Website Wapannuri

MINYAK ZAITUN, MANFAAT DAN KHASIATNYA BAGI KESEHATAN

Minyak zaitun terkenal akan khasiatnya bagi tubuh kita. Apa saja manfaatnya, kandungannya, vitamin, dan gizinya ? Benarkah minyak yang diambil dari buah zaitun ini menyehatkan ? Mengapa olive oil ini bisa terkenal sampai ke seluruh dunia ? Apa yang dimaksud dengan minyak zaitun extra virgin, dan virgin ? Saya akan mencoba membahasnya secara lengkap dan menyenangkan untuk dipelajari karena saya Wapan yang lucu...hahahaha.....

Jenis Buah Zaitun
Dua Jenis Buah Zaitun, yang berwarna hitam dan Hijau

 

SEJARAH MINYAK ZAITUN
Minyak zaitun tidak dapat terlepas dari agama, baik itu agama islam atau kristen (katholik). Berhubung saya beragama nasrani, maka saya akan menjelaskan dari sudut pandang kepercayaan saya. Untuk yang beragama islam silahkan klik di sini.

Minyak zaitun disebutkan sebanyak 191 kali dalam alkitab. Ketika seorang ditunjuk oleh Allah untuk melakukan kehendakNya, maka ia akan diurapi oleh nabi dengan minyak ini. Minyak zaitun juga dianggap sebagai sebuah kekayaan selain madu, gandum dan anggur. Ranting pohon zaitun yang digunakan sebagai lambang perdamaian itu berasal dari kisah air bah Nuh. Waktu itu Nabi Nuh melepaskan seekor merpati untuk melihat apakah air sudah mulai surut. Ketika burung merpati itu kembali sambil membawa ranting pohon zaitun maka Nabi Nuh tahu bahwa Tuhan sudah reda murkanya dan air telah surut. Saat ini, pastor akan menggunakan minyak zaitun ketika mengurapi seseorang yang sedang sakit. Pendeknya, minyak zaitun adalah minyak yang dianggap suci dan melambangkan perdamaian serta kebijaksanaan.

Pohon Zaitun yang banyak Terdapat di Bukit Zaitun
Pohon Zaitun ini bisa berumur hingga 1500 tahun. Luar biasa bukan ?
Ada legenda menarik mengenai asal usul Olive Oil ini dari bangsa Yunani.
Alkisah, Zeus, bosnya para dewa mengadakan perlombaan untuk anak buahnya, hadiahnya sebuah kota. pertandingannya adalah dewa/dewi yang dapat memberikan sesuatu yang berharga bagi penduduk kota tersebut akan menjadi pemenangnya. Dewa Poseidon memberi mereka kuda. Athena menusukkan tombaknya ke tanah yang kering dan menyebabkan tumbuhnya sepucuk pohon zaitun. Rakyat memilih pohon zaitun daripada kuda. Zeus pun kagum dengan pohon itu dan menamai kota tersebut ATHENA sebagai penghargaan atas karyanya.

Lain Yunani, lain Romawi. Legenda Romawi menceritakan bahwa pohon zaitun muncul ketika Hercules memukulkan tinjunya ke tanah. Sedangkan di Amerika, Olive Oil ini dipopulerkan melalui film kartun Popeye the Sailor Man. Ingat Brutus dan Olive ? Bagaimana dengan Legenda Indonesia ? Pohon Zaitun ini diceritakan secara lengkap di wapannuri.com dan menjadi terkenal hingga saat ini... wakakakak...... geeduubraak...! Serius dong paaak !!!

Pada abad 15 SM, pohon zaitun banyak dibudidayakan di Kreta, Yunani, Siria, Palestina, Israel, Turki dan Mesir. Sampai 1500 SM, sejarah kuno menyatakan bahwa Komoditas ini dikuasai oleh bangsa Yunani. Omong - omong tentang Yunani, ada suatu gosip yang beredar mengenai cara pemetikan buah zaitun ini. Saking sucinya pohon ini, maka yang berhak memetik buahnya adalah para pejaka ting-ting dan gadis perawan. Wuih...nek sekarang, paling mbok-mbok yang memetiknya. Tahun 1100 sesudah Masehi, Tuscany terkenal dengan buah zaitunnya yang berkualitas tinggi. Namun tahun 1400, Italia berhasil merebut gelar negara penghasil minyak zaitun nomer satu di dunia. Pada abad ke-16, Spanyol mulai membudidayakan pohon zaitun yang juga disebut sebagai emas cair ini. Saat ini, sebagian besar minyak zaitun diproduksi oleh Spanyol, Itali dan Yunani. Sisanya oleh California, Australia, dan Amerika. Kedepannya  Indonesia (saya yang akan jadi petani zaitun...doakan yaaa)

 

JENIS MINYAK ZAITUN
Pada umumnya, minyak zaitun diambil dari dua jenis buah zaitun. Yaitu yang berbuah hitam dan yang berbuah hijau. Apa bedanya ? Yang berbuah hitam warnanya hitam. Sedangkan yang berbuah hijau warnanya tidak hitam alias hijau (males'e rek!) Yang pasti semua buah zaitun mengandung banyak polifenol (lihat manfaat zaitun).

Minyak Zaitun Merk Borges dan Bertolli
Kemasan yang dijual : 100ml, 250ml, 500ml
dan 1000ml

Di Surabaya, kota tempat tinggal saya, ada dua merk minyak zaitun yang saya ketahui. Pertama Bertolli dan lainnya Borges. Keduanya dapat dibeli di toko bahan kue yang paling top di Surabaya, mana lagi kalo bukan Yong Sin/Sinar Yong. Alamatnya di Jalan Kedungdoro 24-26. Merk Bertolli berisi minyak zaitun Italia, sedangkan Borges dari perkebunan Zaitun Spanyol. 

Dari kedua merk ini kita mengenal istilah Extra Virgin, Virgin, Light, Classic, dan Extra Light. Apa bedanya ? Untuk itu kita harus melihat proses pembuatan minyak zaitun ini.

Minyak zaitun yang menghasilkan kualitas tertinggi harus sudah diperas dalam waktu 2X24 jam. Setelah dipetik, buah zaitun ini akan diperas dengan gilingan batu granit atau baja. Metode pemerasan ini disebut dengan "perasan dingin" (First Cold Press). Nah, minyak zaitun muncul dari perasan pertama inilah yang disebut dengan Extra Virgin. Perasan kedua disebut dengan Virgin.

Setelah diperas sebanyak dua kali, Buah zaitun harus diperas dengan cara lain supaya bisa mengeluarkan minyak lagi. Untuk itu diperlukan air panas. Nah, minyak hasil perasan ini akan memunculkan istilah Pure Olive Oil, Extracted, Refined, dan Pomance.  Gampangnya, kualitas nomer dua. So pasti harganya lebih murah.

Apa bedanya Extra Virgin dengan Extra Light ? Secara sekilas Extra Light memberi kesan lebih rendah lemak/kolesterol. Padahal hanya merujuk pada warnanya yang lebih light atau bening atau terang.

Mana yang lebih baik antara Pure Olive Oil dangan Extra Virgin Olive Oil ? Hahaha....Yo jelas Extra Virgin mbak...liat penjelasan saya di atas...!

Refined Olive Oil berarti rasa dan kualitasnya dibuat secara sintesis, bukan dibuat dari sari minyak zaitun. Tetap Extra Virgin dengan metode Cold Press lebih baik !

 

MANFAAT MINYAK ZAITUN
Untuk dapat mengetahui manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan tubuh kita maka kita harus melihat komposisinya. Kebetulan, kandungan gizi yang saya tulis di bawah ini jenis Olive Oil Extra Virgin (OOEV).

Kandungan Gizi Minyak Zaitun

Loh...ada yang aneh nggak dengan komposisi minyak zaitun ini ? Kok gak ada vitamin dan lain-lainnya. Adanya cuman Fat atau lemak saja ? Nggak salah tah orang-orang bilang kalo minyak ini berkhasiat ? Vitamin A dan C juga NOL persen....edaaan....! Apa karena Kolesterolnya 0% sehingga zaitun ini menyehatkan ? Awalnya saya sendiri juga heran dengan komposisi ini. Setelah saya membaca buku tentang Khasiat Minyak Zaitun yang ditulis oleh Cal Orey, saya baru mengerti.

Tiap satu sendok makan (5gr) minyak zaitun yang masuk ke tubuh kita mengandung 5gr Lemak. Berarti Full lemak yaa ? Pinter !!

Kandungan Lengkap Minyak Zaitun
Ingin tahu kandungan lengkap dari Minyak Zaitun ini ?
 
Nol persen Kolesterol inilah yang menyebabkan minyak zaitun ini terkenal. Sebab hampir tidak ada minyak lainnya yang memiliki kadar kolesterol serendah minyak zaitun ini.

Kita mengetahui bahwa ada lemak baik (HDL) dan lemak jahat (LDL). Yang masih belum banyak orang kenal adalah lemak jenuh dan lemak tak jenuh....apalagi lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Membahas semua lemak ini akan mengalihkan pembicaraan kita mengenai khasiat minyak zaitun. Untuk itu saya akan menulis lebih lanjut mengenai lemak ini di artikel lainnya. Sementara ini, yang perlu anda ketahui adalah minyak zaitun mempunyai manfaat menaikkan lemak baik dan menurunkan lemak jahat. SEKALIGUS, DALAM SATU JALAN!

Minyak sayur, minyak jagung, dan minyak kedelai yang terkenal sehat pun masih kalah jika dibandingkan dengan minyak zaitun ini. Orang tahu kalau minyak - minyak tadi menurunkan kolesterol jahat, yang tidak mereka ketahui adalah minyak ini juga menurunkan kolesterol baiknya. Bandingan dengan minyak zaitun yang menaikkan HDL namun menurunkan LDL.

Minyak Zaitun Extra Virgin memiliki kandungan Polifenol yang cukup tinggi. Satu liter minyak zaitun mengandung 200-800ml Polifenol. Namun masih kalah dengan extrak daun zaitun yang mengandung 6360-8190 ml perliternya. Polifenol juga banyak terdapat pada anggur, apel, jeruk dan teh. Katanya, teh bunga rosella mempunyai kandungan polifenol yang sangat tinggi.
Mengapa nggak terkenal yaa ? Apa gara-gara made in indonesia ? Istri saya suka membuatkan teh rosella ini, harganya sekitar 20ribuan per 100gr. Murah sekali. Atau mungkin gara-gara terlalu murah yaa, jadi kesannya gak berkhasiat. Kapan-kapan nulis tentang teh aaaah....menarik...!!

Setelah surfing di internet mengenai minyak zaitun ini, saya menyadari ternyata ada banyak makanan dan minuman yang lebih berkhasiat dari emas cair ini. Kemudian, menkonsumsi minyak zaitun sendiri tanpa diikuti dengan gaya hidup sehat dan olah raga yang teratur ternyata tidak ada manfaatnya juga. Yah inilah kesehatan, ada banyak faktor yang mempengaruhi tubuh kita. Anggapan bahwa mengkonsumsi minyak keemasan ini secara rutin bisa mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, kolesterol ternyata tidak seluruhnya benar. Demikian juga dengan mengkonsumsi sumber makanan lainnya yang sehat tanpa disertai dengan cara hidup sehat.

Wah...perjalanan saya menuju tubuh yang kuat dan jiwa yang sehat ternyata masih jauh juga. Tapi tidak apa-apa, yang penting mau belajar. Selangkah demi selangkah. Yang baik dimakan, yang jelek dikurangi. Ternyata umur mempengaruhi kesadaran akan kesehatan tubuh kita yaa....ha...ha...ha...

Teh dan Polifenol
Tulisan dari widiastuti ini layak dibaca ! Informatif & Menghibur

Share this content

ARTIKEL TERBARU

SERI KEHAMILAN

OBAT TRADISIONAL

SERI OLAHRAGA

ARTIKEL LEPAS

 

  • Minyak Goreng Botol
  • Minyak goreng sehat Golco
  • Minyak goreng murah