Website Wapannuri

TES KEPRIBADIAN BERDASARKAN TEORI GALEN

Tes Kepribadian berdasarkan teori Claudius Galen membagi manusia menjadi 4 kepribadian, yaitu: Sanguinis, Melankolis, Kholerik, dan Phlegmatis. Anda bisa langsung mendownload tes kepribadian ini, mengisinya, dan langsung mengetahui tipe kepribadian anda. Tetapi ada baiknya jika anda membaca artikel ini sampai habis kemudian memulai mengisi pertanyaan-pertanyaan di lembar tes ini supaya memiliki pemahaman yang lebih baik tentang teori kepribadian Galen.

Tes Kepribadian Galen

 

DASAR TEORI KEPRIBADIAN GALEN

Pembagian tempramen manusia menjadi Sanguin-Melankolis-Koleris-Plegmatis dicetuskan pertama kali oleh Hippocrates dan dipopulerkan Galen. Teori ini juga sering disebut Hippocrates-Galenus karena dua orang inilah yang paling getol menyebarkan teori empat tempramen. Kedua orang ini  sama-sama dokter dan filusuf, bedanya kehidupan mereka dipisahkan oleh rentang waktu yang sangat jauh, sekitar 500 tahun. Hippocrates hidup pada 460 SM sementara Galen hidup di tahun 160 M.

Karena sama-sama berlatar belakang dokter, maka teori yang dikenal sebagai The Four Temprament ini pada dasarnya memang tidak lepas dari unsur medis. Hippocrates membagi kepribadian manusia berdasarkan cairan dalam tubuh manusia,

  1. Cairan yang lebih dominan dalam tubuh yaitu cairan chole (empedu kuning yang sifatnya kering).
    Orang choleris adalah orang yang memiliki tipe kepribadian: hidup penuh semangat, keras, hatinya mudah terbakar, daya juang besar, optimistis, garang, mudah marah, pengatur, penguasa, pendendam, dan serius.
  2. Cairan yang lebih dominan dalam tubuh yaitu cairan melanchole (empedu hitam yang sifatnya basah).
    Orang melancholis adalah orang yang memiliki tipe kepribadian : mudah kecewa, daya juang kecil, muram, pesimistis, penakut, dan kaku.
  3. Cairan yang lebih dominan dalam tubuh yaitu cairan sanguis atau darah yang sifatnya panas.
    Orang sanguinis adalah orang yang memiliki tipe kepribadian : hidup mudah berganti haluan, ramah, mudah bergaul, lincah, periang, mudah senyum, dan tidak mudah putus asa.
  4. Cairan yang lebih dominan dalam tubuh yaitu cairan phlegma (lendir yang sifatnya dingin)
    Orang phlegmatis adalah orang yang memiliki tipe kepribadian : tidak suka terburu-buru, tenang, tidak mudah dipengaruhi, setia, dingin, santai dan sabar.

Teori ini kemudian diperjelas Galen yang pada intinya kepribadan dominan seseorang dipengaruhi tingkat cairan dalam tubuhnya. Jika orang tersebut memiliki banyak empedu hitam (melanchole) maka tempramen dominannya Melankolis. Jika tempramen anda ternyata sanguin, bisa dipastikan tubuh anda memiliki banyak darah (sanguis). He....he....he....

Teori 4 tempramen manusiaBisakah kita mempercayai teori kepribadian berdasarkan cairan dalam tubuh kita ? Apa hubungannya empedu dengan karakter ? apa hubungannya lendir dengan sifat manusia ? Dan apa hubungannya darah dengan cara berpikir kita ?

Sebenarnya banyak hal yang tidak kita ketahui tentang diri kita. Salah satunya adalah proses kehamilan dan sistem antibodi kita. Begitu ada benda asing masuk ke aliran darah, sel darah putih akan segera menyelidiki "sesuatu" itu. Jika ternyata virus, maka otak akan memerintahkan sel darah putih untuk menyerang dan membuat antibodi untuk menyerang dan membunuh virus tersebut. Proses ini terjadi dalam hitungan detik dan dalam alam bawah sadar kita. Lain halnya dengan proses kehamilan.

Dimulai dari sesuatu yang kita sebut sebagai sperma masuk melalui hubungan sex, hingga menjadi janin. Sel darah putih mengidentifikasi janin ini sebagai teman bukan lawan. Bisa anda bayangkan apa yang akan terjadi jika janin dianggap musuh oleh sel darah putih, ujung tombak pertahanan kita ? Jika anda tidak bisa membayangkan, lihatlah penyakit kanker. Tanyakan bagaimana bisa seorang ibu bergolongan darah B memiliki janin yang golongan darahnya O dalam tubuhnya selama 9 bulan ?

Teori Gelenus ini sudah sangat tua dan tidak ada yang bisa membagi kepribadian manusia sesederhana sekaligus serumit The Four Temprament ini. Tidak heran jika teori Galen ini dipakai sebagai dasar bagi teori-teori kepribadian lainnya. Apapun teori yang anda ketahui, anda akan menemukan Galenus sebagai acuan dasarnya

 

HUBUNGAN TEORI GALEN DENGAN TEORI HARTMAN

Perbedaan utama teori Hartman dengan Galen adalah dasar klasifikasinya. Taylor Hartman, Phd membagi kepribadian manusia berdasarkan motif dasarnya, yaitu:

Kepribadian berdasarkan warna1. Motif kekuasaan, dilambangkan dengan warna merah
2. Motif kemanusiaan, dilambangkan dengan warna biru
3. Motif kesenangan, dilambangkan dengan warna kuning
4. Motif kedamaian, dilambangkan dengan warna putih

Darimana asalnya motif dasar ini ? Berdasarkan teori kode warna Hartman, motif tiap-tiap kepribadian ini dibawa sejak lahir. Artinya setiap manusia sudah membawa motif ini saat dia masih menjadi janin dalam tubuh ibunya. Inilah kesamaan teori Hartman dengan teori Galen, bahwa kepribadian manusia itu mengalir dalam tubuhnya.

 

Manusia itu unik sekaligus rumit. Tidak ada yang bisa mendefinisikan manusia secara sempurna. Mengapa saya melakukan hal ini, menyenangi hal itu, atau membenci sesuatu. Teori - teori kepribadian hanya menjelaskan sebagian kecil dalam diri manusia. Karena itu tidak ada untungnya mengunggulkan satu teori dengan teori lainnya. Hendaknya tiap-tiap teori kepribadian kita pandang sebagai teori yang melengkapi satu dengan lainnya.

Jika anda men-tes diri anda dengan tes kepribadian Galen sekaligus  tes kepribadian Hartman, anda akan menemukan profil kepribadian yang hampir sama. Misalkan kepribadian dominan anda Sanguins, bisa dipastikan warna kepribadian anda Kuning. Jika kombinasi kepribadian Galenus anda Melankolis-Phlegmatis, maka anda adalah Biru-Putih versi Kode Warna Hartman.

Saya lebih menyukai menggunakan profil kepribadian Hartman karena mudah dimengerti. "Oh...kamu biru, berarti kamu bijaksana, ramah, setia, dan tinggi moralitasnya." atau "Kamu Kuning, suka senang-senang dan hura-hura. Kamu benar-benar menikmati setiap detik waktumu. Berada bersamamu begitu menyenangkan."

TEORI KEPRIBADIAN GALEN TEORI KEPRIBADIAN HARTMAN
Kholerik Merah
Melankolik Biru
Sanguin Kuning
Plegmatik Putih

 

TES KEPRIBADIAN GALEN

Ada dua file yang harus anda download. File pertama berisi pertanyaan-pertanyaan yang harus anda isi untuk mengetahui jenis kepribadian anda. Sedangkan file kedua tentang cara membaca hasil tes anda.

Tujuan saya memisahkan lembar pertanyaan dengan lembar jawaban untuk membuat hasil tes psikologi ini lebih obyektif. Supaya anda tidak tergoda seperti saya dan kebanyakan orang lainnya yang mengintip lembar jawaban dulu baru mengisi lembar pertanyaaan....he...he...he...karena tidak ada orang yang suka dengan kekalahan atau hasil jelek. Tapi melakukan hal ini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan diri kita sendiri adalah hal terbodoh yang pernah saya dengar. Ingat, tidak ada yang memaksa anda untuk melakukan tes kepribadian online ini. Tidak ada biaya yang harus anda keluarkan demi tes tempramen ini alias gratis. Dan yang memperoleh keuntungan adalah diri anda sendiri.

Ada 40 pertanyaan yang harus anda isi. 20 pertanyaan berhubungan dengan kelebihan anda dan sisanya tentang kekurangan diri anda. Pertanyaan atau lebih tepatanya memilih salah satu dari 4 pilihan ini masih menggunakan bahasa inggris karena bahasa indonesia tidak bisa mengartikan istilah itu dengan baik. Tapi jangan kuatir karena saya sudah menterjemahkannya dalam bahasa indonesia. Anda akan melihat bahwa 1 kata dalam bahasa Inggris saya terjemahkan menjadi lebih dari 5 kata bahasa Indonesia. Itulah keterbatasan bahasa kita, jadi...mulailah learn english for the future.

Terakhir....isilah dengan sabar dan cari tempat yang tenang. Jangan kesusu atau tergesa-gesa ketika menjawab Tes Psikologi Galen. Apapun hasil tes ini, entah itu Sanguinis Melankolis Kholeris Plegmatis, jangan kecewa ataupun senang. Karena tiap - tiap kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri - sendiri. Selamat memahami diri anda sendiri !

Tes Psikologi Galen
Jujurlah pada diri anda sendiri dan isilah dengan tenang !

Cara Membaca Tes Kepribadian Galen
Jangan sekali-sekali membuka file ini dulu baru mengisi tes tempramen ! Gak ada untungnya....

Tes Psikologi Hartman berdasarkan motif dasar
Bandingkan hasil tes anda dengan menggunakan teori kepribadian warna

Share this content

ARTIKEL TERBARU

KEPRIBADIAN MANUSIA

KARAKTER ROHANI

ARTIKEL KARAKTER