Website Wapannuri

TIPS MENGHINDARI PENIPUAN DI INTERNET

Tips ini berlaku untuk semua pembeli dan penjual barang melalui internet. Percayalah bahwa tidak semua website dan toko online itu dibuat untuk tujuan menipu anda. Masih ada jutaan situs jual beli di internet yang benar-benar nyata. Mereka berjualan dengan harga yang wajar, melayani anda dengan baik dan mengirimkan pesanan anda tepat waktu.

5 tips menghindari penipuan jual beli - online

 

1.  Jangan Serakah. Inilah satu-satunya penangkal penipuan yang mujarab. Apakah yang dimaksud dengan serakah ? Serakah  berarti tidak pernah ada barang dengan harga miring. Kulakannya gak oleh bos ! Serakah adalah mengambil keuntungan yang tidak wajar. Serakah adalah menutup penjualan dengan cara yang sangat mudah sekali, seakan-akan menemukan pembeli yang bodoh bego lontong soro.

Lihatlah telepon rumah pemilik website2. Telepon Rumah. Apa hubungan telepon rumah dengan penipuan ? Saya baru tersadarkan dengan hal sepele ini. Pikir saya, mencantumkan nomer handphone itu untuk memudahkan pembeli mencari saya. Kontradiksinya, memasang telepon rumah tidak semudah membeli kartu perdana. Anda harus memiliki KSK dan KTP untuk bisa memasang  telepon buatan telkom ini. Telepon rumah adalah alat pengecekan yang ampuh untuk mengecek kebenaran si penjual. KTP bisa diedit dengan Photoshop, foto kantor atau toko bisa di kopas dari internet, surat izin usaha juga bisa dimanipulasi. Tapi telepon rumah agak sulit digonta-ganti.

 

3. Lacak lokasi nomer HP. Yang bisa kita ketahui adalah asal nomer tersebut. Apakah nomer Surabaya, nomer Jakarta atau nomer Medan. Kita tidak bisa tahu posisi orang tersebut di mana dengan cara ini. Yang bisa kita tahu adalah nomer tersebut diaktivasikan di kota X. Bagaimana caranya ? Silahkan masuk ke www. ceebydith.com dan masukkan nomer hp gsm atau cdma si penjual. Jika alamat si penjual di Surabaya tetapi nomor handphonenya diaktifkan di Jakarta maka anda perlu berhati-hati.

Cara melacak nomer HP menggunakan HRL lookup

 

4. Hati - hati dengan pembeli yang gampangan. Ciri-ciri penipu yang menyamar sebagai pembeli adalah langsung beli tanpa tanya hal-hal yang umumnya ditanyakan para pembeli. Ciri kedua seorang pembeli penipu adalah membeli dalam jumlah besar tanpa tendeng aling-aling dan bingung dengan pembayaran. Contoh:

Pembeli Penipu : "Pak saya beli barangnya, 100 biji. Tolong dikirim ke alamat ini. Kapan bisa dikirim ? Tolong dihitung dan jumlahnya di sms-kan. Langsung saya bayar DP 50%. Cepetan ya pak !"

Pembeli Asli : "Baranya beratnya berapa ? Ukurannya berapa kali berapa ? Anda kirimnya pake ekspedisi apa ? Hat-hati ya, ntik pecah ! PIN anda berapa ? Ntik bukti transfernya di bbm ke saya ya ! Berapa hari nyampenya ?"

Pembeli asli lebih mementingkan barangnya sedangkan pembeli penipu mementingkan sms pembayarannya.Pembeli penipu tidak menguasai barang yang dibelinya. Bukankah ini suatu keanehan. Ini bukan mujizat, ini keanehan bro ! Gak ngerti barang kok berani beli barang dalam jumlah besar. Pembeli lainnya, beli satu aja cerewetnya setengah mati ! Ampun !  Baru kenal kok langsung percaya.Hati - hati dengan jenis pembeli seperti ini.

 

Tenang dan Jangan Serakah. Tips paling manjur jual beli internet5. Tetap Tenang. Trik dasar penipuan adalah membangkitkan rasa serakah dalam diri anda.  Trik kedua seorang penipu adalah membuat anda tergesa-gesa. Akan ada banyak kalimat yang mem-panik-kan anda seperti cepat, langsung, segera, tunggu apa lagi, saya tidak punya waktu lagi. Ketika anda gedandapan dan gupuh (panik=bhs jawa) maka otak anda tidak bekerja. Seakan-akan anda ter-hipnotis !

Kalaupun anda baru merasakan pahitnya ketipu, jadikan hal ini sebagai pengalaman. Jangan kapok jual beli melalui internet. Semua jenis usaha pasti ada penipunya Online atau offline sama saja. Jangan berhenti karena satu dua masalah. Tetap semangat gan !

 

TENTANG SMS PEMBELI PALSU
Saya heran sekali dengan orang ke-ngangguren yang kirim sms satu-dua jam setelah iklan kita muncul. Entah itu dari Tokobagus, berniaga, atau bukalapak. Mereka bertanya tentang hal-hal yang sudah jelas tercantum di internet. Awalnya saya pikir memang mereka tidak mengerti tentang barang yang akan mereka beli. Tetapi lama kelamaan pertanyaan mereka jelas-jelas mengarah pada fraud. Tidak ada juntrungnya.

Setelah dua minggu melakukan jual - beli di internet, saya belajar tentang dua hal baru :

  1. Cara jual - beli barang di internet sekarang beda dengan cara saya menjual barang setahun yang lalu.
  2. SMS pembeli palsu umumnya pendek dan tidak jelas.

Setahun yang lalu, pembeli yang mengirimkan sms ke penjual adalah pembeli serius yang mengincar orang kepepet. Saya tidak tahu mereka itu makelar atau bukan, pokoknya, mereka menawar dengan harga yang sangat murah. Kayak nawar di pasar maling. Contoh SMSnya : Kalo boleh 400rb, barang saya ambil ; Bos, 750ribu ya blackberry gemini-nya, atau Sore Gan, mau nanya untuk Kepler 9330 smartfren ada tidak ? Berapa nett-nya ? COD bisa ?

Saat ini, sms seperti di atas jarang sekali, sebaliknya sms yang akan masuk ke nomer anda kurang lebih seperti ini:

  • Lokasi di mana ?
  • Bonus screenguard tidak ?
  • Garansi gimana ?
  • PIN tembus nggak ?
  • Ini toko atau perorangan ?

Jika anda mendapatkan sms pendek-pendek seperti ini, jangan ditanggapi. Percuma....sekali lagi...percuma karena mereka itu orang yang iseng. Nganggur soro ! Apa yang akan terjadi jika anda membalas sms di atas ?

SMS Pembeli Palsu (PP): Lokasi di mana ?
Jawaban SMS anda (YOU): Jalan Tidar 112 gan

PP
: Ada garansinya nggak ?
YOU : Garansi 1 tahun dari RIM
PP : PIN garansi nggak ?
YOU : PIN tembus selamanya
PP : Warnanya apa aja ?
YOU : hitam dan putih
PP : Bonus screenguard nggak ?
YOU : Nggak
PP : Harga nett berapa gan ?
YOU : 900rb
PP : Boleh tukar tambah nggak ?

 

KESIMPULAN
Jangan melupakan resiko dalam apapun yang anda perbuat. Orang seringkali dibutakan oleh keuntungan sehingga tidak melihat resiko yang menyertainya. Percayalah dengan hukum karma. Tidak ada penipu yang kaya sampai akhir hayatnya. Tidak perlu balas dendam. Duduk saja dan menunggu. Siapapun yang menyakiti kamu, suatu saat akan kacau balau dengan sendirinya. Dan bila kamu beruntung, Tuhan akan membiarkan kamu melihatnya.

Modus Penipuan Jual Beli di Internet
Cara kerja penipu online di toko bagus, website palsu dan komentar nipu

Share this content

ARTIKEL TERBARU

PONSEL DAN GADGET

BISNIS ONLINE

SOFTWARE KOMPUTER