Website Wapannuri

REVIEW DREAMWEAVER CS4 DAN CS5

Ketika memutuskan untuk membuat website, program mana yang akan anda gunakan ? Saya memilih Dreamweaver ! Sebelumnya, versi yang say gunakan adalah buatan Macromedia versi terakhirnya, yaitu seri 8. Baru – baru ini saya memutuskan untuk menguprgrade program pembuat website ini ke tingkat yang lebih tinggi. Pilihannya adalah Adobe dreamweaver CS4 atau CS5. Setelah mencoba keduanya saya memutuskan untuk mengawini CS4. Mengapa ? Simak review saya !

Dreamweaver CS4 Dreamweaver CS5

 

MENGENAL PROGRAM PEMBUAT WEBSITE
Sebenarnya ada banyak program untuk membuat sebuah web. Yang paling terkenal adalah joomla dan dreamweaver. Sebelumnya ada microsoft frontpage yang sudah meninggal dunia dengan selamat karena ditinggal penggunanya. Bagi beberapa orang, mereka menggunakan adobe photoshop  untuk membuat layout situsnya kemudian diedit menggunakan dreamweaver. Saya pernah mencoba semuanya namun pilihan saya tetap dreamweaver. Maklum cinta pertama ! Selain itu, DW ini sangat – sangat canggih sehingga apapun yang anda butuhkan untuk membuat sebuah web yang dinamik ataupun statik ada di sini.

Pak...apa sih bedanya jomlah, wordpress, blogspot dan dreamweaver ?
Kita golongkan menjadi dua bagian besar dulu yaa. Joomla, Wordpres dan Blogspot adalah program siap pakai sedangkan Dreamweaver adalah program mentahnya. Nah, kalau kita menguasai dreamweaver, maka kita bisa membuat ketiga jenis program di atas. Sebaliknya kalau kita cuman menguasai joomlah dan teman-temannya saja, maka saya jamin kita akan kesulitan ketika akan mengoperasikan adobe dreamweaver ini ! Basicnya adalah dreamweaver ! Karena saya tipikal orang yang cenderung suka menguasai dasarnya maka saya cocok sekali dengan program ini ! Klop deh ! Sekaligus cape deh ! Sebab, relatif sulit untuk menguasai software ini. Keuntungannya, kalo wes ahli DW maka kita bisa ngomong, jomlah....siapa takut ? He...he...he....

Terus bagaimana dengan anda ? Software mana yang akan anda gunakan untuk membuat web ? Jika umur anda diatas tigapuluh tahun dan sudah menikah. Saya sarankan untuk menggunakan wordpress saja, sebaliknya jika usia anda dibawah tigapuluh tahun (apalagi belum menikah) belajarlah dreamweaver ! Wordpress sangat mudah. Tinggal di install saja. Kemudian anda tinggal mengetik, langsung website anda nonggol di internet. Keuntungannya, situs dan data anda langsung online ! Ketika bosan dengan tampilan web anda, tinggal cari template yang anda inginkan dan juga gratis di internet. Dengan satu dua klik langsung berubah. Hebat ! Siapapun bisa menjadi seorang ahli website dalam satu hari ! Nek pake dreamweaver.... bisa muntah, perlu ratusan klik untuk merubah tampilan sebuah web. Namun anda bisa mendisain website anda sak karep udelmu dewe ! hihihihihi.....Tergantung keahlian kita memanipulasi program tersebut !

 

PERBEDAAN DREAMWEAVER VERSI 8 DENGAN CS4
Apa perbedaan mendasar dari versi 8 dengan CS4 ? Loh....kok langsung ke CS4 pak ? Kok gak CS1, CS2, dan CS3 ? Wah....mas...gak ada gunanya karena versi CS1-CS3 sudah tidak ada di pasaran CD-nya. Lagipula mendingan langsung ke CS4 karena lebih canggih !

Hmmm.....kalo gitu kenapa pak Wapan gak pake CS5 aja ? Kan lebih canggih daripada CS4. BENAR! CS5 jauh lebih canggih daripada CS4, saking canggihnya, sampe – sampe saya kebingungan cara menggunakannya ! Iki opo ae seeeh.....!! Nanti aja bahasa perbedaan CS4 dan CS5 ! Sabar dulu adek kecil ! Kita bahas dulu bedanya versi 8 dengan CS4 dulu ! Alon – alon aeee.....space-nya banyak kok !

Perbedaan Pertama DW 8 dengan CS4 yang pertama adalah tampilannya ! Dreamweaver CS4 jauh lebih kotak daripada DW8. Soalnya, windows bajakan yang kebanyakan dipake orang – orang adalah windows seven ! Jadi tampilannya dibuat semirip mungkin dengan windows 7 ini ! Nek saya sendiri sih masih pake windows XP, males menggunakan Windows 7. Mesti belajar lagi ! Duh....teknologi sekarang ini cek cepet’e sih berkembangnya ! Tambah umur tambah gak nututi otaknya !

Perbedaan Kedua yang menonjol adalah fitur Live View. Ketika kita selesai mendisain ataupun memprogram website. Cara lama yang kita gunakan untuk melihat hasilnya adalah meng-klik “Preview in Browser.” Lalu muncullah web kita di Firefox ataupun Internet Explorer. Ketika ada tampilan ataupun kalimat yang salah maka kita kembali ke dreamweaver tadi kemudian kita rubah dan save. Terakhir klik Preview in Browser lagi atau F12 sebagai shortcut defaultnya ! Nek kita merubah 10 kali maka kita mesti lakukan langkah – langkah tadi sebanyak 10 kali ! Cape deh !

Live View Dreamweaver

Nah, dengan fitur Live View yang merupakan fasilitas baru di CS4 maka kita bisa preview hasil website kita ini langsung di dalam dreamweaver ! Loh ? Nek ada iklannya (misal : adsense atau kliksaya)  muncul nggak di layar pak Wapan ? Inilah kecanggihannya Dreamweaver CS4 hehehehe..... langsung muncul kok, asal nyambung dengan internet ! Ketika ada tag yang ingin kita rubah, maka kita bisa merubahnya langsung di dreamweaver kemudian di simpan maka di layar live view tampilannya juga langsung berubah ! Duh...senangnya ada fasilitas ini....nyesel gue kenapa kok gak dari dulu upgrade !

Ngomong – ngomong soal upgrade, saya mempunyai ketakutan dengan spec laptop saya ! Spesifikasinya Notebook Axioo Zetta  adalah :

  • Pentium 4 Dual Core
  • RAM 2 Gb
  • Hd 80 Gb
  • VGA Share 128mb

Takutnya waktu tak upgrade gak nututi terus ngelag, maka dari itu saya pikir-pikir dulu untuk melakukan upgrade ! Ternyata saya salah ! Spesifikasinya sudah lebih dari cukup. Bonusnya, ternyata versi 8 dibandingkan CS4 proses loadingnya lebih cepat CS4 loh ! Demikian juga dengan adobe photoshop 8 saya dengan versi CS1, runningnya jauh lebih cepat fotoshop CS1 loh ! Kesimpulannya yang CS...CS itu lebih cepet daripada yang gak CS-CSan ! Hihihihi....

Oh iya....saya juga menginstall CS4 ini ke Netbook BYON saya yang Intel Atom 1,4Ghz dengan RAM 1 Gb dan VGA 128MB  ternyata mampu loh ! Untuk proses editing, updating, disain  tidak ada masalah ngelag sama sekali ! Padahal kecenderungan saya kalo membuat website selalu membuka dua program kelas berat sekaligus. Yang pertama Photoshop, dan satunya lagi tentunya dreamweaver ! Ada masalah nggak pak jika menggunakan netbook ? Ada, layarnya cuman 10inch, bikin mata sakit ! Tapi mau gimana lagi, soalnya males bawa laptop berat-berat dan tas gede !

Perbedaan Ketiga adalah sinkronisasi file. Saya juga bingung gimana nyebut istilah ini. Praktisnya adalah kalau kita mengedit file index.htm kita, maka yang terbuka di DW8 adalah file itu saja. Sementara kalo pake CS4 semua file yang ada hubungannya dengan dokumen index.htm tersebut akan ikut terbuka di program ini. Gunanya adalah kita bisa langsung tahu file mana yang akan kita rubah. Misalnya di file index kita ada file css, file javascript, dan juga file style. Maka ketiga file tersebut akan langsung terbuka. Untuk memodifikasinya jauh lebih gampang, gak perlu mengingat-ingat lagi style file index ini pake yang mana. Gitu !

Perbedaan Keempat adalah fasilitas widget. Nek yang seneng pake wordpress pasti udah tau dengan si widget ini ! Bedanya, namanya di CS4 ini bukan widget tetapi SPRY. Fungsinya sama dengan widgetnya blogspot ataupun WP sekaligus joomlah. Widget itu apa siih pak ? Sana googling aja ! Pegel nek jelasin satu persatu ! Dengan adanya adobe SPRY ini maka untuk membuat dropdown menu, photo slideshow, horizontal tab, dan form kita tinggal klik-klik maka langsung muncul di komputer kita. Editnya gak susah kok karena WYSIWYG alias What You See Is What You Get! Bener ! Gak perlu belajar bahasa planet, karena tinggal edit di layar dan hasilnya 100% persis !

Spry Widget

Sebenarnya masih ada banyak fasilitas baru lainnya di CS4 ini, namun saya tidak bisa menjelaskannya lebih lanjut karena saya baru seminggu pake program ini !  Yang pasti kalo anda masih pake Dreamweaver 8 langsung aja ganti ke CS4 ! Asli gak rugi ! Dan gak perlu takut dengan spec komputer yang rendah ! Duh....kenapa sih kok gak ada orang yang bikin review ini (dan ditulis pake bahasa Indonesia!) sebelumnya sehingga saya bisa cepet – cepet upgrade ke versi yang lebih canggih !

PERBEDAAN CS4 DAN CS5
Nah, sekarang apa bedanya CS4 dan CS5 ? Secara garis besar gak ada bedanya ! Tampilannya CS5 sama dengan CS4 cuman lebih halus. Lebih halus gimana pak ? Wes... pokok’e  beda! CS5 jauh lebih lembut di mata kita !

Ada toolbox baru di CS5 ini, kalo gak salah AP Element dan Adobe AIR.. Saya agak lupa karena wes tak uninstall programnya ! AP Element ini hampir sama dengan DIV TAG namun bedanya adalah kata ABSOLUTE POSITION. Masalah yang muncul dengan DIV TAG adalah sekalipun layoutnya bagus di browser Firefox,  belum tentu sama jika di preview di browser lainnya (misalnya: safari, chrome, opera, IE). Nah, fasilitas baru AP ini menyelesaikan masalah kita ! Syukur kepada Tuhan ! Buat pengguna CS4, gak usah upgrade ke CS5 karena sebenarnya fasilitas ini udah ada di sana, hanya saja gak muncul di toolboxnya.

Sedangkan Adobe AIR adalah fasilitas online untuk menambah widget ataupun plugin dreamweaver. Untuk itu anda perlu mendaftar secara gratis di situsnya atau langsung melalu DW CS5 anda. Keuntungannya kalo mau nambah widget tinggal cari di program ini secara langsung di internet dan otomatis download dan terinstall sendiri. Ciamik puoool ! Eiits....gimana kalo program dreamweaver anda bajakan ? Hahahahaha....bisa-bisa rumah anda akan disantroni FBI loh ! Termasuk kategori pemalsuan dan pelanggaran hak cipta ! Anda bakalan dibawa ke pengadilan di amerika sana dan dimasukkan penjara ! Wah....enak dong, bisa ke US gratis ! Iya...enak, bisa ketemu cewek bule dan melakukan hal – hal seperti di film – film bioskop itu loh....aha....ngomong – ngomong soal bule – bule ini, coba liat cara saya belajar bahasa inggrissehingga kalo anda diangkut ama FBI ke sana udah bisa ngomong in english !

Perbedaan yang paling menonjol dalam CS5 ini adalah pengorganisasian menunya. Inilah alasan utama saya kenapa gak mau pake CS5. Saya sudah familiar dengan menu dreamweaver 8. Salah satu contohnya ada di menu site manager ! CS4 dan CS5 udah beda sekali ! Bingung deh diriku ini ! Belum menu – menu lainnya. Wah nek mesti belajar lagi, bisa – bisa gak cari uang nih ! Masa hidup cuman belajar tok, lak yo bosen aku ! Wes bosen, pusing lagi ! Makanya, gara – gara adobe merubah menu ini saya (untuk sementara) memutuskan untuk tidak memakainya dulu, lagipula harganya CS5 ini cukup mahal, kalo gak salah sekitar $400. (ala...wong dua-duanya bajakan aeee, gaya!)

Nah, bagaimana dengan anda ? Mau menggunakan CS4 atau CS5 ? Dari review ini, saya cenderung mengarahkan anda untuk menggunakan versi CS4 ! Sebagai catatan, dengan spec komputer saya, CS5 lancar seperti CS4, NO PROBLEM AT ALL !

 

FREE Hosting dan free Domain !
100 % Gratis, tanpa iklan dan tanpa embel - embel ! Gak Percaya ? Buktikan sendiri !

Share this content

ARTIKEL TERBARU

PONSEL DAN GADGET

BISNIS ONLINE

SOFTWARE KOMPUTER