THE CIPUTRA WAY

Sebuah buku yang menantang dan layak dibaca !

Salah satu wawasan yang saya terima dari Pak Ci adalah proyek besar. Pak Ci tidak pernah membangun mal, yang dia bangun sebenarnya adalah sebuah kota.

Citraland Surabaya

Jangan tanya kota - kota ciptaanya. Sebut saja Citra Land di kawasan Surabaya barat. Citra Land bagi saya adalah sebuah kota, kota yang tertata dengan indah. Ada Supermal, ada PTC, ada perumahan, ada sekolahan, ada G Walk, dan masih banyak lagi di sana. Pendeknya, Citra Land adalah sebuah kota di dalam kota !

Waktu saya ke Jakarta, saya juga sempat menjelajahi salah satu kota ciptaan Pak Ciputra, BSD atau Bumi Serpong Damai. Dan keadaanya juga hampir sama dengan Citra Land di Surabaya. Ada Mal, ada sekolah, waterpark yang terbesar di Indonesia, pusat bisnis, dan lainnya (karena cuman 2 hari aja di sana...ha...ha...ha....)

Saya sempat bertemu dengan Pak Ci pada tahun 1997an. Waktu itu dia menjadi pembicara di salah satu acara kerohanian yang diadakan oleh almarhum papa saya. Pak Ci kelihatan stress karena hutang - hutang yang harus dia lunasi, tetapi dia mempunyai pandangan yang optimis sekali bahwa dia dapat melunasi semua hutangnya.

Pelajarn kedua yang saya dapatkan adalah arti penting sebuah organisasi dan kerjasama. Untuk menjadi besar diperlukan orang - orang dan sebuah sistem kerja.

Terakhir, Pak Ci menyebarkan visinya mengenai sebuah taman wisata terpadu. Lokasinya di atas pegunungan, ada taman bunga sekaligus taman hewan. Wuih...wuih....top banget deeh!

Oh iya....Taman Impian Jaya Ancol juga merupakan salah satu buah karya dari Pak Ciputra loh. Sebuah buku yang memberi inspirasi!

Share this content

 
 
Penerbit
Pengarang
Harga