Website Wapannuri

HUBUNGAN

EKONOMI

ROHANI

KESEHATAN

KEPEMIMPINAN

BIOGRAFI

PSIKOLOGI

 

KISAH SUKSES WIKIPEDIA [DOT] COM | RESENSI BUKU

Buku ini adalah kisah proyek ensiklopedia bebas dan multibahasa yang didukung oleh Yayasan Wikimedia. Nama situs web ini menggabungkan makna dua buah kata, yakni wiki (teknologi untuk menciptakan situs Web koloboratif) dan ensiklopedia. 10.000.000 artikel wikipedia telah ditulis secara koloboratif oleh relawan-relawan dari seluruh dunia, dan hampir semua artikelnya dapat disunting oleh siapa pun yang dapat mengakses situs web wikipedia.

Jimmy Wales dan Larry Sanger, pendiri wikipedia

 

Wikipedia [dot] com diluncurkan pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, kini wikipedia telah menjadi karya rujukan umum paling besar dan paling populer di Interent. Buku ini menapak tilas kesuksesan fenomenal wikipedia ke akar-akarnya, dan menampilkan orang-orang yang telah memberikan sumbangan mereka dalam meraih tujuan memberi setiap orang akses bebas ke kumpulan pengetahuan manusia.

Andrew Lih, telah menjadi administrator (pengguna yang memperoleh kepercayaan untuk memiliki akses ke fasilitas-fasilitas teknis) di wikipedia selama lebih dari empat tahun, selain menjadi pembawa acara tetap dalam mingguan podcast wikipedia. Dalam buku ini, ia merinci proses kelahiran situs wikipedia pada tahun 2001, evolusinya, serta pertumbuhannya yang luar biasa, sambil menerangkan reaksi-reaksi budayanya yang lebih besar. Wikipedia tidak hanya sebua situs web; wikipedia juga komunitas global yang terdiri dari kontributor-kontributor yang sengaja bergabung berkat hasrat bersama untuk menjadikan pengetahuan sesuatu yang bebas.

" Bayangkan sebuah dunia ketika setiap orang bisa mendapatkan semua pengetahuan yang telah dicapai oleh manusia secara cuma-cuma. Itulah yang sedang kami usahakan (melalui Wikipedia.com) "

~ Jimmy Wales ~

 

SEKILAS TENTANG WIKIPEDIA
Wikipedia berisi satu miliar kata, jauh lebih besar darpada gabungan enslikopedia Britannica dan enslikopedia Encarta.

Seberapa besarkah Wikipedia di seluruh dunia ? Wikipedia memiliki lebih dari 2,5 juta artikel dalam bahasa inggris, tetapi edisi bahasa inggris kurang dari satu per tiga secara keseluruhan. 800.000 artikel dalam bahasa Jerman, dan lebih dari 500.000 artikel dalam bahasa Prancis, Polandia dan jepang. Secara keseluruhan ada 25 edisi bahasa yang masing-masing memiliki sekurangnya 100.000 artikel.

Wikipedia memiliki 10 juta artikel yang ditulis dalam sekitar 200 bahasa. 10.000 artikel yang diterjemahkan ke dalam 70 bahasa dan 1.000 artikel yang ditulis dalam 150 bahasa.

Tampilan Wikipedia dot com

 

Share this content

 
Cover Buku Kisah Sukses Wikipedia
Penerbit
Gramedia Pustaka Utama
Pengarang
Andrew Lih

Harga
Rp 55.000,00
(GramediaOnline)

Pengarang Buku