Website Wapannuri

PENGALAMAN MERAWAT BAYI 2 DAN 3 BULAN

Rencana awalnya sih menulis cara merawat bayi bulan demi bulan. Tapi bulan kedua si Kenzo rewel, malamnya susah tidur,  badan saya remek. Jadi saya gabungkan saja pengalaman merawat  bulan kedua dengan bulan ketiga Benar juga kata saudara-saudara saya. Kalo bulan pertama tidak rewel, biasanya bulan keduanya yang rewel. Kalo bulan pertama rewel, biasanya bulan kedua juga rewel. Kalo tiap bulan rewel terus....ha...ha...ha... saknone...jangan putus asa karena kata orang  kerewelan ini akan berakhir ketika bayi anda memasuki bulan keenam.

Anak saya, usia 3 bulan

 

BERAT BADAN BAYI 3 BULAN

Setiap hari, setiap pagi, saya tanyakan kepada diri sendiri, " Sinyo sehat atau tidak ?" Inilah pertanyaan bagi setiap orangtua yang baru memiliki anak pertama. Patokannya apa ? Berapa suhu badan bayi normal ? Berapa tinggi eh...panjang bayi bulan demi bulan ? Berapa berat badan ideal bayi ?

Dokter anak saya memberi patokan tentang berat badan bayi yang sehat. "Umumnya naik 200gram perminggu." kata Dokter Paulus.

Tapi dok, berat badannya waktu lahir  kan 3,1 Kg. Sekarang udah 1 bulan lebih 2 hari, kok beratnya tetap 3,1 Kg. Padahal minum susunya banyak. Seharusnya kan jadi 3,3 Kg.

" Loh iya kan...yang normal berat badan bayi sebulan itu berkurang  5-8% karena airnya dibuang. Bayi dilahirkan dengan cairan ekstra dan lemak untuk mencukupi kebutuhannya sampai ASI mencukupi nutrisi dan cairan bayi." sahut dokter anak yang praktek di Jalan Arjuna Surabaya ini.

Bayi laki-laki 3 bulan berat badan minimalnya 5 Kg dan maksimal 8 Kg, sedangkan untuk bayi perempuan 4,5 Kg hingga 7,5Kg. Standar berat badan ini tidak mutlak, tiap-tiap dokter dan organisasi kesehatan memiliki tabel berat badan idealnya. Ada faktor budaya, keturunan dan kondisi bayi. Jika bayi anda berat badannya kurang dari tabel tidak berarti ada masalah kesehatan.

Tabel berat badan bayi hingga 1 tahun  

Tanggal 27 Februari lalu, waktu imunisasi, saya kaget dengan biayanya. 500 ribu rupiah...mek di suntik tok setengah juta rupiah ! Edan ! Ini imunisasi buat apa Dok ? Buat paru-paru basah. Oh la..la...bulan depan masih ada lagi yang seri kedua. Dieeeeng ! Cekot - cekot kepala bapaknya.

Oh iya, si Kenzo yang 3 bulan 4 hari berat badannya 5,8 Kg. Sehat dok ? Sehat. Terus baju Kenzo dibuka, jantungnya di stetoskop dan perutnya diketuk-ketuk.

 

CARA MERAWAT BAYI KETIKA CUTI HAMIL BERAKHIR

Bayi 3 bulan bisa apa ? Banyak sekali, bisa ketawa, ngoceh-ngoceh, ngemut ibu jari, ngiler, tengkurep, pegang tangan kita, mainan botol susu , melet-melet, liat TV. Pokoknya berbeda sekali dengan sebelumnya. Kesenangan dan penderitaan sebenarnya dimulai.

Cara merawat bayi setelah cuti hamil berakhirPertama, masa cuti hamil istri saya berakhir. Artinya istri kerja, suami jaga anak. Saya yang  harus bersihkan puppy-nya, ganti popok, minumin susu, gendong,  ngajakin ngomong dan mengawasi gerak-geriknya. Saya gak isa kerja. Kalo gak kerja, gak dapat duit dan akhirnya ditindas wanita....^-^'

Alternatifnya adalah cari suster atau pembantu. Cari suster lebih gampang daripada cari pembantu, tapi bayarane suster lebih mahal daripada pembantu. Masalahnya adalah saya dengan suster...isa-isa kecantol mbek suster...ha...ha...ha.... Rumah saya belum di-disain untuk ditinggali bersama suster. Kamar tidur hanya satu, lainnya ruangan kerja.

Kalo cari pembantu sekaligus suster ini rodo ruwet. Pembantu sekarang lebih "profesional". Kalo pembantu plus suster gaji pembantu mereka tidak bakalan mau. Pembantu ya pembantu, kerjaannya membantu majikan. Bukan kerja rodi, ada jam kerja yang jelas, ada tugas yang tidak harus mereka kerjakan dan ada jam istirahat.

Jaman sekarang ini sudah tidak ada lagi suster atau pembantu yang setia dan jujur. Bukan salah mereka juga sih karena juga banyak majikan yang semena-mena terhadap pembantunya dan kasih bayaran sekedarnya. Yang sering terjadi justru pembantu baik ketemu majikan jahat dan pembantu jahat punya juragan baik.  

Saya ingat cerita bos GarmenSurabaya.com. Dia baru dapat pembantu wanita. Dites 3 hari langsung seneng si Boen Tjwan. Rajin, pinter masak, sabar nemeni anaknya. Terus ditawari 800 ribu perbulan. Dia nolak karena kalo jaga anak sekalian jadi pembantu itu capek, kalo mau ya 1 juta.

Setelah rundingan ambek bojone, akhirnya sepakat 1 juta. Sebulan kemudian, waktu sepedaan keliling Surabaya. Si Boen Tjwan cerita kalo barusan mem-PHK pembantu yang rajin tadi. Kenapa Tjwan ? Tanya saya.

Soale rajinnya cuman 1 minggu tok. Setelah itu males. Anak gak dijaga, dulinan handphone tok, ngelapi gak bersih. Dan yang paling bikin keki itu suka ngeyel. Disuruh ini bilang nanti, disuruh itu bilang buat apa ? Ngelap gak bersih malah ngremeng kalo dikasih tau. Wes tah lah....loro ati tambahan. Wes metu duit, kerjaan gak beres. Lak memelihara orang nganggur.

Cerita pembantu yang seperti ini sering saya dengar dari teman-teman saya.  Macam-macam kasusnya. Ada yang sakit-sakitan, ada yang ngutilan dan ada yang mintanya aneh-aneh. Saya berpikir dua kali untuk cari pembantu. Jaman sudah setengah edan.
 
Suster bayi idaman para papaAlternatif terakhir yang masuk akal adalah menitipkan anak ke mertua.
Dan saya memiliki kelebihan di sini karena mertua tinggal bersama saya.

Tapi saya sedikit frustasi dengan keadaan ini karena tetap menjaga si Kenzo selama 1/2 hari kerja, kadang malah satu hari full. Baru digantikan istri saya sepulang kerja. Aneh juga, padahal Kenzo adalah cucu laki-laki pertamanya.

Bukankah yang lebih berkewajiban menggantikan tugas merawat anak saya adalah orangtua istri saya ? Kan anaknya kerja dan juga tinggalnya di tempat saya ? Kok malah saya yang laki-laki gantikan popoknya, bersihkan pup-nya dan ngajakin ngomong seharian ? Apa mereka gak mikir kalo yang bayar listrik, air, makanan, sabun, garam dan laiinnya itu saya ? Lah nek aku gak kerjo dapat duit dari mana ?

Terkadang, jadi orang baik itu membutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Tapi orang yang sabar sangat menakutkan ketika kemarahannya memuncak. Saya tetap berpikir positif sampai saat ini, berulangkali menyesuaikan diri dengan segala perubahan yang terjadi seiring dengan perkembangan bayi kecil. Saya tahu setiap bulan kebutuhannya akan bertambah, waktu pribadi saya akan tersedot buat sinyo. Tapi saya tahu bahwa selalu ada yang bisa saya kerjakan jika melihat dari sudut pandang yang benar.

 

PERKEMBANGAN BAYI 3 BULAN

Mengapa bayi suka menghisap jempol tangannya ? Si Kenzo kalo ngemut jempolnya pake suara put...put...sruuput... cepok....cepok...cepok. Lucu sekaligus mengesalkan. Wajahnya itu loh, rasanya nikmat sekali. Kalo tangan kanannya dipegangi, tangan kirinya yang dimasukkan ke mulut. Kalo kedua tangannya dipegang langsung mewek.

Video bayi 3 bulan (anak saya reeek !!)

Kata orang, bayi yang suka ngemut jempol, giginya akan menonjol kedepan. Bahasa jawanya, mrongos. Bahasa kerennya boneng. Bahasa halusnya gigi kelinci. Struktur gigi dan mulutnya berubah karena terlalu sering ngemut jempol. Kalo anda liat teman sebelah anda yang mrongos....berarti dia kecilnya suka ngemut jempol dan disetujui orang tuanya. Kalo teman anda pake kawat gigi juga suka ngemut tapi karena berduit, kemerongosannya ditahan kawat gigi.

Bayi suka ngemut jempolnya karena memang dari sananya begitu. Di dalam kandungan pun dia ngemut jempolnya. Kalo gak isa ngemut, yak apa caranya netek ke ibunya ? Bayi yang baru lahir begitu disodorkan payudara langsung disedot. Gak ada yang ngajari loh. Bayi yang minum ASI lebih tenang dan lebih cepat tertidur daripada yang minum susu kaleng.

Bayi yang rewel menjadi lebih tenang ketika disodori empang. Karena awalnya tidak ada pacifier, maka dia masukkan jempolnya ke mulut. Sekalipun sudah kenyang, tetap saja jempolnya diemut. Mengapa ? Karena kebiasaan dan juga kebutuhan menghisapnya belum terpenuhi. Lagipula, memasukkan sesuatu kedalam mulut memberinya kenyamanan.

Lalu bagaimana mengatasi bayi yang suka ngemut jempol ? Kalo Kenzo gampang, tak gendong langsung berhenti ngemuti jempolnya. Kalo lagi malas gendong, saya ajak ngomong-ngomong. Selama dia masih bisa ketawa dan menanggapi berarti dia sedang ingin diperhatikan. Kalo digudang-gudang masih tetep ngemut berarti dia mau tidur tapi gak isa.

Di titik ini saya punya dua pilihan. Pertama, tiap kali masukkan jempolnya ke mulut langsung saya tarik. Berulang kali sampai akhirnya dia capai dan tertidur. Saya kurang suka cara ini karena waktunya tidak pasti. Bisa 10 menit kuat-kuatan emut dan lepas, dan bisa 1 jam lebih.

Saya lebih suka mengendong Kenzo karena hanya butuh  20 menit  saja untuk membuatnya tertidur. Lagipula tidurnya lebih nyenyak karena kebutuhannya akan rasa nyaman terpenuhi dengan cepat.

Bayi belajar mengangkat kepalanya dulu sebelum bisa tengkurapBisa apa lagi pak bayi 3 bulan ? Bisa tengkurep atau berguling tanpa bisa balik ke posisi terlentang lagi. Sekarang ini anak saya baru bisa muter ke kiri saja. Tapi tangan yang satunya ketindihan badannya. Dia mengangkat kepalanya, angkat kedua kakinya berusaha untuk membebaskan tangan kirinya yang kecepit. Kadang bisa dilepaskan, kadang ya tetep ketindihan badannya sambil teriak-teriak Eeeehhh...uuuhh...ngggeeee....heeeee....kalo terus - terusan gak isa, dia akan mangkel dan teriak haaaaaaahhhaaa !

Pokok'e lucu soro liat tingkahnya bayi belajar tengkurep. Dia berusaha untuk maju kedepan...seperti mau merangkak. Tapi koordinasi antara bahu, kepala dan kakinya belum sempurna sehingga mencak-mencak kayak penari balet bikin huruf U. Hua...ha...ha...Seringkali Kenzo tertidur sendiri dalam posisi tengkurap karena kecapaian. Air liurnya banyak sekali, sampai ranjang saya basah.

Kira-kira 10 menit, dia terbangun terus nangis. Dipikirnya begitu tertidur terjadi keajaiban, dia bisa berputar dari posisi tengkurap ke terlentang. Tapi kenyataannya tidak sehingga dia nangis. Inilah waktunya saya memutar balik ke posisi normalnya. 2 menit kemudian, setelah tolah-toleh.... langsung tengkurap lagi. Ealah...anak ini....tidak pernah menyerah !

Kata orang Jawa, sekarang ini anak saya sedang dalam masa enteng-entengen. Jadwal minum susunya berubah tidak menentu, jumlahnya juga naik turun. Kadang 60 ml, kadang 90 ml dan kadang 120ml. Dia lebih suka tengkurep daripada minum susu.

Dan sering memainkan botol susu dengan lidahnya. Ditaruh di sebelah kiri mulutnya, disedot di tengah, ditaruh di kanan. Noleh kiri, noleh kanan. Yang megangi botol susunya ini kemeng rek. Minumnya pelan sekali.

Kalo gak mau minum susu, botolnya akan ditempelak dengan halus. Tangannya ditaruh di dekat botol susunya untuk menghalangi tangan saya....duh nak...cek pinter'e seh. Kadang minum ssusu sambil nguyu-nguyu. Lah kalo tersenyum kan gak bisa nyedot susunya. Hadeh...hadeh.

Yang paling menyenangkan ketika bayi anda berusia 3 bulan adalah lebih interaktif. Dia merespon omongan kita. Sinyo.... huaaaa....mau apa !....iihhhhhaaa....ditanyai papa kok gak jawab ?....heeeeheeee....mau bobok ? eeeeehhh.... mau susune papa tah ? ....hhheeeeee.... Ucapan vokalnya lebih bervariasi dan intonasinya juga lebih jelas.  

Bantulah bayi mengeluarkan tangannya yang tertindih badannya ketika belajar tengkurapAwalnya saya kehabisan bahan pembicaraan. Ngomong apa dengan bayi 3 bulan ?  Kalo nyanyi terus bosen ? Nanya mau apa sinyo ? Susunya enak ? Kalo gede mau jadi apa ? Bosen aku nanya pertanyaan yang sama terus selama berbulan-bulan. Akhirnya saya curhat dengan Kenzo. Ha...Ha...ha...

Dia ngerti ato nggak saya juga gak masalah karena curhat adalah curahan hati ! Kadang akan lucu ketika curhatan saya direspon dengan tepat. Ketika saya sedih dia menampakkan wajah dan suara sedih...rasanya lega plus lucu...masa bayi 3 bulan bisa ngerti ucapan orangtuanya ? Saya merasakan kelegaan setelah curhat dengan anak saya. Dia senang karena ada yang gudang-gudangi. Saya juga senang karena kekesalan hati saya dapat dibuang.

Hal yang paling membahagiakan adalah tidur malam yang lebih lama. Bayi 3 bulan sudah terbiasa dengan siang dan malam. Kenzo lebih banyak terjaga di siang hari dan mulai tertidur jam 22.00. Kadang dini hari terbangun minum susu, kadang baru jam 4 pagi baru minta susu. Jarang sekali terjadi tangisan di malam hari. Tidur kita jauh lebih nyenyak....terima kasih Tuhan ! Ronda malamnya sudah berkurang jauh !

 

SOLUSI BAYI YANG SUKA NGEMUT JEMPOLNYA

Jika anda frustasi dengan bayi anda yang suka menghisap ibu jarinya, ketahuilah bahwa mengoleskan yang pahit di jempolnya, memegangi atau dipasangi sarung tangan tidak akan berhasil menyelesaikan masalah ini.

Solusi terbaik bagi bayi yang suka ngemut jempol adalah membuat tangannya sibukSecara umum, menghisap ibu jari setelah berusia 2 tahun jarang menjadi penyebab masalah pada gigi dan gusi. Yang perlu anda kuatirkan adalah bayi yang menghisap ibu jarinya sepanjang malam. Pencegahannya adalah memberinya guling agar tangannya terhambat ketika hendak memasukkan ibu jarinya ke mulut. Periksalah beberapa kali semalam untuk sementara waktu dan pindahkan ibu jarinya yang sedang dihisap. Alihkanlah perhatian bayi dengan menyibukkan kedua tangannya. Cara termudah ialah dengan bertepuk tangan, biasanya bayi akan tertawa dan mencoba menirukan tangan kita.

Jangan mengomeli bayi yang sedang menghisap ibu jarinya karena dia tidak ngerti....ngemut enak kok disuruh ngelepas. Hadeeeh...orang dewasa ini gak pepek blas ! Cara yang benar adalah mengalihkan perhatiannya.

Hasil penelitian yang pernah dilakukan tentang kecenderungan bayi menghisap ibu jarinya :

  1. Penghidap ibu jari adalah bayi yang lebih sering disusi dengan botol daripada ASI ekslusif
  2. Penghisap ibu jari lebih sering diberi makan menurut jadwal daripada menurut permintaan.
  3. 90% anak yang ngemut jempolnya tidur tanpa ditemani
  4. Anak yang diasuh hingga tertidur dan tidak ditinggal sendiri ketika tertidur jarang memiliki kecenderungan menghisap ibu jarinya
  5. Anak yang disusui ASI hingga tertidur lebih tidak memiliki kecenderungan menghisap jempolnya.

Pengalaman merawat bayi 1 bulan
Ini bulan penuh penderitaan bagi orang tua baru. Makan tak nyenyak, tidur tak enak.

Share this content

ARTIKEL TERBARU

SERI KEHAMILAN

OBAT TRADISIONAL

SERI OLAHRAGA

ARTIKEL LEPAS

 

  • Minyak Goreng Botol
  • Minyak goreng sehat Golco
  • Minyak goreng murah