Website Wapannuri

WHAT TO EXPECT WHEN YOU'RE EXPECTING : FILM KEHAMILAN

93% wanita hamil di Amerika sono membaca buku What To Expect, When You're Expecting karangan H. Buku ini dicetak pertama kali tahun Murkoff 1984 hingga saat ini memasuki cetakan ke empat. Terjual lebih dari 20 juta buku dan termasuk 25 buku yang menginspirasi selama 25 tahun terakhir. Tanggal 18 Mei 2012 lalu film ini premier dan baru saya tonton tanggal 19 Juli 2013...ha...ha...ha....maklum anak pertama ! Jadi. apa yang menarik dari film kehamilan yang diangkat dari buku terbaik namun langka di Indonesia ini ?

Film tentang kehamilan, what to expect when you're expecting

 

5 PASANGAN DAN 5 CERITA

Tidak mungkin seluk beluk kehamilan yang rumit bisa ditampilkan sempurna dalam film berdurasi 1 jam 50 menit ini. Apalagi yang dibahas 5 pasangan suami - istri. Jadi masing-masing cerita harus tuntas dalam 22 menit alias gak sampe separuh jam istirahat siang kita. Bayangkan, 9 bulan cerita diringkas dalam 22 menit....belum ditambah acara ngidam-ngidaman ! Apalagi ngidam pisang raja waktu tengah malam ^-^' Muter-muter'e ae wes lebih dari setengah jam !

Jadi, tema yang diangkat dalam film What to Expect, When You're Expecting adalah membuat anak, psikologis calon orangtua dan berakhir dengan kelahiran anaknya. Pendeknya, film ini adalah kulit dari kulitnya kehamilan. Tidak terlalu dalam tetapi cukup memberikan gambaran tentang apa yang akan terjadi ketika anda kemasukan cairan putih pembawa masalah itu.

Apa yang akan anda hadapi setelah menikah nanti ? Apa tujuan anda ? Bikin anak pastinya ! Enak ? Hau jek sen cing ping ! Tapi nek wes dadi....akhirnya menjadi hau jek pan se lek (enak setengah mati) tapi hau jek'e ilang...pan se lek alias setengah mati ! Pegel ? Ya ! Yang membawa bayi  capek, demikian juga yang mendampinginya. Dag Dig Dug anak pertama ! Harap - harap lahir normal, sempurna dan sehat ! Bahkan sampai detik ini pun kekuatiran itu masih ada sekalipun dokter kandungan kami mengatakan Wapan Junior dalam keadaan sehat.

Ada 5 pasangan yang diangkat dalam film kehamilan ini,

  1. Pasangan yang terlalu kuatir dengan segala sesuatunya, yaitu Wendy dan Gery
  2. Pasangan yang tidak pernah kuatir dengan segala sesuatunya, yaitu Jules dan Evan
  3. Pasangan yang menikmati segala sesuatunya, yaitu Skyler dan Ramsey
  4. Pasangan yang tidak bisa hamil, yaitu Holly dan Alex
  5. Pasangan yang hamil diluar nikah, yaitu Rosie dan Marco

Jeniffer lopez dan Cameron Diaz dalam film What to Expect When You're Expecting

Nah, anda termasuk yang mana ?  Pasangan yang sudah menikah, sudah punya anak dan menghamili orang lain ? Dieeeng ! Rasane mesti nunggu What To Expect When You're Expecting seri ke 99....

 

WENDY DAN GERY
Jika anda pernah mendengar hal-hal yang dilarang untuk dilakukan selama kehamilan seperti nyetir mobil sendiri, bahaya radiasi sinyal handphone, gak boleh renovasi rumah, gak boleh melubangi sesuatu, gak boleh minum degan ijo, gak boleh ini gak boleh itu yang tidak ada dasar logikanya, maka anda jenis pasangan Wendy Gery ini.

Elizabeth Bank, terlalu kuatir dengan kehamilannyaWendy adalah perempuan perfeksionis, teratur, mandiri dan kalem. Aaaah....itu istri idaman semua orang. Tetapi, hamil merubah karakternya menjadi penuntut, penggerutu, pemarah dan pokoknya menjengkelkan. Untungnya si Gery ini termasuk suami pengalah yang super sabar. Diapak-apakno ya nurut, diomeli ya nurut, disuruh ini mau digitukan ya ok ! Jujur saya belajar banyak dari si Gery ini.

Bayinya yang merubah Wendy, perubahan hormon besar-besaranlah yang memicu emosi naik turunnya Wendy. Adrenalin, serotin, oksitosin, morfin, dan in in in lainnya mengalir untuk pertumbuhan bayi Wendy. Akibatnya, emosi si ibu berubah gak karu-karuan. Di sisi lainnya, tubuh ibu hamil memerlukan nutrisi juga untuk menopang bayi yang semakin membesar, tulang pinggul memanjang mengikuti perkembangan rahim, jantung membesar karena memompa darah lebih kencang, sesak nafas karena rahim menekan paru-paru, lemak - lemak melepaskan cadangannya untuk memproduksi pabrik susu dan puluhan keajaiban lainnya.

Ya...tubuh ibu hamil saat ini tidak bisa dikendalikan oleh pemiliknya sendiri....pregnancy is suck ! Kata Wendy. Setuju...sahut Wanapuri ! ^-^'

Setelah melihat Gary yang menyadari perubahan sikap dan pemikiran Wendy karena demi pertumbuhan si bayi, saya menjadi lebih bertoleransi ! Alam memiliki caranya sendiri untuk mempertahankan kehidupan. Kita tidak bisa mengatur alam maupun proses kelahiran.  What you're expecting ? Is not what you expect !

 

JULES DAN EVAN
Mereka berdua adalah selebritis, juara reality show kayak Indonesia Mencari Bakat. Waktu penyerahan piala, si Jules muntah...mantap ! Pasangan ini tidak menyadari kalau mereka akan menjadi papa dan mama ! Sama seperti saya...ha...ha...ha... Baru tahu nek hamil setelah 3 bulan. Itupun istri saya cek sendiriaan di RKZ. Dia gak bisa ngomong apa-apa, demikian pula dokter Maureen....sama - sama bingungnya. Bek'e dokter Maureen mikir...waah LKMD iki (Lamaran Keri Meteng Disek).

Jules yang diperankan Cameron Diaz dalam film Heidi MurkoffJules adalah seorang wanita karier ! Kehamilannya berbarengan dengan puncak kariernya. So....mana yang dipilih oleh Jules ? Karier atau keluarga ? Duit atau anak ? Ya jelas duit laaah ! Wanita jaman sekarang.... susah cari yang gak doyan duit ! Susah cari wanita yang melihat peran ibu sebagai anugerah kehidupan ini....asli angel soro. Mari meteng, anak diurusno suster, terus mbok'e shooping tiap hari. Shooping - Fitness - Shooping - Fitness - Shooping - Fitness. It's Me and My Life....gitu semboyannya !

Si Jules tidak bisa diatur, tidak terlalu ngurusi kandungannya. Dia merasa bugar, sehat dan mampu beraktivitas seperti biasanya, toh hanya hamil tok. What to expect about pregnancy ? It's not what you're expecting !

Jules akhirnya berhadapan dengan yang namanya kontraksi dini ! Ha...ha...ha....istri saya juga barusan ketemu ambek yang satu ini ! Untung gak sampe ngeflek, cuman kram perut saja. Masuk rumah sakit 3 hari, di-infus pake duvadilan dan sedikit antibiotik. Sampe rumah dikasih surat bed rest ambek dokter Rudi Undaan. Satu minggu istirahat total !

Demikian pula Jules, bed rest total ! Sekalipun dia merasa sehat dan bugar, tapi dia tidak tahu apa yang sedang terjadi di dalam rahimnya. Pilih anak atau karier ? Dicancang ambek infus koen ! Gak gitu mbulet aeee !!

 

SKYLER DAN RAMSEY
Ahh....saya suka sekali dengan pasangan yang satu ini. Tenang, santai dan menikmati setiap detik kehamilannya. Padahal Skyler hamil kembar. Oh My God ! Dobel dong penderitaannya ! Dobel loro boyok'e, dobel ngidam'e, dobel muntah-muntahne, dobel pisan derita suamine !

Brooklyn decker, menghadapi kehamilan dengan tenangTidak ! Skyler tidak seperti yang anda bayangkan, What you're exppect, is not what you expecting ! Skyler masih beraktifitas seperti biasanya, bahkan menambah jam Yoga untuk kehamilan. Dia juga mencari dan mengantarkan souvenir kehamilannya. Nyetir mobil sendiri pek !

Proses persaliannya pun berjalan lancar, hanya dengan bersin langsung mencotot si baby ! Sungguh jarang sekali jenis wanita seperti Skyler ini. Tipikal wanita yang mengerti perannya sebagai seorang wanita karier dan seorang ibu rumah tangga.

Perempuan jaman sekarang ini begitu ketakutan mendengar kata hamil. Otaknya langsung membayangkan mual sepanjang hari, hilangnya kebebasan, terbatasnya aktifitas dan tidak bisa shooping lagi ! Seakan-akan mengingkari kodratnya sebagai seorang wanita yang dianugerahi keajaiban untuk menciptakan manusia. Mengapa bisa terjadi perubahan drastis seperti ini ya ? Apakah gara-gara persamaan derajat antara pria dan wanita ? Apakah dunia ini lebih nikmat daripada mendidik seorang anak ? Apakah jalan - jalan ke mall lebih nikmat daripada memasak ?

Rasanya, dalam film What to Expect, When You're Expecting, si sutradara menyentil sedikit tentang kodrat seorang wanita dalam diri Skyler ini. Terima kodratmu dan hidup akan berjalan jauh lebh menyenangkan. Kehamilan bukan sesuatu yang harus ditakuti, tetapi untuk dinikmati. Melahirkan bukan penderitaan, tetapi anugerah illahi.

Jangan membayangkan hal-hal yang begitu mengerikan karena 90% ketakutan itu tidak akan pernah terjadi ! Ketika kita berpikir positif, maka hal-hal baik akan datang dengan sendirinya. Sebaliknya jika mikir negatif terus menerus, maka hal-hal buruk akan mengikuti kita ! Itulah hukum self fullfilling prophecy yang  seharusnya bisa dihindari.

 

 

HOLLY DAN ALEX
Holly tidak bisa hamil....waaah enak dong Pak ! Isa gitu-gituan tiap hari, tiap menit, tiap detik. Di mana saja, kapan saja tanpa perlu cuti ! Gundulmu !

Rumah tangga tanpa anak itu hambar ! Saya menikah tahun 2008 dan baru tahun 2013 ini mau punya momongan. 5 tahun serumah tanpa anak, bosen dan terlalu datar ! Memang bisa nyelengi duit, tetapi untuk apa ? Kerja, kerja, kerja terus ! Setelah sukses nantinya, hasilnya untuk siapa ? Kalo wes gede perusahaannya, siapa yang meneruskan ? Dikasih ke orang lain ? Gila kali ya ? Terus lapo soro-soro ? Cuman buat keliling dunia tok ? 30 tahun keluyuran terus ? Memang enak ?

Holly yang diperankan oleh Jennifer lopez tidak bisa punya anakKita manusia memiliki yang namanya sifat bosan, perasaan berarti, serakah dan sekaligus ingin dihargai. Dan semua kebutuhan psikologis ini hanya bisa didapatkan dari memiliki seorang anak. Itulah rahasia kehidupan yang sempurna. Semua penderitaan dan kesusahan mendidik seorang anak adalah kebahagiaan terbesar hidup ini. Memang kelihatannya bertolak belakang, tetapi itulah faktanya. Soro memang, tetapi nilainya jauh melebihi dari harga yang kita bayarkan.

Pasangan Holly dan Alex di vonis tidak bisa punya anak, karena itu mereka sepakat mengangkat anak. Masalahnya ada di Alex, bukan karena anak angkatnya tetapi karena dia merasa tidak siap dan tidak mampu menghidupi seorang anak.

Benar - benar masalah klasik yang  kita hadapi sekarang ini. Kabeh munggah, bensin naik, beras naik, lombok naik, daging naik, cuman bayaran tok yang gak naik - naik. Sekalipun gaji kita naik, tidak seimbang dengan kenaikan harga bahan-bahan pokok. Gaji paling banter naik 10% tok, sementara barang-barang naik lebih dari 20% ! Bukannya plus, malah minus penghasilan kita ! Mana cukup buat menghidupi seorang anak yang uang sekolahnya saja berjuta-juta !

Alex takut seperti saya....^-^'. Parahnya, pekerjaan Holly sebagai seorang fotografer pun diputus karena alasan efisiensi. Matek gak koen ? Gaji dua orang ae pas-pasan, apalagi mek 1 orang tok yang bekerja ! What to expect ? When You're Expecting ? When it's should go up, it's go down !

Semua orang tua dan pasangan yang sudah punya anak pasti mengatakan bahwa anak itu membawa rejeki. Banyak anak berarti banyak rejeki ! Sungguh sulit dipercaya, tetapi itulah faktanya. Ketika Tuhan mengaruniakan anak, maka itu tandanya kita telah siap mental dan spiritual ! Tuhan memberi dan Tuhan pula yang memelihara. Bukan karena saya sok rohani, tetapi itulah kebenaran hidup ini. Hanya saja kita menutup mata soal yang satu ini dan lebih mempercayai berita-berita negatif yang kita dengar dari teman-teman kita. Kita mempercayai apa yang kita lihat dan mengabaikan apa yang muncul dari iman. Padahal banyak sekali hal-hal di luar nalar yang terjadi setiap detik di sekitar kita.

Ketika saya kuatir dengan masa depan, maka saya membuka youtube dan melihat alam semesta. Saya pikir saya mengetahui segala sesuatu, tetapi kenyataannya tidak ! Manusia bukan pusat alam semesta, tetapi setitik virus di tengah alam semesta. Bumi bukanlah yang terbesar, matahari bukan satu-satunya bintang di dunia ini. Galaxy Bima sakti bukan akhir dari dunia ! Kita bodoh jika menanggap tahu segala sesuatunya. Kita pikir rencana keuangan kita adalah segala - galanya. Tidak boleh mbleset atau akan menjadi kacau balau !

Perkataan Holly, "Jangan berpikir, jalani saja dengan segala yang kita punya" adalah tujuan karakter Holly-Alex ini. Faktanya, tidak ada seorangpun yang siap dengan perubahan. "Don't think, just jump in !"

 

ROSIE DAN MARCO
Inilah kisah nyata dari sinyo sperma, cairan putih pembawa masalah !  Nikmat sesaat masalah selamanya. Rosie ketemu Marco terus gitu-gituan. Crooot !! Croot !! Croooot.....sebulan kemudian meteng ! Tidak siap segala-galanya. Pilihannya adalah aborsi atau lanjut.

Pasangan yang hamil di luar nikah, RosieRosie dan Marco memutuskan dengan berat hati untuk menanggung resikonya. Cinta ? Tidak menyelesaikan masalah. Ngecrot mudah, namun buntutnya besar. Ada biaya melahirkan, ada uang susu, ada biaya pernikahan, ada uang sekolah yang semuanya jumlahnya beratus - ratus juta.

Karena itu berpikirlah sebelum bertindak. Sangu kondom di dompet anda ! Gak enak pak....iyo sih...gak enak di depan tapi enak di belakang ! Nek ucul-uculan memang lebih enak tapi ya itu....siap gak ambek akibatnya ? Ojok nafsu tok ae sing dipikiri ! Ntik rusak masa depan bersama loh ya !

Untungnya (atau parahnya) Rosie ngeflek terus keguguran. Horeee ! Gak sido dadi papa, kata Marco....Hore...gak sido dadi mama...kata Rosie juga ! Tapi peristiwa ini menimbulkan luka batin mendalam bagi keduanya. Dan luka yang tidak terlihat lebih lama sembuhnya daripada luka fisik.

Ingat, kita adalah manusia yang memiliki akal dan budi pekerti. Perasaan tidak bisa dihilangkan selama kita masih bernafas. Itulah pesan moral dari pasangan yang hamil di luar nikah ini.

Saya yang sudah resmi saja stress gak karu-karuan menghadapi kehamilan ini, apalagi mereka yang belum resmi. Saya saja yang merasa sudah siap, ternyata tidak benar-benar siap menghadapi kelahiran si jabang bayi ini. Perubahannya terlalu besar dan meliputi banyak hal. Waktu pribadi, keuangan pribadi dan masa depan bersama. Jadi, hindarilah seks diluar nikah ! Paling aman bawa kondom ke mana-mana. Lihat Expire date sebelum digunakan...^-^' !

 

KESIMPULAN
Film What To Expect, When You're Expecting ini memberikan gambaran singkat tentang kehamilan dan wajib ditonton oleh semua pasangan. Ada banyak pelajaran menarik tentang kehidupan berkeluarga yang membuat kita tersenyum sendiri ketika melihat kebelakang kehidupan kita sendiri. Laaah....persis kamu dulu non....aaah...papa ! Masa sih mama dulu kayak gitu ! Iya bener Ma.....kayak gitu ! Sungguhan Pa ? Itu ya kayak Papa dulu....Masa sih Ma ? Dan akhirnya Papa dan Mama gegeran dewe !

Iki gara - gara Wapannuri dot kom....awas yo nek ketok dek jalan !  

Download film What to Expect When You're Expecting
Untuk itu anda harus menjadi member Indowebster. Lakukan saja, banyak manfaatnya kok

Share this content

ARTIKEL TERBARU

SERI BERPACARAN

SERI RUMAH TANGGA

SERI PENDIDIKAN ANAK

SERBA-SERBI CINTA