Website Wapannuri

MENJADI DIRI SENDIRI : RAHASIA KESUKSESAN PSY

Dia gendut, berwajah bulat, bermata sipit dan tidak ganteng. Dia hidup di dunia yang memuja kesempurnaan fisik. Negaranya menduduki peringkat dua dunia dalam hal operasi plastik. Pekerjaannya adalah bernyanyi, genre POP lagi ! Salah satu bidang usaha dengan persaingan terkeras di dunia. Hari ini, lagunya menduduki peringkat pertama di 33 negara. Tariannya diputar di hampir semua stasiun televisi  dunia. Video Youtube-nya mengalahkan rekor Justin Bieber dan Kate Perry. Dilihat lebih dari 500.000.000 orang. Bahkan  Britney Spear pun belajar Gangnam Style ! Ya....hanya satu rahasia kesuksesannya, Park Jae-Sang  atau yang lebih dikenal PSY menjadi diri sendiri !

PSY, penyanyi lagu gangnam style

 

BIOGRAFI PSY

Mantan pacar saya bilang, kalo PSY ini kayak Om - Om.  Saya bingung, sapa sih PSY ini ? Itu loh, sing. nyanyi Gangnam Style, lagu yang paling terkenal di dunia. Hah....? Gangnam Style itu lagu tah ? Tak pikir apa...makanya di BB saya banyak status Opa Gangnam Style...Dan juga banyak broadcast tentang ini. Saya lupakan saja gangnam - gangnam ini karena tidak tertarik. Sampai akhirnya saya patah tulang dan harus istirahat di rumah.

Karena wes bosen, hampir 25 hari makan tidur, tidur makan akhirnya saya lihat juga Gangnam Style ini. Lagunya simple, tariannya lucu dan memang bener si PSY ini kayak Engkoh - Engkoh.. Gundek, bunder dan lucu.... ha...ha...ha... kok yang ginian bisa terkenal ? Tingkat internasional lagi ! Apa yang menarik ? Sing nyanyi elek, laguune biasa-biasa saja, tariannya ngaco, bahasanya gak bisa dimengerti. Nek lagu barat ijek bisa ngerti dikit-dikit...lah iki bahasa korea...sapa sing ngerti ? Gimana cara menikmati lagu ini ?

Lagu Gangnam style yang menjadi fenomena duniaJika anda berpikir kritis dan kengangguren kayak saya, maka anda pasti bingung. Yang beginian jadi fenomena dunia... apa dunia ini sudah gila ?

Ada banyak tarian yang lebih bagus dari Gangnam Style, ada banyak lagu yang lebih enak didengar dari Gangnam Style, ada banyak penyanyi yang lebih ganteng dari PSY dan dilihat dari sisi manapun, Tidak ada yang menarik dari Sinyo Gendut dan lagunya ini ! Tetapi, kenyataanya berbeda, Park Jae-Sang ini benar-benar memutarbalikan rahasia kesuksesan yang dipercayai banyak orang.

Saya tertarik dengan PSY ini, dan mulailah penyelidikan saya tentang dirinya.

Sinyo ini dilahirkan di kota Seoul, tepatnya di kecamatan Gangnam-Gu. Bokap dan Nyokapnya termasuk salah satu orang kaya di kota ini. Mereka adalah pemilik pabrik semikonduktor, DI Corporation. Distrik Gangnam ini pusat produksi teknologi tinggi di Korea, mirip dengan Silicon Valley-nya Amerika. Nah, itulah salah satu alasan mengapa lagunya berjudul Gangnam Style, dia ingin mengupas kehidupan di kota kelahirannya. Pemandangan yang anda lihat dalam video klip-nya adalah Gangnam-Gu itu sendiri. Amatilah sungainya...he..he..he...

Peta Gangnam, kota kelahiran PSY

PSY kecil tidak suka sekolah, demikian juga wapannuri kecil dan semuanya. Siapa sih yang suka belajar, mengerjakan PR, ulangan dan UTS ? Ha...Ha...Ha....! Tapi yang namanya anak orang kaya beda, suka ngaco dan cari perhatian. Demikian juga PSY, di kelasnya suka nggudoi temennya, guyonan yang jorok dengan cewek dan gak tau perhatikan gurune. Hebatnya, tetep aja naik kelas... tanya kenapa ?

Sakin ndablek (nakal = jawa), ebes-nya mengirim ke Amerika sana, ben ngerasakno susahnya hidup sendiri, susahnya cari duit dan susahnya tanpa beking. orang tua. Dia dikuliahkan di Boston University, ambil jurusan Administrasi Bisnis untuk meneruskan usaha orangtuanya. Tapi...ancene nduablek...bukannya menyadari kesalahannya, dia malah mainan alat-alat musik dengan uang kuliahnya. Dan memutuskan untuk masuk Berklee College of Music. Dia belajar selama 1,5 tahun sebelum memutuskan untuk DO dan memulai karir sebagai penyanyi.

Album pertamanya berjudul "PSY from PSYcho World" diluncurkan tahun 2001 di Korea Selatan. Hits andalannya adalah "Bird." Tidak ada yang istimewa dalam album pertamanya kecuali larangan untuk dijual. Yah...lagu-lagunya di larang dijual kepada remaja di bawah 17 tahun karena bisa merusak moral bangsa....wah...ternyata bukan cuman di Indonesia aja yang ada sensornya !

Mungkin karena faktor kegagalan penjualan album inilah, sinyo 35 tahun lari ke ganja. Apesnya, ketahuan polisi dan langsung di bui. Emesnya gak mau menjamin, dan ebesnya bilang, '"Ini kesempatanmu untuk berpikir, mau jadi apa masa depanmu kalo begini terus , sadar opo'o Nyo...!"

Yah, Sinyo gendut gundek yang memiliki 2 anak perempuan kembar ini pun sadar. Album keduanya yang dilepas pada tahun 2002 ini ditambahi label "Untuk 17 tahun keatas", Judulnya pun SA-2 Adult Only !

Ya..pemerintah memang memperbolehkan album ini dijual kepada orang. yang udah dewasa, tapi mesti bayar denda dulu karena merusak moral generasi muda....cieeleeh cek pinter'e seh pemerintah itu golek duit ! Nah, nasib album kedua ini pun tidak ada bedanya dengan album pertama...nyungsep...ndelep !

Anak nakal tidak identik dengan anak gagal. Itulah PSY, dia nakal plus cerdas. Album pertama gak oleh dijual kepada remaja. Album kedua wes ditulisi 17 tahun keatas masih saja didenda. Album ketiga di promosikan melalui Youtube...nah... sapa sing iso ngelarang dan iso denda ? Nek mau didenda ya dendaen youtube dewe sono ! Nek mau ngelarang, ya ngomongo ambek youtube sono.... ha...ha ! 

Album ketiga yang berjudul 3 PSY dengan HITS andalan "Champion" ini cukup sukses di Korea Selatan. Sukses dengan menyebut PSY sebagai "Rapper Aneh." Lah coba liaten dewe, anggap saja dia belum seterkenal sekarang ! Apa tampangnya gak culun ? Mana ada rapper yang lucu dan gendut ini ! Tak kandani yo mas,  mbak... yang namanya rapper itu paling nggak sangar, kereng. Gak perlu ganteng...sing penting serem. Nek lucu gundek itu gak cocok dadi Rapper ! 

Dibandingkan dengan video klip Bird, klip Champion ini lebih memiliki karakter penyanyinya. Lagunya pun simple dan enak di dengar. Faktor kedua kesuksesan album 3 PSY ini adalah diluncurkan waktu Piala Dunia Sepak Bola di Seoul, Korsel. Timingnya tepat, lagunya tepat, hasilnya lumayan lah buat tampang Om-om seperti PSY ini.

Album ke-empatnya, "Sa-House" diluncurkan tahun 2006 karena tahun 2003-2005 dia harus Wajib Militer. Sedangkan album kelimanya yang berjudul PSY 5 dilepas tahun 2010. Kok lama ? Ya soale dia ketahuan mbujuki Wamil tahun 2003 dulu sehingga tahun 2007-2009 disuruh ikut Wajib Militer lagi... wah...nduablek puool sinyo situk iki ! Kok yo gak mikir, gendut ngono mana bisa sembunyi....ck ... ..ck...ck...!

Nah, album keenam yang dilepas tahun 2012 inilah yang membuat dirinya terkenal.  PSY bukan orang baru di dunia tarik suara, dia adalah pemain lama, 12 tahun menyeriusi dunia rap ! Kita kenal dia karena Gangnam Style ! Karena tariannya yang antik ! Karena modelnya yang culun ! Karena dia tetap menjadi dirinya sendiri ! Sekalipun publik menolaknya, dia tetap yakin dengan dirinya. Sekalipun tampangnya gak ngrejekeni, dia tetap yakin dengan dirinya sendiri ! Apapun yang terjadi, aku tetap PSY,  Park Jae-Sang yang menggabungkan lagu rap dengan video lucu. Karena kamu tau nggak ? Kalo aku ini sebenarnya lucu, karena itu aku juga ganteng !

 

TENTANG LAGU DAN LIRIK GANGNAM STYLE

Sebagaimana yang kita ketahui, Gangnam adalah sebuah kecamatan di kota Seoul yang maju dan elit. Penduduknya sugih-sugih dan pinter-pinter. Dimana terdapat pendapatan tinggi, maka di situ bermunculan tempat hiburan untuk melepas ketegangan. Pria dan wanita yang tampak terpelajar waktu bekerja akan kelihatan aslinya waktu berada di pub atau berjingkat-jingkat di lantai disko.

Inilah tema lagu gangnam Style, memperlihatkan kehidupan masyarakat Gangnam yang liar waktu malam dan jinak waktu siang !

Oppa Gangnam Style ! Kata "Oppa" ini artinya adalah Koko, kangmas atau kakak. Jadi lagu ini berarti Gaya Koko-koko Ganngnam !  Inilah terjemahan lirik lagu Gangnam Style :

Oppa, Gangnam style
Gangnam Style

Seorang gadis yang hangat dan biasa di siang hari 
Seorang gadis berkelas yang tahu bagaimana menikmati kebebasan secangkir kopi
Seorang gadis yang semakin panas ketika malam datang
Seorang gadis yang seperti itu

Aku adalah seorang pria 
Seorang pria yang akan menghangatkanmu di siang hari
Seorang pria yang akan menemanimu meminum kopi sebelum dingin
Seorang pria yang hatinya meledak ketika malam tiba
Seorang pria yang seperti itu

#REFF
Cantik dan bisa dicintai 
Ya kamu, hey, ya kamu, hey
Cantik dan bisa dicintai
Ya kamu, hey, ya kamu, hey
Sekarang ayo berangkat sampai akhir

Oppa Gangnam style, Gangnam style 
Oppa Gangnam style, Gangnam style
Oppa Gangnam style

Eh- Sexy Lady, Oppa Gangnam style 
Eh- Sexy Lady oh oh oh oh

Seorang gadis yang kelihatan diam tetapi ramai ketika dia bermain 
Seorang gadis yang menggerai rambutnya ketika waktunya tepat
Seorang gadis yang menutup dirinya tetapi lebih seksi dari gadis yang membuka segalanya
Seorang gadis yang memiliki rasa seperti itu

Aku adalah seorang pria 
Seorang pria yang tenang tetapi ramai ketika bermain
Seorang pria yang benar-benar gila ketika saatnya tepat
Seorang pria yang menonjolkan kelebihan otak daripada otot
Akulah pria seperti itu

#REFF

Di atas orang berjalan adalah orang terbang, baby baby 
Aku adalah pria yang tahu satu atau dua hal
Di atas orang berjalan adalah orang terbang, baby baby
Aku adalah pria yang tahu satu atau dua hal

Kamu tahu apa yang aku bicarakan 
Oppa Gangnam style

Eh- Sexy Lady, Oppa Gangnam style 
Eh- Sexy Lady oh oh oh oh 

Dan ini adalah video klip terbaru Gangnam Style yang dinyanyikan duet PSY-Hyuna. Sebagian besar menyebutnya sebagai Gangnam Style versi cewek. Ada sedikit perbedaan tarian Gangnam style pertama dengan yang kedua. Tapi sama-sama culun-nya... lah sing nyanyi emang culun ngono...!!

 

KESIMPULAN
Lagu Gangnam Style adalah lagu PSY ! Lagu ini hanya cocok dinyanyikan olehnya.  Lagu ini mencerminkan dirinya sendiri, karakternya kuat. Dan saya yakin karena alasan inilah PSY bisa sukses dan terkenal !

Wanapuri juga punya style sendiri ! Anda juga punya gaya sendiri ! Gaya yang unik dan antik yang pas dengan diri anda. Anda hanya perlu yakin dengan kekuatan serta kelebihan yang anda miliki. Lakukan secara konsisten, terus menerus. Tetap bangkit sekalipun gagal, tetap maju sekalipun buntu, berpikiran kreatif dan saya yakin anda akan sukses dan sugih.

Tidak perlu menjadi seperti PSY ! Jikalau hati anda bahagia dengan apa yang anda lakukan maka itulah yang saya sebut dengan kesuksesan ! Dan akan saya sebut kekayaan apabila mendatangkan kepuasan dan kebanggan !

Mengenal 4 Kepribadian Manusia berdasarkan Warna
Apakah anda putih si pencinta kedamaian ataukah Merah sang pengguna kekuasaan ?

Share this content

ARTIKEL TERBARU

KEPRIBADIAN MANUSIA

KARAKTER ROHANI

ARTIKEL KARAKTER