Website Wapannuri

HUBUNGAN

EKONOMI

ROHANI

KESEHATAN

KEPEMIMPINAN

BIOGRAFI

PSIKOLOGI

 

FIRST THING FIRST

Sebuah buku manajemen waktu yang luar biasa. Buku First Thing First karangan Stephen R Covey ini mengubah hidup saya. Menyadarkan tentang cara mengatur waktu yang benar, menemukan yang terbaik diantara yang paling baik dan menentukan apa yang benar-benar utama dalam hidup ini. Sebuah buku sederhana yang menyentak kesadaran saya yang merasa telah memanfaatkan waktu dengan efektif - efisien.  

First Thing First adalah buku manajemen waktu terbaik yang pernah ada

 

MANAJEMEN WAKTU GENERASI KEEMPAT

Buku First Thing First ini saya baca dua kali. Pertama kali waktu kuliah dan yang kedua baru selesai minggu ini. Tetap saja sebuah buku yang luar biasa, membuka mata saya dan WOW !

Tulisan Om Covey ini bahasanya tingkat tinggi. Saya harus membaca pelan-pelan agar bisa memahami maksudnya. Banyak istilah yang tidak saya mengerti sepenuhnya tetapi akan menjadi jelas jika dibaca secara komperhensif. Saya harus memperluas pandangan saya kemudian memfokuskan kembali. Melebar, menyempit, melebar lagi dan menyempit kembali. Benar-benar susah, kadang saya harus membaca satu bab sebanyak dua kali untuk memahami maksudnya.

Kompas dan Arloji, mana yang harus menjadi prioritasMakanya tidak banyak orang yang memiliki manajemen waktu yang baik, lah wong belajarnya amit-amit deh. Buku First Thing First adalah satu-satunya buku terlama yang pernah saya baca. Tetapi saya tahu harus menyelesaikan buku ini karena manfaatnya yang istimewa. Musuh terbesar adalah diri anda sendiri. Ketika anda bisa menaklukan diri sendiri maka dunia akan tunduk di kaki anda.

Manajemen waktu modern memfokuskan pada kualitas bukan kuantitas. Mengutamakan yang terutama dari hal - hal yang utama.

Jadi, apa hal utama dalam hidup anda ? Stephen menggunakan istilah "Utara yang Benar" untuk menggambarkan hal ini. Utara yang benar bersifat universal sebagaimana semua kompas selalu menunjuk ke arah utara dan kompas manusia adalah hati nurannya.

Hati manusia selalu benar dan hal terakhir yang dicari dalam kehidupan mereka. Inilah penyebab utama manusia tidak pernah bisa menentukan prioritas utama dalam hidupnya.  Atas dasar inilah Om Covey menciptakan manajemen waktu generasi keempat. Prioritas waktu berdasarkan prinsip hati nurani yang benar.

Mana yang penting ? Pekerjaan atau keluarga? Uang atau hubungan ? Kesehatan atau deadline ? Jadwal atau tujuan ? Selama dasar penentuan prioritas kita salah, maka hasilnya adalah ketidakpuasan alih-alih ketenangan batin.

Manajemen waktu generasi keempat berarti perubahan mendasar dari semua manajemen waktu yang kita kenal. Kita tidak akan pernah bisa menerapkan manajemen waktu modern ini jika tidak melupakan semua hal yang kita ketahui tentang manajemen waktu tradisional.  Artinya untuk dapat menguasai manajemen waktu-nya Stephen Covey ini anda harus belajar dari nol lagi.

 

PRINSIP DASAR MANAJEMEN WAKTU MODERN

Buku First Thing First setebal 433 halaman ini dibagi menjadi 4 bagian utama:

1. Kompas dan Arloji
2. First Thing First
3. Sinergi Kesalingtergantungan
4. Manfaat Manajemen Waktu Modern

Bagian pertama berisi tentang kesenjangan yang dialami oleh kebanyakan kita, antara cara kita memanfaatkan waktu dan apa yang secara mendalam sungguh penting bagi kita. Pada bagian ini kita akan mempelajari tentang hal yang sebenarnya bersifat mendesak (urgent) dengan hal yang sesungguhnya penting (important).

Pada bagian kedua, kita akan belajar tentang proses pengaturan waktu kuadaran 2. Suatu proses 30 menit perminggu yang lebihi mementingkan kompas daripada arloji, dan yang akan membuat kita lebih mampu mengalihkan fokus dari sesuatu yang mendesak ke sesuatu yang penting.

4 dimensi manajemen waktu

Pada bagian ketiga, kita akan menangani problematika dan potensi kenyataan kesalingtergantungan di mana kita menghabiskan 80% dari waktu kita - suatu bidang yang secara esensial terabaikan atau tidak cukup ditangani oleh manajemen waktu tradisional. Kita akan melihat perbedaan yang bersifat transaksional dengan interaksi transormasional. Transaksional adalah sekedar hubungan, tanpa ada perubahan mendalam sedangkan Transformasional adalah sebuah hubungan yang mengubah kehidupan.

Pada bagian keempat, kita akan melihat contoh kehidupan nyata, dan menunjukkan bagaimana pendekatan generasi keempat sungguh akan mengubah kualitas hari-hari kita, maupun hakikat dari apa yang kita lakukan.

Jika anda sungguh-sungguh berniat mengubah hidup anda, maka inilah buku yang tepat untuk anda baca.
Buku First Thing First menyentuh aspek jasmani dan rohani sekaligus !

Manajemen Waktu Pribadi : Efektif & Efisien
Pelajari bagaimana 4 kuadaran waktu mempengaruhi produktifitas anda

Manajemen Waktu Pribadi : Prioritas
Prioritas adalah mendahulukan yang utama, memilih yang paling baik dari yang baik

Share this content

 
Resensi buku first thing first karangan Stephen Covey
Penerbit
Gramedia Pustaka Utama
Pengarang
Stephen R Covey

Harga
Rp 36.000,00
(Gramedia.com)