Website Wapannuri

HUBUNGAN

EKONOMI

ROHANI

KESEHATAN

KEPEMIMPINAN

BIOGRAFI

PSIKOLOGI

7 HABITS OF HIGHLY EFFECTIVE PEOPLE

7 Habits of Highly Effective People atau 7 Kebiasaan manusia yang sangat efektif ditulis oleh Dr. Stephen R Covey. Buku ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1989 dan sudah dicetak melebihi 15 juta ekslempar pada tahun 2004 serta telah diterjemahkan ke dalam 38 bahasa (termasuk bahasa indonesia). Dr Covey sendiri dinobatkan sebagai salah seorang (dari 25) yang sangat mempengaruhi Amerika oleh “Time Magazine” pada tahun 1996. Selain itu, Dr Covey juga menulis sebuah buku (bersama dengan A.Roger & Rebecca R Merrill) yang juga tidak kalah terkenalnya yaitu First Thing First . Jadi, apa yang menarik dari buku ini ?

Stephen R Covey, Pengarang buku 7 Habits of Highly Effetive People

Ketika pertama kali membuka buku 7 Habit ini, saya langsung disuguhi dengan definisi paradigma atau sudut pandang. Apa yang kita lihat belum tentu sama dengan yang dilihat oleh orang lain, teman kita, atau bahkan orang yang duduk di sebelah kita. Sekalipun obyek yang kita lihat sama, hasil atau respon yang muncul tidak selalu sama. Inilah kekuatan sebuah paradigma. Jika kita tidak mengerti paradigma orang lain maka kita akan berpikiran bahwa orang ini aneh, freak, atau seenaknya sendiri. Demikian pula dengan orang lain yang tidak bisa memahami paradigma berpikir kita. Berusaha memaksakan sudut pandang kita kepada mereka akan menghasilkan perdebatan dan permusuhan, sebaliknya jika kita berusaha memahami paradigma mereka maka kita akan mengerti mereka, menyelami mereka, dan mendapatkan hubungan yang lebih menyenangkan.

Pertanyaannya adalah paradigma siapa yang lebih benar ? Adakah standar yang sama untuk menilai sudut pandang seseorang ? Inilah yang akan dibahas dalam buku 7 Habits of Highly Effective People. Kita harus merubah sudut pandang  dan cara berpikir kita terlebih dulu supaya bisa menjadi seseorang yang sangat efektif. Dan langkah pertama yang harus kita lakukan adalah merubah diri kita sendiri. Perubahan ini akan dirasakan oleh orang di sekitar kita yang kemudian dengan sendirinya akan berubah seiring dengan peningkatan kemampuan kita. Langkah terakhir adalah menjaga keseimbangan ini. Inilah pokok pemikiran buku 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif Ini :

7 Kebiasaan Manusia Yang Sangat Efektif

  1. Paradigma
  2. Kemenangan Pribadi
  3. Kemenangan Publik
  4. Pembaharuan Yang Seimbang

Sekilas, karena baru membaca bagian awal buku ini (baru halaman 50), saya melihat adanya kesamaan buku ini dengan iman kekristenan. Sempat saya pikir kalo Dr Covey ini adalah penulis buku kristen yang luar biasa sehingga bisa mempengaruhi dunia sekuler. Bukankah memang seharusnya demikian pak Wapan ? Tuhan kan memerintahkan kita untuk menjadi Terang Dunia dan Garam Dunia ! Memang sih, prinsip – prinsip yang didasarkan oleh Kekristenan bersifat universal, kuat, dan memerdekakan. Jadi wajar saja jika buku ini mempunyai kekuatan untuk merubah sebagian besar orang (termasuk saya!)

Saya sempatkan untuk googling mengenai siapakah Dr Stephen R Covey ini dan apa yang telah diperbuatnya bagi dunia ini ? Hasilnya cukup mengejutkan karena ada dua kritik pedas , yang satu dari kalangan “ahli taurat kristen” yaitu Bob Waldrep. Dan satunya lagi dari Tara Fenwick dari kalangan instutsi pendidikan ! Cuman dua tok rek ! Yang kasih penghargaan berapa pak Wapan ? Gak kehitung ! Namun ada manfaatnya juga kita kasih perhatian sedikit mengenai dua orang pengritik ini !

Bob Waldrep bilang kalo ajaran Dr. Stephen R.Covey itu sesat karena didasarkan pada ajaran gereja setan alias gereja mormon. Dan Pak Covey sendiri itu juga salah seorang pelayan gereja mormon tersebut ! Hmmm...saya pikir inilah yang salah dari pak Bob Waldrep iku ! Jangan kritik orangnya karena tidak ada akan ada manusia yang sempurna, kritiklah ajarannya ! Saya juga bisa kok menyalahakan om Bob, coba deh apa prestasimu ? Buku apa yang sudah kamu tulis ? Wes dicetak berapa eksemplar ?

Kedua, Tara Fenwick, ini rasanya lebih rasional karena yang dikritik dua-duanya yaitu pribadi pak Covey dan ajaran dari buku 7 habit ini. Masalahnya....bisakah mbak Tara kasih solusi yang lebih baik dari Pak Covey ini ? Silahkan deh tulis buku dan cetaklah...mari kita lihat hasilnya ! Sampai tahun 2010 ini, 21 tahun setelah terbitnya buku 7 habit ini saya belum menemukan  hasil karya mbak Tara yang selevel dengan pak Covey !

Nah,  perlukah kita sebagai orang kristen membaca buku ini ? Buku karangan hamba Mormon ini ? Silahkan putuskan sendiri ! Bagaimana dengan saya ? TAK BACA SAMPE HABIS DAN TAK TERAPKAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI ! Sesat dong saya ? Pengikut mormon dong Wapannuri ini ? Ha...ha...ha... biarno sebab tidak ada satupun ciptaan Tuhan yang jelek di dunia ini karena penciptanya sendiri adalah sempurna. Yang salah adalah oknumnya ! Anda dan saya sendiri !

Kritikan Bob Waldrep dari sudut pandang Kristen
Ajaran Covey berasal dari Gereja Setan alias Mormon ! Serem!!



Kritikan Tara Fenwick dari sudut pandang Pendidikan
Juga dari Sudut pandang Kristiani, bersama Jim Parson (seorang aktor)

Share this content

7 Habits of Highly Effective People
Penerbit
Bina Rupa Aksara
Pengarang
Stephen R.Covey

Harga
Rp 70.550,00

 

CCTV Murah