Website Wapannuri

TES KEPRIBADIAN BERDASARKAN TEORI KODE WARNA

Ada dua cara untuk mengerjakan tes kepribadian gratis ini. Yang pertama adalah secara online, di www.colorcode.com. Sedangkan cara kedua secara offline, yaitu dengan mendownload file (versi buku).

Jika anda bingung dengan teori kepribadian berdasarkan warna bisa baca secara singkat di tulisan saya mengenai karakter manusia.

Tes Kepribadian teori Taylor Hartman

TES KEPRIBADIAN ONLINE
Keuntungan dari melakukan tes kepribadian secara online ini adalah anda tidak perlu menghitung hasilnya secara manual. Cukup pilih jawaban yang sesuai dengan kepribadian anda, lalu hasil akan dikirimkan ke email anda. Masalahnya adalah website ini menggunakan bahasa inggris ! Saya pernah mencoba untuk menerjemahkannya dengan Google translate tapi malah bingung karena kosakata yang digunakan udah level mahir. Jika kemampuan inggris anda pas-pasan (seperti saya) silahkan gunakan cara offline.

 

TES KEPRIBADIAN MANUAL (OFFLINE) -- UPDATE 04/01/2012
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload tes psikologi yang sudah saya terjemahkan di Ziddu (supaya tidak memakan bandwith dan space website saya!). Kemudian isi sejujurnya, demi diri anda sendiri!

Ternyata, ada perbedaan antara tes psikologi Hartman di website dan di buku Color Code. Sebelum tanggal 4 Januari 2012, tes yang anda download saya ambil dari website resmi Taylor Hartman. Setelah tanggal ini, Link download tes kepribadian saya arahkan ke Versi Buku. Tetapi jika anda mau mencoba versi terjemahan online bisa klik di sini. Terima kasih buat teman-teman yang memberi kritik dan masukan mengenai ketidaksesuaian tes Hartman dengan Tes Galen. Semoga perbaikan ini bisa menjawab pertanyaan dan kebingungan anda.

Setelah itu hitung hasil pilihan anda. Jawaban apa yang paling banyak ? Ini mewakili karakter primer anda, sedangkan sisanya adalah kepribadian sekunder anda.
Jika pilihan anda kebanyakan A maka kepribadian utama anda adalah Merah.
Jika pilihan anda kebanyakan B maka kepribadian utama anda adalah Biru.
Jika pilihan anda kebanyakan C maka kepribadian utama anda adalah Putih.
Jika pilihan anda kebanyakan D maka kepribadian utama anda Kuning.

Selamat, anda berhasil mengidentifikasi kepribadian primer dan sekunder anda. Lalu apa yang harus anda lakukan ? Apa yang anda ketahui tentang Merah atau Biru, atau Putih, dan Kuning ? Silahkan baca tulisan saya di bawah ini mengenai keempat tipe kepribadian Hartman untuk mendapatkan gambaran mengenai keempat tipe kepribadian yang saya maksudkan.

MERAH, Si Pengguna Kekuasaan
Dilambangkan dengan api dan tujuan utamanya adalah Kekuasaan

BIRU, Si Pelaku Kebajikan
Dilambangkan dengan tanah dan tujuan hidupnya adalah orang lain

PUTIH, Si Penjaga Kedamaian
Dilambangkan dengan air dan tujuan hidupnya adalah ketenangan

KUNING, Si Pencinta Kesenangan
Dilambangkan dengan udara dan tujuan hidupnya adalah Kesenangan

 

SEBUAH CONTOH KEPRIBADIAN HARTMAN
Empat orang sahabat dari Indonesia pergi berlibur di LOS ANGLES, Amerika. Tak lama kemudian ada pencopet yang menguras isi tas dan dompet mereka . Mereka kehilangan semua uang paspor, dan parahnya tidak ada yang bisa berbahasa inggris. Bagaimana reaksi masing – masing kepribadian

MERAH
Tenang ! Mari kita lihat dulu apa yang ada pada kita saat ini. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Kamu pergi tanyakan ke petugas yang ada di sana untuk membuat laporan kehilangan atas barang – barang kita. Kamu tetap di sini untuk menjaga barang-barang kita. Dan kamu pergi ke petugas penerima barang, tanyakan apa masih ada barang yang tertinggal di bagasi pesawat kita, karena mungkin barang-barang kita tidak hilang tetapi masih terselip di antara barang-barang lainnya !

BIRU
Hei ! kita baru saja kehilangan semua uang dan paspor kita. Kita berada di negara yang pengisi waktu luang nasionalnya bukan dengan bermain bola dan mereka tidak bisa bahasa Indonesia. Kita tidak punya transportasi, dan kita tidak tahu sama sekali di mana letak kedutaan Indonesia. Dan kamu bilang semua baik-baik saja dan kita harus tenang saja ! Beritahu aku, apakah menurutmu mungkin selain uang dan tanda pengenal kita, mereka mengambil sesuatu yang lain, seperti misalnya otakmu ?

PUTIH
Kita tidak dapat mengganti uangnya, dan aku yakin paspor kita akan kembali. Lagipula, apa gunanya itu untuk orang lain. Kita datang saja ke kedutaan Indonesia dan jelaskan situasi kita pada pihak berwenang.

KUNING
Yah ! Apes deh ! Eh…kamu ada kartu kredit nggak ? Kan masih bisa kita gunakan untuk beli makanan di sana ! Makan dulu deh….aku lapar nih !  Untungnya aku masih punya beberapa ratus dolar di kantongku ! Kamu mau pesan apa ? Oh iya…kamu kan punya teman di sini…kita kan bisa numpang di rumahnya dan pergi ke Disneyland lalu ke Las Vegas. Nanti deh aku tak minta istriku kirim uang tambahan !

Tes Psikologi berdasarkan Teori Galen
Apakah anda Melankolis, Sanguinis, Kolerik, atau Plegmatis ?

Share this content

ARTIKEL TERBARU

KEPRIBADIAN MANUSIA

ARTIKEL KARAKTER