Website Wapannuri

HUBUNGAN

EKONOMI

ROHANI

KESEHATAN

KEPEMIMPINAN

BIOGRAFI

PSIKOLOGI

 

THE LENOVO AFFAIR - RESENSI BUKU

Memang benar tak ada buku yang lebih jelas menuliskan mengenai pengambil alihan IBM oleh Lenovo selain buku The Lenovo Affair ini. Hebatnya,  Ling Zhi Jun membahas perusahaan yang dikenal dengan nama Lian Xiang (di Cina) ini mulai dari awal pendiriannya pada 1 November 1984 hingga saat ini.  Lenovo adalah cikal bakal dan pioner dalam kemajuan teknologi yang dialami oleh Cina. Lenovo adalah cerita sukses sekelompok orang tua yang memulai usahanya di sebuah pos satpam. Gak rugi beli buku mahal ini....hahahaha.... simak terus resensi singkat dari saya. Gimana gak singkat, wong bukunya aja setebal 500 halaman !

Liu Chuan Zhi, pendiri Lenovo
Liu Chuan Zhi (65 tahun), Pendiri Lenovo dan pioner

 

11 ORANG PENDIRI LENOVO
Liu Chuan Zhi berumur 40 tahun ketika mendirikan Lenovo ini. Munculnya perusahaan ini bertepatan dengan revolusi pemerintahan Cina. Cina yang sebelumnya sangat tertutup dan sangat komunis mendadak pada akhir tahun 1984 mengumumkan kebebasan berusaha bagi semua warganya.

Mereka boleh memilih berusaha sendiri atau tetap bekerja di bawah pemerintahan komunis. Kesempatan ini seperti angin segar bagi semua orang yang memiliki keahlian dan kenekatan. Waktu itu, banyak orang yang langsung keluar dari pekerjaanya dan menjadi bos sendiri. Namun tidak demikian dengan Liu Chuan Zhi, alih - alih mengambil jalan kebebasan ataupun jalan lamanya, sang pendiri Lenovo ini menggabungkan keduanya. Yaitu tetap bekerja sebagai pegawai negri sambil mengembangkan Lian Xiang.

Terkumpullah 11 orang, termasuk Liu Chuan Zhi. sebagai pendirinya. Mereka adalah rekan kerjanya di Chinese Academy of Sciences. Dan pada 17 Okober 1984 dimulailah rapat pertama perusaahaan ini. Hasilnya ada dua, yaitu segera menyapu, mengepel, dan mengelap markas besar mereka. Berikutnya adalah nama resmi perusahaan mereka, yaitu "Chinese Academy of Sciences Computer Technology Research Institute New Technology Development Company"

Edan, panjang tenan.... wakakakakak...

 

THE LENOVO WAY
 Lenovo didirikan oleh orang yang tidak mengerti komputer sama - sekali. Kabar buruknya, usia termuda para pendirinya adalah 40 tahun dan yang tertua 45 tahun. Bagaimana mungkin perusahaan yang tanpa modal dan tanpa keahlian serta tanpa pasar ini bisa mencaplok IBM ?

Jawabannya adalah dengan semangat, kegigihan, pantang menyerah dan situasi politik ekonomi saat itu. Kalau saya katakan, tahun 1984 itu bisa disamakan dengan revolusi industri amerika yang terjadi pada tahun 1960an. Kesempatan yang ada begitu besar dan luas, yang sudah menyiapkan diri untuk menghadapi perubahanlah yang menikmati hasilnya. Dan Lenovo adalah salah satunya. Ada Xin Tong, ada Si Tong, Jing Hai dan Ke Hai (dua terakhir ini nantinya dikenal sebagai Two Tong's Dan Two Hai's). Keempat perusahaan ini didirikan oleh teman       -  teman Liu Chuan Zhi.

Dan alasan lainnya bagi kesuksesan Lenovo adalah Ni Guang Nan. Seorang di belakang Liu Chuan Zhi. Mirip duo pendiri Honda, Soichiro adan Fujisawa. Tapi ini versi Tionghua !

Cina tahun 2011 saat ini adalah negara yang mengalami masa emasnya. Karena generasi Liu Chuan Zhi adalah generasi yang mengalami masa kesengsaraan, masa kebebasan, dan sekaligus juga masa kemakmuran. Dalam masa hidupnya mereka telah merasakan kelaparan, kekurangan, ketidakbebasan, dan kekacauan. Karena itulah generasi mereka tangguh dan pantang menyerah !

Pedeknya, buku ini sangat - sangat menarik untuk dibaca, diresapi, dan dicontoh ! Tidak ada yang tidak bisa, tidak ada yang tidak mungkin, dan juga tidak ada yang tidak dapat kita lakukan. Seperti kata - kata Liu Chuan Zhi ini :

"Jika situasi  secara keseluruhan tidak bisa dirubah, cobalah untuk mengubah hal - hal yang lebih sederhana. Jika ini tidak dapat diubah juga, cobalah beradaptasi dengan situasi yang ada dan tunggulah kesempatanmu."

Share this content

 
Buku The Lenovo Affair
Penerbit
Elex Media Computindo
Pengarang
Ling Zhi Jun

Harga
Rp 40.000,00

 

Liang Xiang, Lenovo