Website Wapannuri

CARA OLAHRAGA YANG BENAR

Saya dulu berpikir cara olahraga saya sudah benar, tetapi kok masih kaku leher, geringinan, tulang berbunyi klotak-klotak dan sakit punggung serta pinggang. Lah...mereka yang tidak pernah berolahraga gimana jadinya ? Apa tidak gedebum-gedebum suara tulangnya ? Dengan penasaran saya baca semua artikel olahraga, tips pakar olahraga, video olahraga di youtube, buku olahraga dan segala sesuatu yang berhubungan dengan olahraga ini. Ternyata...manfaat olahraga bukan didapat dari sepak bola, renang , lari pagi, bersepeda, aerobic, fitness atau basket melainkan dari caranya berolahraga !

Cara berolaharag yang baik dan benar

MENGAPA HARUS BEROLAHRAGA ?

Ya ! Mengapa harus bangun pagi-pagi ? Mengapa harus menekuk-nekuk lutut, menarik-narik tangan dan meloncat-loncat sendiri ? Sakit sekali rasanya....males....mbencekno...gak ngenakno ! Jadi buat apa menyusahkan diri dengan berolahraga ?

Betapa sering kita mendengar teman-teman seusia kita yang kena stroke ? Gagal ginjal ? Migrain ? Kena lever ? Jantungen. Kencing. manis, kanker dan penyakit aneh. - aneh lainnya. Padahal usia mereka 30-40 tahunan. Yang lebih tua, entah itu saudara kita atau saudara teman kita malah bolak-balik masuk rumah sakit. Habis ini, kena itu, habis itu kena anunya. Gak mari-mari sakitnya...selalu ada yang baru setiap hari kayak Jawa Pos deh.

Saya sadar bahwa saya harus melakukan sesuatu untuk diri saya sendiri agar waktu tua nanti gak bikin rumah sakit tambah kaya. Tapi saya tidak pernah mau menyempatkan diri. Capek karena harus kerja dari pagi hingga sore. Belum lagi ditambah masalah di rumah. Kesehatan itu mahal harganya. Kesehatan harus mengeluarkan uang sementara kerja itu cari uang untuk mencukupi pengeluaran sehari-hari yang tidak pernah ada habisnya. Tiap bulan selalu besar pasak daripada tiang ! Gimana mau olahraga ? Yang realistis dong mas bro !

Olahraga adalah rahasia awet muda

Sampai saya ketemu dengan yang namany Pak Hanny. Usianya 40 tahunan tapi wajahnya bersinar kayak ABG umur 20 tahunan. Wik, kok seger nih orang, walaupun mulutnya mengeluarkan asap...^-^'

Cerita punya cerita, Pak Hanny rutin mengkonsumsi obat tradisional cina untuk menjaga staminanya. Bahasa kerennya mimik multivitamin. Olahraga juga tah pak ? Nggak nyo...mek minum multivitamin tok, sehari dua kali. Tiap pagi dan sore. Kok isa seger gitu mukanya pak ? Gak boros kayak muka saya ? Ya gara-gara multivitamin ini nyo ! Oh....gitu ya Pak.

Sepulang dari rumah Pak Hanny saya memutuskan  menyisihkan sebagian pendapatan saya untuk dimasukkan ke POS kesehatan. Rencananya saya sisihkan 200-300 ribu sebulan untuk membeli multivitamin. Mau beli kesehatan sekarang atau diakumulasikan nanti waktu tua ! Saya pilih dicicil aja deh, biar gak berat nantinya.

Boleh percaya atau tidak, yang namanya POS kesehatan itu mulai dihitung begitu kita dilahirkan di dunia. Dalam tubuh kita terdapat dua kekuatan yang bertolak belakang. Yang satu menghancurkan, sementara kekuatan lainnya membangun. Saya belajar kebenaran ini waktu tulang bahu saya patah. Mengapa proses penyembuhan patah tulang itu lama pada orang dewasa (3-4 bulan), padahal anak-anak yang patah tulang bisa menyambung kembali dalam waktu 1 bulan saja.

Lebih jauh lagi, setiap tahun tulang anak-anak selalu diperbaruhi 100%. Sementara tulang-tulang orang berusia 50 tahun hanya 30% yang dibarui setiap tahun. Itulah alasannya papa dan mama kita sering mengeluh lututnya sakit waktu berjalan serta persendiannya sering linu. Dokter menyebutnya sebagai dengkul keropos ! Kenapa bisa keropos dok ?

Karena ada yang namanya Osteoblast dan Osteoclast dalam tubuh kita. Osteoblast ini akan menghancurkan tulang - tulang kita secara otomatis dan perlahan. Sementara Osteoclast memperbaiki kembali tulang yang dihancurkan oleh Osteoblast. Setiap detik, tanpa kita sadari, tanpa kendali dari kita, Osteoblast menghancurkan dan Osteoclast memperbaiki !

Masalahnya adalah Osteoblast selalu bergerak lebih cepat daripada Osteoclast. Dengan kata lain, proses perusakan selalu berjalan lebih cepat daripada proses perbaikan. Kita tidak bisa menyalahkan proses metabolisme ini karena inilah proses regenenerasi paling sempurna di dunia. Tubuh memanfaatkan semua sel sedemikian efektifnya sehingga semuanya habis terpakai.

Jadi, apakah ada suatu cara untuk mempengaruhi metabolisme tubuh ini sehingga proses perbaikan bisa berjalan lebih cepat daripada proses perusakan ? ADA, yaitu dengan berolahraga ! Saya akan membahas topik ini secara tersendiri karena terlalu panjang untuk digabungkan dengan topik cara olahraga yang baik dan benar. Untuk sementara ini, percaya saja bahwa olahraga akan memicu proses kerusakan baik yang pada akhirnya akan memicu proses perbaikan yang lebih cepat.

Cara olahraga yang salah tidak memberikan efek kesehatan

Jadi, rasa sakit adalah tujuan berolahraga ! Jangan mengharapkan olahraga tanpa rasa sakit karena itu berarti anda tidak benar-benar berolahraga atau cara anda salah !

 

CARA OLAHRAGA YANG BENAR

Tujuan saya berolahraga adalah mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat ngangkat barang kebutuhan sehari-hari seperti sekarung beras yang dibeli sebulan sekali. Ngangkat galonan dua kali sehari untuk dimasukkan ke dispenser. Tidak gringingen waktu nyikat kamar mandi dan tetap seger setelah seharian bekerja. Pendeknya saya butuh stamina dan sedikit kekuatan otot.

Beberapa orang memiliki tujuan lainnya seperti menguruskan badan, melatih koordinasi atau membentuk otot agak tubuhnya bentol-bentol kayak Ade Rai.

Nah, tujuan anda akan menentukan cara berolahraga yang ideal. Jika anda mau membentuk otot, maka yang penting adalah beban. Sebaliknya, jika tujuan anda stamina maka yang penting adalah repetition atau pengulangan. Jika anda mau stamina dan kekuatan sekaligus maka gunakan metode Circuit Training.

Alat yang anda gunakan juga akan berbeda. Contohnya Treadmill dan Eleptical Training.

Eliptical training sebagai pengganti treadmillPertama kali ikut fitness, saya ikut antri menggunakan treadmill untuk pemanasan. Di samping treadmill terdapat beberapa alat berdebu yang saya ketahui namanya Eliptical Training setelah browsing di internet. Hmm...mengapa alat ini nggak laku di gym ? Yang bodoh saya atau pengelolah tempat fitness ini ? Dengan penasaran saya pelajari kelebihan dan kekurangan dua alat pemanasan ini.

Ternyata, alat berdebu inilah yang lebih banyak membakar kalori dibandingkan treadmill. Lalu mengapa tidak laku ? Karena kita ini lebih suka mengikuti arus daripada melawan arus, tak peduli arusnya ke arah yang benar atau salah. Kalo semua orang di tempat fitness memakai treadmill untuk pemanasan, mengapa saya harus pake eleptical training ? Yang banyak dipakai orang itulah yang benar ! Sama halnya dengan depot yang rame pasti enak makanannya...he...he...he

Lebih jauh lagi, eliptical training lebih efisien daripada treadmill karena mengurangi tekanan pada lutut dan pinggang. Gerakannya diatur sedemikian ekonomis sehingga target otot yang dilatih bisa mencapai tingkat akurasi yang lebih tinggi. Alat berdebu ini justru mengurangi resiko cedera otot lutut karena gerakannya oval, mengikuti gerakan alami kita ketika berjalan maupun berlari. Tidak seperti treadmill yang membebankan berat tubuh kita di lutut dan pinggang.

Mengapa harus treadmill untuk pemanasanApakah eliptical training lebih baik daripada treadmill ? Tidak juga...sangat tergantung dari tujuan anda berolahraga. Treadmill cocok untuk anda yang melatih otot bawah tubuh untuk tujuan naik gunung  atau berlari maraton. Sedangkan eliptical training pas untuk anda yang menginginkan kebugaran tubuh.

Pengulangan atau set latihan juga menentukan tujuan olahraga anda. Tiga-Empat set untuk melatih kekuatan otot dan membentuk tubuh biar keluar telornya. Lima-Enam set untuk strengh dan durability alias stamina. Lebih dari 7 set untuk meningkatkan daya tahan tubuh saja.

Melatih kekuatan harus menggunakan beban yang ditingkatkan setiap setnya, minimal 70% dari berat tubuh anda dalam waktu yang relatif singkat.

Tujuannya merangsang produksi asam laktat pada otot untuk menghasilkan energi ekstra kemudian merusakkan jaringan otot sehingga tubuh secara otomatis membangun kembali otot tersebut menjadi lebih kuat agar mampu menahan beban yang sama. Tidak heran selesai fitness badan kita kaku dan sakit semua.

Tapi memang itulah tujuan kita berolahraga, merangsang proses perbaikan jaringan tubuh dengan cara merusaknya. Jadi harapkanlah rasa sakit ketika anda olahraga karena itulah salah satu tanda bahwa cara olahraga anda sudah benar.

Rasa sakit setelah berolahraga tidak bisa dihindari tetapi bisa dikurangi. Yaitu dengan cara melakukan pemanasan dan pendinginan. Sama seperti cara makan yang sehat, dimulai dari Appetizer dilanjutkan dengan Main Course dan ditutup dengan Dessert. Olahraga yang benar itu membutuhkan waktu lebih dari satu jam karena melibatkan proses yang istilah bekennya Foreplay - Penetrasi dan Ejakulasi x-x'.  

Nah, bagaimana cara melakukan foreplay....eh stretching yang benar ? Apakah kayak Senam Kesegaran Jasmani atau SKJ yang kita pelajari waktu SD dulu ? Wah...sudah lupa Pak. Gampang, pergilah ke Sekolah SD terdekat di tempat anda dan amat-amati gerakan pemanasan yang dilakukan murid-murid SD itu dan peragakan di situ juga. Kalau ditanyai satpam, "Apakah anda Pedeofilia ?" Maka anda harus menjawab Ya...huaaa..ha...ha...ha...^-^'

Alternatif lainnya, kalau anda tinggal di Surabaya bisa datang  ke Taman Bungkul  jam 7 setiap Minggu pagi. Di sana anda bisa milih jenis pemanasan yang sesuai dengan jiwa anda karena banyak instruktur aerobic gratisan yang memandu anda berolahraga yang benar. Ada Low Impact Aerobic di depan Mercure Mirama, ada juga High Impact Aerobic di depan KFC Raya Darmo atau pemanasan tenaga dalam di sekitar Taman Bungkul.

Pesertanya juga banyak, ada nonik-nonik, Bapak-bapak, ibu-ibu dan beberapa anjing serta ular. Tapi paling banyak ibu-ibunya...^-^' apes deh ! Namun jangan patah semangat karena melihat bodi ibu-ibu....yaaah ! Namanya juga ibu-ibu ! Apa yang anda harapkan dari seorang ibu - ibu ? Kalau mau lihat pemandangan yang indah-indah ya harus bayar di Celebrity Fitness dong ! Atau nek mau yang gratis tapi rodo lumayan bisa datang ke Galaxy Mall Surabaya....enaknya bersepeda ya itu loh bisa tau "titik-titik penting" di Surabaya.

Senam pagi di Taman Bungkul Surabaya tiap hari minggu

Kalau saya sih belajar Stretching , Cooling Down dan teknik olahraga dari Internet. Itulah salah satu alasan saya langganan Speedy, biar bisa download video-video penting seperti ini dari Youtube. Channel favorit saya Fitness Blender.

Fitness Blender ini dikelola oleh pasangan suami istri Daniel dan Kelli. Jelas lah...lebih banyak video Kelli yang saya download. Emang jeruk makan jeruk ? Olahraga memang menyakitkan, tetapi bisa dikurangi rasa sakitnya bukan ? Jadi olahraga harus dinikmati, harus cari instruktur yang menyegarkan mata dan meningkatkan semangat...daripada sama ibu-ibu di taman bungkul ! Anda sendiri pilih mana ? Haayoooo !!

 

STRETCHING DAN COLLING DOWN

Pada intinya, ada dua bagian tubuh yang harus kita latih setiap hari, bukan seminggu sekali atau seminggu tiga kali. Tubuh bagian atas, dari pinggang ke atas lebih lemah daripada tubuh bagian bawah kita. Tubuh bagian atas atau Upper body lebih mudah dilatih tapi lebih menyakitkan daripada melatih tubuh bagian bawah.

Saya melatih Lower body saya dengan bersepeda sedangkan tubuh bagian atas saya dengan barbell. Dulu saya ikut fitness tapi sekarang gak isa karena harus antar-jemput istri. Akhirnya budget fitness saya alihkan ke peralatan tadi agar bisa latihan tubuh di rumah, pagi-pagi sekali sebelum semuanya bangun. Karena itulah satu-satunya waktu pribadi saya dan jam biologis tubuh terbaik.

Menu olaraga itu banyak macamnya tapi menu foreplay dan ejakulasi...aduh...kok salah ngetik terus sih...stretching dan cool down itu sifatnya universal. Jadi saya hanya menunjukkan video gerakan pemanasan dan pendinginan saja di sini. Sisanya anda cari di Channelnya Fitness Blender...ada 200 lebih video gratis !

UPPER BODY STRETCHING

LOWER BODY STRETCHING

SHOULDER AND NECK EXERCIZE

COOLING DOWN

 

KESIMPULAN
Mulailah pagi hari dengan berolahraga karena itu akan menambah energi sepanjang hari. Investasi waktu 1 jam sehari akan memberikan anda tenaga ekstra sepanjang hari dan kesehatan di masa tua. Jadi sungguh investasi yang menguntungkan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Jika anda tidak mau membayar harga kesehatan saat ini, pada akhirnya tagihan ini akan muncul di masa tua anda. Itu pasti, saya tidak mengancam atau membohongi anda. Lihat sekeliling anda, saudara anda yang lebih tua dan teman-teman anda.

Cara olahraga yang benar dimulai dari pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan. Jika waktu anda tidak cukup, pilih salah satunya saja, melakukan pemanasan baru berolaraga atau olahraga dulu kemudian cooling down. Manfaatnya akan jauh lebih maksimal dan rasa sakitnya jauh lebih berkurang. Percayalah karena saya sudah mencobanya. Baik olahraga tok maupun olahraga dengan pemanasan dan pendinginan. Salam olahraga !

Share this content

ARTIKEL TERBARU

SERI KEHAMILAN

OBAT TRADISIONAL

SERI OLAHRAGA

ARTIKEL LEPAS

 

  • Minyak Goreng Botol
  • Minyak goreng sehat Golco
  • Minyak goreng murah