Website Wapannuri

HUKUM 90-10!

Ini adalah salah satu hukum dari 9 hukum kepemimpinannya John C. Maxwell (Baca bukunya dong,  The Ireffutable Law of Leadership). Lalu apa artinya pak Wapan ?

Hukum 90-10 berbicara mengenai pembagian waktu kita sebagai pemimpin. Entah itu kita sebagai pemilik usaha, ketua komsel, manajer, guru, atau pemimpin kelompok. Pelaksanaan hukum ini dalam kehidupan kita akan memberikan efek lipat melipat. Maksud saya akan memberikan hasil berlipat – lipat. Atau dalam arti lainya berlipat ganda. Pokoknya tentang lipat melipat ! (ha...ha...ha....)

Oke....Kita sebagai seorang pemimpin harus menggunakan waktu kita untuk bekerja dan memimpin. Lalu berapa prosentasinya ? Yang umum dilakukan orang – orang adalah  70% bekerja dan 30% memimpin. Atau 50% bekerja dan 50% memimpin. Nah, hukum 90-10 berbicara sebaliknya, 90% untuk memimpin dan 10% untuk bekerja.

Dan tak rasa....sebuah bisnis yang akan berhasil adalah bisnis yang menerapkan prinsip ini. 90% pekerjaan dikerjakan oleh pegawai kita dan 10% kita kerjakan sendiri. Rasanya prinsip ini mirip dengan prinsip Robert Kiyosaki, yaitu prinsip OPT (Other people time).

Bisnis yang baik selalu terdiri dari sebuah sistem yang teratur dan sumber daya manusia. Sistem yang baik memungkinkan tidak adanya celah yang dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggunjawab. Dan sumber daya manusia memberikan tenaga dorongan supaya bisnis tersebut dapat berkembang dengan baik. Kalau sistem adalah baku, tidak demikian dengan manusia. Manusia tidak bisa di-baku-kan. Manusia hanya bisa di latih (di training). Dan tugas kitalah sebagai pemilik bisnis untuk melakukan hal itu.
Iya....karena kalau kita tidak men-training orang lain untuk melakukan tugas kita, berpikir seperti kita, bertindak seperti kita, maka umur bisnis kita hanyala seumur kita saja. Sebab, bisnis kita tergantung dari usaha kita. (Silahkan baca di S&B nya Pak Robert untuk lebih jelas)

Jadi kalau saat ini anda menjalankan hukum 90-10 secara salah, 90% untuk bekerja dan 10% untuk training. Maka, demi kebebasan finansial kita, ubah menjadi 90% men-training orang lain dan 10% untuk bekerja.

MANFAATNYA
Namanya usahawan pasti instingnya terhadap peluang usaha baru pasti tajam. Dan dengan prinsip 90-10 anda lebih punya waktu untuk menekuni hal ini. Jadi tak heran yang kaya tambah kaya ! Semuanya dimulai dari prinsip 90-10 ini !

Share this content

ARTIKEL TERBARU

PRINSIP KEPEMIMPINAN

KEPEMIMPINAN ROHANI

ARTIKEL LEPAS