantang resiko, sedangkan Biru mencari kestabilan

Dua tipe kepribadian ini memang ditakdirkan untuk bermusuhan. Jika anda seorang marketing, anda pasti mengerti susahnya berbicara dengan divisi keuangan anda. Sedangkan jika anda seorang akuntan, anda pasti kesal dengan tingkah laku koboi tenaga penjualan. Begitu susah bagi seoang markerting untuk mengikuti prosedur, dan sangat susah untuk berbicara mengenai "peluang" pada seorang akunting.
Keduanya sama-sama berbicara, namun sama-sama tidak mengerti bahan pembicaraan. Dua-duanya adalah manusia, berbicara dengan bahasa yang sama. Bagaimana masing-masing orang tidak mengerti maksud lawan bicaranya ? Aneh bukan ? Aneh tapi nyata !

Untuk itulah, dalam team anda harus ada seorang penerjemah. Seorang yang mengerti bahasa kepribadian merah sekaligus mengerti bahasa si biru. Saya menyebut mereka sebagai jembatan penghubung, si penghubung pendeknya.

Sangat sulit untuk menemukan seseorang dengan kepribadian putih ini karena mereka seperti bunglon. Kadang mereka tampak agresif seperti merah, di lain waktu mereka bisa secerewet biru. Namun yang pasti, mereka selalu tampil tenang. Kelebihannya adalah menempatkan perspektif dengan benar. Putih mengajak kepribadian lainnya melihat dari sudut pandang lawan bicaranya.

 

KUNING SI RAJA HIBURAN
Siapa di antara anda yang tidak suka bermain ? Menonton bioskop ? Berarung-jeram ? Tertawa ? Pesta ? Atau menikmati waktu istirahat ?
Semua perayaan itu akan lebih hidup dengan seorang kuning di dalamnya.

Kepribadian seorang kuning diperlukan dalam sebuah team untuk merayakan keberhasilan proyek. Hidup ini memang untuk bekerja, namun akan berubah menjadi monoton jika tanpa dibumbui dengan kesenangan. Kuning mampu merubah sebuah proyek menjadi menarik untuk dikerjakan. Kepribadiaan ini memasukkan ide-ide gila yang membuat pendengarnya sekaligus pengerjanya bersemangat. Dia mengelitik keinginan terdalam kita untuk bermain dan bersenang-senang.

Si Raja Hiburan ini sangat mudah dikenali. Mereka adalah seseorang yang suka bergurau. Mereka populer, dan mereka sangat suka berbicara. Tidak ada situasi di mana mereka kehabisan topik pembicaraan. Mereka mengobrol tentang sepatu, cuaca, baju, bahkan orang yang baru saja lewat di depan mereka. Mereka senang membuat orang lain tertawa dan bahagia.

Sebuah proyek harus dikerjakan secara serius sehingga menghasilkan sebuah mahakarya. Namun, apakah mungkin memasukkan unsur-unsur kesenangan dan permainan dalam proyek tersebut ? Bukankah semua orang senang bermain ?

Bagi saya, hal itu mungkin jika ada seorang kuning dalam team anda. Sebuah mahakarya yang agung sekaligus menyenangkan untuk dilihat

17 PRINSIP membangun Tim Pemenang
Pahami dan kerjakan ke 17 hukum ini, dan andalah tim pemenang!

Share this content

ARTIKEL TERBARU

17 HUKUM TEAMWORK