Website Wapannuri

MEMBASMI VIRUS YUYUN

Baru – baru ini, baru…baruuu…iniiii…., baru aja….(maangkeeelllll) banget saya… komputer kantor kena virus. Dan nama virusnya adalah Yuyun. Perasaan saya mengatakan bahwa pembuat virus ini 90% orang Indonesia. Karena nama Yuyun itu tadi….sialaaan !

 

CIRI - CIRI VIRUS YUYUN
Ciri – ciri komputer yang sudah terinfeksi virus ini adalah munculnya banyak shortcut yang jika kita klik akan membuka window baru. Shortcut yang dibuat virus ini adalah shortcut dengan icon folder, tetapi dengan extensi lnk (LNK). Jika kita salah klik, maka aktiflah virus Yuyun ini.


Contoh komputer yang sudah kena virus Yuyun

Virus Yuyun ini tidak terlalu mengganggu (pada awalnya). Dia tidak menghapus data (dalam kasus saya looh), hanya memenuhi komputer kita dengan shortcut – shortcut. Setelah sekian lama, kurang lebih seminggu, barulah terasa efek virus ini. Komputer kita jauh lebih lemot dari biasanya dan puncaknya adalah HANG!

Ciri – ciri lainnya adalah munculnya shortcut dengan icon folder. Ada tiga shortcut yang bakalan memenuhi kompter kita, yaitu :
1. New Harry Potter and….lnk
2. Microsoft.lnk
3. New Folder.lnk (kalo muncul ini berarti udah parah!)

Ciri – ciri virus Yuyun yang tidak kelihatan (karena di-hidden) adalah :
  1. file autorun.inf di setiap folder dan drive
  2. file thumb.db juga di setiap folder. (Tolong dibedakan antara thumb.db dengan thumbs.db)
  3. file wscript.exe di folder windows\system32
  4. file database.mdb di folder my document

Untuk dapat melihatnya, anda harus mempunyai Program Nero. Iya…nero untuk burn CD…(baru tau kan kehebatan nero…ha…ha…ha..semua file yang terhidden bisa keliatan!)

 

MEMBASMI VIRUS YUYUN
Saya sempet stress dengan virus ini karena sedikit sekali informasi tentang virus Yuyun ini di internet. Yang banyak namanya mbak Yuyun (bukan virus) dan Yuyun duniasex. Wes…wes…yang bikin virus ini enaknya kalo ketemu tak jejelin kertas aeeee yaaa!

Waaaaitttt…..(kata ketua Travian saya!) Cepetan brooo….gimana caranya….

CARA PERTAMA : mudah dan cepat
Beli Kapersky antivirus seharga 200rb-an. Install dan scan. Beres, virus Yuyun dah ilang. Ini cara yang mudah dan cepat dan mahal. Atau…mau yang bener – bener mudah dan cepat ? Caranya install ulang windowsnya, tetapi  hapus semua partisinya dan buat partisi baru. Sebab, jika hal itu tidak anda lakukan anda akan bertemu lagi dengan si yuyun ini.

CARA KEDUA : manual dan gratis (plus merepotkan)
Saya yakin…anda semua pasti pake cara kedua yang manual. Sebab gratis ! Ha…ha…ha…

Matikan program yang berjalan otomatis waktu windows kita mulai. Untuk itu anda perlu menggunakan software tambahan. Jangan kuatir kok, gratis. Namanya HijackThis. Silahkan didownload di situs favorit saya www.filehippo.com. Terus apa yang mesti dimatikan ? Tentunya si wscript.exe ini. Aduh…maaf yaa, saya gak bakalan jelasin si HijackThis ini, silahkan dipelajari sendiri. Gampang kok !

Setelah berhasil mematikan si wscript.exe ini, maka anda boleh memberi pelajaran sama teman se-gank-nya virus ini. Si Database.mdb. Lokasinya di folder my document anda. Untuk itu anda memerlukan program Nero, sebab file ini sangat licin, bisa menyembunyikan dirinya dengan baik. Jika anda tidak punya Nero Burning Rom, alternatifnya adalah ACDc (software untuk liat gambar). Dua progam ini bisa melihat tempat persembunyiannya file ini.
Loh…pak Wapan, kalo database.mdb langsung dihapus gak pake wscript-wscriptan dan hijack – hijack-an kan bisa ? NGGGGAAAK ISAAAA, kalopun bisa, abis di delete, muncul lagi!

Nah…kalo sudah selesai dua langkah di atas, maka mulailah hal yang paling menjengkelkan. Kita mesti menghapus satu – satu file-file tipuan yang dibuat oleh virus ini. Di tiap-tiap harddisk kita dan tiap folder kita (huuuuuh…hiks…hiks…hiks…). Hapuslah file – file berikut ini :

  1. New Harry Potter and….lnk
  2. Microsoft.lnk
  3. New Folder.lnk (kalo muncul ini berarti udah parah!)
  4. Semua icon folder yang extensinya .ink. Nama filenya sesuai dengan nama folder anda.

Setelah anda melakukan langkah ke tiga…maka selamat, anda telah berhasil menghilangkan virus yuyun dari komputer anda (kalo saya gak kelupaan hal-hal lainnya).

Ini ada blog dari teman – teman di internet yang juga membahas virus yuyun lebih serius.
1. http://blog.its.ac.id/augenedit/2009/02/04/virus-yuyun-10-atau-biasa-disebut-virus-shortcut/
2. http://absnet.wordpress.com/2009/01/15/membabat-habis-virus-autorun-yuyun/

Semoga tulisan saya bisa membantu anda membasi virus yuyun ini. Jika ada hal yang kurang dimengerti anda bisa kirim email ke saya. Saya akan bantu anda mengatasi virus yuyun ini.

 

Cara menghapus Virus Conflicker atau Kido
Worm Kido adalah virus network yang bikin komputer kita lambat !

Share this content

ARTIKEL TERBARU

PONSEL DAN GADGET

BISNIS ONLINE

SOFTWARE KOMPUTER