Website Wapannuri

HUBUNGAN

EKONOMI

ROHANI

KESEHATAN

KEPEMIMPINAN

BIOGRAFI

PSIKOLOGI

 

17 HUKUM KERJASAMA TIM

Buku 17 hukum mutlak untuk membangun kerjasama tim (The 17 Indisputable Laws Of Teamwork)  ditulis oleh John C Maxwell, pengarang favorit saya. Biasanya Om Maxwell menulis tentang kepemimpinan, rasanya ini buku pertamanya diluar topik leadership. Tapi tidak menyimpang terlalu jauh sebab kepemimpinan dan teamwork saling berhubungan. Sekumpulan orang bisa disebut sebagai tim, dan sebuah tim membutuhkan seorang pemimpin untuk menentukan kemana mereka akan pergi. Sehebat apapun sebuah tim, selalu memiliki seorang pelatih.

17 hukum kerjasama Tim

 

HUKUM TEAMWORK
Buku ini wajib dibaca oleh semua orang, lebih-lebih seorang pemimpin, karena kita semua adalah anggota tim. Kita adalah tim keluarga, kita adalah tim perusahaan kita, kita adalah tim pergaulan kita, dan sesungguhnya kita adalah tim besar komunitas dunia yang saling berlomba. Tidak ada tim yang dibentuk dengan tujuan untuk kalah, namun kenyataannya adalah selalu ada tim pemenang dan tim pecundang. Mereka. yang menang adalah mereka yang memahami dan menerapkan salah satu atau semua 17 hukum mutlak kerjasama tim, yaitu :

  1. Hukum Nilai Penting
  2. Hukum Kondisi Keseluruhan
  3. Hukum Tempat yang Tepat
  4. Hukum Gunung Everest
  5. Hukum Mata Rantai
  6. Hukum Katalisator
  7. Hukum Kompas
  8. Hukum Apel Busuk
  9. Hukum Keterandalan
  10. Hukum Harga Yang Harus Dibayar
  11. Hukum Papan Skor
  12. Hukum Pemain Cadangan
  13. Hukum Identitas
  14. Hukum Komunikasi
  15. Hukum Titik Balik
  16. Hukum Rasa Percaya Diri Dan Antusiasme Yang Tinggi
  17. Hukum Hasil Investasi

Tidak ada yang lebih penting daripada tujuan dibentuknya sebuah tim adalah bunyi hukum nilai terpenting. Masing-masing anggota memiliki keahliannya dan agendanya sendiri. Mereka memiliki tugas dan tanggungjawab yang penting bagi timnya.Membiarkan hal ini berarti memperuncing masalah dan mengabaikan konsensus. Anda memang penting, posisi anda tak tergantikan, dan anda harus melakukan yang terbaik bagi tim anda. Tindakan ini tidak salah, yang salah adalah melupakan bahwa tujuan tim jauh lebih penting daripada tujuan pribadi anda !

Melihat betapa pentingnya peranan anda berarti melihat secara parsial. Melakukan hal ini berarti mengabaikan hukum kondisi keseluruhan. Jika anda tidak dapat memahami hal ini, berarti anda belum siap untuk bergabung dalam The Winning Team. Penyerang memang mencetak gol, tetapi pemain bertahan yang lemah mengakibatkan bobolnya kandang kita. Penyerang memang penting, pemain belakang juga penting.  Yang lebih penting, kemenangan tim berarti kemenangan semua pribadi dalam tim tersebut.

Buku 17 hukum kerjasama tim memberikan aturan yang jelas untuk membentuk tim yang kuat, ideal, dan fleksibel. Jika anda seorang pemimpin, mutlak harus membaca buku ini. Jika anda tidak tahu mengapa tim anda yang diisi oleh orang-orang terbaik di bidangnya masih saja mengalami kegagalan, anda akan menemukan alasan dan solusinya. Membaca dan menerapkan ke-17 hukum teamwork adalah syarat pertama untuk membangun The Dream Team !

Share this content

17 Hukum teamwork
Penerbit
MIC Publishing
Pengarang
John C.Maxwell

Harga
Rp 51.000
(BukuKita.com)

 

Duo Foto Surabaya