Website Wapannuri

REVIEW DAN SPESIFIKASI PONSEL SMART NEXIAN C951

Beberapa hari lalu saya membeli ponsel cina yang dibundling dengan salah satu operator, siapa lagi kalo bukan Smart Telcom dan Nexian. Tipe handphone yang dibundling Nexian adalah C951, sementara itu Smart mensupportnya dengan GRATIS INTERNET SEUMUR HIDUP !  Saya ingin melakukan review tentang ponsel ini untuk dijadikan pertimbangan teman-teman.

SPESIFIKASI NEXIAN C951
Spesifikasi Nexian Smart C951

- Keypad QWERTY
- Dual band CDMA 800-1900 (unlock! flexi ok!)
- Layar TFT 65.000 warna
- 320 x 240 pixel, 2,2inch
- GPRS, WAP 2.0 , max download 153 Kbps
- Bluetooth
- Kamera 2.0 Mp dan Flash
- Support Java, MIDP
- Speaker phone
- Internal Memory 6Mb, Slot Micro SD (up to 4 Gb)
- Opera Mini 4.2, facebook mobile, Twiter, Yahoo Messenger (wap based)
- MP3 player
- Video recorder, dan video player (mp4 dan 3gp)
- GRATIS internet SEUMUR HIDUP
- handphone bisa dijadikan modem komputer (hape modem)

 

REVIEW SMART NEXIAN C951
Karena baru pertama kali beli ponsel cina, maka saya cukup kaget dengan bentuknya. Sekilas Nexian ini kelihatan kokoh, tetapi setelah saya isi baterai dan pegang, yaah... ringan sekali. Rasanya kempong alias kosong...ha...ha...ha.... Saya suka dengan design handphone ini, tipis, komposisinya bagus, dan enak dipandang. Awalnya saya merasa tidak rugi beli Smart Nexian C951 ini.

Setelah saya utak-atik, ternyata ada beberapa kelemahan yang sangat menganggu.

  1. Pertama, letak huruf-huruf keypadnya terlalu berdekatan. Susah banget ngetiknya, tapi lama-lama kan biasa. Maklum barang baru!
  2. Kedua, keypadnya gak ada lampunya. Loh...apa memang semua ponsel cina kayak gini ya ? Yang nyala cuman layarnya, kalo gelap kan gak isa ngetik ? Ha...ha...ha... handphone yang aneh.
  3. Ketiga, waktu buka Opera Mini saya mangkel banget dengan keleletannya. Bahasa IT-nya adalah "nge-lack." Eh....ternyata bukan cuma opera mini aja yang lelet, semua program yang pake java nge-lack. Yah...cinta pertama sekaligus  terakhir dengan ponsel cina ! Tetapi untu buka menu standar seperti tulis dan kirim sms, inbox, alaram, schedule, mp3, buka video porno (hah!), dan bluetooth tidak ada masalah sama sekali alias lancar dan cepat.
  4. Keempat, Gratis internet Seumur Hidup itu berlaku hanya melalui Opera Mini saja. Artinya, kalau kita chatting dengan eBuddy, Nimbuzz, Mig33, dan lainnya, kita akan dikenakan biaya. Intinya, gratis dengan opera mini saja. Kalo pake wap, harus bayar. Untungnya tarif internet Smart cukup bersahabat. Rp 0,5/kb, kalau harian Rp 1.500, sebulan Rp 45.000. Harga harian dan bulanan itu paket internet Unlimited.

Dari semua masalah dan kelemahan ponsel ini, timbul pertanyaan. Mengapa pak Wapan yang "perhitungan" ini bersedia membelinya ?  Yang pasti, masalah body tidak bisa dijadikan alasan, sebab bayar dulu baru pegang ! Kayak pigi ke pijat plus...hahaha...

Baiklah, alasan pertama dan utama saya beli Smart Nexian ini adalah ponsel QWERTY dan Gratis Internet Seumur Hidupnya. Tujuan saya adalah untuk chatting, browsing, kirim dan terima email. Sebenarnya saya punya Palm Treo 600 CDMA yang QWERTY dan lebih canggih dari Nexian ini. Tetapi karena internet dari flexi gak bisa nyambung-nyambung maka saya membutuhkan hp lainnya untuk memuaskan nafsu BCE (Browsing-Chatting-Email). Nah...saya menemukan produk yang sesuai dengan nafsu saya di Smart Nexian ini.

Kedua, saya suka dengan Smart karena kartu ini tidak perlu beli pulsa untuk menambah masa aktif. Cukup menggunakan 50 rupiah (bisa dengan sms atau telepon)  maka masa aktifnya akan bertambah selama 15 hari. Dengan kombinasi ini, maka saya tidak perlu "memelihara" nomer. Internet gratis plus aktif selamanya.

Kalau saya bandingkan dengan Treo saya yang saya isi pulsa untuk memperpanjang masa aktif nomer flexi, maka saya bisa melakukan pengiritan. Lagian pulsa flexi saya banyak, gara-gara gak habis-habis karena dipake untuk BCE saja.

Ketiga, saya memang Smart minded. Internet saya pake SMART EVDO yang stabil dan agak kenceng (dulu banter, sekarang gak terlalu). Yang pasti, aksesnya stabil ! Karena itulah saya pilih Smart...hebaaat... hemat (betul !!) Eh....ternyata baterainya kuat juga. Kemarin saya charge sampe penuh, terus saya utak-atik seharian plus internetan. Baterainya tinggal 1/4. Kuat menurut saya !

 

MASALAH SOFTWARE CHATTING
Nah...inilah puncak masalah dari Smart Nexian C951 ini. Gak ada eBuddy. Saya utak-atik seharian karena saya membutuhkan hp untuk chatting, jika ponsel ini gak isa buat chat, maka saya merasa rugi sekali. Dan ternyata memang benar. Saya coba install eBuddy versi terbaru, yaitu Versi 1.5, namun ditolak mentah-mentah.

Saya coba pake software lainnya, seperti YaMess, Yebah, Ytiny, shMessenger, Netafasa tetap tidak bisa login. Kemudian saya coba Nimbuzz, Mig33, eBuddy lite 1.3 ternyata bisa....namun saya tidak suka dengan tampilannya. Kurang nyaman digunakan. Tidak seperti eBuddy ! Saya hampir putus asa dan berniat menjualnya kembali...tetapi karena kejeniusan saya, maka saya menemukan solusinya (tepuk tangan doong!!)

Jenius....hah ? Siapa jenius ?...idiiiiih...

Jadi....kita pake eBuddy versi sebelumnya, cuman itu solusinya! Masalahnya dimana cari versi 1.4, versi1.3, atau versi1.2 eBuddy ini ? Wong developernya aja udah gak produksi lagi.... Sampe di sini saya berpikiran untuk pergi ke galeri Smart atau Galeri Nexian untuk minta software chatting ini. Namun, karena semangat tidak mau kalah saya, akhirnya saya menemukan eBuddy 1.4 yang kompatible dengan Nexian C951 ini.

eBuddy untuk Nexian C951

Selain jenius, saya juga baik hati loh.... buktinya, saya berikan eBuddy 1.4.2 ini (yang saya cari dengan susah payah) kepada anda melalui  link download ini.
Oh iyaaa.... selain baik hati, saya juga pemberani, pantang menyerah, tangguh, gagah, murah senyum, menyenangkan, dan manis....

 Saya juga ada eBuddy versi 1.4.1, namun belum saya coba apakah kompatibel dengan hape modem ini. Kalau ada yang mau coba, silahkan download di sini.

Jadi....akhirnya Nexian C951 saya sudah terinstall eBuddy. Puas sudah nafsu saya yang awalnya dapet BE, sekarang jadi BCE !

 

SETTING WAP NEXIAN C951
Akses internet dengan Opera mini bisa dilakukan tanpa memerlukan setting. Namun ketika mau menggunakan browser WAP bawaannya, saya tidak bisa connect. Untuk mengatasi masalah ini, anda perlu melakukan setting yang sangat-sangat mudah. Langkah-langkahnya :

1. PIlih Menu lalu WAP
2. Masuk ke opsi Pilihan - Profil WAP
3. Tekan Pilih Server Proxy
4. Untuk area Jawa Timur pilih "smart 2", sementara untuk area Jawa Barat pilih "smart 1".

Sebagai penutup review saya terhadap paket bundling Smart ini. Hp cina ini kemampuannya tidak sama dengan PDA atau dengan SMART PHONE. Jangan mengharapkan lebih dari Browsing-Chatting-Email, karena anda akan kecewa ! Makanya Palm Treo 600 CDMA saya masih di posisi yang aman dalam saku celana. Sebab Treo ini adalah PDA Phone. Walaupun bentuknya udah gak karu-karuan, layar 160x160 pixel, dan masih inject. Kemampuan hp ini jauh di atas rata-rata. Ada aplikasi word dan exel, bisa liat video format apa aja, dan buat BCE (dulu).

 

Review Blackberry 8700 dan Blackberry 8330 CDMA
Dua BB ini murah sekali, yang satu 400rb, yang 8330 CDMA hanya 550rb

Share this content

ARTIKEL TERBARU

PONSEL DAN GADGET

BISNIS ONLINE

SOFTWARE KOMPUTER