THE COLOR CODE

Ada banyak buku mengenai tipe-tipe kepribadian manusia, namun saya sangat menyukai buku ini. Selain membawa cara pandang baru mengenai kepribadian seseorang, buku ini membuka mata saya mengenai kelemahan diri saya sendiri. Saya seorang yang berkepribadian warna biru menurut tes psikologi Hartman yang ada dalam buku ini.

Karakter Manusia berdasarkan warna

“Bagi biru, hidup adalah pedang bermata dua secara emosional. Dalam sisi positif, mereka pemberi dan sensitif. Di sisi negatif, mereka dapat sulit memaafkan dan terlalu sensitif. Kenyataanya, mereka dapat menjadi begitu sensitif sampai berhenti memberi sama sekali. Mungkin titik rapuh mereka adalah emosi mereka yang tidak terkendali. Mereka sangat ingin dincintai. Mereka mencari pengertian dari orang lain sembari menolak memahami diri sendiri. Biru mengendarai roller coaster emosi yang kuat. Sensitif pada segala hal remeh, mereka terus menerus menemukan diri mereka rentan pada trauma emosional.”
(The color code, hal. 94)

Dan rasanya Pak Hartman benar mengenai diri saya. He...he...he... Kalau saya benci dengan seseorang, maka tidak ada kesempatan kedua bagi dia. Ini sifat jelek saya.

Penulis buku ini membagi manusia menjadi empat macam kepribadian primer, yaitu Merah si pengguna kekuasaanBiru si pelaku kebajikan, Putih si penjaga kedamaian, dan Kuning si pecinta kesenangan. Hartman mengatakan bahwa tiap – tiap manusia paling sedikit terdiri dari dua warna. Bisa Merah dan Putih, bisa juga Merah dan putih. Kombinasi kepribadian yang paling bergejolak adalah Merah dan Biru, karena merah melakukan sesuatu dengan motif kekuasaan sedangankan Biru sangat menghargai kebajikan. Di satu waktu si Merah akan melakukan segala cara untuk mencapai tujuannya, di lain waktu Biru menyesal karena telah melakukan perbuatan yang “kurang” bermoral.

Apa warna kepribadian anda ? Dalam buku ini anda bisa melakukan tes psikologi dan mengetahui kekuatan serta kelemahan anda. Anda juga bisa memahami teman anda yang berlaku kurang pantas kepada anda karena warna kepribadiannya yang merah. Anda juga bisa mengerti saudara anda yang hidupnya hanya dipenuhi hura-hura karena kepribadian primernya berwarna kuning.

Buku ini berhasil mengubah cara pandang saya mengenai hubungan dengan rekan kerja saya, istri saya, dan juga teman sepermainan saya. Dan saya juga yakin buku ini bisa mengubah sudut pandang anda. Jika anda tertarik untuk melakukan tes kepribadian anda melalui website, silahkan kunjungi www.colorcode.com. Sayangnya tes kepribadian tersebut ditulis dalam bahasa inggris. Kabar baiknya, anda tidak dikenakan biaya alias gratis !

Tes Psikologi berdasarkan Teori Hartman
Ada dua versi tes yang bisa anda lakukan, online atau offline.

Share this content