Website Wapannuri

HUBUNGAN

EKONOMI

ROHANI

KESEHATAN

KEPEMIMPINAN

BIOGRAFI

PSIKOLOGI

 

CHRIST THE LORD, OUT OF EGYPT, by Anne Rice

Secara tidak sengaja saya membeli buku ini di bagian diskon ketika melihat-lihat di sebuah toko buku. Harganya Rp 15.000,00. Pikiran saya ini buku yang bagus untuk dibaca dan murah lagi ! He...he...he...apalagi ada embel-embel buku pilihan klub buku. Jadi pasti menarik untuk dibaca. Langsung bungkus!!

Ternyata...saya kecewa, yah ini sih bukan buku rohani buat dikonsumsi orang-orang kristen. Mengapa ? Karena buku ini bisa mengoyahkan iman mereka ! Tema buku ini adalah masa kecil Yesus, padahal di alkitab tidak ada penjelasan sama sekali mengenai masa kanak-kanak Yesus. Darimana si penulis, Anne Rice mendapatkan sumber bukunya ? Saya tidak tahu dan saya rasa hal itu tidak penting buat saya. Yang penting buat saya adalah membagikan apa yang saya percayai dan yakini kepada anda. Tidak kurang dan tidak lebih !

Anne RiceAnne Rice dalam Christ The Lord, Out of Egypt membuka buku ini dengan permainan sepak bola Yesus bersama teman-teman kecilnya. Karena mendapatkan perlakuan kasar dari mereka, Yesus kecil mengutuk Simeon (kalo tidak salah) hingga mati. Dan, matilah dia...kaget bercampur takut akhirnya Yesus menghidupkannya kembali hanya dengan berkata-kata. Inilah mujijat Yesus yang pertama....sementara itu di alkitab yang kita baca mengatakan bahwa mujijat pertama Yesus adalah mengubah air menjadi anggur di suatu acara perkawinan. Pertanyaannya adalah mana yang benar ?

Karena alkitab sendiri tidak menceritakan mengenai masa kecil Yesus. Benarkah buku karangan Anne Rice ini ? Saya tidak tahu...sebaliknya. Apakah Anne Rice ini mengarang cerita Yesus kecil ini ? Saya juga tidak tahu !

Ini adalah salah satu topik yang ada dalam buku ini, sebenarnya masih banyak hal-hal yang bertentangan dengan iman kristiani kita, tetapi saya tidak akan menuliskannya di sini sebab hal tersebut bukanlah tujuan saya. Saya menginginkan teman – teman supaya :

  1. Memahami bahwa ada hal-hal yang tidak bisa kita ketahui dengan membaca alkitab saja. Alkitab harus kita baca setiap hari, tetapi jangan melupakan buku-buku sekuler karena kita masih hidup di dunia ini. Ketika kita memutuskan untuk tidak mau membaca buku selain alkitab maka kita memasuki tahap kesombongan terselubung. Kita menutup diri terhadap dunia padahal kaki kita masih menginjak bumi yang penuh dengan dosa ini. Kita menjadi aneh bagi dunia, dan dunia tidak menerima kita bukan karena kita ini anak Tuhan....tetapi karena kita ini “aneh”. Tidak mau bergaul dengan dunia ini. Padahal kita diutus ke sini supaya menjadi garam dan terang dunia.
  2. Apa yang akan kita lakukan ketika mengetahui sesuatu yang bertentangan dengan iman kita ? Menjauhinya ? Tepat sekali sodaraku...namun bukan berarti kita menjadi tidak mau tahu ! Apakah kita menolak dengan tegas bahwa hal-hal tersebut bertentangan dengan alkitab yang kita baca ? Tepat sekali sodaraku... namun bukan berarti kita tidak boleh mengabaikannya. Tugas kita adalah memperbaiki dunia bukan malah mengasingkan dunia ini dari diri kita. Jangan menjadi orang farisi yang mengasingkan dirinya dari dunia demi ketaatannya terhadap hukum taurat...apa kata-kata Yesus kepada mereka ? MUNAFIK ! Bagian luarnya dibersihkan hingga mengkilap tetapi dalamnya busuk dan penuh kotoran !
  3. Belajar sebanyak mungkin dan meraih sebanyak mungkin orang untuk dikenalkan kepada Tuhan kita, Yesus Kristus. Tuhan ada di mana-mana, di cakrawala, di keheningan malam, di sini, di situ, dan di mana ada sesuatu yang tidak bisa kita ketahui. Pelajari hal-hal yang menarik minat anda dan saya yakin kekagumanmu kepada Tuhan akan bertambah dan menarik orang lain untuk datang. Karena garam memberi rasa kepada makanan kita dan terang membuat orang bisa melihat kemuliaan Tuhan. Di mana teman-temanmu dapat melihat kemuliaan Tuhan ? Di alam semesta...jelas lah... tetapi pertanyaanya dimanakah kemuliaan Tuhan terbesar ? Jawaban saya,”Dalam dirimu !”

Sebagai penutup, apakah saya boleh membaca buku Anne Rice ini ? Christ The Lord, Out of Egypt. Boleh...boleh saja...tetapi bersiap-siaplah untuk mengalami pergolakan dalam batin dan pikiranmu. Sebab apa yang akan kamu baca akan mengoyahkan iman dan pandanganmu mengenai Yesus. Saya jadi ingat mengenai sebuah pepatah, bunyinya :

“Laut yang Ganas menghasilkan Pelaut yang tangguh !"

Share this content

Christ The Lord Out of Egypt
Penerbit
Gramedia
Pengarang
Anne Rice

Harga
Rp 40.800,00
(Bukukita.com)

 

Pudding Surabaya