Website Wapannuri

HUBUNGAN

EKONOMI

ROHANI

KESEHATAN

KEPEMIMPINAN

BIOGRAFI

PSIKOLOGI

 

PETUNJUK HIDUP TENTRAM DAN BAHAGIA

Apa rahasia hidup tentram dan bahagia menurut Dale Carnegie ? Hiduplah untuk hari ini ! Jangan berpikir bagaimana masa depan anda, lupakan dan tutup pintu masa lalu anda dan kerjakan apa yang kelihatan di depan mata anda. Jangan membebani hari ini dengan beban masa depan anda dan lepaskan beban masa lalu di pundak anda. Begitu sederhana, begitu mudah, dan bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk anda dan saya. Namun kenyataanya adalah kita tetap saja terikat dengan masa lalu dan kuatir dengan masa depan kita.

Uang Tidak membawa kebahagiaan

 

KEKUATIRAN TIDAK MEMBAWA BERKAH MELAINKAN PENYAKIT
Buku karangan Dale Carnegie ini dibuka dengan pennyebab sakit radang usus, darah tinggi, dan penyakit jantung. Fakta bahwa jumlah kematian terbesar adalah sakit jantung tidak menyurutkan semangat orang untuk berhenti dari rasa kuatirnya. Semakin tinggi jabatan seseorang, semakin tinggi pula resiko sakit jantungnya. Namun masih saja banyak orang yang berusaha untuk mencapai puncak prestasinya. Mereka bekerja lebih keras setiap hari, mencari lebih banyak pekerjaan, menyelesaikan lebih banyak proyek, dan beristirahat lebih sedikit demi mendapatkan kejayaan, kehormatan, dan kekayaan.

Lebih banyak rasa kuatir berarti lebih banyak pula resik terkena penyakit jantung. Yang pasti, kekuatiran berhubungan dengan pencernaan. Ketakutan meningkatkan asam lambung, menaikan gula, dan mempengaruhi kerja usus. Proses penyerapan zat-zat yang dibutuhkan tubuh tidak berjalan dengan baik, tubuh kekurangan gizi, organ-organ tubuh tidak bisa bekerja secara maksimal, metabolisme tidak berjalan dengan baik, dan akhirnya mempengaruhi kesehatan kita dalam jangka panjang. Kekayaan yang kita peroleh pada akhirnya harus dibayar mahal, dibayar dengan tubuh kita sendiri. Maunya muda kaya raya, tua hura-hura dan mati masuk surga beganti dengan muda susah payah, tua sakit parah dan mati menderita (sekalipun masuk surga) ^-^'

Akar dari segala macam penyakit adalah pikiran kita. Kita berpikir sehingga menjadi kuatir. Kita berpikir dan ketakutan. Kita berpikir sehingga tidak melakukan sesuatu. Kita berpikir dan tidak menemukan rahasia hidup tentram serta bahagia. Tidak ada salahnya berpikir maupun kuatir, yang salah adalah membawa kekhawatiran esok hari ke dalam kekhawatiran hari ini. Inilah satu-satunya penyebab hidup kita menjadi tidak bahagia dan tidak dipenuhi damai sejahtera.

Tuhan mengajarkan kita berdoa, "Berilah kami rejeki pada hari ini." Tuhan menasihati kita, "Janganlah kamu khwatir akan hari esok, karena hari esok mempunyai kesusahannya sendiri." Tuhan meminta kita untuk melihat realita, "Lihatlah burung-burung di udara yang tidak menabur dan menuai namun diberi makan oleh Bapa di Surga." Tuhan juga berkata,"Jikalau kamu yang jahat saja tahu memberi yang baik kepada anakmu, apalagi Bapamu di Surga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-nya."

 

3 LANGKAH HIDUP TENTRAM DAN BAHAGIA

Semua orang tahu kekhwatiran tidak membawa manfaat apa-apa, tetapi mengapa masih banyak orang yang hidup dalam kekuatirannya ? Karena mereka lupa bagaimana rasanya hidup bebas dari rasa kuatir. Berikut ini 3 panduan Dale Carnegie untuk mengalahkan ketakutan dan kekuatiran kita:
  1. Bertanyalah pada diri anda sendiri demikian,"JIka saya tidak bisa memecahkan persoalannya, keadaan paling jelek apa yang akan menimpa diri saya ?"
  2. Siapkan mental anda untuk menerima hal yang paling jelek tersebut - jika memang perlu
  3. Kalau anda sudah menerimanya secara total, dangan tenang berusahalah memperbaiki hal yang paling jelek tersebut.

Kesediahan, ketakutan, dan kekuatiran memiliki efek yang sangat buruk. Menghancurkan kemampuan kita untuk berkonsentrasi. Bilamana kita sedih, pikiran kita meloncat kesana kemari dan kemana-mana. Hal ini menghilangkan kekuatan kita untuk memutuskan sesuatu. Sebaliknya, bila kita memaksakan diri untuk menghadapi kenataan paling jelek tersebut serta menerimanya dengan hati ikhlass niscaya kita dapat membuang semua bayangan yang tidak jelas tersebut. Selanjutnya kita dapat menempatkan diri sebaik-baiknya hingga dapat memusatkan pikiran kita untuk mengatasi persoalan yang. kita hadapi.

Ingatlah bahwa tidak ada kasus yang tidak selesai, tidak ada masalah tanpa jalan keluar, tidak ada beban yang tidak dapat kita tanggung, dan habis gelap terbitlah terang. Langkah pertama untuk mendapatkan hidup tentram dan bahagia adalah hiduplah untuk saat ini. Berikutnya terimalah hal terburuk yang mungkin menimpa anda dan berusahalah untuk memperbaiki yang bisa diperbaiki. Anda harus baca buku ini !

9 Prinsip Kepemimpinan Dale Carnegie
Dale Carnegie adalah pembicara terbaik sekaligus pemimpin yang luar biasa

Share this content

 
Buku Petunjuk Hidup Tentram dan Bahagia
Penerbit
Gramedia Pustaka Utama
Pengarang
Dale Carnegie

Harga
Rp 65.875
(Gramedia.com)

Dale Carnegie
Dale Carnegie

 

Buku Dale Carnegie lainnya