Website Wapannuri

MENANG BERMAIN TRAVIAN, MAU PAKE TRAVIAN SCRIPT, ATAU CHEAT TRAVIAN ? IKUTI TIPS TRAVIAN INI

Travian adalah game perang yang pertama kali muncul di awal tahun 2006. Hingga sekarang game online ini dimainkan di 30 negara (termasuk indonesia). Saya salah satu pemain travian indonesia yang masih aktif. Mainnya di server speed aja karena lebih cepat berkembang atau cepet kalah. Dari pengalaman saya main game travian ini, saya mengetahui cara-cara untuk menjadi pemenang di travian. Bagaimana caranya menjadi juara travian ? Siapkan kopi susu hangat di samping komputer anda karena tips menang travian dari saya ini cocok dibaca sambil minum kopi susu. Ha...ha...ha...

Travian script
Siapa suku favorit anda ? Kalau saya....GAAALIAAA!!

 

KONSEP GAME TRAVIAN
Untuk menang di travian, kita harus tahu konsep dasar game online ini. Travian adalah game perang online, artinya semua orang yang sering online mempunyai kesempatan besar untuk menang. Karena tema permainan ini perang, maka hukum yang berlaku adalah hukum perang, yaitu “yang kuat memakan yang lemah.” Seorang yang lemah dapat dengan mudah dikalahkan oleh seorang yang kuat. Dua orang lemah lebih sulit dikalahkan oleh seorang yang kuat. Sepuluh orang lemah mampu mengalahkan seorang yang kuat. Maksud saya di sini adalah, menjadi kuat itu perlu, tetapi sekumpulan orang kuat adalah syarat untuk menang perang. Dalam konteks game travian ini, kuat adalah kuat online, kuat GOLD, kuat mencari teman, dan kuat melakukan koordinasi.

Faktor kedua yang menentukan kemenangan di travian adalah waktu. Konsepnya adalah pemenang sekarang belum tentu pemenang untuk esok hari. Game travian terdiri dari dua bagian besar, yaitu server biasa dan server speed. Umur travian server biasa adalah 300 hari, sedangkan untuk server speed 100 hari. Kalau saya jadikan bulan, maka akan menjadi 10 bulan untuk server biasa dan 3 bulan untuk server speed. Apakah dalam jangka waktu tersebut saya (atau anda) bisa kuat online, kuat beli GOLD, kuat mencari teman, dan kuat melakukan koordinasi ?

Anggap saja, kita sama – sama kuat di GOLD, waktu online, dan sebagainya. Apakah kesemua itu menjamin kita menjadi pemenang di game travian ? Untuk itulah keahlian membangun strategi menjadi faktor ketiga dalam game online ini. Strategi adalah mempergunakan segala sumber daya yang ada dengan efektif, melakukan yang harus dilakukan, membagi tugas kepada orang – orang dalam tim, dan tetap berdiri sampai akhir. Jika saya simpulkan dalam satu kata, maka kata tersebut adalah kepemimpinan. 

 

TIPS TRAVIAN
Tips travian pertama saya untuk menjadi pemenang adalah, kenali kekuatan dan kelemahan yang anda miliki. Karena Travian memberikan kita tiga pilihan suku bangsa, maka kelebihan dan kekurangannya adalah :

Suku GALIA, mempunyai pertahanan yang paling kuat diantara suku travian lainnya. Namun jangan menganggap enteng pasukan penyerang suku ini. Mereka bisa ganas dan sadis dalam menyerang desa anda. Namun, fokus suku Galia ini adalah bertahan
Suku TEUTON, mempunyai tim penyerang yang ganas. Jangan mengharapkan Teuton untuk membentuk pasukan pertahanan karena anda bakalan keok. Suku ini sangat rapuh dalam bertahan. Jadi fokuskan untuk menyerang jika anda bermain menggunakan suku ini.
Suku ROMAWI, mempunyai pasukan penyerang dan bertahan yang kuat. Namun dibutuhkan kesabaran untuk memainkan suku ini karena standarnya tinggi alias mahal. Mahal ongkos pembentukan pasukannya, dan mahal dalam membangun infrastrukturnya. Romawi sangat berguna menjadi support bagi kedua suku di atas, entah itu sebagai pasukan penyerang ataupun pasukan bertahan.

Berikutnya, sesuaikan karakter anda dengan suku yang anda pilih daaaaan sesuaikan dengan kekuatan waktu online anda. Jika anda tipe yang cinta damai, jangan pilih suku teuton tetapi Galia atau Romawi. Jika anda tipe cinta damai tapi kuat online 24 jam, maka pilih teuton supaya anda bisa belajar untuk menjadi RAJA TEGA! Perhatikan, karakter anda dan dan kuat online anda sangat menentukan dalam game ini.

Tips berikutnya untuk menjadi pemenang di dunia travian adalah membentuk tim yang kuat. Jika anda buta mengenai kepemimpinan, maka belajarlah untuk menjadi pemimpin melalui game online ini. Belajarlah untuk membagi tugas kepada teman-teman anda. Aturlah mereka untuk menjadi tim penyerang dan sebagian menjadi tim penahan serangan. Koordinasilah mereka dengan baik. Anda akan menemukan betapa sulitnya untuk mengatur seseorang. Ada kalanya tim anda menjadi jenuh atau bosan bermain travian ini. Namun disinilah seninya untuk memotivasi seseorang. Saya mempunyai prinsip bahwa segala sesuatu yang saya lakukan harus bermanfaat, termasuk dalam game travian ini. Sekalipun hanya game online, tetapi saya mendapatkan kesempatan untuk menjadi pemimpin kecil di sini. Senang sekaligus berguna, itu prinsip saya. Dan mendapatkan kenalan baru adalah manfaat lainnya...he...he...he.. Salam Bang Jo (temen dari travian), apa kabar orang baik (juga dari travian), hai Willy, hai Revolst, hai Nana, hai Tempe, hai VampirGanas, halooooo semuanya....(senangnya!)

Travian_cheat
Travian Skin, membuat permainan ini lebih hidup ! Keren kaan!

 

STRATEGI TRAVIAN
Nah, sekarang kita berbicara mengenai hal teknis. Strategi pertama yang harus anda lakukan adalah manajemen sumber daya. Sumber daya yang paling dibutuhkan adalah LIAT, kemudian KAYU, BESI dan terakhir adalah GANDUM.

Suku Galia yang saya mainkan mempunyai perbandingan 2 : 3 : 1,5 : 1. Artinya produksi sumber daya LIAT paling besar disusul oleh KAYU, BESI, dan GANDUM.
Kalau suku Teuton perbandinganya 3 : 2 : 1,5 : 1,5. Artinya LIAT nomer dua, KAYU terbesar, Besi dan Gandum paling kecil dan sama.
Suku Romawi 2 : 2 : 3 : 1,5. Artinya LIAT dan KAYU nomer dua (dan sama besar), BESI terbesar, dan paling kecil adalah produksi GANDUM.

Mengapa saya membuat perbandingan GANDUM selalu terkecil ? Karena gandum adalah sumber daya yang tidak ada harganya. Anda bisa beli di pasar dengan perbandingan 1 : 2. Dan sumber daya yang paling laku adalah LIAT serta KAYU. Namun, hal ini tidak mutlak. Untuk itu anda harus mengetahui suku yang paling banyak dimainkan di server tersebut. Jika banyak yang memainkan suku Teuton, maka KAYU adalah sumber daya yang banyak dicari. Jika Galia, maka LIAT yang akan jadi senjata anda. Berdasarkan pengalaman saya bermain di travian Indonesia, suku yang paling banyak dimainkan adalah Teuton, kedua Galia dan terakhir Romawi.

Strategi berikutnya adalah mengenai pertahanan, karena saya pemain yang cinta damai (di awalnya) lalu menjadi sadis di pertengahan permainan (^-^’). Saya bukan maniak game jadi waktu yang saya alokasikan untuk bermain game travian ini tidak banyak. Strategi saya adalah membuat pertahanan desa Galia saya sekuat mungkin, namanya strategi landak. Tujuan akhirnya adalah membuat penyerang saya frustasi karena selalu dapat telor ketika merampok dan pasukannya gugur dalam pertempuran sekalipun saya tidak mempunyai seorang pasukan pun.

Caranya adalah dengan membangun KASTIL dan meningkatkan PAGAR DESA. Kedua bangunan tersebut memberikan bonus pertahanan. Saya biasanya meningkatkan PAGAR DESA sampai level. 15 dan KASTIL sampai level 10. Akibatnya bagi penyerang saya adalah timbulnya korban jiwa sekalipun di desa saya tidak ada pasukannya. Kemudian membuat 3 Cranny sehingga hasil rampokannya sedikit. Si penyerang pasti akan berpikir dua kali untuk menyerang saya. Karena ongkos membangun pasukannya tidak tertutupi dengan hasil rampokannya. Seperti kata ketua aliansi saya, “WE DON’T PRIVDE SDA, WE PROVIDE DEATH!”

Kemudian saya akan membangun padepokan untuk melatih ksatria saya. Selain ongkosnya murah untuk menghidupkannya kembali, si jagoan ini bakalan menjadi pembunuh sadis bagi penyerangnya.
Nah, semua strategi yang saya sampaikan di atas adalah strategi di awal permainan travian ini. Memang langkah paling sulit dalam game perang ini adalah pada permulaannya. Jika anda sudah besar, saya rasa tidak perlu ada strategi lagi. Langsung aja seeeraaaang, balas dendam, katapult......ratakan mereka yang sudah menginjak-injak kita !

 

CARA BERMAIN TRAVIAN JIKA POPULASI SUDAH BESAR
Pertama, kuasai 2 Oasis di sekitar desa anda (dengan menaikkan padepokan ke tingkat 15)
Kedua, buat desa kedua, jika area anda aman, cari C9 (9 crop atau desa 9 gandum) di dekat anda. Jika tidak aman, cari di area lainnya yang aman.
Ketiga, buat desa ketiga, cari di dekat desa kedua anda C15 (desa 15 gandum)
Keempat, balas dendaaaaam atau terserah anda....

Ingat, desa awal pertama anda lebih di-fokuskan untuk bertahan, naikkan tingkat pabrik perisainya hingga maksimal. Konsentrasilah di pasukan bertahan. Nah, di desa kedua dan ketiga inilah anda baru berkonsentrasi di penyerangan. Naikkan PANDAI BESI hingga titik maksimal karena akan menambah kekuatan serangan. Masing-masing 1,5% untuk tiap levelnya (juga berlaku untuk pabrik perisai).

Selamat berjuang. Saat ini saya masih bermain di server speed indonesia. Silahkan bergabung bersama saya jika anda berkenan. Ikuti link ini. Lokasi saya di barat daya.

Panduan menggunakan Greasemonkey dan Travian Beyond (Update 26/02/2010)

Share this content

ARTIKEL TERBARU

PRINSIP KEPEMIMPINAN

KEPEMIMPINAN ROHANI

ARTIKEL LEPAS