Website Wapannuri

POLA HIDUP SEHAT ALA WANAPURI

Semua orang sudah tahu arti pola hidup sehat (termasuk anda), tetapi tetap saja mencari - cari informasi untuk membenarkan gaya hidupnya yang tidak sehat. Prinsip panjang umur itu empat sehat lima sempurna plus olahraga.Anda sudah dididik semenjak kecil oleh orangtua anda tentang tips hidup sehat ini, tapi tetap saja tidak mau melakukannya. Makan tidak teratur, jajan sembarangan, suka begadang bahkan sampai kerja setengah mati untuk mencari uang. Jadi, kalo  nanti anda benar-benar mati muda salah siapa ? Saat ini saja sudah setengah mati... itu kata anda sendiri loh ya ! Kerja mati-matian dan melupakan prinsip hidup sehat.

Gaya Hidup Sehat yang Murah

 

ANTARA TUBUH DAN PERUSAHAAN KITA

Pernah dengar pepatah yang bunyinya, "Waktu muda uang disetor ke bank. Setelah tua disetor ke rumah sakit." Anda dan saya pasti pernah mendengar teman atau saudara yang  masa tuanya keluar masuk rumah sakit. Jantung koroner, gagal ginjal, stroke, hepatitis, kurang kalium sampai dengan penyakit yang tidak jelas. Sekali masuk rumah sakit keluar 10 juta, padahal cuman tiga hari. Setelah keluar untuk rawat inap pun obatnya 500 ribu sehari dan harus diminum selama seminggu.

Membayangkan jumlahnya saja ngeri. Terus kita bandingkan dengan gaji bulanan kita. Wik ! Celengan bertahun-tahun habis dalam waktu sekejap...untung-untung kalo sembuh...ealah dalah ternyata muncul penyakit lainnya...komplikasi ini...kena itu...tambah obat lagi...keluar uang lagi ! Sembuh tidak ? Lebih enakan sih, tapi sembuh atau tidaknya masih belum tahu. Kepikiran lagi....padahal obat yang manjur adalah hati yang gembira. Kita yang sakit kepikiran karena merepotkan orang lain, sementara orang yang sehat mikir cari tambahan uang untuk membiayai pengobatan anda. Mbulet dan ujung-ujungnya yang merawat jatuh sakit juga !

Saya turut bersedih jika anda terjebak dalam lingkaran setan kesehatan ini tetapi mau gimana lagi. Dulu anda tidak menghargai tubuh anda sehingga saat ini merasakan akibatnya. Tukang pijet saya sering berkata, "AC saja perlu diservis dan dibersihkan. Apalagi tubuh manusia." Tubuh kita itu memiliki daya tahan sendiri, jika dipaksa melampaui kemampuannya akan berakibat ke salah satu organ vital. Dan jika satu saja organ tubuh kita tidak bekerja normal akan mempengaruhi organ lainnya. Awalnya diabetes, akhirnya merambat ke lever, penyumbatan pembuluh jantung, stroke dan penyakit aneh-aneh lainnya.

Selalu ada biaya kesehatan, hanya masalah waktu sajaSaat ini, di usia yang ke 33 ini saya menyadari bahwa kesehatan itu harus dibeli. Sama seperti anda membeli Blackberry dan mengisi pulsa setiap bulan. Harus ada budget kesehatan, uang dan waktu yang harus anda sisihkan untuk merawat tubuh anda. Saya menganalogikan tubuh saya sebagai karyawan saya.

Saya menuntut hak -hak saya sebagai seorang bos. Kamu harus ikut kemauan saya,  kalo saya bilang kerja ya harus kerja. Kalo saya bilang lembur ya harus lembur ! Kalo saya mau yang enak-enak, kamu ya nurut ae ! Jangan protes ! Aku bos kamu, tak kasih racun kek, sampah kek, kamu bisa apa ! Toh takdirmu itu jadi budak-ku seumur hidupku dan hidupmu !

Untungnya, pegawai kita ini nurut soro. Gak dibayar gak tau ngamuk. Sekalipun dipaksa melewati kemampuannya toh tetap dikerjakan. Disuruh makan racun ya dimakan ! Betapa menyenangkan kalau para pegawai kita di dunia nyata itu seperti tubuh kita ! Gak dibayar ya gak tau demo ! Gaji tidak dinaikkan juga tidak protes. Hebat sekali tubuh kita ini ya, saaabar sekali.

Sampai pada suatu hari di mana pegawai teladan ini lemah tak berdaya. Dia bukannya tidak mau melakukan perintah kita, dia benar-benar tidak sanggup untuk bekerja lagi. Kondisinya mati segan, hidup pun enggan. Dia tidak memiliki tenaga lagi, juga tidak bisa membersihkan diri di kamar ginjal. Pasukan kuning yang biasanya rajin mengangkut sampah pun bekerja sedemikian keras tapi apa daya jumlah sampahnya terlalu banyak dibandingkan dengan jumlah petugasnya. Bukannya semakin bersih, tetapi malah semakin kotor. Akhirnya pasukan kuning tubuh kita pun kelelahan dan tidak sanggup membuang kotoran dalam tubuh kita.

Beberapa karyawan kita yang masih kuat akhirnya memakan jatah teman sekantornya. Karena takut kekurangan, dia tidak mau memberikan kelebihan makanan dalam dirinya. Sebaliknya dia semakin giat menimbun persediaan makanan dalam apartemen-nya. Semakin lama semakin besar dan banyak sehingga dalam tubuh kita muncul benjolan kecil. Polisi tubuh kita yang kelelahan pun kebingungan menghadapi om Kanker ini. Loh, dulunya kan dia baik, kok sekarang jadi tukang timbun gini ?

Lebih parah lagi, perbuatan om kanker ini akhirnya ditiru tetangga-tetangganya. Daripada aku yang mate, elo aja yang gue bunuh....ciaaat....hiaaat....bak...buk...buk ! Setiap sel dalam tubuh kita berebut makanan dan sibuk menimbun untuk dirinya sendiri, padahal mereka tahu bahwa persediaan mereka lebih dari cukup. Tapi yak apa om...trauma seperi Jakarta yang kebanjiran.Harga bahan pokok melonjak tinggi, tidak ada salahnya kan berjaga-jaga.

Ya benar ! Tubuh kita tidak akan melakukan mogok kerja ataupun berdemo. Mereka hanya tidak mau diperintah lagi, tidak mau anda perbudak lagi. Anda adalah bos yang selalu menuntut hak tanpa pernah mau melaksanakan kewajiban anda ! Dulu anda menyiksa, sekarang anda menerima pembalasannya. Gaji yang tidak pernah anda bayarkan ke mereka akhirnya anda gunakan untuk membayar rumah sakit. Kepada orang-orang yang tidak pernah berjasa terhadap diri anda, mereka tidak melayani anda 24 jam sehari dengan hati ikhlas dan tanpa pamrih. Ada uang ada barang ! Mau tetap hidup ya bayar biayanya !

 

KESEHATAN ITU BENAR-BENAR TIDAK GRATIS

Dulu saya berpikiran bahwa kesehatan itu gratis. Rutin berolahraga, hidup teratur dan makan makanan yang bergizi. Melakukan ketiga hal ini berarti sudah memiliki tubuh yang sehat. Kalaupun tidak gratis, harga kesehatan itu sungguh murah. Tapi kenyataannya jauh berbeda.

Makan makanan yang bergizi cenderung pahit. Gak enak di lidah. Makan teratur itu sulit karena jam kerja yang terlalu padat dan target yang selalu meningkat. Berolahraga itu berarti bangun lebih pagi dan bikin badan kesakitan. Olahraga tidak menghasilkan duit, olahraga membuang-buang waktu yang begitu berharga. Nek olahraga berarti gak kerja. Tidak bekerja artinya tidak punya uang. Jadi, lebih baik yang namanya olahraga, empat sehat dan hidup teratur itu ditunda dulu. Sampai saya sudah mapan ! Deal ? DEAL !!

Ya, saya memang perlu menjaga stamina dan daya tahan tubuh saya. Dengan keterbatasan waktu ini, maka saya minum Extra Jozz, Hemaviton, Enervon-C, Gingseng dan multivitamin lainnya. Kan sama dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, hanya saja cara saya ini lebih up to date ! Jaman sekarang harus pintar mengatur waktu loh mas bro ! Harus cerdas seperti saya ini ! Sip gak ? SIP !!

Awalnya saya juga mau melakukan persis seperti cara anda, tetapi saya tahu bahwa ada 3 manfaat olahraga yang tidak bisa didapatkan dengan mengkonsumsi multivitamin, yaitu daya tahan, kelenturan dan kekuatan.

Tiga manfaat Olahraga, stamina, kekuatan dan kelenturan

Daya tahan datang dari latihan aerobic, dari efisiensi kardiovaskular - kemampuan jantung anda untuk memompa darah ke seluruh tubuh anda.

Walaupun berupa otot, jantung kita tidak dapat dilatih secara langsung. Jantung hanya dapat dilatih melalui kelompok otot yang besar, khususnya otot tungkai. Itulah sebabnya olahraga berjalan cepat, berlari, bersepeda, berenang, lintas alam, dan joging sangat bermanfaat.

Anda dianggap bugar secara minimum jika anda dapat meningkatkan kecepatan denyut jantung anda menjadi sedikitnya 100 denyut/menit dan mempertahankannya pada tingkat itu selama 30 menit.

Idealnya anda harus berusaha menaikkan kecepatan denyut jantung anda menjadi sedikitnya 60% dari kecepatan nadi maksimum anda, kecepatan tertinggi jantung anda dapat berdenyut dan masih memompa darah ke seluruh tubuh anda. Kecepatan denyut jantung maksimum yang umumnya diterima adalah 220 dikurangi usia anda. Jadi, jika usia anda 40, anda harus mengarah pada kecepatan denyut jantung pada saat latihan sebanyak 108 (220-40=180 x 0,6 = 108). "Efek latihan" umumnya dipertimbangkan antara 72 dan 87% dari kecepatan maksimum pribadi anda.

Kelenturan didapat melalui perengangan. Kebanyakan ahli menganjurkan pemanasan sebelum dan pendingan/perengangan sesudah latihan aerobik. Sebelum latihan, pemanasan membantu mengendurkan dan menghangatkan otot agar siap untuk latihan yang lebih bersemangat. Sesudahnya, pendinginan membantu menghilangkan asam laktat sehingga anda tidak merasa sakit dan kaku.

Kekuatan diperoleh melalui latihan daya tahan otot - seperti kalistenik sederhana, push up, pull up dan sit up serta latihan beban. Berapa banyak penekanan yang anda berikan pada pengembangan kekuatan bergantung pada situasi anda. Jika anda terlibat pada kerja fisik atau aktivitas atletik, kekuatan yang meningkat akan memperbaiki keterampilan anda. Jika pekerjaan anda pada dasarnya di belakang meja dan keberhasilan pada gaya hidup anda tidak memerlukan banyak kekuatan, sedikit pengencangan otot melalui kalistenik sebagai tambahan untuk aerobik anda dan latihan perengangan mungkin sudah memadai.

 

KESIMPULAN
Sebelumnya, saya merasa gowes dua minggu sekali sudah cukup. Di awal tahun 2013 ini saya baru sadar bahwa bersepeda hanya melatih stamina atau daya tahan tubuh saya. Saya lebih jarang terkena flu, tetapi tubuh bagian atas saya kaku dan lemah. Memang saya kuat mengangkat galonan aqua, tetapi tetap tidak ada tenaganya. Badang saya memang besar, tapi lemak tok ! Otot'e matek....

Saya putuskan melatih otot saya dengan mengikuti fitness di dekat tempat saya, harganya murah meriah, gak sampe 200 ribu sebulan. Daripada tak buat beli multivitamin, mendingan dibuat nge-gym. Cara yang benar tidak selalu mudah, tetapi memiliki efek jangka panjang dan tidak ada ketergantungan obat. Inilah pola hidup sehat yang benar. Latihan, latihan dan latihan !

Manfaat Bersepeda alias Gowes
Cari tahu berapa kalori yang anda bakar hari ini. Masukan jarak, berat dan umur...

 

Share this content

ARTIKEL TERBARU

SERI KEHAMILAN

OBAT TRADISIONAL

SERI OLAHRAGA

ARTIKEL LEPAS

 

  • Minyak Goreng Botol
  • Minyak goreng sehat Golco
  • Minyak goreng murah