Website Wapannuri

Team work, Build The Dream Team

Sukses dapat dicapai dengan berbagai cara. Ada yang mencapainya sendiri, ada yang mencapainya bersama-sama, dan juga ada yang memulainya bersama tetapi berakhir dengan seseorang.
Kesuksesan sendiri bermacam - macam bentuknya. Ada yang menggangap kekayaan sebagai sukses, sebagian menganggap terkenal sebagai sukses, lainnya mengganggap kesuksesan adalah berguna bagi orang lain.

Saya mengganggap kesuksesan adalah perjalanan, dengan awal tetapi tanpa akhir. Semakin lama, semakin panjang dan berat jalan yang harus ditempuh. Saya membutuhkan teman untuk membantu, berbagi sukaduka, menopang, dan merayakan keberhasilan. Pendeknya, saya membutuhkan orang lain, sekelompok orang. Saya akan menyebutnya sebagai timwork.

teamwork
Dream Team adalah sekelompok orang yang berkarakter !

DUA SYARAT TIMWORK
Sebuah tim selalu terdiri dari manusia. Mereka berpikir, bekerja, berkomunikasi, menciptakan hasil dan  masalah sekaligus. Manusia merupakan ciptaan Tuhan termulia dan terumit. Mulia karena dibuat mirip penciptanya, dan rumit karena diberi anugerah kebebasan.

Saya selalu bingung dengan yang namanya manusia ini. Ada yang kejam, ada yang sabar, ada yang murah hati, dan ada juga yang berubah-ubah. Darimana sifat-sifat mereka ini ? Pergaulan ? Keluarga ? Lingkungan ? Atau dari"Yang Di Atas" sana ? Saya tau semuanya mempunyai pengaruh terhadap kepribadian manusia ini, tetapi saya yakin bahwa masing-masing manusia memiliki keunikan, kelebihan dan kekurangan semenjak mereka dilahirkan. Sebagian meng-istilah-kan maksud saya dengan kata "takdir", lainnya menggunakan kata "panggilan".
Naaah...apapun istilah yang anda gunakan tidak penting buat saya, yang penting anda menangkap maksud saya.

Jadi, dua syarat yang saya maksudkan untuk membentuk the dream team adalah :
1. Manusia yang tepat
2. Manusia yang berkarakter (boleh  juga disebut kedewasaan)

Di awal pemikiran saya, pembahasan mengenai the dream team ini bakalan panjang, jadi  saya memutuskan untuk membaginya menjadi tiga bagian. Pertama, bagian pengantar (yang sedang anda baca), kedua mengenai jenis manusia yang harus ada dalam tim, dan ketiga mengenai sikap mental dan kedewasaan anggota tim

 

MANUSIA YANG TEPAT
Saya percaya bahwa masing-masing dari kita diberi satu keunikan semenjak kita dilahirkan. Kita mempunyai kemampuan dalam suatu bidang yang hanya kita sajalah yang memilikinya. Orang lain mungkin saja bisa melakukan apa yang kita lakukan, hanya saja tidak akan pernah bisa sebaik kita. Sebaliknya, mereka mampu mengerjakan sesuatu yang tidak bisa kita lakukan dengan baik, meskipun kita sudah berusaha semampu dan sekeras-kerasnya. Istilah saya untuk yang satu ini adalah "panggilan hidup."

Panggilan hidup ini harus dipelajari dan diusahakan untuk dicapai seumur hidup kita. Saya melihat sesuatu yang menarik mengenai pendidikan keahlian kita ini. Ada suatu kuasa yang selalu mengarahkan kita untuk mengasah kemampuan bawaan ini.

Saya menyenangi ilmu psikologi, saya banyak membaca mengenai jenis-jenis karakter manusia, kepribadian berdasarkan warna, teori anak kecil - dewasa - orang tua, dan lainnya. Masa remaja saya diisi dengan menjadi pengurus persekutuan doa. Tau nggak jabatan saya di sana apa ? Bagian Sumber daya manusia. Selang beberapa waktu kemudian, saya diangkat menjadi bagian data komputer alias EDP karena kesukaan saya dengan komputer. Di waktu senggang, saya membuat majalah gereja yang sebagian besar artikelnya saya tulis sendiri. Dan saat ini saya bekerja sebagai kepala toko dan membawahi sekitar empat puluh orang karyawan. Oh iya, saya juga mempunyai usaha sampingan di bidang event organizer. Dan kerjaan saya di sana adalah melatih serta mendidik anggota-anggota baru. Dulu, saya tidak menyadari hal ini. Sekarang, saya melihat bahwa ada campur tangan dari yang di atas dalam kehidupan saya. Dia yang menciptakan saya untuk suatu tujuan ternyata bekerja secara ajaib supaya kehendakNya terjadi.

Dalam sebuah timwork, mengumpulkan orang-orang yang tepat berarti mengumpulkan orang-orang yang unik. Ada banyak keunikan orang, memilih yang anda butuhkan untuk tujuan anda adalah syarat pertama untuk membentuk the dream tim.

 

MANUSIA YANG BERKARAKTER
Orang pintar belum tentu sukses, dan juga orang bodoh belum tentu gagal. Apakah anda setuju dengan pendapat saya ini ?

Albert Einstein, tidak lulus SD dan diramalkan menjadi orang idiot. Kolonel sanders menghabiskan 40 tahun masa hidupnya sebagai salesman sebelum memulai membuka usaha ayam goreng yang kita kenal dengan nama Kentucky Fried Chicken.
Bill Gates tidak lulus kuliah, dan mencoba menciptakan software komputer yang ujung-ujungnya ditolak mentah-mentah oleh IBM. Saat ini, hampir semua komputer menggunakan Microsoft sebagai sistem operasinya.

Naaaaaah.....
Kepandaian, otak yang encer, kecerdasan tidak menjamin kita mencapai apa yang kita inginkan. Namun, di atas semua hal tadi, karakter dan sikap mental menempati bagian terpenting dalam mencapai tujuan kita. Hal ini pun berlaku di dalam timwork.

Team dengan sekumpulan orang terbaik belum tentu mencapai kesuksesan. Hanya team yang dipenuhi manusia-manusia yang berkarakterlah yang akan mencapai kesuksesan tersebut.

Omong-omong mengenai karakter, apa sih maksudnya manusia yang berkarakter ini ? Bagi saya, mereka yang mau menjadi anggota tim saya harus :
- mengetahui kelebihan dan kekurangannya
- dewasa
- mau berubah

 

THE DREAM TEAM
Jika team yang anda butuhkan sudah lengkap dan sempurna. Maka ini saatnya bagi anda untuk melangkah lebih lanjut.

Iyaaa...benar, anda! Anda yang menjadi pemimpin mereka. Anda memiliki pemain-pemain terbaik se-dunia. Jika anda tidak berhasil memenangkan pertandingan berarti ada sesuatu yang salah dengan diri anda. Bukan hanya anggota tim yang perlu belajar untuk bermain. Anda sebagai pemimpin pun perlu belajar untuk menjadi pelatih.

Ada banyak kejutan yang akan menanti di depan anda . Kabar bainya, semua kejutan itu bisa di rangkum menjadi tiga kata, yaitu "masalah dan hadiah."

Yaaaah...... abis ini nulis lagi.... pertama karakter....terus timwork... lalu kepemimpinan.... weleh...weleh.... kapan abisnyaaaaa..... he...he...he...

17 Hukum MUTLAK untuk membangun The Dream Team
Pahami dan kerjakan ke 17 hukum ini, dan andalah tim pemenang!

Share this content

ARTIKEL TERBARU

17 HUKUM TEAMWORK