Website Wapannuri

HUBUNGAN

EKONOMI

ROHANI

KESEHATAN

KEPEMIMPINAN

BIOGRAFI

PSIKOLOGI

 

MENANTU VS MERTUA | Resensi Buku

Semua orang suatu saat nanti akan menjadi seorang menantu dan kemudian menjadi seorang mertua. Kecuali anda memutuskan untuk menjadi perawan tua atau pejaka tulen. Namun saya yakin 90% dari anda akan menjadi suami atau istri orang lain. Nah, memahami konflik yang akan terjadi lebih dulu adalah satu – satunya jalan untuk mengatasi ketakutan dan trauma yang saya sebut sebagai self fulfiling prophecy ini. Buku Menantu dan Mertua karangan Hendra Sipayung ini termasuk buku langkah yang harus dimiliki oleh semua orang yang memutuskan untuk menikah ! Inilah alasan – alasannya yang juga menjadi resensi buku yang sudah saya baca habis dalam waktu beberapa hari.

Mertua VS Menantu


PENYEBAB KONFLIK MENANTU VS MERTUA
Jangan bohongi diri anda bahwa konflik antara mertua dan menantu ini tidak bakalan terjadi. Mungkin anda berdalih bahwa saya tidak tinggal serumah dengan mertua saya sehingga pertengkaran ini tidak mungkin terjadi ! Masa sih ? Yakin ? Bagaimana jika anda sudah memiliki anak ? Kepada siapa nantinya buah cinta anda itu akan anda titipkan ketika hendak bekerja ? Saya gak kerja kok pak Wapan. Hmmm….gak pingin shopping atau jalan – jalan ?

Jaman sudah berubah, dan demikian pula ego kita. Wanita jaman sekarang, istri kita itu loh…didikannya sangat berbeda dengan didikan orang tua kita. 90% dari mereka tidak bisa masak, keberatan dengan tugas – tugas rumah tangga, wanita karier, dan punya Facebook !

Sementara mertua kita adalah orang yang dididik oleh nenek kita sebagai seorang pengurus rumah sejati ! Bangun pagi – pagi, hidup untuk menyiapakan segala keperluan suami, memproduksi serta membesarkan anak, dan tugas sehari – harinya adalah menjadi pembantu rumah tangga ! Hahahahaha…. Istri zaman sekarang mana mau ! Dan inilah sebenarnya penyebab utama terjadinya konflik menantu dan mertua ! Perbedaan budaya yang sangat tajam !

Ada banyak penyebab yang ditulis oleh Om Sipayung ini, namun saya tidak mau menjelaskan lebih jauh karena anda sebagai seorang menantu pasti lebih pandai dan lebih mengerti alasan – alasan untuk bertengkar dengan mertua anda ! Seandainya anda menulisnya menjadi sebuah buku pasti tebalnya bisa 1.000 halaman ! Lagipula, saya akan merangkum penyebab konflik menantu dan mertua ini dalam satu topik tulisan tersendiri !

 

SOLUSI PERTENGKARAN MERTUA VS MENANTU
Keunikan solusi yang ditawarkan di buku ini adalah peran anda sebagai seorang laki – laki, seorang suami, dan kepala rumah tangga. Hendra Sipayung menegaskan bahwa kunci penyelesaian konflik ini sebenarnya ada di tangan anda para pria ! Saya juga sependapat dengannya. Bagaimana caranya ?

  1. Jadilah manajer di keluarga anda. Seorang manajer adalah seorang yang mengelolah berbagai kepentingan dalam suatu perusahaan dan menyatukannya. Nah, apa sih sebenarnya maksud mertua anda atapun istri anda ? Mengenalinya adalah tugas anda.
  2. Menjadi filter. Ketika mertua mengatakan sesuatu yang buruk mengenai istri anda maka tugas andalah untuk menangkap esensi yang hendak disampaikan dan memutuskan untuk menyampaiak ke istri anda atau tidak. Demikian pulu kritikan dari istri anda kepada orang tua anda. Sekali – sekali bermuka dua gak apa – apa kok ! He…he…he…
  3. Humor. Sesuatu yang berat jika diselingi dengan humor menjadi lebih menyenangkan dan mudah diterima. Humor juga membuat hubungan lebih akrab dan terbuka. Asal jangan keterlaluan dan pada tempatnya.

Nah… ada 10 jurus yang disarankan Om Hendra untuk mengatasi konflik antara mertua dan menantu ini ! Semuanya sederhana dan mudah dilakukan ! Isi buku ini mudah dimengerti dan dibaca karena ditulis dengan bahasa sehari – hari. Yang menarik, penulis juga memberikan solusi jika konflik yang terjadi pada anda sudah pada tahap sangat parah dimana antara istri anda dan mertua sudah tidak berbicara lagi. Bisakah masalah ini diatasi ? Tentu saja bisa, salah satu triknya adalah memanfaatkan pihak ketiga yang dihormati oleh istri dan mertua anda !

Hmmm….ada cara lainnya gak pak Hen ? Soalnya kasus saya jauh lebih rumit dari penjelasan anda ! Ada ! Bagaimana caranya ? Yo baca buku ini dulu ! Nanti kalo gak nemu jalan keluarnya kontak saja di moanbb [dot] blogspot [dot] com (blog pribadi Hendra Sipayung).

Solusi Konflik Menantu & Mertua
Tulisan saya yang terinsiprasi dari Buku ini ! Semoga berguna

Share this content

 
Buku Tentang mertua dan menantu
Penerbit
Elex Media Komputindo
Pengarang
Hendra Sipayung

Harga
Rp 54.800,00

 

Foto studio bersama mertua