Website Wapannuri

KEMASAN PLASTIK DAN KESEHATAN

Apakah ada hubungan antara plastik dengan kesehatan kita. Sebenarnya, kalau dihubung-hubungkan alias dipaksakan untuk dihubungkan, ya pasti ada dong ! Ibaratnya kalo motivasinya mencari kesalahan orang lain, ya pasti ada lah. Mana ada orang yang tidak punya kesalahan. Pertanyaannya, sampai sejauh mana pengaruh plastik tersebut dengan kesehatan kita ? Apakah senggol bacok atau alon-alon asal kelakon ? Kalau pengaruhnya kecil terhadap kesehatan kita berarti kita tidak boleh terlalu memblow-up seperti tingkah laku salah satu institusi kita yang mengatakan kalau FB haram, rokok haram, golput haram, dan terakhir ini rebounding haram....(apalagi yang nantinya haram yaa ?)

Kemasan plastik dan kesehatan
Berapa jumlah plastik yang anda gunakan sehari-harinya ?

KENALAN DENGAN SI PLASTIK YUK...
Ternyata, setelah searching di internet (dengan terpaksa karena pekerjaan), saya menemukan kalo plastik itu terdiri dari berjenis-jenis, dan semuanya diawali dengan Poly. Misalnya saja polypropylene, polystyrene, polyester, polycarbonate, polyethylene, polygami, polyklinik, dan polytikus. 

Plastik ini berasal dari bahasa Yunani,  πλαστικός(baca: plastikos) yang mempunyai arti elastis, mudah dibentuk, dan bersifat lunak. Dari data Wikipedia, plastik termasuk barang yang lagi naik daun, pada tahun 1930 produksinya hanya beberapa ratus ton pertahunnya. Tahun 2005 sudah mencapai kapasitas 220.000.000 ton/thn.
Saat ini penggunaan material plastik di negara-negara Eropa Barat mencapai 60kg/orang/tahun, di Amerika Serikat mencapai 80kg/orang/tahun, dan di Indonesia mencapai 10kg/orang/tahun.

Plastik bisa digolongkan menjadi dua jenis, yaitu thermoplastik dan thermoset. Thermoplastik ini jenis plastik yang konsisten dengan dirinya, jika dipanaskan (140-200 derajat celicius) dia akan mencair kemudian mengeras kembali. Contohnya gelas aqua, jika dibakar maka dia akan berubah menjadi tidak seperti gelas aqua lagi. Jangan heran jika para pemulung suka sekali dengan gelas-gelas plastik ini, karena kalo dijual bisa laku Rp 6000/kg. Tujuannya untuk diolah lagi menjadi biji plastik. Kemudian dari biji plastik ini dibentuk lagi menjadi barang-barang plastik lainnya, misalnya saja gelas plastik kw2, sendok plastik, cetakan plastik, mainan plastik, kantung plastik dan segala bentuk plastik lainnya.
Sedangkan Thermoset adalah jenis plastik yang tidak dapat kembali menjadi biji plastik lagi. Contohnya adalah melamine dan panel sirkuit listrik.

PLASTIK UNTUK KEMASAN
Beberapa tahun yang lalu, kita mendengar kampanye dari pemerintah untuk mengurangi plastik dan bahaya plastik terhadap kesehatan kita. Karena kampanye inilah, perusahaan tempat saya bekerja tidak memakai kantung kresek yang berwarna hitam. Waktu itu saya bingung serta tidak mau tahu alasannya. Hari ini saya menemukan di internet bahwa kantung plastik berwarna hitam itu ternyata ada yang terbuat dari plastik daur ulang. Masalah dari daur ulang inilah yang tidak kita ketahui, dari produk apa asalnya ? Dari kondomkah ? Dari limbahkah ? Dari wadah zat kimia berbahayakah ? Kan tidak jelas asalnya, apalagi orang-orang jaman sekarang udah mata gelap, yang penting dapat uang, salah sendiri minta murah....Kemudian, dalam proses daur ulang tersebut kan juga perlu ditambahkan bahan-bahan lainnya yang asalnya juga tidak kita ketahui. Untungnya, peringatan ini sudah disampaikan secara resmi oleh Balai POM.

Apakah semua plastik itu berbahaya ? Untuk menjawab pertanyaan ini kita harus bijaksana. Semua hal yang tidak sesuai dengan penggunaanya tentunya berbahaya. Sebilah pisau itu berbahaya atau tidak ? Jika digunakan untuk memotong daging tentu tidak berbahaya, tetapi jika digunakan untuk minta duit ke orang lain tentu berbahaya. Demikian pula dengan plastik, ada plastik yang seharusnya digunakan untuk mengemas makanan dan ada juga plastik yang digunakan untuk membuat piring plastik. Selama bahan dan proses yang digunakan tepat sasaran tentu plastik ini  tidak berbahaya bagi kesehatan kita. Nah, ada baiknya kita melihat tanda-tanda yang terdapat di peralatan plastik kita.

Ada 7 tanda yang bisa kita kenali dari produk plastik di sekitar kita, yaitu

Plastik Daur Ulang

PET atau PETE (Polyethylene terephthalate) sering digunakan sebagai botol minuman, minyak goreng, kecap, sambal, obat, maupun kosmetik. Plastik jenis ini tidak boleh digunakan berulang-ulang atau hanya sekali pakai. Habiskan segera isinya, jika tutup wadah telah dibuka. Semakin lama wadah terbuka, maka kandungan kimia yang terlarut semakin banyak.

Operasi Plastik

HDPE atau High Density Polyethylene banyak ditemukan sebagai kemasan makanan dan obat yang tidak tembus pandang.

Plastik jenis ini digunakan untuk botol kosmetik, obat, minuman, tutup plastik, jeriken pelumas, dan cairan kimia

Plastik

PVC atau Polyvinyl Chloride (PVC) sering digunakan pada mainan anak, bahan bangunan, dan kemasan untuk produk bukan makanan. PVC dianggap sebagai jenis plastik yang paling berbahaya. Beberapa negara Eropa bahkan sudah melarang penggunaan PVC untuk bahan mainan anak di bawah tiga tahun.

Sampah plastik LDPE atau Low Density Polyethylene (LDPE) sering digunakan untuk membungkus, misalnya sayuran, daging beku, kantong/tas kresek
Biji Plastik

PP atau Polypropylene sering digunakan sebagai kemasan makanan, minuman, dan botol bayi menggunakan plastik jenis ini.

Jenis Jenis Plastik

PS atau Polystyrene termasuk kemasan sekali pakai. Contohnya gelas dan pakai makanan styrofoam, sendok, dan garpu plastik, yang biasa ada pada kotak makanan. Kotak CD juga mengandung Polystyrene. Kandungan bahan kimia plastik jenis ini berbahaya bagi kesehatan. Jika makanan berminyak dipanaskan dalam wadah ini, styrene dari kemasan langsung berpindah ke makanan.

Tipe dan Sifat Plastik

PC atau Polycarbonate digunakan untuk botol galon air minum, botol susu bayi, melamin untuk gelas, piring, mangkuk alat makanan. Salah satu bahan perlengkapan makanan dan minuman yang sering digunakan adalah melamin yang tergolong jenis plastik termoset. Plastik jenis ini tergolong dalam “food grade” dan dapat digunakan sampai suhu 140º C.

BAHAYA PLASTIK BAGI KESEHATAN
Apa sih yang menyebabkan plastik itu berbahaya bagi kesehatan ? Apakah dengan bersentuhan ama plastik kita bisa langsung sakit ? Plastik selama tidak mengeluarkan BPA (Bishphenol A) dan masuk ke dalam tubuh kita bisa dianggap tidak berbahaya. Dari hasil penelitian orang-orang pinter, BPA ini dapat merangsang sel-sel dalam tubuh kita untuk menghasilkan sel kanker. Seperti kalo saya deket dengan cewek cakep dan pake baju seksi, bisa merangsang munculnya sel-sel lain dalam tubuh saya.

Bishphenol A ini akan muncul ketika plastik di panaskan diatas suhu 140 derajat Celcius. Tentunya tidak semua plastik melepaskan BPA ini, salah satunya adalah plastik jenis 1 dan 3. Namun untuk lebih amannya, kurangi membeli makanan panas yang dibungkus dengan plastik. Kalo beli bakso ato soto ayam sebaiknya bawa rantang sendiri atau plastik sendiri. Dan jangan lupa minta tambah ama pak penjualnya, karena kita udah bondo kemasan plastik sendiri.

Untuk pembahasan yang lebih serius mengenai jenis-jenis plastik silahkan klik di distributorplastik.com

Share this content

ARTIKEL TERBARU

SERI KEHAMILAN

OBAT TRADISIONAL

SERI OLAHRAGA

ARTIKEL LEPAS

 

  • Minyak Goreng Botol
  • Minyak goreng sehat Golco
  • Minyak goreng murah