Website Wapannuri

HUBUNGAN

EKONOMI

ROHANI

KESEHATAN

KEPEMIMPINAN

BIOGRAFI

PSIKOLOGI

 

PERSONALITY PLUS

Sudah lama saya mencari buku yang membahas teori kepribadian galen, tak tahunya tersimpan rapi di rak buku saya selama setahun ini. Ha...ha...ha...untung ada pembaca wapannuri (dot) com yang mereferensikan buku ini. Nek gak gitu saya bakalan mencari sampe tua ! Buku Personality Plus karangan Florence Littaeur ini saya beli di pasar buku bekas Blauran seharga 20 ribu. Banyak yang menjual buku ini di sana, meskipun namanya pasar bekas, buku yang saya beli ini masih 100 % baru. Alasanya karena isinya banyak yang salah ketik dan halamannya ada yang hilang. Untungnya dulu sekali saya pernah membaca buku kepribadian plus di perpustakaan, jadi agak cepet bacanya karena tinggal me-refresh kembali memory dalam otak saya. Totalnya 370 halaman dan saya habiskan dalam waktu 3 hari. Enteeengggg.....!  Buku kecil ae kok.

4 Kepribadian Manusia Galen

 

SANGUINS - MELANKOLIS - KOLERIS - PLEGMATIS

Pembahasan utama buku ini pada 4 tempramen manusia yaitu Sanguinis, Melankolis, Kholerik, dan Plegmatis. Pertama - tama kita akan membaca kelebihan masing - masing kepribadian ini lalu dilanjutkan dengan kekurangan 4 kepribadian yang dicetuskan oleh Hippocrates dan dipopulerkan oleh Galen.

Kemudian kita akan membahas tentang perpaduan kepribadan yang umum ditemukan pada setiap manusia dan ditutup dengan petunjuk untuk meningkatkan kemampuan kita dan membangun hubungan baik antar kepribadian.

Buku Personality Plus ini banyak memberikan contoh nyata kehidupan Florence Littauer bersama suami dan ke-12 anak angkatnya. Ada Fred yang Melankolis, ada Marita yang. Sanguin, suaminya yang juga Melankolis, serta Florence yang merupakan kombinasi Sanguinis-Kholeris. Buku ini sangat mudah dibaca karena gaya penulisannya adalah bercerita, jadi anda akan heran dengan begitu cepatnya anda membaca....he....he...he.....

Menariknya lagi,  dalam Personality Plus terbitan Binarupa Aksara dilampirkan modul tes psikologi berdasarkan teori Galen. Anda cukup memberi centang pada pilihan berganda, menjumlahkan hasil pilihan anda, dan abrakadabraa.... keluarlah jenis kepribadian anda. Saya sih belum mencoba tes tempramen ini untuk yang kedua kalinya. Dulu sekali kepribadian saya adalah Melankolis-Kholerik, mestinya kalo nyoba lagi tidak akan berbeda jauh.  Kecuali kalau saya mau memanipulasi hasil tes psikologi Galen ini.... tapi, apa gunanya buat saya ? Toh yang memperoleh untung atau menanggung ruginya juga saya sendiri.

Secara singkat, ciri-ciri empat tempramen adalah sebagai berikut:

Galen, mempopulerkan  teori 4 kepribadianSanguinis, tipe kepribadian sosial. Mereka menikmati kesenangan, mudah bergaul, pandai bercerita dan mudah mengobral janji. Mereka adalah motivator hebat namun tidak dapat diandalkan untuk mengerjakannya.

Melankolis, tipe kepribadian emosional. Mereka suka berpikir, menilai, menganalisa, dan mengkritik. Mereka lebih suka melakukan sesuatu dengan benar dan sempurna, namun seringkali mematahkan semangat orang karena standar mereka yang tidak masuk akal, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Kholerik, tipe kepribadian pemimpin. Mereka kuat, tegas, keras kepala, bahkan sombong. Jika mereka sudah menetapkan sebuah keputusan, maka itulah yang akan mereka lakukan tak peduli apa kata orang, hambatan ataupun kemustahilannya

Phlegmatis,  tipe kepribadian datar. Mereka tenang, datar, cuek, acuh tak acuh, seringkali kelihatan tidak bersemangat. Mereka tidak pernah marah, tidak pernah berdebat, dan juga tidak pernah membuat keputusan, bahkan untuk dirinya sendiri.

Jika disimpulkan, seorang kholerik melakukan dengan "cara saya", Melankolis melakukan dengan "cara yang benar", Sanguinis melakukan dengan "cara yang menyenangkan", dan phlegmatis melakukan dengan "cara yang mudah"

 

TES KEPRIBADIAN GALEN

Termasuk kepribadian yang mana diri anda ? Sekilas anda merasa termasuk dalam salah satu tempramen di atas, namun pada kenyataannya jarang sekali ada orang yang memiliki satu kepribadan utama. Kebanyakannya adalah kombinasi dua kepribadian, entah itu Sanguin-Kolerik, Sanguin-plegmatiss, atau Melankolis-kolerik seperti saya.

Di bawah ini saya sertakan tes kepribadian Galen yang saya kutip dari buku Personality Plus. Ada dua file yang harus anda download dari ziddu, yang pertama adalah File test kepribadian itu sendiri, sedangkan file kedua adalah cara membaca hasil tes Tempramen Galen ini. Alasan saya pisah psikotes ini supaya anda tidak bisa mengintip secara tidak sengaja sehingga anda secara tidak sadar merekaysa hasil tes anda sendiri.... he....he...he.... Maklum, kadang-kadang saya juga usil seperti itu.

Tes Psikologi Galen
Jujurlah pada diri anda sendiri dan isilah dengan tenang !

Share this content

 
Buku Personality Plus
Penerbit
Binarupa Aksara
Pengarang
Florence Littauer

Harga
Rp 56.525,00
(KutukutuBuku.com)

Florence Littauer