Website Wapannuri

AWSTATS, TOOL SEO CIAMIK DARI JAGOAN HOSTING

DATA, itulah senjata anda sebagai webmaster untuk optimasi SEO. Keyword apa yang paling banyak digunakan untuk menemukan website anda di Internet. Darimana pengunjung anda berasal, berapa traffic harian anda, Website mana yang membookmark tulisan anda, dan halaman apa yang paling populer dalam situs anda. Data ini adalah satu-satunya TOOL anda sebagai webmaster yang bakal menjadikan anda kaya melalui bisnis online. Pertanyaannya, darimana anda akan mendapatkan informasi penting ini ? Berapa harganya ? Dan seberapa akurat ? Kabar baiknya, informasi ini GRATIS, dan availabel kapanpun anda membutuhkannya. Darimana lagi kalau bukan dari AWSTATS, tool SEO ciamik dari Jagoan Hosting.

AWSTATS, summary wapannuri.com
Tampilan depan AWSTATS dari Jagoan Hosting

 

MENGENAL AWSTATS DAN JAGOAN HOSTING
Awstats adalah sebuah data analyzer yang open source. Artinya tool ini sebenarnya gratis. Semua webmaster bisa mendownloadnya dan menaruhnya di hosting mereka. Tetapi saya tidak akan menjelaskan mengenai cara instalasinya karena saya sendiri tidak tahu (hahaha....emang Tuhan, serba tau semuanya ??) Data yang disajikan dengan AWSTATS ini sangat lengkap, antara lain :

Traffic pengunjung , meliputi traffic bulanan, harian, dan perjam. Darimana mereka berasal, lama waktu berada di situs anda, halaman apa saja yang diakses, bandwith yang digunakan, dan browser apa yang mereka pakai.

Awstats traffic perjam
Traffic tiap jam yang bisa dilihat dengan jelas melalui AWSTATS

Tool SEO dengan awstats
Halaman - halaman yang diakses USER kelihatan jelas di AWSTATS

 

Analisa Keyword, meliputi kata kunci yang mengatarkan pengunjung anda masuk ke tiap-tiap halaman di website anda. Berapa kali kata tersebut digunakan, dan berapa persen meningkatkan traffic situs kita.

Analisa Keyword dengan Awstats
Kumpulan Keyword yang membawa pengunjung ke situs saya

Dan masih banyak lagi data yang akan anda dapatkan melalui Software Gratis ini. Dari informasi yang saya dapatkan di Awstats ini saya mulai menganalisa dan meningkatkan traffic pengunjung saya. Karena itu saya merasa hosting anda harus memiliki fasilitas ini. Sebab inilah senjata anda sebagai seorang pengelolah situs atau sebagai seorang webmaster. Anda bisa memantau perkembangan web anda, kemajuan yang telah anda capai melalui teknik SEO, dan lainnya.

Pertanyaannya, mengapa harus AWSTATS ? Bukankah ada banyak situs gratisan yang juga memberi data statistik seperti ini ? Betul sekali...anda benar ! Contohnya adalah indostats.com (buatan orang Indonesia), Histats, ClusterMaps, Google Webmaster Tools, StatsCounter, dan stat-stat lainnya. Kalau disebutkan semuanya, gak bakalan cukup tulisan ini rek ! Jadi, Apa kelebihan Awstats ini ?

Pertama, data yang disajikan lebih lengkap. Saya tidak tau pasti mengapa bisa begitu, namun perkiraan saya, karena awstast ini ditempatkan di hosting, maka dia bisa memonitor setiap bandwith yang keluar dan masuk. Jangan pikir saya hanya mengunakan Awstats saja, karena saya juga menggunakan beberapa tools di atas. Tujuannya sebagai pelengkap data Awstas saya. Bukankah data yang lebih lengkap dan akurat adalah tujuan kita ?

Kedua, karena Awstats server side, maka lupakanlah pekerjaan membosankan yang mengharuskan kita menaruh setiap script stat counter tadi di semua halaman yang kita buat. Masih mending kalau baru mau bikin web, paling cuman 10 halaman saja. Tetapi kalo sudah setaun bikin web dan jumlah posting kita udah ratusan....maalees bukaan ? Wakakakak.....

Baiklah, lalu mengapa di Jagoan Hosting ? Bukankah ada banyak hosting yang lebih baik dan lebih murah dari Jagoan hosting ini ? Iya...anda bener. Dan itu terserah anda. Tidak ada yang melarang anda harus pake Jagoan hosting kok. Di sini saya cuman sharing pengalaman saya menggunakan jasa para jagoan ini.

Alasan pertama tentu saja fitur Awstats ini. Sekalipun sewa domain atau hosting tersebut lebih murah dan lebih baik, jika tidak ada tool awstats ini, maka saya tidak akan menggunakannya. Karena Awstats ini sangat penting buat saya. Saya tidak bisa mengevaluasi perkembangan situs saya... dan ini bagaikan berjalan tanpa tau mau ke mana ? Saya sangat senang dengan kekuratan data awstats ini ! Dan itu adalah KEBUTUHAN !

Kedua, saya memilih sewa domain atau hosting yang berada satu kota dengan saya, yaitu kota Surabaya. Mengapa ? Supaya kalau terjadi masalah, bisa langsung ditelepon (tarif lokal, jadi lebih murah) Kalau semisalnya dengan telepon tidak bisa diselesaikan, saya bisa berangkat dan marah-marah di sana bukan ? Toh cuman satu kota.

Nah....kedua alasan di atas itu pertimbangan saya ketika hendak membeli domain atau hosting. Karena pada dasarnya orang tidak suka membeli kucing dalam karung maka kita tidak bisa menilai servis mereka sebelum kita deal bukan. Tugas marketing adalah CLOSING....tidak kurang dan tidak lebih bukan ? Setelah itu apa tugas si salesman ? Cari pembeli lagi bukan ? Yang lama ? Lewaat.....Kalo pas kita pembeli lama terus butuh informasi...apakah kita bakalan diperhatikan ? Inilah Gambling kita ketika mau beli domain/hosting !

Dari iklannya Jagoan Hosting di atas, dia bilang ONLINE 24 JAM ! Betul tidak ? Bukan Robot tah ? Hahahaha....bukan gombal tah ? Mari kita buktikan. Pada waktu menulis Awstats ini, waktu menunjukkan pukul 00.34 di laptop axioo saya (07/05/2010). Tak coba YM ama Costumer Servicenya yaaa...wakakakak...

Jagoan Hosting
Usil lagi...usil lagi...usil lagi...wakakakaka.....

Dua tahun ini, setiap kali hendak membuat website, jagoan hosting adalah pilihan saya. Mengapa ? Ya karena udah tau kualitas dan servicenya. Saya tidak terlalu suka mencoba hal - hal yang baru sih...makanya tetep pake para Jagoan ini.

AWSTAS DAN MANFAATNYA BAGI TRAFFIC WEBSITE
Traffic adalah nafas dari sebuah website. Tanpa traffic, website anda akan mati. Tanpa SEO, website anda tidak akan mendapatkan traffic. Tanpa data anda tidak bisa melihat kemajuan situs anda. Ketika saya memulai web wapanuri.com ini, traffic sebulan saya paling banter cuman 400 visitor/bulan.

Data Awstats 2008
Data dari AWSTATS saya TAHUN 2008, belum kenal SEO

Mengenaskan bukan ? Tapi inilah kenyataannya. Sekalipun content anda berkualitas, jika tidak diimbangi dengan SEO, perubahannya tidak signifikan. Akhir 2008 ini saya mulai mengenal SEO. Saya belajar - belajar - dan belajar terus. Keluar masuk forum, baca buku, tanya sana dan tanya sini. Dan yang terpenting TRIAL AND ERROR ! Mari kita lihat perubahannya :

Data AWSTATS 2009

Dari bulan Februari 2009 ke bulan Maret 2009 sudah ada kenaikan yang cukup signifikan bukan ? Apa penyebabnya ? Ya itu tadi....SEO. Dan teknik yang saya gunakan tidak jauh berbeda dengan yang saya terapkan saat ini. Teknik Keyword untuk mendatangkan traffic dan Meta Tag Description untuk meningkatkan jumlah klik ke website saya. Saya memang belum secanggih para master SEO di Indonesia....tapi saya akan menuju ke sana ! ITU PASTI ! Entah itu setahun lagi, lima tahun lagi, atau sepuluh taun lagi. Ayo terus berjuang....teman-teman yang masih baru belajar SEO jangan mau kalah sama saya.....Ciaa Yoooooo !!!

Untuk yang mau review tulisan saya sebelumnya mengenai Keyword dan Desciription bisa klik di bawah ini :

Analisa Keyword dengan FREE TOOL dari GOOGLE
Kalo ada yang gratis ngapain pilih yang mbayaaar ?

Analisa Meta Tag Description
Cara mudah untuk meningkatkan jumlah KLIK!

Share this content

ARTIKEL TERBARU

PONSEL DAN GADGET

BISNIS ONLINE

SOFTWARE KOMPUTER