Website Wapannuri

PENGALAMAN MERAWAT BAYI 1 BULAN (1-2)

Kami memutuskan merawat bayi kami sendiri karena itu hasil perbuatan kami sendiri. Masak bikinnya seneng - seneng  terus susahnya di kasihkan ke suster yang tidak memiliki ikatan batin terhadap momongannya. Kelihatannya berat, kenyataannya jauh lebih berat lagi ^-^'. Tapi anehnya kok masih tetap kuat juga melalui hari-hari tanpa tidur malam...ha...ha...ha.... Itulah yang dinamakan berkat dan anugerah anak. Mereka lahir ke dunia membawa rejekinya sendiri. Pelajaran awal bagi kita orang tua yang baru saja mempunyai anak pertama !

Cara merawat bayi baru lahir

 

MEMILIH SUSU FORMULA BAYI YANG BAIK

23 November 2013, pukul 01.20, Kenzo Olivier Payauw lahir ke dunia. Saya langsung dibawa suster ke tempat pemeriksaan bayi.

" Beratnya 3,15 Kg ya pak. Panjangnya 49 cm. Jari tangan dan jari kaki lengkap. Pantatnya lubang ya pak. Burungnya ada dan telornya dua. Siip pak, lengkap, normal dan sehat. " kata suster.

Lega rasanya...itulah doa kami. Si jabang bayi sehat, lengkap, normal dan sempurna. Pertanyaan berikutnya adalah mau di susui sendiri atau susu formula. Langsung saja saya jawab ASI. Padahal mamanya teler kena obat bius operasi caesar. Yang namanya pegel, remek dan gak iso mikir ya gitu itu. Kerja seharian, perjalanan ke rumah sakit diselingi bunyi aduh-aduh dari istri saya karena kesakitan di perutnya. Ditambah lagi lahirnya lebih cepat dari perkiraan.

Seharusnya jadwal operasinya tgl 25 November 2013 jam 07.00 pagi. Tapi ternyata sinyo Kenzo pingin cepat-cepat nongol ke dunia untuk menyapa mama dan papanya. Saya merasa bersyukur dengan kejadian ini karena acara ndredeg-ndredegan menanti jadwal operasi tidak ada. Gak sempet ndredeg karena kecapaian. Ha...ha...ha...semuanya serba mendadak dan tanpa persiapan. Makanya begitu suster tanya ASI atau SuFor ? Langsung saja ngomong ASI. Padahal tidak mungkin...bek-bek'e suster'e yo ngantuk ! Jam 1 subuh rek ! Sinyo...sinyo....!!

Susu bayi Enfamil untuk bayi 1 bulanBayi yg baru lahir atau istilah bekennya Newborn harus diberi susu setiap 3 jam sekali. Lah mamanya masih mendem obat bius, nek anak'e dipaksa mik susu ya gak keluar dong. Dan lagi si bayi juga menikmati obat bius dari susu mamane....lak ya sakno toh rek ! Podo mendem'e.

Kesokan harinya...saya dijelaskan suster Adi Husada bahwa kondisi ibunya tidak memungkinkan untuk menyusui bayinya karena terpengaruh obat bius, obat peredam nyeri dan antibiotik. Saya disuruh beli Susu kaleng.
Waduh...sus...aku wes gak iso mikir ! Suster bilang ae merk apa tak belikan, jangan tanya saya. Gak ngerti aku, ini anak pertama sus !

Ok pak, ada alergi gak ? Saya bebas alergi, istri saya alergi sulfat. Kalo dokter anaknya bapak, Dr. Gani biasa pake Enfamil. Bapak beli Enfamil HA ya, terus dibawa ke sini. Kasihan anaknya belum makan dari lahir. Siaap !

Itulah alasan mengapa sampai sekarang saya pake susu merk Enfamil. Bukan yang HA tapi yang A+ karena ternyata si Cun Cun tidak alergi susu sapi.

 

JENIS - JENIS SUSU FORMULA

Ada tiga kategori dasar dalam susu formula:
  1. Susu formula berbahan dasar susu
  2. Susu formula berbahan dasar kacang kedelai
  3. Susu formula Hypoallergenic

Susu formula berbahan dasar susu menggunakan susu sapi sebagai sumber makanan yang mengandung protein dan laktosa (gula). Sufor ini menikmati sejarah pengalaman dan riset yang panjang serta diterima dengan baik oleh hampir semua bayi. Kecuali disarankan lain oleh dokter bayi anda, gunakan susu formula standar ini. Sekitar 70% bayi menggunakan susu ini.

Susu Enfamil Kedelai untuk mengurangi resiko alergi susu sapiSebagai pilihan lain bagi bayi yang alergi terhadap susu sapi, bisa menggunakan susu formula berbahan dasar kedelai. Kata orang, susu jenis ini lebih tidak menyebabkan alergi dibandingan susu sapi.

Istilah susu formula hipoalergenik, biasanya ditandai dengan tulisan “protein hydrolyzed” pada kemasan susu formula bermakan bahwa protein yang potensial menyebabkan alergi telah dicerna terlebih dulu menjadi protein-protein kecil yang secara teoritis tidak terlalu alergis. Bayi yang alergi pada protein yang terkandung dalam susu formula standar akan lebih dapat menerima susu formula ini. Sayangnya harganya jauh lebih mahal, bikin bapak-ibunya cekot-cekot ^-^’.

Masalah lainnya adalah tidak adanya laktosa sebagai sumber karbohidrat dan penggantian sirup jagung serta tepung jagung yang telah dimodifikasi. Susu hypoallerenic ini rasanya kurang enak bagi lidah bayi.

Saya sempat bingung antara alergi dengan jerawat bayi. Di pipi, dagu dan sedikit di dahinya terdapat jerawat kecil-kecil yang kadang hilang dan kadang muncul kembali. Saya tanyakan kepada beberapa teman saya dan mereka mengatakan bahwa ruam itu bukan alergi susu tetapi ya gitu itu. Mertua saya bilang akibat lemak susu kaleng. Nanti hilang sendiri katanya, umur 7 bulan pasti sudah mulus kembali.

Jerawat bayi di pipi dan daguSalah satu penyebab jerawat pada muka bayi yang paling masuk akal bagi saya adalah perubahan hormonnya. Lagipula si Kenzo tidak merasa gatal pada mukanya, tidak rewel, tidak muntah dan tidak menunjukkan gejala abnormal baik waktu minum susu ataupun beberapa jam setelahnya.

Penyebab lainnya adalah kandungan susu formula itu sendiri, orang biasa menyebutnya sebagai lemak susu. Sebagai perbandingannya, bayi yang mengkonsumsi full ASI jarang mendapatkan jerawat. Bagaimanapun juga, ASI adalah susu terbaik bayi.

Jadi, tanda-tanda alergi susu itu seperti apa ? Umumnya :

  1. Menangis setelah menyusu
  2. Sering muntah setiap kali selesai menyusu
  3. Diare yang terus menerus atau sembelit
  4. Perut mual, kembung, tegang dan sakit setelah menyusu
  5. Umumnya rewel dan sering terbangun saat tidur malam
  6. Terdapat ruam yang merata di seluruh tubuhnya, atau paling tidak di bagian wajah & anus
  7. Kadang pilek dan infeksi telinga.

 

POLA TIDUR BAYI 1 BULAN

Bayi tidur seperti bayi karena memang begitulah adanya. Bayi bangun tiap 2-3 jam sekali selama 24 jam. Bayi baru lahir tidak mengenal siang ataupun malam. Karena dia terbiasa di dalam kandungan yang tidak ada terang atau gelap. 9 bulan tentunya membentuk kebiasaan bagi bayi bukan ?

Di dalam kandungan, ketika tubuh ibu sedang beristirahat, si bayi malah aktif. Saya rasa pengaturan waktu ini tepat dan sempurna. Ketika beristirahat, sebagian besar energi kita diserap si bayi untuk pertumbuhannya. Metabolisme tubuh kita dimaksimalkan untuk pertumbuhan si bayi. Sementara siang hari, ketika sebagian besar energi kita habis untuk aktifitas, si bayi tidur. 

Dia merasakan gerakan berjalan kita yang naik turun, mendengarkan bunyi krucuk-krucuk perut kita maupun bunyi denyut jantung kita yang cepat ketika marah dan melambat ketika relax. Dia mendengar gonggongan si boy ketika ada tamu yang datang ke rumah kita. Dia mendengar suara merdu kita waktu menyanyi di kamar mandi.

Itulah sebabnya mengapa bayi gampang tertidur ketika digendong, diayun-ayunkan dan dinyanyikan lagu. Anda menciptakan kondisi yang sama persis di dalam kandungan yang didiaminya selama 9 bulan. Jangan heran ketika melihat bayi anda tersenyum sejenak setelah mimik susu. Nyamaaan...seperti rumah sendiri...begitu katanya.

Pak...nanya....mengapa bayi 1 bulan bangun tiap 3 jam sekali ? Gak bisa tidur kita-kita nih pak !

Ya iya laaah...liaten ae badannya yang kecil. Seberapa besar ukuran jari tangannya ? Bandingkan dengan tangan anda sendiri. Yang satu jumbo satunya lagi mini ! Lambung bayi hanya sebesar genggaman tangannya, isinya cuman 40-60 ml saja. Kapasitas segitu dibagi untuk seluruh tubuh, tentu saja hanya bertahan 2-3 jam.

Jika lambung bayi diisi lebih dari kapasitasnya maka tubuh secara otomatis mengeluarkan kelebihan susu tersebut. Kita menyebutnya sebagai gumoh atau muntah. Gumoh pada bayi normal jika tidak sering terjadi. Abnormal jika terjadi setiap hari. Kemungkinannya ada dua, anda memberinya susu terlalu banyak atau ada sesuatu dengan pencernaannya. Untung saja si Kenzo ini jarang gumoh. Selama sebulan ini hanya 4 kali muntah karena tangkinya kepenuhan.

Tidak semua tangisan bayi berarti lapar. Ada tangisan ngalem, ada tangisan bosen dan juga ada tangisan minta digendong. Anda akan mengerti arti tangisannya jika sering berinteraksi dengannya. Artinya anda sendiri yang harus merawat jabang bayi anda.

Karena belum pengalaman, setiap kali nangis, kita tancepin botol susu itu ke dalam mulutnya. Memang diminum tapi ya itu, setelah botol susunya abis si Kenzo diam. Selang 5 menit kemudian dia muntah dan nangis lagi. Kali ini nangis karena kaget dengan mekanisme tubuh yang disebut muntah. Kami belajar dari peristiwa ini, dan si bayi juga belajar menangis dengan cara yang berbeda.

 

MENGENAL JENIS TIDUR BAYI 1 BULAN

Semua orang meliwati beberapa tahap dan siklus tidur. Begitu kita tertidur, pusat otak yang lebih rumit mulai beristirahat dan secara bertahap meredup sehingga kita bisa memasuki tahap tidur nyenyak atau tidur dengan tenang. Saat ini kita berada dalam tahap tidur nyenyak. Tubuh diam, kita bernafas dengan normal dan teratur, otot-otot melemas dan kita benar-benar terlelap.

Setelah hampir 1,5 jam dalam tahap tidur lelap ini, otak kita mulai bangkit kembali dengan aktivitas mental meningkat dari tidur lelap ke tidur tak lelap atau tidur aktif yang biasanya disebut dengan istilah REM (Rapid Eye Movement)

Selama tidur tak lelap ini, kita membentuk kegiatan-kegiatan mental, dan pusat otak yang lebih rumit tidak benar-benar tertidur. Kita bermimpi, membalikkan badan, membetulkan selimut, mungkin juga terbangun penuh dan pergi ke kamar mandi, kembali ke tempat tidur dan tertidur dengan lelap kembali. Siklus tidur tak lelap ke tidur lelap ini berlangsung terus setiap beberapa jam sepanjang malam sehingga orang dewasa pada umumnya mungkin tidur lelap dalam waktu enam jam dan tidur tak lelap dua jam. Jadi, sebenarnya kita tidak tidur nyenyak sepanjang malam, meskipun anda menduga bahwa hal itu benar-benar terjadi.

Pola tidur bayi 1 bulan hingga 9 bulan

Orang dewasa dapat beralih dari keadaan terjaga ke tidur lelap dengan cepat, namun bayi belum bisa. Mereka harus melalui tidur tak lelap terlebih dulu sebelum memasuki tidur lelap.

Sekarang adalah saatnya bagi bayi untuk pergi tidur. Kelopak matanya telah meredup, dan ia mulai menundukkan kepalanya dalam pelukan anda. Matanya tertutup rapat, tetapi kelopak matanya masih terus berkedip-kedip, nafasnya masih tidak teratur, tangan dan anggota tubuh lainnya masih bergerak, ia masih kelihatan kokoh, berkedut, dan memperlihatkan sekilas senyuman. Kadang ia bahkan tampak seperti sedang menghisap. Saat anda baru membungkuk untuk membaringkan bayi yang sedang tidur ini ke tempat tidurnya dan perlahan berhenti menjauh, ia terbangun ! Oh My God ! Mulai lagi deh dari awal. Mengapa kok selalu begini ?

Karena ia masih belum beralih dari keadaan tidur tak lelap ke tidur lelap. Ia masih berada di tahap REM sewaktu anda membaringkannya ke tempat tidur. Pendeknya anda terlalu cepat membaringkannya di tempat tidur.

Sekarang, cobalah lagi. Ayunkanlah dia, tancapkan susu anda, berjalan dan menyanyilah namun dalam waktu yang lebih lama. Berapa lama pak ? Minimal 20 menit karena si kecil membutuhkan waktu selama itu untuk beralih dari keadaan tidur tak lelap ke tidur lelap. Untungnya, di bulan ketiga si kecil dapat memasuki tahap tidur lelap dengan lebih cepat tanpa harus melewati tidur tak lelap terlebih dulu.

Bagaimana kita bisa tahu si bayi dalam keadaan tidur tak lelap atau tidur lelap ? Trial and Error, ntik lama-lama anda akan tahu tanda-tandanya. Saya biasanya memegang tangannya, kalau masih menggenggam dan sulit dibuka, berarti dia masih dalam tahap tidur tak lelap. Jadi saya terus muter-muter sambil gendong dan nyanyi. Begitu tangannya yang tergenggam bisa dibuka dengan mudah, maka itulah SAATnya ! Horeee !! Bebaaas….Lepaaas !

Tapi saya tidak langsung membaringkannya ke tempat tidur karena perbedaan suhu. Selama digendong, kehangatan suhu badan saya ikut mempengaruhi temeperatur tubuhnya, kemudian hembusan nafas saya juga terasa waktu menggendongnya. Karena itu saya lepaskan dulu gendongan saya, membiarkan dirinya berada dalam tempat tidur kami selama beberapa menit. Kalau tidak bangun, baru saya pindahkan dia ke tempat tidurnya dan saya selimuti dia beberapa saat supaya perbedaan suhunya tidak merangsang dirinya untuk bangun kembali.

Untuk menidurkan bayi, anda harus tahu tahap-tahap tidur bayi

Bayi 1 bulan memiliki siklus tidur yang lebih singkat sekalipun dia berada dalam tahap tidur lelap. Setelah satu jam berada dalam tahapan ini, ia mulai menggeliat. Ia bergerak sebentar, kelopak matanya berkedip-kedip, ekspresi wajahnya berubah, nafasnya tidak teratur, otot-ototnya menegang. Bayi ini sedang memasuki kembali fase tidur tak lelap, dan selama periode “terror” ini, banyak bayi terjaga bila ada stimulus yang menjengkelkan atau tidak nyaman baginya.

Agar si kecil tidak terbangun, elus-eluslah kepalanya, punggungnya, kakinya sambil menyanyikan lagu apa saja asalkan itu suara anda sendiri. Sekitar 10 menit loh ya…jangan sak dek sak nyet…bukannya membuat dirinya nyaman malah akan membangunkannya kembali dan amsiong deh ! Gendong lagi….muter-muter lagi….nyanyi lagi…OMG…melekan maneh !

Bayi di disain memiliki pola tidur seperti ini demi kelangsungan hidupnya sendiri. Mari kita bayangkan seandainya bayi tidur seperti anda. Ia dapat menghabiskan sepanjang malamnya dengan tidur lelap, dengan hanya sedikit periode “mudah terbangun” dan akan menenangkan dirinya kembali dengan caranya sendiri. Ah…itu yang kita cari pak ! Menyenangkan sekaleee !

Tidak. Itu tidak baik untuk bayi anda. Misalnya, bayi tengah demam dan tidak dapat bangun untuk memberi tanda mengenai kebutuhannya akan kehangatan. Misalnya, ia lapar tetapi tidak terbangun untuk mengkomunikasikan (baca:nangis) kebutuhannya untuk makan. Atau misalnya hidungnya tersumbat dan sulit bernafas, tetapi ia tidak terbangun untuk memberi tanda meminta pertolongan. Itulah mengapa bayi memiliki pola tidur yang mudah terbangung di awal kehidupannya karena kebutuhannya lebih kuat dibandingkan dengan kemampuan berkomunikasinya.

Bayi tidur selama 18 jam sehari hingga usia 3 bulan. Menurun jadi 14-16 jam dari 3 hingga 6 bulan. Dan 12 – 14 jam sehari pada usia enam bulan hingga 2 tahun.

BERSAMBUNG >>> Arti Tangisan bayi

Share this content

ARTIKEL TERBARU

SERI KEHAMILAN

OBAT TRADISIONAL

SERI OLAHRAGA

ARTIKEL LEPAS

 

  • Minyak Goreng Botol
  • Minyak goreng sehat Golco
  • Minyak goreng murah