Website Wapannuri

BLACKBERRY MURAH DI INTERNET, ADA !

Beberapa hari yang lalu, mantan rekan kerja saya yang perfeksionis mengajak saya untuk ganti ponsel kita berdua menjadi blackberry. Langsung saja saya browsing di internet dan mengunjungi situs jual beli favorit saya, bekas.com. Eh... ternyata ada juga BB yang harganya di bawah 1 juta. Tepatnya 750rb ! Rekor paling murah untuk ponsel yang terkenal dengan Blackberry Messenger alias BBM ini 350 ribu rupiah ! Wakakakakak.... Yuk dengerin cerita perjalanan saya hunting BB ini.

engan ipad

 

BLACKBERRY MURAH GAK MASUK AKAL
Yang namanya barang murah itu kemungkinannya tiga :

  1. Barang rusak
  2. Barang selundupan
  3. Barang ketinggalan jaman

Khusus dunia ponsel, penurunan harga yang terjadi dalam waktu dua tahun ini disebabkan oleh membanjirnya hape cina yang hargannya murah dengan fitur yang canggih. Siapa sangka dengan duitt 200ribuan kita sudah memiliki televisi 2 inch dalam kantong kita ? Tipinya bisa buat telpon lagi ! Mulai dari tukang becak, tukang sampah, dan tukang - tukang lainnya membawa hp cina ini dalam celananya. Hebatnya, hampir tiap jam mereka mengupdate statusnya 
lewat facebook.

"lagi ngontel pelanggan" statusnya pak becak. "membersihkan rumah juragan" update dari om sampah.
"Keliling surabaya jualan pentol" - mas bakso
"Arisan PKK" - bu RT

Bagaimana dengan blackberry murah ? Saya rasa tidak lama lagi akan ada ponsel yang tidak mempunyai kelebihan lainnya kecuali  BBM ini. Jujur, saya tidak mau keluar uang diatas satu juta untuk membeli Blackberry. Kenapa ?

Yah, karena ponsel blackberry ini jika dilepaskan dari BBM maka gak bakalan laku ! Coba dengarkan suara ringtonenya, cempreng dan gak onok bass-nya blas ! Layarnya gak tajam, kameranya jelek, dan yang paling parah adalah baterainya cepat habis ! Ngomong - ngomong soal fitur dan harga, coba deh bandingkan dengan ponsel lainnya yang harganya sama dengan harga blackberry anda, saya jamin anda akan menemukan hp yang jauh lebih canggih. Herannya, banyak orang mengagung-agungkan blackberry ini ! Kenapa ? Karena ada blackberry messengger saja !

Memang benar dalam beberapa bidang bisnis, sebuah blackberry adalah keharusan. Perkiraan saya, bisnis ini adalah bisnis entertainment dan bisnis teknologi. Atau bidang usaha lainnya yang memerlukan respon cepat plus akurat. Tapi sebenarnya, nek mau lebih cepat dan akurat, kenapa gak langsung ditelepon saja orangnya ? Kalau gak butuh cepat tapi butuh jawaban kan bisa melalui sms ! Kalau butuh data kenapa gak kirim atau terima lewat email saja ? Kenapa harus blackberry ?

Jawaban paling sering kita terima dan tidak ada logikanya sama sekali adalah karena tren saat ini ! Tidak mengikuti tren berarti tidak menangkap peluang usaha yang ada saat ini ! Yah wes laaah.... memang jawaban ini gak bisa didebat lagi ! TERSERAH ! wakakakakak.....

Sebenarnya, semua fungsi dari blackberry (kecuali BBM) bisa anda dapatkan dari hp apa saja. Iya betul, Nokia E71 anda fiturnya sama dengan BB Gemini anda, malahan lebih canggih E71. Sony Ericsson Naite saya bisa kirim dan terima email tiap 5 menit. Malahan kameranya lebih tajam dan sudah 2 Megapixel. Bahkan Smart Nexian C951 saya yang notabene hape cina   bisa online dengan yahoo messenger. Semua hape yang saya sebutkan tadi bisa browsing internet. Yang gak bisa cuman BBM saja !

Pendeknya, kita bayar mahal untuk beli Blackberry itu untuk sebuah trend dan sebuah software yang namanya blackberry messenger. Saya agak pelit kalo masalah ginian. Karena itu saya gak akan mengeluarkan duit diatas satu juta untuk ponsel ini !

 

MACAM - MACAM BLACKBERRY MURAH
Blackberry murah pertama yang akan saya review di sini adalah seri Huron 8830. Dari mana munculnya barang ini saya gak tau, sing penting murah dan layak digunakan. Oh iya, semua BB di bawah ini bekas alias second. Maklum, gak pernah beli ponsel baru karena harganya jatuh sekali kalo dijual lagi. Saya percaya dengan barang bekas kok. Lagipula semua ponsel milik saya bekas semua.

Blackberry Huron 8830 GSM - CDMA
Harga di bekas.com : Rp 750.000

Blackberry Huron 8830

- Dual GSM - CDMA
Cdma sudah EVDO dan pake sistem inject. Di indonesia jaringan CDMA yang support BIS hanya Starone dan Smart, SINGLE ON.

- Layar 320x240, 65ribu warna TFT
Sama seperti layar BB pada umumnya kok

- Trackball
Masih pake bola, bukan touchpad

- OS Versi 4.5.0
Untuk BBM bisa diupgrade ke versi 5. OSnya juga bisa diupgrade ke versi 5, tapi rada lemot jadinya

- GPS, Bluetooth, EDGE
- Memory Internal 64Mb, micro SD up to 4Gb
- Qualcomm MSM6550 chipset
- Warna : Hitam, Silver, dan Merah

 

Blackberry Pearl 8130 CDMA
Harga di bekas.com Rp 750.000

Blackberry Pearl 8130 CDMA

- CDMA 850/1900
Bisa untuk semua operator, fleksi, starone, smart, dan esia. Sudah support EVDO

- Layar 240x260, 65ribu warna TFT

- OS Versi 4.5.0
Untuk BBM bisa diupgrade ke versi 5. OSnya juga bisa diupgrade ke versi 5, tapi rada lemot jadinya

- Memory Internal 64Mb, micro SD up 8Gb

- GPS, Bluetooth,

- Kamera 2Mp

- Warna : Hitam, silver, dan merah

 

Blackberry 8700 GSM
Harga di bekas.com : Rp 600.000

Blackberry 8700

- Warna : Hitam saja

-GSM
Frekuensi 800/900/1800/1900.

- Layar 320x240, 65ribu warna TFT
Sama seperti layar BB pada umumnya kok

- Jog Dial
Letaknya di samping, gerakannya cuman naik dan turun saja. Jadul sekali !

- OS Versi 4.0

- Bluetooth, EDGE
- Memory Internal 64Mb

Gak support memory eksternal

- Intel PXA901 312 MHz processor

 

Blackberry 8703 CDMA
Harga di bekas.com Rp 350.000

Blackberry CDMA

- CDMA 800/1900
Bisa untuk semua operator, fleksi, starone, smart, dan esia. Sudah support EVDO

- Layar 320x240, 65ribu warna TFT

- Jog Dial

- Bluetooth, EDGE
- Memory Internal 64Mb

Gak support memory eksternal

- Intel PXA901 312 MHz processor
- Ada GPS-nya....edan !

Sebenarnya masih ada lagi BB yang harganya di bawah satu juta rupiah. Kalo gak salah tipe 8330 Curve. Ini adalah Blackberry generasi pertama yang dijual di Indonesia. Kisaran harganya antara 800 - 900ribu.

Nah, sekarang kalo mau beli BB di atas ini silahkan cari di bekas.com. Sekedar tips, kalo nawar yang kejam yaa ! Misalnya dia buka harga 750 ribu, langsung saja tawar 600 ribu ! Kalo buka 600 ribu, tawar jadi 400 ribu ! He...he...he... namanya saja juga nawar ! Soalnya kalo saya jual di sana, yang nawar sadis - sadis. Kayak nawar di pasar maling ! Sementara ini saya masih belum memtuskan untuk membeli barang murah ini. Maklum, masih belum mau dijajah oleh BBM !

Review Blackberry 8530 dan 9330
8530 ini dikenal dengan nama Aries, sementara 9330 sebagai Kepler

Review Blackberry 8700 dan Blackberry 8330 CDMA
Kedua Blackberry ini pernah saya beli dan saat ini masih saya gunakan

Share this content

ARTIKEL TERBARU

PONSEL DAN GADGET

BISNIS ONLINE

SOFTWARE KOMPUTER