Website Wapannuri

MENCARI KEHENDAK TUHAN UNTUK HIDUP KITA

Permasalahan terbesar kedua setelah menjadi orang kristen adalah mengetahui kehendak TUHAN untuk hidup kita. Loh pak, terus masalah terbesar yang pertama apa dong ? Jelas Hidup Kudus! He...he...he.... Untungnya saya sudah menyelesaikan permasalahan yang pertama di tulisan saya sebelumnya, Perjuangan untuk mencapai Hidup Kudus. Jangan kaget dengan isinya karena pasti bertentangan dengan iman kepercayaan anda sebagai seorang kristen yang taat dan alkitabiah ! Nah... apakah Tuhan menghendaki kita untuk Hidup Kudus ? Jika itu yang anda pikirkan...mohon maaf...anda salah ! Gak percaya ? Mari kita selidiki bersama – sama !

Mencari Kehendak Tuhan


KEHENDAK TUHAN  MULA – MULA (ALIAS ORISINIL – ASLI – PERTAMA KALI)

Tuhan yang kita kenal, kita sembah, dan kita muliakan adalah Tuhan yang tidak kengangguren. Anda setuju dengan saya ? Jika setuju berarti ketika Tuhan melakukan sesuatu pasti ada tujuannya, ada urutannya, dan ada hubungannya. Contohnya ketika menciptakan dunia ini maka urutannya adalah Waktu – langit dan air – bumi beserta tumbuhan – binatang - dan terakhir manusia. Sebelum Allah menciptakan binatang maka dia menciptakan tanaman sebagai makanan bagi binatang – binatang ciptaanNya. Sebelum Dia menciptakan tanaman, Dia menciptakan tanah lebih dulu sebagai dasar untuk akar pertumbuhannya. Dan atas semuanya itu Tuhan menciptakan waktu ! Dari sini bisa kita lihat bahwa ciptaan pada hari sebelumnya bertujuan untuk melengkapi ciptaan hari berikutnya. Dari sini, bisa kita simpulkan bahwa ciptaan terakhirlah yang  paling membutuhkan semua ciptaan – ciptaan sebelumnya. Atau bisa dikatakan yang paling berkuasa alias tokoh utamanya. Kabar baiknya, manusialah yang dimunculkan terakhir dalam dongeng ini !

Loh kok dongeng pak ? Mas Wapan ini orang kristen atau bukan sih ? Kok sesat !! Iya...iya... dalam kamus bahasa Indonesia, cerita yang tidak masuk akal disebut dengan kata “dongeng” !  Yang namanya iman itu tidak masuk akal kan, saya loh cuman menggunakan kata yang sesuai dengan artinya ! Cerita penciptaan dunia tersebut hanya dipercaya oleh iman kristen saja, sementara orang yang tidak beragama kristen menyebutnya sebagai dongeng ! Saya rasa, kehendak Tuhan untuk hidup anda atas istilah ini adalah menerimanya ! (Soalnya barusan saya mendengar Roh Kudus berbisik kepada saya... he...he...he...)

Baiklah, saya lanjutkan yaa !  Dari kisah (bukan dongeng!)penciptaan tadi, ada sesuatu yang menarik pada ciptaan manusia. Segala ciptaan Tuhan diciptakan dengan cara ngomong saja, khusus untuk manusia dibuat dari debu tanah kemudian “disebul (bahasa jawa: ditiup)” sama Tuhan sehingga hidup. Yang bikin hidup itu sebulan-nya Tuhan loh ! Mengapa kok harus gitu yaa ? Mungkin karena manusia itu begitu istimewa sehingga harus dibuat dengan cara seperti ini. Istimewa karena manusia itu merupakan tiruannya Tuhan, bahasa kerennya imitasi, KW2, atau MADE IN CHINA...wakakakak.... ALLAH yang aneh ! Ngapain repot-repot, wong dia bisa aja ngomong, “Jadilah manusia...ehm...yang satu di bagian tengahnya ada tititnya.... terus model berikutnya pantatnya digedein dan dadanya dimotokkan ! Oh... nice... very good !” Saya pikir...ada suatu maksud tersembunyi di sini ! Lain kali aja kalo saya dapat wangsit dari atas sana akan saya bahas topik ini. Sekarang ilhamnya baru mengetahui kehendak Tuhan saja!

Tuhan Allah memberikan satu hak yang istimewa kepada manusia. KataNya, “...berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” Saya yakin inilah kehendak Tuhan yang sebenarnya, yang orisinil, dan yang asli untuk manusia, untuk menguasai dan mengelolah segala ciptaanNya . Tidak lebih dan tidak kurang !  Pertanyaannya sekarang adalah apakah kehendak Tuhan sekarang ini sama dengan kehendak Tuhan jaman dulu ? Jelas sama lah, karena Allah itu diluar waktu. Kita, manusialah yang berada di dalam waktu ! Tidak ada istilah dulu, sekarang, dan selamanya buat Tuhan Allah. Istilah itu adalah istilah kita yang berada dalam ruang waktu ! 

Cek gampang’e wong iki nek ngomong ! Masa Kehendak Tuhan cuman itu tok ? Iya rek... memang itu yang dikatakan Alkitab ! Tuhan sudah ngomong nek Dia menciptakan manusia untuk ngene (begini = bhs jawa) ! Loh pendetaku ngomong kalo Kehendak Tuhan itu misterius , suci, kudus, dan mulia, bukan seperti yang pak Wapan omongkan ! Kehendak Tuhan itu mbulet ! Saya aja doa bertahun-tahun tapi belum mendapatkan jawaban yang jelas ! Baiklah.... memang itu tadi adalah kehendak Allah yang bersifat umum buat manusia. Lalu kehendak Tuhan secara spesifik gimana ? Apa kehendak Tuhan untuk hidup saya, untuk hidup anda, untuk hidup teman anda, sodara anda, kakak anda, dan lainnya ?

KEHENDAK TUHAN ATAS HIDUP KITA

Jujur, yang tahu kehendak Tuhan untuk masa depanmu adalah dirimu sendiri ! Saya tidak bisa membuktikan pernyataan saya tetapi saya yakin bahwa sepanjang perjalanan hidup kita ada suatu kuasa, kejadian, ataupun tantangan yang mengarahkan kita kepada suatu hal yang sama ! Saya sering menyebut keanehan ini sebagai “tangan yang tak terlihat !” 
Sepanjang hidup ataupun karier saya, saya tidak pernah menjadi orang nomer satu di bidang apapun. Tempat saya adalah di posisi kedua alias wakil. Bidang pekerjaan yang selalu saya dapatkan adalah manajemen, administrasi, pemimpin, dan tulis menulis. Padahal saya pingin belajar menjadi marketing sejati...karena pemikiran saya orang yang bekerja di belakang meja gajinya yah itu-itu aja, gak rame gak sepi yo pancet ae. Sedangkan kalo marketing kan bisa kita atur, nek mau akeh mesti rodo ngoyo, nek biasa-biasa saja toh bayarannya tetep lebih besar dari orang kantoran. Tapi apapun yang saya perbuat untuk lari dari panggilan hidup saya...toh akhirnya saya selalu dituntun kembali oleh “tangan tak terlihat” tadi ke jalan yang sudah ditentukan Tuhan. Untungnya saya mengiyakan (sekalipun dengan agak terpaksa) rancangan Nya ini.

Menjadi orang kantoran dengan posisi manajemen membuat saya harus mempelajari karakter manusia, prinsip-prinsip kepemimpinan, dan memiliki waktu luang yang cukup banyak. Saya tidak perlu kuatir kalo tidak kerja tidak dapet gajian...he...he...he...beda dengan teman – teman marketing yang mengandalkan komisi penjualan bukan ? Waktu luang yang saya punyai saya gunakan untuk belajar, membaca buku, menulis di www.wapannuri.com ini dan mengasah kesabaran saya. Nah, singkat kata... Wapan yang sekarang ini adalah Wapan yang anda kenal ! Apakah berguna bagi anda ? Menginspirasi anda ? Memotivasi anda ? Mewarnai hidup anda ? Atau...membawa anda lebih dekat kepada Tuhan ? Saya yakin inilah kehendak Tuhan atas hidup saya ! Dan saya yakin Dia akan membentuk saya sesuai dengan rencana dan waktuNya ! Yang perlu saya lakukan adalah merespon, mengerjakan apa yang ada di depan saya, dengan tangan saya sebaik-baiknya dan bersyukur ! Soal masa depan gimana ? Emboh...gak eroh...! Nek dipikir-pikir masa depan kok surem terus ! Gak pernah terang ! Ben masa depan itu urusannya Tuhan yang menciptakan diriku !

Mengetahui Kehendak Allah

Loh pak...nek aku yakin kalo kehendak Tuhan atas hidupku menjadi pencuri, pembunuh, pemerkosa, dan bandar judi gimana pak ? Masa sih Tuhan yang penuh kasih itu menciptakan saya seperti ini ? Hmmm.... mungkin juga....karena Dia menciptakan orang jahat untuk hari penghakiman loh, juga rumput untuk dibakar. Namun, saya yakin bahwa Tuhan tidak pernah bermaksud untuk menciptakan semua hal yang kita anggap buruk, jahat, dosa, dan lainnya itu ! Coba deh, sebenarnya anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada kita itu apa ?

KESELAMATAN dalam Yesus Kristus ! Tul....tapi masih kurang ! Hmmm...apa yah pak Wapan ? Roh Kudus ? Hubungan yang dipulihkan ? Mujijat ? Kasih ? Iman ? ..... Mari kita kembali ke proses penciptaan diatas...
Tuhan berfirman kepada manusia itu, “ Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.” Apa yang kita pahami dari perkataan Tuhan ini ? FREEWILL alias KEHENDAK BEBAS ! Inilah sebenarnya Anugerah terbesar pertama yang dikaruniakan Allah kepada manusia !

Rencana Allah atas hidup manusia selalu baik, sempurna, dan mulia. Namun kehendak Tuhan itu bukanlah kehendak manusia. Tuhan telah memberikan KEBEBASAN kepada manusia maka TUHAN tidak bisa memaksakan kehendakNya ! Tolong pahami baik-baik kalimat ini ! Tuhan memang maha tahu, dia tahu akibat yang terjadi dari pilihan – pilihan yang akan diambil manusia, tetapi sekali lagi Tuhan TIDAK BISA MELAWAN DIRINYA SENDIRI ! Pilihan yang dipaksakan bukanlah kebebasan ! Saya yakin inilah jawaban atas banyaknya kejahatan di dunia kita. Bukan salah Tuhan, tetapi salah kita sendiri berjalan di jalan yang salah !

Apa yang terjadi setelah Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa ? Bertambah baikkah mereka ? Apakah Tuhan memaksakan kehendaknya atas kebebasan manusia ? TIDAK...SEKALI-KALI TIDAK ! Ketika Kain bermaksud membunuh Habel, Tuhan hanya mengingatkan Kain. Kabar buruknya, kesalahan Bapak dan Ibu Adam ini bukannya berkurang sebaliknya menjadi lebih parah dan lebih parah lagi. Jika Kain hanya membunuh Habel, Lamekh membunuh setiap orang yang senggolan dengannya (SENGGOL BACOK!) Bukannya merasa berdosa, tetapi malah bangga ! Kehendak Tuhan mula-mula terdistorsi sedikit demi sedikit hingga saat ini. Kita sudah tidak tahu lagi apa kehendak Tuhan atas hidup kita !

Untungnya...saya kembali mengingatkan anda sekaligus diri saya sendiri (karena Firman Tuhan itu pedang bermata dua) bahwa Kehendak Allah yang benar, orisinil, bukan KW2 dan bukan MADE IN CHINA ada di Kitab suci kita...malahan di halaman pertama ! Begitu buka...sret...sreet...wes ketemu deh !

Mengenal Kepribadian Raja Daud
Orang yang dikasihi Allah, Raja terbesar Israel Bagaimana Karakternya ?

Share this content

ARTIKEL TERBARU

KEPRIBADIAN MANUSIA

KARAKTER ROHANI

ARTIKEL KARAKTER