Website Wapannuri

ASURANSI DAN KEJUJURAN

Asuransi adalah bisinis pelayanan. Dan dalam bisnis ini, kejujuran adalah faktor penting kesuksesan. Jika boleh saya perluas, kejujuran adalah hal mendasar yang menentukan kesuksesan kita dalam semua hal.

Kejujuran, modal terpenting agen asuransi

Ini adalah surat yang akan saya kirim ke beberapa media cetak namun karena beberapa alasan tidak jadi saya kirimkan.

BEGINIKAH CARA KERJA AIG LIFE ?
Tgl 12 Januari,Ibu saya menelpon bahwa besok mesti ke BCA Tidar untuk tanda tangan. Ibu saya mengikuti program Tabungan yang mengharuskan anak terkecilnya ikut menandatangani surat tersebut. Dalam hati saya berpikir, program yang aneh, tetapi langsung saja saya iyakan.

Tgl 13 Januari sekitar pukul 12.00, Ibu saya dan saya tiba di BCA Tidar. Tapi Bp Yohanes tidak ada. Saya meninggalkan pesan kepada CS BCA supaya menghubungi saya. Sekitar pukul 15.00 Bp. Yohanes menghubungi saya, dan dia minta supaya saya meng-sms-kan nama lengkap saya. Saya mengatakan tidak bisa karena saya tidak tahu apa maksud Bp. Yohanes, jadi lebih baik bertemu dulu dan menjelaskan untuk apa dia membutuhkan tanda tangan saya. Bp. Yohanes menjawab bahwa dia bukan orang lapangan dan tidak mau kerja bolak-balik. Loh..?? saya sedikit marah mendengar kata-kata itu dan berkata bahwa itu yang namanya kerja. Intinya saya ingin bertemu dulu, tetapi Bp. Yohanes minta nama lengkap saya dulu. Akhirnya Bp Yohanes berjanji menemui saya pukul 10 pagi

Tgl  14 Januari, pukul 10.00 Bp Yohanes masih belum datang , saya telpon dan Bp yohanes mengatakan bahwa dia agak sibuk dan berjanji akan datang sekitar 30menit lagi. Pukul 10.45 Bp. Yohanes tiba di rumah saya dan meminta saya untuk menandatangani surat tersebut. Setelah saya melihat, ternyata itu polis asuransi dan sudah ditandatangani oleh ibu saya. Bp. Yohanes mengatakan tidak apa-apa walaupun sudah ada tanda-tangan ibu saya. Tinggal dicoret saja katanya.

Loh....Saya bingung, mengapa saya harus menandatangani surat yang tidak saya ketahui isinya. Dan saya minta penjelasan mengenai isi surat tsb tapi dia mengatakan bahwa dia harus ke tempat lain dan sedang sibuk, saya diminta untuk tanda-tangan dulu, dan saya tetep tidak mau. Dengan muka masam dia menjelaskan kepada saya, bahwa ibu saya adalah pemegang polis dan saya adalah tertanggungnya, tanda tangan saya dibutuhkan untuk mengganti polis tersebut (sebelumnya pemegang polis dan tertanggung adalah ibu saya). Dan dia menegaskan bahwa pemegang polis dan tertanggung sama – sama dilindungi jika terjadi resiko. Karena ragu – ragu saya menolak menandatangani polis tersebut dan kembali mengatur janji esok harinya

Malam hari, ibu saya menelpon dan bilang bahwa saya tidak perlu datang besok paginya, karena menurut Bp Yohanes saya orangnya mbulet.

15 Januari 2008, pukul 12.00, Saya bersama ibu saya bertemu Bp. Yohanes di BCA Tidar . Di sana dia meminta ibu saya untuk langsung menandatangani surat – surat..bukankah ilustrasi nilai asuransi seharusnya dijelaskan lebih dulu kepada calon nasabah ? Setelah mengerti baru boleh tanda-tangan. Dan sebagai tambahan, ibu saya mendapatkan check up gratis dari AIG LIFE karena sudah berusia diatas 60 tahun.

Saya meminta kepada Bp. Yohanes untuk menuliskan nama lengkapnya dan alamat kantornya. Tetapi ditolak karena dia tidak mengerti maksud saya. Jadinya, saya mesti kerja bolak balik untuk bisa mendapatkan nama lengkap dan alamat kantornya melalui surat pembaca ini.

Wapannuri Julan Payauw (alamat ada pada redaksi)

TIDAK JUJUR ATAU MBULET
Jadi, yang ingin saya tanyakan kepada anda, para pembaca setia (dan para pembaca yang kesasar) adalah siapa yang mbulet dan siapakah yang tidak jujur ? Anda boleh menyampaikan pendapat saya melalui email yang telah saya sediakan di atas atau menyimpannya untuk diri anda sendiri.

Bagi saya, agen tersebut tidak mengutarakan maksud yang sebenarnya. Pikiran saya, si Yohanes itu takut kalau polis ibu saya ditolak karena usia. Supaya usahanya tidak sia-sia maka dia meminta saya (anaknya yang berusia 30 tahun) untuk menggantikan ibu saya. Namun, alasan apa yang akan dia pakai ? Karena tidak menemukan alasan yang tepat, caranya ialah menggunakan metode “saya orang sibuk”. Metode ini seringkali berhasil karena membuat korbannya ikut terburu-buru. Terburu-buru mengambil keputusan sebelum sempat berpikir. Jadi ingat kejadian yang membuat 4jt keluar dari tabunganku...hik...hik...hiks.... Nanti di lain waktu aja tak cerita mengenai hal ini. Namun intinya adalah si penipu itu menggunakan metode “saya orang sibuk” kepada saya.

Yang kedua, yang membuat saya marah besar sehingga memutuskan untuk mengirimkan surat ini kepada media adalah sikap si agen yang tidak jujur. Apakah yang terjadi jika ternyata surat ini tercetak di media ? Yang pertama, si agen akan mendapatkan teguran dari perusahannya. Yang kedua, nama perusahaannya, AIG LIFE akan terkena dampak negatif, nama baiknya tercoreng, padahal nama baik adalah modal utama sebuah perusahaan, apalagi perusahaan asuransi. Siapakah yang tidak tahu pepatah “Karena nila setitik, rusak susu sebelanga.” Dan itu terjadi karena sebuah sikap. Sikap tidak jujur.

Asuransi memang bisnis yang basah...sangat – sangat basah. Beberapa teman saya telah sukses di bisnis ini. Penghasilannya menginjak puluhan juta perbulannya. Mereka orang yang mengerti bahwa bisnis asuransi adalah bisnis pelayanan. Dan pelayanan adalah sebuah sikap, dimana kejujuran adalah salah satu bumbunya ! 

Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan
Mengenal perbedaan dan manfaat asuransi jiwa dan kesehatan

Share this content

ARTIKEL TERBARU

KEPRIBADIAN MANUSIA

KARAKTER ROHANI

ARTIKEL KARAKTER