Website Wapannuri

ARTI CINTA SEJATI

Apa yang dimaksud dengan cinta sejati ? Saya yakin definisi laki-laki dan perempuan akan berbeda. Dan saya juga yakin pasangan yang sudah menikah dengan pasangan yang sedang kasmaran mengartikan cinta sejati secara berbeda. Apalagi buat mereka yang cintanya bertepuk sebelah tangan, lebih parah lagi jika cintanya dikhianati ! Apakah cinta itu ? Kapankah saya bisa menemukan cinta sejati ? Omong - omong, cinta itu apa ? Semoga anda tidak bosan membaca tulisan saya karena sepertinya akan panjang.

Arti Cinta Sejati

 

APAKAH CINTA ITU ?
Ada lima definisi cinta yang sering dikutip orang-orang, yaitu : Cinta agape, filia, eros, storage dan . Saya tidak akan membahas keempat jenis cinta ini karena sudah banyak orang yang menulisnya. Di bagian akhir tulisan ini saya akan mereferensikan blog yang menulis tentang definisi cinta secara lebih baik dari saya, soale nek sing serius-serius itu bukan tipe saya ! Hi....hi....hi....Yang pasti, yang harus anda katahui dan yakini adalah keempat definisi cinta ini baik jika sesuai tempat dan waktunya !

Pelajaran pertama tentang cinta, Cinta Adalah Perasaan ! Tidak kurang dan tidak lebih. Ketika kita jatuh cinta, tai kucing rasa coklat ! (Apalagi coklatnya...bukan main rasanya). Perasaan mengawang yang kita alami ketika jatuh cinta sebenarnya adalah reaksi hormon dan otak !

Saat anda baru saja berkenalan dengan seseorang yang istimewa, jantung terasa berdebar-debar, tangan berkeringat, perut terasa geli demikian juga seluruh tubuh anda. Anda pergi makan malam bersama dan anda merasa terbang ke awan. Pada akhir malam itu, teman  kencan anda mencium anda sehingga anda merasa meleleh. Berhari – hari setelah itu, anda tidak bias makan tetapi anehnya anda tidak pernah merasa sesehat itu, bahkan demam anda pun sembuh.

Bukti syaraf menunjukkan bahwa fenomena “jatuh cinta” merupakan serangkaian reaksi kimia yang terjadi di dalam otak yang mengakibatkan reaksi pada rohani dan jasmani. Diperkirakan ada 100 juta syaraf yang menyusun jejaring komunikasi otak. Neuropeptida, yaitu rangkaian asam amino yang mengambang di seputar tubuh dan menempelkan diri pada penerima yang menyambutnya. Sejauh ini, 60 jenis neuropeptida yang berbeda telah ditemukan dan mereka merupakan pemicu reaksi perasaan di dalam tubuh ketika mereka saling berhubungan dengan penerima. Dengan kata lain, segala perasaa kita, baik itu rasa cinta, duka, gembira dan segalanya adalah hasil reaksi biokima.

Zat kimia utama yang memberikan kita perasaan jasmani yang menggembirakan ketika sedang jatuh cinta disebut dengan PEA (phenylethylamine) yang dihubungkan dengan amphethamine dan ditemukan di coklat. Ini adalah salah satu dari kimiawi yang membuat jantung anda berdebar, tangan anda bekeringat, pupil mata membesar dan membuat rasa geli dalam perut kita. Adrenalin juga dilepaskan, sehingga mempercepat detak jantung, membuat anda waspada dan membantu anda merasa nyaman. SElain itu ada juga endofin yang membentuk system pertahanan tubuh anda sehingga demam ringan anda dengan ajaib menjadi sembuh. Ketika anda berciuman, otak anda berdua membuat analisa kimia dari air liur anda berdua serta membuat keputusan pada kesesuaian genetic anda. Otak wanit tersebut juga membuat penentuan kimiawi tentang keadaan system pertahanan tubuh pria, pasangan hidupnya itu.

Segala reaksi kimiawi yang positif ini menjelaskan mengapa orang-orang yang sedang jatuh cinta memiliki kesehatan yang lebih baik dan jauh lebih jarang menderita sakit dibandingkan dengan yang tidak jatuh cinta. Jatuh cinta biasanya baik untuk kesehatan kita !

Definisi Cinta SejatiSeberapa lama perasaan ini bisa bertahan ? Beberapa dokter cinta memberi angka 2 tahun dan maksimal 3 tahun. Mungkin ini salah satu alasan orang tua kita menyarankan supaya jangan lama-lama pacaran, maksimal 2 tahun terus ndang kawin, ben gak bosen ! Saya termasuk anak nakal karena tidak menuruti orang tua saya. Saya pacaran selama 4 tahun dulu terus menikah, itu aja sedikit mamaksa dan dipaksa....he...he...he....

Setelah pacaran selama itu dan menikah, rasanya biasa-biasa saja ! Tidak ada sesuatu yang spesial ! BENERAN ! ASLI GAK MBOJOK ! Kok bisa ? Soale selama 4 tahun itu tiap hari ketemu, pagi dan malam. Pagi nganterin mantan pacar saya berangkat kerja, terus malamnya ngajak main-main ke rumah atau makan dek luar. Gak bosen pak ? Sing genah ae nek nanya ! Yo bosen rek ! Saya punya temen yang pacarannya sudah berjalan 8 tahun lebih, dan sampe sekarang masih belum menikah ! Wakakakak..... gak bosen ? Tak jamin pasti mblenger-mbelenger arek'e ! Apalagi nek dilanjutkan ke jenjang pernikahan.... waaaah... pasti kesannya datar - datar saja !

 

CINTA SEJATI TIDAK DIUJI DALAM MASA PACARAN ! CAMKAN ITU !
Pacaran adalah masa pengenalan. Kita menampilkan bagian terb aik dari diri kita, dan demikian pula pasangan kita memunculkan sisi terbaiknya. Ini wajar dan kebanyakan bukan pura-pura. Kecuali buat mereka yang ahli berpacaran, profesor cinta ini mampu memanipulasi kata-kata, sikap, dan suasana untuk "tujuan"-nya. Jika orang yang anda kencani saati ini baru beberapa kali pacaran, maka saya pastikan bahwa tindakan dan sikapnya alami alias tidak dibuat-buat. Dia adalah dia, demikianlah adanya dirinya. Ini penting buat para wanita yang serius untuk melanjutkan kisah cintanya ke jenjang berikutnya.

Ketika screen saver-nya habis, dan kita masih berpacaran dengan dirinya, anggap saja 2 tahun. Maka kita mulai melihat sisi-sisi lain dalam dirinya. Pikirannya yang sempit, sifatnya yang kaku, makannya yang pilih-pilih, mudah marah, dan yang jelek-jelek lainnya. Di sini yang namanya perasaan itu sudah hampir hilang. Kita tidak terbang di awang-awang lagi, juga tidak menginjak dengan sebelah kaki tetapi sudah kembali ke tanah dengan kedua belah kaki kita, wes normal, kembali jadi manusia lagi bukan bidadari !

Semua sifat buruk dan kejelekan pasangan kita bukanlah ujian dari cinta sejati. Karena yang jelek-jelek ini masih belum seberapa dibandingkan ketika kita sudah sah sebagai suami istri ! Kita akan melihat pasangan kita 100% sebenar-benarnya. Yang pria akan melihat pasangannya bangun tidur dan mulutnya bau abab, gidalnya tebel dan rambutnya acak-acakan. Sekalipun pacar anda dulunya gadis desa atau miss universe, anda akan melihatnya ngupil, ngentut, dan ngengeknya mambu basin ! Wakakakakak ! Demikian dengan anda, para pria.

Pasangan anda akan tahu kalo hari minggu cuman mandi sekali, nek pipis kadang disiram dan kadang gak disiram. Anda akan dimarahi kalau meletakkan barang sembarangan, sikat gigi sekali sehari, dan sering lupa meletakkan barang-barang anda sendiri. Ketika kita benar-benar tinggal serumah, kita benar-benar melihat siapakah pasangan kita sebenarnya ! Anda pikir anda mengetahui pasangan anda saat berpacaran ? Anda salah karena saya juga berpikiran seperti anda ! Sekalipun tiap hari ketemu bukanlah jaminan pengenalan kita akan dirinya ! Wes tah lah....percaya aja ambek aku ! Kaget koen nek wes kawin ! Wakakakaakak.....

Ujian cinta kita apakah cinta sejati atau cinta setengah jati adalah saat kita resmi menjadi suami-istri, bukan waktu pacaran ! Bukan waktu kita dikuasai oleh emosi dan perasaan kita. Sebab cinta sejati adalah komitmen ! Namun kenapa kita bisa menyimpang sejauh ini ? Sebab kebanyakan nonton Tivi, DiviDi, dan Sinitrin.

 

DISTORSI CINTA SEJATI
Saya yakin semua orang, yaaah! Semua orang, termasuk saya, pernah menonton Cinderella, Putri Salju, Beauty and The Beast, dan film-film sejenisnya. Yang lebih modern liat Meteor Garden, Princess Hour, Needing You, dan Cinta Fitri. Pokoknya, sekali dalam hidup kita pasti pernah menonton film dengan tema cinta ini. Entah itu berbentuk kartoon atau orang sungguhan.

Film Sherk

Alur cerita kesemua film ini sama. Dimulai dari salah seorang (entah itu laki-laki atau bisa juga wanita) memiliki kekurangan dalam dirinya. Nek Beauty and The beast, yang jelek prianya. Nek Cinderella sing elek nasibnya si perempuan. Nek meteor garden, sing lakinya sugih puoool. Pokok'e salah satu memiliki segala-galanya, sementara yang lainnya kekurangan segala-galanya ! Setelah itu mereka bertemu dan kemudian jatuh cinta. Akhirnya hidup bahagia bersama sampai selama-lamanya ! Hore ! Happy Ending dan filmnya habis ! Buyar ! Buyar rek !

Semua cerita dalam film tadi benar dan tidak ada yang salah ! Karena mereka menikah dalam masa jatuh cinta atau kasmaran. Semuanya serba indah dan luar biasa. Tidak ada ngentutan, ngupilan, ngengek yang bau basin, dan acara cabut-cabut bulu ketek ! Cinderella cuman ada seri 1 dan langsung tamat. Demikian pula dengan putri salju, beauty and the beast, dan pangeran kodok ! Tidak ada cerita kehidupan mereka setelah menikah, hidup bersama, dan punya anak ! Mengapa anda tidak pernah bertanya-tanya tentang hal ini ?  Itulah salah satu alasan terjadinya distorsi cinta sejati !

Untungnya ada film Sherk, si hijau raja rawa-rawa. Film kartoon ini dibuat sequelnya menjadi empat seri. Seri pertama alurnya tidak jauh beda dengan cinderella, putri salju, dan lainnya. Nah, Sherk 2 menceritakan kehidupan mereka setelah menikah, mekar sana-sini, dan beranak. Sherk 3 lebih rumit lagi alurnya karena melibatkan mertua ! Film Sherk ini seharusnya ditonton oleh anak-anak jaman sekarang, juga kita karena film ini menceritakan panggung kehidupan dan percintaan secara lengkap dan apa-adanya !

Mbok pikir, setelah "they live happyly ever after...." maka hidup ini berhenti berputar tah ? Nybut mbak, nyebut mas.... bangun... bangun.... Ini bukan cinta sejati ! Tulisannya pak Wapan tentang cinta sejati belum dimulai ! ini baru pengantarnya saja !

 

JADI, APAKAH CINTA SEJATI ITU ?
Bagi seorang wanita, cinta sejati adalah romantisme, kebersamaan, dan perlindungan. Sebuah bunga mawar tiap pagi, jalan-jalan bersama setiap hari, berbagi cerita dengan suami, dan saat - saat istimewa untuk hari-hari yang istimewa juga, misalnya saat ulang tahun, hari pernikahan, dan tentunya valentine day !

Bagi seorang pria, cinta sejati artinya kopi dan teh tiap pagi dan sore. Juga sex dengan berbagai macam gaya dan tempat setiap saat ! Itu saja !

True LoveBagi wapannuri.com, cinta sejati bukan definisi wanita dan definisi pria di atas. Cinta sejati adalah komitmen. Keputusan untuk mencintai, walaupun tidak ada perasaan, sekalipun tidak ada alasan,  cinta sejati adalah pilihan saya. Cinta sejati tidak tergantung oleh perasaan karena perasaan tidak menentu. Cinta sejati diatas perasaan karena kekuatan cintalah yang mengatur perasaan. Kita mencintai dan memerintahkan emosi kita untuk melihat hal-hal baik dalam diri pasangan kita. Kita mengasihi pasangan kita dan membuat perasaan kita mengingat saat-saat indah yang pernah kita lalui bersama.

Perasaan bukanlah sesuatu yang salah dalam diri kita, yang salah adalah mengandalkan perasaan untuk membuktikan cinta kita. Perasaan membuat cinta menjadi indah, dan emosi mutlak diperlukan untuk mengobarkan api cinta. Cinta. gak mungkin hidup tanpa perasaan, memangnya kita ini binatang ? Ngawur ae !  Emosi adalah bagian dari sebuah cinta sejati seperti halnya sex ! Yang penting adalah tempat, waktu, dan porsinya ! Tinggi mana perasaan atau komitmen ?

Jelas tinggi komitmen ! Cinta tanpa komitmen adalah cinta monyet ! Cinta sejati membutuhkan komitmen, keputusan untuk tetap mencintai ! Jelas ? Nek gak jelas tak sambung lagi tulisan tentang cinta sejati ini ! Waaah PR maneh ! Nek wes merried wes mati rasa soal cinta-cintaan iki rek ! huaaah....huaaah...huaaaa cek akehne sing request topik tentang cinta iki.... hik...hik...hik...!

Love, SEX, and Dating
Judulnya serem, singkat tapi padat ! Pelajari definisi cinta lebih dalam.

Share this content

ARTIKEL TERBARU

SERI BERPACARAN

SERI RUMAH TANGGA

SERI PENDIDIKAN ANAK

SERBA-SERBI CINTA