Website Wapannuri

HUBUNGAN

EKONOMI

ROHANI

KESEHATAN

KEPEMIMPINAN

BIOGRAFI

PSIKOLOGI

KABAR BURUNG TENTANG DUNIA LAIN

Benarkah surga itu ada ? Adakah kehidupan setelah kematian ? Apakah iman itu ? Benarkah Yesus adalah juru selamat satu-satunya ? Apakah dosa itu ? Apakah Tuhan itu benar – benar ada ? Mana bukti atas semua pertanyaan ini tadi ? Jawabannya adalah tidak jelas alias semuanya adalah kabar burung ! Tidak ada bukti yang dapat dilihat oleh mata, didengar oleh telinga, dikecap oleh lidah, dan dirasakan oleh tangan kita ! Dunia lain selain tempat tinggal kita hanyalah sebuah kabar burung yang dihembuskan oleh orang yang tidak jelas juga !

Bedah Bukunya ! Awas, satu jam looooh ! Tapi Worth To be See!

Dalam buku Kabar Burung Tentang Dunia Lain ini, Philip Yancey tidak berusaha untuk membuktikan semua pertanyaan di atas karena dia sendiri juga bingung. Nah mau gimana lagi, jelas – jelas judulnya kabar burung kok ! Dalam sambutannya, Philip Yancey menulis :

“ Apakah Allah itu ada ? Kehidupan setelah kematian ? …. Mungkin mereka serap iman itu sebagai bagian dari cara mereka dibesarkan, atau mungkin mereka menemukan gereja itu sebagai tempat yang membangkitkan semangat setiap akhir pekan….Menurut saya sendiri bagaimana ?
Itulah yang mendorong saya menulis buku ini. Ketimbang untuk meyakinkan siapa pun juga, saya menulis buku ini lebih untuk mengutarakan pemikiran – pemikiran saya dengan harapan dapat memahami iman saya sendiri….”

Sebuah kabar burung tetaplah menjadi kabar burung. Demikian pula dengan iman, akan tetap menjadi iman. Tidak ada bukti ! Tidak ada fakta ! Tidak ada alasan ! Dan tidak ada dasar ! Hmmm….apakah ini buku sesat pak Wapan ?

Jika kita benar – benar mencari Allah, tidakkah akan terpikirkan semua pertanyaan di atas ? Jika Allah benar – benar penuh kasih, coba jelaskan banyaknya kemiskinan, penderitaan, kelaparan, kematian, anak tanpa ibu dan ayah, cacat lahir, dan pembunuhan ! Jika Allah itu adil jelaskan penindasan yang dilakukan orang kaya kepada orang miskin, kenapa kita dilahirkan biasa-biasa saja sementara orang lain lebih beruntung dari kita, mengapakah sampai ada perbudakan ? Dan banyak lagi pertanyaan yang muncul sehingga resensi buku ini gak selesai – selesai ! Bahasa gaulnya OOT alias Out Of Topic !

Dalam Kabar Burung Tentang Dunia Lain ini Philip Yancey membagi pemikirannya menjadi tiga bagian :

  1. Adakah sesuatu yang kita lewatkan di dunia ini ? Apa sih yang kita liat di dunia ini ?
  2. Bagaimana cara Allah melihat dunia yang kita lihat ini ? Apa sebenarnya rencana Allah akan dunia yang kita tinggali ini ? Apa sih maunya Allah ?
  3. Loh ? Kenapa begitu jauh perbedaannya ? Dimanakah letak kesalahannya ? Bisakah kita hidup dan berjalan di kedua dunia ini ? Tentunya dengan Hukum Allah bersamaan dengan Hukum Manusia !

Allah menciptakan dunia dengan segala kenikmatannya untuk manusia. Seks untuk pria dan wanita, alkohol untuk mabuk-mabukan, ekstasi untuk sakauw, uang untuk membeli kekuasaan, dan lain – lainnya. Mengapa iman kristiani melarang semua kenikmatan dunia yang dianugerahkan Allah itu ? Philip Yancey menantang kita dengan menanyakan apakah semua kebebasan itu benar – benar nikmat ? Apakah bebas sebebas – bebasnya itu memberikan kesenangan ? Seorang pencipta tentunya lebih mengenal kelebihan dan kekurangan hasil ciptaannya !

Benarkah perkataan Yesus, “Berbahagialah orang yang lemah lembut karena mereka akan memiliki bumi. Berbahagialah orang yang murah hatinya karena mereka akan beroleh kemurahan. Berbahagialah orang yang berdukacita karena mereka akan dihibur !”
Atau, “Janganlah kamu kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai….Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok. Karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.”
Atau ucapanNya yang begini, “Mintalah maka akan diberikan kepadamu; carilah maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan,
Dan masih banyak lagi ucapannya yang sangat tidak masuk akal bagi otak kita !

Rasanya sungguh mimpi yang menjadi kenyataan jika ucapan – ucapan Yesus itu benar – benar terjadi ! By The Way, siapa sih Yesus itu ? Orang yang menurut kabar burung adalah Allah yang turun dari surga ? Bukankah Yesus itu anak seorang tukang kayu yang rumornya anak hasil perselingkuhan ? Benar – benar tidak dapat dipercaya kabar angin ini ! Jika pertanyaan – pertanyaan ini muncul dalam benak anda, persoalan ini juga muncul dalam pemikiran Philip Yancey ! Baginya, iman itu masih samar-samar ! Jadi, mengapa harus percaya ?

Kita hidup dalam dua dunia, bukan satu dunia. Dunia yang kelihatan dengan dunia yang tidak kita lihat (kecuali dengan mata iman). Manakah yang lebih berpengaruh ? Yang kelihatan atau yang tak terlihat ? Philip Yancey menemukan bahwa yang tak terlihatlah yang paling berperan dalam kehidupan ini ! Demikian pula dengan Rasul Paulus yang mengatakan bahwa sesungguhnya peperangan kita ini bukanlah melawan yang kelihatan tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa – penguasa, melawan penghulu – penghulu dunia yang gelap ini, dan melawan roh – roh jahat di udara ! Sebab yang dilihat manusia bukanlah yang dilihat oleh Allah !

Hmm…yang tidak terlihat mempengaruhi yang terlihat ? STOP ! STOP DULU PAK WAPAN ! Nggak keliru tah pak ? Bukankah yang benar adalah yang kelihatan mempengaruhi yang tidak kelihatan. Contohnya, kalo nyuruh orang terus di sakunya diselipin duit 100ribu dia langsung kerja ?

BETOL….BETOL…BETOL…tapi efeknya cuman sementara rek ! Nek “cepek ceng” tadi wes habis kembali lagi ke asalnya ! Dan dosisnya mesti ditambah dadi “Pek Go Ceng” ! Terus – terusan sampe dadi “Tiau Tiau” an! Wakakakakak….

Ketika kita mengikuti aturan dunia ini, efeknya adalah saat ini dan untuk dunia yang keliatan ini. Sebaliknya jika kita mengikuti aturan dunia lain, efeknya gak bakalan keliatan hingga kita berangkat ke sana ! Pertanyaanya….sudikah kita mempercayai kabar burung mengenai dunia lain ini ? Saya tidak akan berusaha meyakinkan anda, demikian pula dengan Philip Yancey ! Apa yang ditulisnya hanya pemikiran – pemikirannya, keraguannya, dan untung-ruginya mempercayai kabar burung tentang dunia lain ini !

Share this content

 
Buku Kabar Burung Tentang Dunia Lain
Penerbit
Gospel Press
Pengarang
Philip Yancey
Harga
Rp 36.000,00
(LilinKecil.com)
 

BUKU LAINNYA

Soul Survivor yang ditulis oleh Philip Yancey

 

Bukan Yesus Yang Saya Kenal karangan Philip Yancey

 

 

Mencari Tuhan Yang Tak Terlihat Penulis Philip Yancey