Website Wapannuri

HUBUNGAN

EKONOMI

ROHANI

KESEHATAN

KEPEMIMPINAN

BIOGRAFI

PSIKOLOGI

 

10 PERANGKAP BISNIS SUKSES

Buku 10 perangkap bisnis sukses adalah sebuah buku yang mengajarkan cara cepat untuk menghancurkan sebuah perusahaan. Buku ini ditulis oleh Donald R. Keough, mantan direktur Coca Cola. Seharusnya nama besar coca cola sudah menjadi jaminan dan kualitas buku ini karena coca cola adalah perusahaan internasional yang bertahan dan menguasai pasar selama lebih dari satu  abad !  Kalo masih kurang mantap, saya informasikan bahwa kata sambutan buku ini ditulis oleh Warren Buffet. Sip soro kan buku ini !

 

10 PERANGKAP BISNIS SUKSES
Kesepuluh perangkap dari kesuksesan sebuah bisnis adalah :

Buku Coca-Cola
  1. Berhenti mengambil resiko
  2. Tidak fleksibel
  3. Mengucilkan diri
  4. Mengambil sikap tidak bersalah
  5. Bermain curang
  6. Tidak meluangkan waktu untuk Berpikir
  7. Mempercayakan seluruhnya kepada ahli dan konsultan
  8. Mencintai birokrasi anda
  9. Menyebarkan berita simpang siur
  10. Takut akan masa depan

 

Ketika kita atau sebuah perusahaan berhasil kecenderungannya adalah sikap menyombongkan diri. Sombong atau angkuh bentuknya ada dua yaitu : benar-benar sombong dan rendah hati yang sombong. Sikap pertama jelas kelihatan dan bikin kesal orang yang melihatnya. Sedangkan sikap kedua nampaknya bukan orang yang sombong, tapi begitu mengenalnya lebih dalam baru kelihatan kesombongannya yang diselubungi topeng rendah hati. Kesombongan terselubung ini memuakkan dan bikin keki. Analoginya adalah orang yang terbukti bersalah namun menyangkal kesalahannya ! Kalo masih sulit membayangkan bagaimana rasanya berteman dengan orang kayak gini, lihat saja sikap dan wajah big bos lapindo !

Kegagalan memang berbahaya, tetapi Don Keugh mengatakan bahwa kesuksesan justru lebih membahayakan daripada kegagalan. Kegagalan bisa memacu orang untuk terus maju, mengevaluasi diri, atau membuatnya putus asa, depresi, dan berhenti mencoba. Sedangkan keberhasilan membuat orang kehilangan tujuan utamanya, berpuas diri, dan menjadi Tuhan. Ketika apa yang kita perjuangkan sudah kita peroleh, apa yang kita lakukan ? Beristirahat dan melindunginya !

Umunya orang melindungi keberhasilan mereka dengan mengurangi resiko, mengembangkan birokrasi, dan menjadi takut akan masa depannya. Bagaimana kalo kesuksesan ini hanya bertahan beberapa tahun saja ? Ketika kita berhenti bergerak, bukan berarti orang lain juga ikut berhenti. Kita salah jika mengasumsikan bahwa orang lain tidak akan mengejar kita. Kita juga salah jika menganggap kalau perusahaan lain tidak berani mengambil resiko ! Faktanya adalah banyak orang yang lebih giat, lebih berani, dan lebih bervisi dari kita. Di luar sana banyak orang yang serakah, tidak pernah merasa cukup, dan bercita-cita besar.

Jack Welch mengatakan "Semua pemimpin harus membaca buku 10 perangkap sukses bisnis !" Alasannya jelas, jarang sekali ada orang  yang menulis tentang cara menjadi gagal. Lebih jarang laki jika penulisnya adalah orang sekaliber Don Keough ! Tunggu apa lagi ? Segera beli dan baca buku ini !

Share this content

10 Perangkap Bisnis Sukses
Penerbit
Gramedia Pustaka Utama
Pengarang
Donald R. Keough

Harga
Rp 32.300
(
www.bukukita.com)

Donald R Keugh
Donald R. Keugh