Website Wapannuri

HUKUM PAPAN SKOR | 17 HUKUM TEAMWORK

Setiap permainan memiliki peraturan dan definisinya sendiri mengenai meraih kemenangan. Beberapa tim mengukur kesuksesan mereka berdasarkan perolehan angka, keuntungan, atau jumlah orang yang mereka layani. Namun apa pun permainannya, papan skor selalu ada. Jika sebuah tim sedang berusaha mencapai tujuannya, mereka harus tahu di mana posisi mereka. Tim harus mengevaluasi diri mereka sendiri menurut papan skor itu. Inilah Hukum Papan Skor !

 

 Hukum Papan Skor

 

NILAI PENTING SEBUAH PAPAN SKOR
Mengapa papan skor sangat penting ? Karena tim yang meraih kesuksesan melakukan penyesuaian terus – menerus memperbaiki diri dan keadaan mereka. Misalkan saja, bayangkan bagaimana persiapan sebuah tim sepak bola menghadapi pertandingan. Sebelum pertandingannya mulai, mereka menghabiskan sangat banyak waktu untuk melakukan perencanaan. Para pemain mempelajari rekaman pertandingan selama berjam – jam dan menghabiskan waktu berhari – hari untuk memperkirakan apa yang akan lawan mereka lakukan, serta memutuskan cara terbaik untuk meraih kemenangan. Akhirnya tersusunlah sebuah rencana pertandingan yang terperinci.

Ketika pertandingannya dimulai, rencana menjadi sangat penting, dan papan skor tidak ada artinya. Namun ketika pertandingannya berlangsung, rencana permainan menjadi semakin tidak berarti, dan papan skornya menjadi lebih penting. Mengapa ? Karena permainannya terus berubah. Anda lihat, rencana permainan mengatakan apa yang anda inginkan terjadi. Namun papan skor menjelaskan apa yang sedang terjadi.

Papan skor penting bagi tim manapun, apapun, dimanapun karena lima alasan di bawah ini :

Papan Skor tim1. Papan skor menjelaskan situasinya
Dalam olahraga, para pemain, pelatih, dan pendukung memahami nilai penting dari papan skor. Itulah sebabnya papan skor bisa dilihat dengan mudah di setiap stadion, arena, dan lapangan bola. Papan skor menggambarkan kondisi di lapangan saat itu. Sekalipun anda datang telambat, anda cukup melihat papan skor untuk mengetahui keadaan pertandingan itu.

Saya sering kali terkejut melihat betapa banyak orang di luar dunia olahraga yang berusaha keras untuk sukses tanpa melihat papan skor. Beberapa keluarga mengelola rumah tangga mereka tanpa anggaran dan bertanya – tanya mengapa mereka terlilit hutang. Beberapa pemilik usaha kecil bertahun – tahun menjalankan usahanya tanpa mencatat penjualan atau membuat neraca dan bertanya – tanya mengapa usaha itu tidak berkembang. Beberapa pendeta menyibukkan diri mereka sendiri dengan banyak aktifitas, namun tidak pernah berhenti untuk mengukur apakah mereka sedang menjangkau orang – orang atau melayani sesuai dengan standar Alkitab.

2. Papan skor membantu kita melakukan evaluasi
Saya percaya bahwa pertumbuhan pribadi adalah kunci kesuksesan. Ini terdengar sederhana, bukan ? Namun kadang kala orang melupakan fakta bahwa mereka tidak bisa bertumbuh tanpa sekaligus berubah. Kebanyakan orang berada di posisi seperti yang digambarkan oleh pelatih Lou Holtz, “Kita tidak berada di mana kita ingin berada, kita tidak berada di mana kita seharusnya berada, namun syukurlah kita tidak berada di tempat di mana kita pernah berada dulunya.”

Dalam pertumbuhan pribadi, berubah saja tidak cukup. Jika ingin menjadi lebih baik, anda harus berubah ke arah yang benar. Hal itu hanya bisa dilakukan jika anda mampu mengevaluasi diri sendiri dan rekan satu tim anda. Itulah alasan mengapa papan skor itu penting. Papan skor terus – menerus memberikan masukan pada anda. Bertanding tanpa papan skor sama halnya dengan bermain bowling tanpa pin. Anda mungkin saja bekerja keras namun tidak benar – benar memahami seperti apa kondisi anda sesungguhnya.

3. Papan skor membantu kita mengambil keputusan
Setelah mengevaluasi situasi anda, anda siap untuk mengambil keputusan. Dalam basket, papan skor bisa digunakan untuk menentukan kapan mereka harus meminta istirahat. Dalam baseball, papan skor membantu sang manajer memutuskan kapan ia harus mengganti pemain. Setelah memahami posisinya secara keseluruhan, kita bisa mengevaluasi efektifitas tiap – tiap bidang dan akhirnya membuat keputusan yang tepat.

4. Papan skor membantu kita melakukan penyesuaian
Semakin tinggi tingkata di mana anda dan tim anda berkompetisi, semakin kecil penyesuaian yang dibutuhkan untuk meraih yang terbaik. Namun penyesuaian adalah kunci untuk meraih kemenangan, dan papan skor membantu anda melihat di mana penyesuaian itu perlu dilakukan.

5. Papan skor membantu kita meraih kemenangan
Pada akhirnya, tidak ada seorang pun yang bisa meraih kemenangan tanpa papan skor. Bagaimana anda tahu kapan kemenangan anda dipertaruhkan jika tidak ada papan skor ? Bagaimana anda tahu waktunya hampir habis jika anda tidak melihat papan skor ? Bagaimana anda tahu itu adalh saat – saat yang mulus atau genting jika anda tidak memiliki papan skor sebagai tolak ukur ? Jika anda hanya ingin bermain santai dengan beberapa orang teman,anda tidak perlu mengkhwatirkan apa pun. Namun jika anda berusaha untuk menjadi juara nasional, anda dan tim anda harus tahu di mana anda berada!

 

Nilai tim anda

 

KISAH PERUSAHAN INTERNET E-BAY
eBay adalah perusahaan yang mengkhususkan diri untuk menghubungkan pembeli dan penjual melalui internet. Perusahaan itu didirikan oleh Pierre Omidyar di ruang keluarganya di San Jose, California pada bulan September 1995, dengan misi membantu orang – orang menemukan barang – barang bekas, langkah, atau berharga untuk dikoleksi. Idenya melejit dan menjadi sangat sukses sehingga Omidyar kewalahan. Saat itulah ia merekrut Meg Whitman, yang meraih gelar MBA dari Harvard dan memiliki pengalaman kepemimpinan yang luar biasa sebagai manajer umum di Hasbro, presiden dan CEO dari FTD, dan wakil presiden senior dari Walt Disney Company.

Inilah cara sebuah artikel di majalah Time menjelaskan kesuksesan eBay :

  “Sebagai perantara pembelian melalui internet, eBay membangun sebuah kerajaan yang tidak bisa disentuh oleh batu bata dan semen. ‘Jika buy.com jatuh, anda masih bisa pergi ke Circuit City,’ kata Meg Whitman ... CEO dari eBay. Namun jika eBay jatuh, tidak ada lagi tempat lainnya. Dan karena pekerjaan eBay adalah menghubungkan orang, bukan menjual hal – hal pada orang, eBay tidak terhambat oleh struktur biaya eceran tradisional ...’ eBay adalah satu-satunya pengecer maya yang benar – benar mewujudkan janji internet,’ kata Faye Landes, analis e-commerce di Stanford C.Bernstein & Co.”

 

Pierre Omidyar EbayKejeniusan eBay adalah hasil dari menguasai Hukum Papan Skor. Mereka terus – menerus membuat penyesuaian karena mereka tahu di mana mereka berada dan itulah yang membuat mereka tetap menjadi yang terdepan. Dalam kasus eBay, papan skornya adalah keinginan serta ketertarikan para pelanggan dan calon pelanggan. Ketika mengendus bahwa banyak orang merasa kurang aman ketika melakukan transaksi di internet, eBay menjadikan kepercayaan, keamanan, dan privasi sebagai lambang dari perusahaan itu. Ketika mengetahui bahwa orang – orang ingin memperoleh penilaian yang jelas atas orang-orang yang menjual barang  - barang di situs itu, eBay juga mencptakan sistem pemeringkatan yang unik agar setiap pelanggan bisa bertukar informasi. Perusahaan itu bahkan menciptakan sebuah kelompok khusus, Consumer Insight Group, untuk melacak apa yang orang – orang inginkan.

Dalam tiga tahun terakhir ini, eBay telah mempelajari semua hal yang bisa dipelajari mengenai para penggunanya dan apa yang mereka inginkan sambil terus mengikuti tren konsumen. Perusahaan itu memperluas lingkupnya, dari sebuah tempat yang memperdagangkan boneka Beanie Babies menjadi layanan pelelangan yang menawarkan bermacam – macam jasa, antara lain:

  • Perdagangan lokal husus untuk barang – barang yang sulit dikirimkan
  • Layanan pelelangan global yang meliputi 150 negara
  • Perdagangan barang dan jasa antar perusahaan
  • Situs pelelangan mobil
  • Layanan real estate

Pada tahun 2000, ketika eBay melihat bahwa sebuah perusahaan baru yang bernama Half.com berhasil menjual CD bekas, buku, film, dan video games dengan harga pas, eBay membeli perusahaan ini.

Hasilnya adalah eBay menerima ratusan penghargaan yang sangat bergengsi, termasuk “Pengusaha Tahun Ini” versi majalah Business Week, “Ritel Elektronik Tahun ini” dari majalah E-Retailer, dan masuk dalam daftar seratus perusahaan paling dinamis di Amerika versi majalah Forbes. Pada tahun 2000, perusahaan ini memiliki 22,5 juta pengguna terdaftar dan menguasa 80% pasar lelang di internet. Penghasilan eBay sebesar $430 juta (naik 92% dari tahun 1999)

Ketika perusahaan berbasis internet lainnya berusaha untuk bertahan dan mencari cara untuk menghasilkan keuntungan, eBay sepertinya terus bertumbuh dan meraih kemenangan. Mengapa ? Karena tim eBay selalu memperhatikan papan skornya. Sebuah tim bisa menyesuaikan diri ketika mengetahui posisi mereka. Itulah Hukum Papan Skor.

 

KESIMPULAN
Beberapa organisasi memandang papan skor sebagai sesuatu yang jahat. Yang lain berusaha untuk mengabaikannya – sekalipun sesungguhnya mereka tidak bisa terlalu lama mengabaikan papan skor jika ingin terus bekerja dengan baik. Beberapa organisasi lainnya membiasakan diri mengecek papan skor sehingga bisa mengenali dan memanfaatkan peluang yang membawa kesuksesan.

Jika anda memimpin tim, anda harus memeriksa papan skor dan mengomunikasikan situasi pada para anggota. Anda tidak harus melakukan semuanya sendirian, namun anda harus memastikan bahwa anggota tim anda terus menerus mengevaluasi, menyesuaikan, dan mengambil keputusan secepat mungkin. Itulah kunci meraih kemenangan.

Hukum Pemain Cadangan
Ketika sebuah tim memiliki pemain cadangan yang hebat, pilihannya hampir tak terbatas

17 Prinsip Kerjasama
Bekerja bersama lebih ringan, lakukan 17 prinsip ini agar langgeng

Share this content

ARTIKEL TERBARU

17 HUKUM TEAMWORK