Website Wapannuri

HUBUNGAN

EKONOMI

ROHANI

KESEHATAN

KEPEMIMPINAN

BIOGRAFI

PSIKOLOGI

THE CASHFLOW QUADRANT

The Cashflow Quadrant adalah buku kedua Robert T. Kiyosaki.  Buku ini adalah kelanjutan dari buku pertamanya:  Rich Dad, Poor Dad. Buku ketiganya yang juga merupakan kelanjutan dari buku pertama dan kedua judulnya Guide to Investing. Beberapa orang menyebut ketiga buku ini Trilogy Kiyosaki. Saya cuman punya buku kedua dan ketiga, buku Rich Dad, Poor Dad saya pinjam dari perpustakaan. Ntar kalo ketemu buku bekasnya pasti tak beli dan tak jadikan koleksi...hi...hi...hi...

4 Tipe Cashflow Quadrant

Cashflow Quadrant terjemahan bebasnya : Kuadran Aliran Uang. Artinya, kita membagi kuadran-kuadran berdasarkan sumber penghasilan. Totalnya ada empat quadran:
1. Kuadran E (employee)
2. Kuadran S (self-employee)
3. Kuadran B (bussiness owner)
4. Kuadran I (investor)

Keempat kuadran ini bisa digolongkan menjadi dua kuadran besar, yaitu kuadran kiri dan kuadran kanan. Kuadran kiri adalah kelompok orang yang sumber penghasilannya  berasal dari  dirinya, sedangkan kuadran kanan adalah kelompok yang sumber penghasilannya sedikit/tidak melibatkan dirinya sama sekali.

Tidak semua orang sama, tidak semua orang cocok di kuadran B atau I. Dengan kata lain, ada orang yang memang ditakdirkan di kuadran tertentu. Hanya sedikit orang yang berhasil berpindah kuadran dan mencapai kesuksesan. Tapi... kalimat ini bukan berarti KITA TIDAK BISA KAYA ATAU BEBAS FINANSIAL. Kebenarannya adalah tiap-tiap kuadran memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai kebebasan finansial. Yang berbeda adalah cara dan kecepatannya. Plus stressnya (ketinggalan nih...)

TIGA BAGIAN UTAMA
The Cashflow Quadrant dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama buku ini tentang perbedaan inti antara orang-orang di keempat kuadran. Bagian ini tentang mengapa orang tertentu cenderung menempati kuadran tertentu dan sering terjebak di sana tanpa menyadarinya. Bagian ini akan membantu kita mengetahui di mana tempat kita saat ini dalam Quadrant dan di mana kita ingin berada lima tahun mendatang.

Bagian kedua buku ini tentang perubahan pribadi. Yaitu lebih tentang siapda diri anda nantinya daripada apa yang harus anda lakukan.

Bagian ketiga buku ini memaparkan tujuh langkah yang bisa kita lakukan untuk menuju sisi kanan kuadran. Robert akan membagi lebih banyak rahasia ayah kayanya dalam hal keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi B dan I yang sukses. Bagian ini akan membantu kita memilih jalan kita sendiri menuju kebebasan finansial.

Dan langkah pertamanya yang harus kita lakukan adalah membeli buku The Cashflow Quadrant !

Share this content

 
Resensi Buku The Cashflow Quadrant
Penerbit
Gramedia Pustaka Utama
Pengarang
Robert T.Kiyosaki

Harga
Rp 57.500,00
(Gramedia Online)

 

Robert T Kiyosaki
Robert T. Kiyosaki