Website Wapannuri

GAME ONLINE TRAVIAN (2-2)

HUKUM GAME TRAVIAN
Sebagaimana tiap-tiap permainan mempunyai peraturannya, demikian juga dengan game online travian. Peraturannya cuman satu, tiap-tiap pemain hanya boleh mempunyai satu akun saja. Pertimbangannya supaya game ini berjalan adil. Namun siapa yang bisa melarang orang untuk mempunyai beberap akun, siapa yang bisa mengawasi 10.000 lebih pemain. Dan terakhir, justru semakin banyak pemain malah memberikan berkah bagi pengelolahnya.

Faktor kebebasan inilah yang kemudian menjadi celah dalam gam online ini, sekaligus menjadi dasar dari munculnya hukum-hukum baru. Setiap pemain diperbolehkan  membuat aturan mainnya sendiri, dan jika kebebasan absolut diterapkan, jadinya adalah hukum alam. Yaitu, Yang kuat memakan yang lemah.

HUKUM ALAM
Setelah beberapa bulan aktif di game online ini saya melihat kebiasaan yang tidak baik (menurut saya) . Kebiasaan pemain besar/lama untuk menyerang pemain kecil/newbie. Dan saya mengakui kalo saya juga melakukan hal yang sama.....he....he...he....Alasan saya sederhana. Pertama, pasti 100% menang, karena mereka tidak mampu (bukan tidak bisa) melawan. Kedua, hasil rampasan yang didapat  termasuk lumayan cepat.

Mengapa saya tidak merampas/menyerang orang dengan kekuatan yang sama supaya tercipta keadilan ? Jawaban saya cuman satu, karena tujuan saya merampok. Kalo merampok orang yang mampu melawan berarti bukan merampok melainkan mencari masalah! Dan saya tidak mau mencari masalah.

HUKUM KEKUASAAN
Jangan kaget jika melihat kumpulan orang kuat menjadi satu aliansi. Dan jangan kaget juga melihat para newbie membentuk satu aliansi juga di game travian ini.

Sekali lagi, jangan heran jika melihat aliansi kuat menolak permohonan aliansi lemah untuk bergabung dengan mereka. Masih untung jika surat anda dibalas ! Jika harapan untuk mendapatkan perlindungan dari orang kuat ditolak, maka apa pillihannya ? Tidak lain dan tidak bukan adalah menjadi bulan-bulanan mereka. Atau jika kaum lemah ini kreatif, maka mereka membentuk persekutuan sendiri. Persekutuan orang lemah.

Harapan mereka cuman satu, seiring berjalannya waktu, mereka akan menjadi kuat. Hanya saja, mereka tidak melihat gambaran besarnya, bahwa yang menjadi kuat bukan mereka saja.

KARAKTER YANG TERBENTUK
Dasar penulisan saya adalah, apa yang anda lakukan mencerminkan kepribadian (karakter) anda. Entah itu game travian ini atau dalam dunia nyata.

Manusia belajar dari pengalaman. Meskipun hanya sebuah permainan online, travian ini (sedikit) mempengaruhi pola pikir kita. Saya belajar mengapa orang kaya dan berkuasa menjadi tambah kaya dan tambah berkuasa. Saya tahu cara tercepat untuk naik ke atas adalah menginjak kepala orang di bawah saya. Dan saya tahu bahwa kekuasaan atas sumber daya dan militer adalah cara yang harus saya tampuh supaya menjadi penguasa baru. Terakhir, saya tahu bahwa saya telah berlaku tidak adil (namun hati kecil saya berbisik...toh ini hanya sebuah permainan.....)

 Di bulan - bulan pertama saya dalam game ini, saya cepat naik kelas. Mungkin saya beruntung karena tidak ada yang menyerang saya (atau karena saya yang menyerang tetangga-tetangga saya he...he...he...) Saya enjoy banget dengan travian indonesia ini. Sampai suatu ketika terjadilah kejadian buruk ini

Saya mempunyai 200 tentara melalui perjuangan yang cukup berat. Banyak waktu dan tenaga yang saya keluarkan, melalui serangan dan diserang musuh. Saya dah termasuk penguasa di daerah saya...ha...ha...ha....Suatu sore, waktu saya melihat akun saya, saya shock. Saya diserang....pasukan saya habis, sumber daya saya di rampok. Saya melihat di laporan penyerangan. Saya diserbu (mungkin dibantai tepatnya) oleh 2000 tentara.

TIDAK ADIL....TIDAK ADIL....KURANG AJAR....BAJINGAN....kata saya....SAYA TIDAK TERIMA....SAYA GAK RELA....
saya langsung lemas....saya ingin ketemu orangnya...langsung tak pukuli....perjuangan saya...waktu saya....pemikiran saya...habis seketika.

Memang ini hanya sebuah game, hanya sebuah permainan. Permainan yang seharusnya memberikan kesenangan kepada pemainnya. Anda berhak memperoleh kesenangan dari game ini, apakah saya juga berhak ?

Pada intinya....karakter apa yang terbentuk dalam permainan ini ? Anda sajalah yang menjawab....

MASA DEPAN
Game online ini banyak dimainkan oleh orang berusia produktif. Mulai dari SMP hingga pekerja muda. Menurut saya range usia 15-30 tahun, mayoritas 17-25 tahun.

Jika mereka belajar kehidupan dari game ini, akan jadi apa mereka ke depannya ? Bukannya memilih untuk bersatu demi kesejahteraan bersama, tetapi menginjak-injak untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya. Bukannya memilih cara yang adil, namun memilih cara yang menguntungkan dirinya. Bukannya mengoreksi diri atas cara-caranya, malahan mencari pembenaran atas perbuatannya. Bukannya menggunakan jalur diplomasi, mereka menggunakan militer untuk tujuannya. Dan di atas segalanya, bukannya mencari cara terbaik, mereka mencari cara tercepat

Saya tidak bisa membayangkan akan jadi apa negara kita ini jika mereka nantinya menjadi pemimpin negara ini. Akankah mereka membawa pengalaman mereka di dunia travian ke dunia nyata ? Saya harap tidak. Namun saya pesimis, karena sejarah membuktikan kekuasaan menciptakan kelaliman

Sejarah ada bukan untuk dipelajari. Sejarah ada supaya dapat terulang kembali.

MAU MENANG BERMAIN TRAVIAN ? Coba baca tips bermain travian dari saya. Semoga Berguna

Share this content

ARTIKEL TERBARU

KEPRIBADIAN MANUSIA

KARAKTER ROHANI

ARTIKEL KARAKTER