Website Wapannuri

REVIEW 2 TABLET PC : AXIOO PICOPAD dan VANDROID

Tablet PC adalah gadget yang harus anda miliki karena kita sedang memasuki abad informasi yang akan mengubah segala sesuatu secara cepat dan semudah membalik tangan. Pada artikel komputer kali ini saya akan mereview 2 tablet pc yang saya miliki, Axioo Picopad dan Advan Vandroid milik istri saya. Pertama-tama saya akan membahas spesifikasi PC Tablet secara umum kemudian baru membahas dua android tablet milik saya.

Macam Tablet PC

 

MENGENAL TABLET PC
Tablet PC hampir sama dengan notebook atau laptop. Perbedaan utamanya terletak pada ada atau tidaknya keyboard dan fitur touch screen. Jika laptop anda memiliki layar sentuh, maka bisa dimasukkan ke keluarga PC TABLET. Perbedaan lainnya yang merupakan keunggulan tablet pc ini adalah manajemen baterainya. Sebuah notebook tidak bisa standby selama beberapa hari, sedangkan tablet pc bisa ! Notebook harus di shutdown untuk menghemat baterai. Jika anda men-standby-kan laptop anda, dalam hitungan jam pasti tewas. Laptop tidak bisa standby ! Analogi yang paling mudah untuk tablet pc ini adalah sebuah smartphone yang memiliki layar lebar, minimal 7".

Ada 3 macam PC TABLET berdasarkan sistem operasi atau OSnya :

  1. Windows Mobile
  2. Apple Macintos
  3. Linux Android

Windows TabletTablet PC dengan OS Win Mobile tidak begitu disukai di Surabaya. Alasannya cuman satu, mahalnya masak ampun. Perbedaan harga ini disebabkan lisensi sistem operasinya. Orang lebih memilih iPad karena lebih canggih dan lebih bagus multimedianya. Mungkin, jaman tablet ini adalah jaman berakhirnya Microsoft yang begitu mencekik leher. Wes monopoli, juaji maneh ! Kapok koen ! Harga tablet dengan OS Android paling murah diantara ketiga pilihan ini karena vendor tidak perlu membayar biaya lisensi untuk sistem operasinya.

Namun, bukan berarti pangsa pasar terbesar segmen pasar tablet ini dikuasai oleh android. Kenyataannya Apple iPad adalah pemimpin pasar PC TABLET di dunia, soalnya multimedianya, gamenya, ketajaman warnanya, bentuknya, dan yang paling penting adalah gengsinya. Tapi situasi ini bakalan tidak bertahan lama karena banyaknya tablet - tablet android buatan cina yang menggerojok pasar dengan harga murah.

Sekitar 2 tahun yang lalu, saya pernah mencicipi android tablet cina ini dengan harga bekas 1,5jt rupiah. Merknya gak jelas, apalagi spesifikasinya. Sekarang, android yang mirip harga barunya hanya 900rb rupiah, alias turun sebanyak 60%. Hebatnya, tablet murah ini sudah support USB modem dan OS-nya sudah Froyo. Sudah bisa install program di memory card.  Sistem Operasi Android di bawah froyo kelemahannya tidak support applikasi yang terinstall di memory card. Untungnya, standar OS android sekarang ini sudah Froyo, he...he..he....

Salah satu tablet PC dengan OS Windows Mobile yang pernah saya coba adalah Acer Iconia. Kesan pertama kali waktu memegang tablet buatan acer ini adalah berat. Tarik ke kiri, geser ke kanan, buka menu, dan ternyata saya bingung dengan os windows mobilenya. Mungkin karena terbiasa dengan tampilan android dan ipad, saya merasakan kejanggalan dengan OS WinMob Iconia ini. Jika dulu smartphone yang anda gunakan adalah winmob, maka anda akan kecewa dengan interface windows tablet ini karena bagai bumi dan langit. Tampilan desktoopnya lebih nyenggol ke android atau apple sih ! Tapi, bagi anda yang fanatik dengan OS Windows, silahkan tunggu OS terbaru, Windows 8, yang kabar-kabarnya support full tablet pc ! Moga - moga aja kabar angin ini bener ya !

Apple IpadApa sih yang menarik dari Apple iPad ? Yang pasti adalah kehalusan tampilan layarnya, perpindahan antara program satu ke program lainnya sangat halus. Warnanya begitu nyata dan tajam, memang inilah kehebatan tablet pc dengan sistem operasi Macintos. Semenjak dulu hingga sekarang ini, Mac adalah komputer standar untuk disain grafis, fotografi, dan multimedia. Pokok'e kalo berhubungan dengan warna dan grafis Apple Macintos adalah jagonya.

Demikian pula dengan Apple iPad, pc tablet buatan Steve Job ini. Game-game 3Dnya luar biasa halus, gerakan karakternya luwes, dan tidak ada masalah nge-lag ! Sebuah film dengan format HD akan kelihatan lebih hidup di iPad dibandingkan dengan tablet merk apapun ! Demikan pula dengan suaranya, duh....sangat bening !  Mata anda akan benar-benar terpuaskan oleh iPad ini !

Terakhir, tablet pc dengan sistem operasi Linux yang lebih dikenal dengan sebutan android os. Versi terbaru pada saat saya menulis artikel ini adalah Honeycomb atau Android 3.2. Ciri khas OS android ini adalah berurutan secara abjad, mulai dari A sampai Z. OS (H)oneycomb lebih baru dari OS (G)ingerbread, OS (E)clair lebih lama dari (F)royo.... gampang kan ! Kebanyakan android tablet yang beredar di pasaran ini Sistem operasinya masih menggunakan Froyo. Picopad dan Vandroid saya juga masih Froyo.

Tablet androidAda yang menarik dari Froyo-Gingerbread dan Honeycomb ini. Tablet Android yang baru hampir semuanya menggunakan Android 3.2 a.k.a Honeycomb. Anda pasti kesulitan menemukan Android dengan OS Gingerbread. Saya tidak tahu alasannya, yang saya tahu interface Honeycomb jauh lebih bagus dan lebih halus dari semua versi android sebelumnya. Tampilannya beda jauh, mirip tampilan windows XP dengan tampilan Windows 7. Perubahannya drastis sekali, untungnya lebih halus dan lebih keren ! He...he...he....

Tampilan Android hampir mirip dengan iPad. Yang membedakan hanya spesifikasi hardware-nya. iPad jauh lebih canggih dan lebih tinggi, setinggi perbedaan harganya dengan android. Segmen pasar Apple dari dulu hingga sekarang tetap sama, yaitu high end. Sedangkan target pasar android melebar dan meluas, android bisa masuk ke semua segmen. Di pasaran Surabaya, harga android termurah adalah 800 ribu. Yang mahalan pak ? Banyak ! Contohnya : Samsung Galaxy tab, Acer Iconia seri A (A berarti Android, W=WinMob), Picopad, dan lainnya.

Bagaimanapun juga, saya lebih memilih android tablet daripada iPad. Selain sudah familiar, android tablet friendly banget dengan semua komputer. iPad harus disinkronkan dengan 1 komputer saja, tidak bisa sembarang komputer, isa-isa datanya hilang ! He...he...he... Alasan lainnya adalah kemudahan mencari software dan game-gamenya. Sangat mudah mencari software crack android ini, gak seperti iPad yang harus di jailbreak dulu. Dan lagi, SIM Card untuk iPad harus melalui proses pemotongan dulu supaya bisa masuk ke slot kartunya. Tapi semua kesulitan dari iPad ini akan terobati jika anda memainkan game-gamenya. Pasti puas deh dengan iPad ! Tak jamin !

 

Axioo Picopad Tablet

REVIEW DAN SPESIFIKASI AXIOO PICOPAD & ADVAN VANDROID
Yak apa yaa, saya bukan fanatik dengan merk Axioo, tapi saya tipe orang yang beli barang canggih dengan harga murah. Saya rasa, untuk saat ini hanya merk Axioo yang sesuai dengan kebutuhan saya. Jadilah saya membeli Axioo Picopad ini. Waktu itu saya beli second dari orang yang baru beli 1 bulan. Jadi termasuk barang baru. Harga barunya sekitar 4,5juta, terus dia jual 3,5jt ! Sekarang ini harga baru Picopad 3,5juta.

  PICOPAD QGN655 VANDROID T1C
CPU Qualcomm MSM7227 600MHz Qualcomm MSM7227 800 MHZ
Layar TFT 7"  WVGA (800 x 480)
Capasitive, Multi finger touch
TFT 7"  WVGA (800 x 480)
Capasitive, Multi finger touch
Network GSM 850/900/1900/2100

GSM 850/900/1800/1900/2100

Memory RAM : 512Mb
Internal : 512Mb
MicroSD up to : 16Gb
RAM : 256Mb
Internal : 512Mb
MicroSD up to : 16Gb
OS Android OS, v2.2 (Froyo) Android OS, v2.2 (Froyo)
Conn. HSDPA
WIFI
Bluetooth
A-GPS
HSDPA
WIFI
Bluetooth
A-GPS
Camera Depan : VGA
Belakang : 3Mp
Belakang : 2Mp
Speaker Stereo, Speakerphone, MIC Stereo, Speakerphone, MIC
Battery 3240mAh 4000mAh
Harga Rp 3.500.000 Rp 2.200.000

 

Salah satu kelemahan picopad adalah kurang nyaman jika dipegang dalam waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan bentuknya yang "ngotak". Beda dengan iPad yang keempat sisi dan sudutnya melengkung, tidak ada sisi tajamnya. Tapi saya tetap suka dengan bentuk kotak ini karena saya suka yang kotak-kotak, he...he...he.... Sekalipun nyaman tapi kalo bentuknya kurang ngotak, saya lebih milih disain elegan. Vandroid lebih nyaman dipegang daripada picopad, tapi jika dilihat sekilas lebih anggun picopad.

Suara picopad lumayan enak dan kencang. Tapi kalah jauh dibandingkan vandroid. Vandroid banter dan cempreng, bunyi bass-nya tung...tung...tung.... bukan dem...dem....dem...hihihi. Pada kenyataannya, saya dan istri saya jarang sekali mendengarkan musik pake android tablet ini. Yang lebih sering adalah mendengarkan radio streaming. Cukup install Tune In Radio dari android market dan anda bisa mendengarkan ratusan channel dari dalam dan luar negeri. Saya lebih sering mendengarkan khotbah-khotbah pendeta luar negeri daripada dengerin musik. Istri saya sebaliknya, nyetel lagu tok !

Saya pikir radio streamingnya bakalan putus-putus, tapi ternyata lancar jaya, padahal paket internet yang saya pake kecepatannya hanya 153,5 Kbps. Hebat juga teknologi kompresi bandwithnya. Operator yang saya pake untuk Picopad saya ini adalah Axis karena harga paket internetnya paling murah dan paling banyak kuotanya. Hanya dengan Rp 35.000/bln kita bisa dapat kuota 1Gb Murah kan ! Tapi download rate-nya 153 Kbps saja.... kecepatan segini cukup lancar buat browsing dan chatting, download harus sabar dikit ! Nek dipaksa buat liat youtube ya harus super duper extra sabar ! Murah gak ada yang slamet rek !

 

Advan Vandroid

 

Sedangkan istri saya selama ini pake operator XL karena sudah termasuk paket pembelian dari Vandroidnya. Gratis internet. 3 bulan dari XL dengan kuota 1Gb. Waktu itu saya disuruh milih Telkomsel atau XL, saya pilih XL karena kuotanya lebih besar dari Telkomsel yang hanya kasih 500Mb perbulan. Pada kenyataannya, untuk pemakaian normal, kuota 500Mb itu pas kok. Nek 1Gb pasti lebih dari cukup, asalkan gak download game terus. Beda dengan iPad yang game-gamenya canggih. Kuota 1Gb buat iPad pasti kurang ! Barang canggih pasti butuh biaya tinggi, ini sudah hukumnya !

Harga baru Vandroid dibandingkan Picopad terpaut jauh, sekitar 1,5juta. Pertanyaan yang timbul adalah bagaimana dengan kualitasnya ? Untuk fungsi secara umum tidak berbeda jauh, tapi kalo bicara masalah kecepatan, jelas beda ! Picopad lebih responsif dan lebih cepat daripada Vandroid. Tapi hampir semua game yang dapat dimainkan di Picopad juga bisa dimainkan di Vandroid kok. Salah satunya adalah Raging Thunder, game mobil balap 3 dimensi. Saya bissa memainkan kedua game ini dengan lancar dan halus pada kedua android tablet ini.

Barang murah tidak selalu jelek. Jaman dulu mungkin benar, tapi saat ini kita hidup di jaman teknologi yang cepat. Malahan terlalu cepat. Ambil contoh hp nokia low end dengan hp cina low end. Harganya terpaut jauh, berbanding terbalik dengan teknologinya. HP Nokia low end tidak bisa apa-apa selain telpon dan sms, sedangkan HP Cina low end, selain lebih murah sudah bisa liat TV, dengerin MP3, internetan,  kamera 1,3Mp, dan dual sim card lagi.

Demikian dengan Android tablet yang murah seperti Vandroid ini. Fungsi utamanya sebagai tablet pc sudah lebih dari cukup jika dibandingkan dengan tablet pc bermerk lainnya. Perbedaannya hanya pada masalah gengsi dan kecepatan prosesornya.

 

LEBIH JAUH TENTANG ANDROID TABLET CINA
Di pasaran ada 2 jenis android tablet :

1. Android Tablet eksternal Modem
2. Android Tablet SIM Card

jenis android tabletJenis android tablet yang pertama harus menggunakan eksternal modem supaya bisa terhubung dengan internet. Harganya di bawah 1 juta rupiah. Kelemahan utamanya ada pada manajemen baterainya. Tablet ini tidak bisa standby, anda harus mematikannya alias benar-benar OFF. Sebisa mungkin jangan beli tipe ini karena benar-benar tidak ada gunanya, apalagi jika tujuan anda adalah berinternet ria ! Masa mau internetan harus cari wifi atau pasang modem yang gedenya sebesar korek api ? Gak nyaman blass pokok'e !

Picopad dan Vandroid saya termasuk jenis tablet PC kedua, dimana sudah ada slot SIM Card pada bodynya. Tinggal beli perdana baru dan masukkan, maka anda langsung terhubung dengan internet. Anda tidak perlu melakukan setting karena tablet pc sekarang ini sudah canggih dan secara otomatis menyesuaikan settingan sesuai dengan operator yang. anda pakai. Gak ada istilah lock-lock-an di tablet pc rek !  

Yang perlu anda perhatikan pada android tablet jenis internal modem ini adalah fasilitas telepon. Vandroid bisa dibuat telepon dan sms, demikian juga dengan Picopad saya. Sementara ZTE Light hanya bisa dibuat SMS saja. Jangan lupa tanyakan fitur ini pada penjual ya !

 

KESIMPULAN
Langkah pertama sebelum membeli tablet pc adalah menentukan OS yang anda inginkan, apakah Apple Macintos dengan iPad, WinMobile, atau Linux dengan Android tabletnya.

Berikutnya adalah memilih spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jika multimedia yang menjadi prioritas maka pilihannya adalah iPad, jika murah yang menjadi syarat utamanya maka android tablet cina yang harus anda beli. Jika seimbang antara kecanggihan dan harga maka anda harus mempertimbangkan Axioo Picopad atau Advan Vandroid.

Review dan Spesifikasi Advan Deskbook 17"
Deskbook adalah tablet pc ukuran jumbo ! Apa kelebihan dan kekurangannya ?

Share this content

ARTIKEL TERBARU

PONSEL DAN GADGET

BISNIS ONLINE

SOFTWARE KOMPUTER