Website Wapannuri

HUBUNGAN

EKONOMI

ROHANI

KESEHATAN

KEPEMIMPINAN

BIOGRAFI

PSIKOLOGI

KHASIAT MINYAK ZAITUN | RESENSI BUKU

Sudah lama sekali saya kepingin beli buku tentang manfaat dan khasiat minyak zaitun ini. Kalo kepingin kenapa gak beli-beli pak ? Soalnya belum nemu buku yang didiskon…wakakakaka….pancet aee!! Beruntung, dua bulan lalu (Feb 2010), waktu jalan-jalan ke PTC, saya melihat ada buku tentang Minyak Zaitun yang sedang diobral…harganya 20rb….Hajaaar !!! Dan inilah ringkasan. Tentunya saya udah baca dong…kalo belum baca mana mungkin bisa bikin resensinya…tul nggak ?

Minyak Zaitun yang sudah disuling

Di awal buku Khasiat MInyak Zaitun karangan Cal Orey ini kita akan dibawa pada asal usul minyak Zaitun di dunia. Ada banyak legenda yang menceritakan muculnya tanaman 0 kolesterol ini. Legenda Yunani mengatakan bahwa pohon zaitun muncul ketika Athena menancapkan tombaknya ke tanah, sedangkan legenda Romawi menuliskan pohon zaitun berasal dari tinju Hercules. Di sini kita akan dibawa kepada abad sebelum masehi di mana minyak zaitun mulai dibudidayakan di Yunani, kemudian meluas ke Itali, Spanyol, Amerika, dan hingga akhirnya ke seluruh dunia.

Di bagian kedua, kita mulai menyelidiki kandungan – kandungan yang terdapat pada buah zaitun ini. Mulai dari Polifenol, asam lemak esensial, kalsium, zat besi, potasium, dan Vitamin K. Cal Orey, yang memang latar belakangnya adalah jurnalis spesial Nutrisi, Kesehatan, dan Kecantikan mampu menyampaikan komposisi Minyak Zaitun yang rumit ini secara sederhana dan menyenangkan untuk di baca. Pada bagian ini pula kita akan mengetahui kegunaan masing-masing zat tersebut bagi tubuh kita. Misalnya saja Polifenol yang berperan sebagai antioksidan bagi tubuh kita sangat berguna untuk melawan kanker dan menekan resiko penyakit jantung.

Kita juga akan mengetahui apa bedanya Olive Oil Extra Virgin, Classic, Refined dan Pure dari buku ini. Hebatnya, dalam  buku ini juga ada banyak resep untuk membuat makanan dengan menggunakan minyak zaitun ini. Berhubung saya cowok yang tidak terlalu tertarik dengan masak-memasak maka saya tidak akan menuliskan resep-resep ini. Kalau anda tertarik dengan resepnya…saya sarankan untuk membeli buku ini…he…he…he….Saya loh lebih tertarik dengan khasiat dan manfaatnya bukan pada resepnya ! Inilah beberapa resep makanan yang menggunakan minyak zaitun

  1. Panzanella (opo iki ?)
  2. Spring Wild Rice Salad
  3. Blueberry Pancakes
  4. Roti Zaitun
  5. Kentang Manis Halus
  6. Avocado Cream
  7. Chocolate Chip Oatmeal Cokies.
  8. Glorious Morning Muffins

Sebagai gambaran mengenai banyaknya resep yang terdapat dalam buku ini. Bagian resep mulai di halaman 255 hingga 300. Semuanya ditulis dengan lengkap dan disertai dengan cara memasaknya (ini yang paling penting!)

Dalam buku ini kita juga akan dikenalkan dengan jenis minyak lain yang sehat beserta komposisinya. Saya baru tahu ternyata minyak sayur itu sehat, namun tidak sesehat minyak zaitun. Ada juga informasi mengenai minyak Canola, minyak kedelai, minyak jagung, dan cuka apel. Setelah membaca bagian mengenai cuka apel ini saya langsung beli di toko obat terdekat dan minum satu sendok makan sehari !

Yang bikin saya lebih tertarik untuk membeli buku ini adalah adanya resep obat untuk beberapa penyakit dengan menggunakan minyak zaitun. Sebagai contoh, ketika kita kena minyak waktu memasak telor ceplok sebagai pelengkap indomie goreng maka seoles minyak zaitun pada bagian yang terbakar bisa meringankan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Malahan teman kantor saya mengoleskan minyak zaitun ini setiap mau keramas di rambutnya…supaya lebih lembut dan tidak rusak katanya ! Minumlah satu sendok minyak zaitun untuk meredakan batuk dan gatal pada tenggorokan ! Sip nggak ?? Makanya....beli buku Khasiat Minyak Zaitun ini !

Mengenal Minyak Zaitun
Sejarah minyak zaitun, kandungan gizi olive oil, dan merk yang ada di pasaran

Share this content

 
Buku Khasiat Minyak Zaitun
Penerbit
Mizan
Pengarang
Cal Orey

Harga
Rpo 56.780
(KutuKutuBuku.com)