Website Wapannuri

HUBUNGAN

EKONOMI

ROHANI

KESEHATAN

KEPEMIMPINAN

BIOGRAFI

PSIKOLOGI

 

INSIDE DRUCKER'S BRAIN

Buku Inside Drucker's Brain adalah buku yang berisi tentang latar belakang pemikiran Peter F Drucker. Apa alasan Om Drucker menulis buku, tujuannya, dan sejarahnya. Buku ini menarik untuk dibaca karena ditulis dengan bahasa sehari-hari dan ditulis oleh penemu ilmu manajemen. Ironisnya, saya menemukan buku ini di obral dengan harga 15 ribu rupiah. Yang lebih mengenaskan lagi, hampir tidak ada orang yang menyentuhnya karena susunan buku ini tertata rapi ! Sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan rak komik yang awut-awutan. Sungguh, jaman kita telah berubah menjadi jaman konsumsi, bukan zaman produksi ! Jaman menyenangkan diri sendiri dibandingkan dengan jaman mendidik diri sendiri !

Peter F Drucker

 

MENGENAL PETER F DRUCKER
Pertanyaan pertama yang harus kita jawab adalah siapakah Peter F Drucker ini. Bagi orang yang bidang studinya manajemen pasti pernah mendengar nama ini. Karena pembaca wapannuri dot kom ini dari multi dimensi, ada baiknya saya sedikit menjelaskan tentang om Peter ini.

Arti kata Drucker adalah mesin pencetak. Dan memang benar Peter Drucker berasal dari keluarga percetakan. Bisnis keluarganya adalah dunia cetak mencetak yang pelanggannya adalah VOC. Mereka mencetak Alquran untuknya, juga alkitab untuk beberapa perusahaan lainnya. Nenek moyangnya berasal dari Amsterdam, Belanda.

Peter F. Drucker dikenal (sekaligus dicaci) karena buku pertamanya yang berjudul "Concept of The Corporation" yang diterbitkan pada 1946. Buku ini berisi tentang seluk beluk perusahaan multinasional Amerika : General Motors.  Buku itu segera menjadi buku laris di negara tersebut sekaligus di Jepang, dan menjadikannya ikon. Sekaligus mengakhiri karier akademisnya. Namun Drucker tidak ambil pusing dengan hal ini karena dia memang tidak suka dengan pendekatan akademis dan riset seperti Harvard.

Setelah Concept of The Corporation yang ditulis untuk GM dengan satu syarat utama: buku ini hanya mengungkapkan fakta sehingga tidak satu katapun boleh disensor oleh GM. Peter Drucker menerbitkan buku berikutnya "The Practice of Management" pada tahun 1954. Total buku yang ditulisnya sebanyak 35 buah. Temanya tentang manajemen, kepemimpinan, dan kemanusiaaan. Manusia adalah asset, bukan alat ! Perusahaan harus menghargai manusia, bukan memerasnya. Produk adalah satu-satunya aset yang harus diperas, bukan manusianya !

Sebenarnya, semua buku tentang manajemen dan kepemimpinan yang pernah ada dan yang ditulis saat ini, jika ditelusuri lebih lanjut akan mengarah ke kedua buku Drucker ini. Concept of management dan Practice of management. Demikian pula dengan kesuksesan beberapa orang manajer dunia seperti Jack Welch, Reginal Jones, Jeff Bezos dan Hendry Ford. Semuanya pernah dan berkonsultasi dengan Peter F Drucker. Dalam buku Inside Drucker's Brain ini anda akan menemukan kata-kata Drucker tentang mereka, " Tempat yang anda duduki ini adalah tempat di mana Jack Welch datang ke tempat saya !" Keren ! Tapi memang itulah karakteristik orang terbaik, mereka mencari nasihat terbaik !
 
Saya kok kepingin baca buku The Concept of Management yaa ! Hi.....hi....hi....

 

INSIDE DRUCKER'S BRAIN
Topik pertama yang dikupas dalam buku ini adalah asal mula "tertangkapnya" Peter ke dalam dunia manajemen.  Dia mencari tahu di perpustakaan tentang apa yang membuat suatu perusahaan menjadi besar, menggurita, dan berdimensi multinasional. Sayangnya Drucker tidak menemukan satu buah bukupun yang membahas masalah ini. Dia memutuskan untuk menulisnya !

Drucker sampai pada pemikiran bahwa manajer terbaik dilahirkan, bukan diciptakan ! Dan kebutuhan akan manajer alami ini meningkat seiring dengan perkembangan perusahaan. Sayangnya, jumlah kelahiran manajer -manajer alami ini tak seimbang dengan jumlah kelahiran perusahaan - perusahaan yang ada. Perusahaan selalu kekurangan manajer alami. Karena itu manajer harus diciptakan. Bagaimana menciptakannya adalah dengan membuat aturan dan panduan dasar yang dimiliki oleh para manajer - manajer alami ini.


Apa saja kualitas yang dimiliki manajer alami ini ? Beberapa diantaranya :

1. Manajer alami bisa menempatkan orang

2. Ia bisa memperkerjakan atau memecat orang tanpa melibatkan emosi pribadi

3. Ia memutuskan prioritas.

 


Peter Drucker adalah penganut hukum kekuatan. Dia berpandangan bahwa mengembangkan kekuatan lebih menguntungkan dan bermanfaat dibandingkan dengan menyingkirkan kelemahan seseorang. Lagipula, setiap manusia pasti memiliki kelemahannya sendiri-sendiri. Tidak ada yang perlu dikuatirkan dengan kelemahan mereka asalkan mereka bisa mengerjakan suatu hal yang menghasilkan nilai terbaik. Manajemen adalah soal mengerjakan yang benar, bukan siapa yang benar. Dan hal terburuk dari manajemen adalah menjawab dengan benar atas pertanyaan yang salah !

Tema utama yang ditekankan Om Drucker dalam manajeman adalah Desentralisasi. Seumur hidupnya, dia menulis, mengingatkan dan memperingatkan tentang pentingnya desentralisasi ini. Desentralisasi bukanlah kebebasan tanpa tujuan, desentralisasi adalah manajemen dengan tujuan (management by objective). Desentralisasi adalah masa depan semua perusahaan. Jika bidang itu bukan bidang terbaik kita, outsourcing-kan. Jika bidang itu tidak sesuai dengan tujuan perusahaan, potong dan babat sampai habis. Desentralisasi bukanlah pilihan melainkan suatu keharusan ! Desentralisasi bukan berarti banyak manajer untuk tiap-tiap bidang, tetapi desentralisasi adalah setiap bagian berhak mempertanyakan, menyumbangkan ide, dan berpartisipasi dalam tujuan perusahaan. Desentralisasi adalah keterbukaan, transparansi, dan persamaan hak. Dan satu-satunya perusahaan dunia yang berhasil menerapkan konsep ini adalah Toyota. Ganjarannya adalah perusahaan pembuat mobil terbaik di dunia !

 

KESIMPULAN
Banyak buku tentang manajemen yang bisa kita beli dan baca di toko - toko buku. Tapi, kesemua buku itu bisa ditelusuri asalnya dari buku - buku tulisan Peter F Drucker, sang penemu manajemen modern. Sempatkanlah membaca buku-bukunya, apalagi sekarang ini buku-buku bermutu tidak dihargai lagi oleh orang-orang jaman ini. Mumpung murah rek !

Manfaat lain dengan membaca buku - buku karangan Drucker adalah memprediksi masa depan. Om Peter adalah satu dari jutaan orang yang pengelihatannya di atas rata-rata. Dia melihat multi dimensi, saat ini dan masa depan serta memberikan tips-tips untuk menangkap peluang yang akan muncul beberapa tahun mendatang. Istilah orang kristen untuk kemampuan ini adalah karunia nubuat.

Share this content

 
Buku Inside Drucker's Brain
Penerbit
Gramedia Pustaka Utama
Pengarang
Jeffrey A. Krames
Harga
Rp 36.000,00
www.gilabuku.com
 

Jeffery A KramesJeffery A Krames