Website Wapannuri

REVIEW PC STATION DAN BETWIN

Pernah dengar istilah PC Station ? Atau Betwin ? Kalo Cloud Computing pasti pernah dengar. Banyak sekali orang yang tidak mengerti arti cloud computing, termasuk saya ! He...he...he.... Awalnya saya mengira cloud computing adalah network komputer yang luas, tak terbatas ruang dan waktu dengan menggunakan teknologi yang canggih. Ternyata saya setengah benar !

Definisi Cloud Computing adalah menggunakan sumber daya atau aplikasi atau software secara bersama-sama. Hampir sama dengan Microsoft Office server edition dimana kita hanya perlu menginstall program ini di satu komputer saja. Pengguna komputer lain bisa mengaksesnya asalkan masih berada dalam jaringan tersebut. Jadi, cloud computing sebenarnya teknologi lama yang dikemas ulang secara menarik. Lalu apa yang dimaksud dengan Pc Station serta Betwin. Dan apa hubungannya dengan Cloud Computing ? Pokok'E bacaen terus karena gak bakalan rugi ! Aku kok !

Cloud Computing

 

PC STATION DAN BETWIN
Dulu sekali, saya pernah menulis tentang betwin, program 1 komputer dipake beberapa orang secara bersamaan, tepatnya tanggal 15/05/2008. Tujuan saya saat itu adalah mengakali pembelian microsoft windows original. Tempat kerja saya punya 20 komputer yang OS-nya Windows bajakan semua. Kabar yang lebih buruk lagi, om polisi dan microsoft gencar melakukan razia software bajakan. Saya harus mencari cara untuk mengatasi hal ini, dan ketemu dengan program betwin. Tentu saja, kami harus tetap beli windows original, tapi jumlahnya tidak sebanyak itu.

BetwinProgram betwin ini memungkinkan kita menggunakan satu komputer secara bersamaan. Sebuah komputer yang terinstall betwin bisa digunakan sebanyak jumlah vga card yang bisa ditancapkan di slot motherboardnya. Percobaan yang pernah saya lakukan menggunakan 2 vga card saja. Artinya satu komputer digunakan oleh 3 orang. Waktu itu, spek komputer yanng paling canggih adalah Pentium 4 dengan Hyper Trading, memory 1Gb. Buka program microsoft office sampe photoshop lancar jaya ! Internet juga wuus..... wusss....wussss!

Betwin memang oyeee ! Proses instalasinya tidak terlalu rumit. Langsung install dan langsung plug and play ! Masalahnya ada pada driver vganya, kalo lebih dari 2 vga card. Biasanya antar driver crash ! Selama vga-nya dikenali, sistem betwin ini menyenangkan dan bebas masalah ! Solusinya adalah beli vga yang sama chipsetnya, kalo ATI, ya beli ATI semua. Jangan yang satu ATI, satunya NVIDIA ! Isa pusing kita ! Motherboard merk ASUS lebih bersahabat dengan betwin ini. Merk lain juga gak masalah kok, cuman yang bulletproof ya merk ASUS tadi.  Umumnya gak ada masalah yang berarti.

Beberapa orang yang pernah membaca tulisan saya tentang betwin ini sempat menelepon saya dan mencobanya. Ada yang buat warnet, ada yang buat pake sendiri, dan ada yang sekedar nanya-nanya. Umumnya mereka berhasil menginstall betwin ini ! He...he...he.... indahnya berbagi meskipun hanya ada ucapan terima kasih ! Pokok'e Betwin ini oyeee ! Dan oyaaa, saya tidak jualan program betwin, silahkan anda cari sendiri di internet. Ada baiknya anda membaca tulisan saya mengenai tips pencarian super efektif dengan menggunakan Google !

PC Station murahNah, PC STATION ini mirip dengan Betwin. Bedanya kita tidak perlu beli vga card dan gak perlu beli software-nya. Pc Station adalah alat yang sudah terinstall software di dalamnya. Begitu anda menyalakan alat ini, dia akan searching server dalam jaringannya. Lalu bagaimana caranya membuat suatu komputer menjadi server pc station? Gampang puool. Cukup install program yang disertakan pada waktu anda membeli alat ini di komputer yang ingin anda jadikan sebagai servernya.

Misalkan anda punya 5 komputer. 3 komputer di lantai satu, 2 komputer di lantai 4. Karena anda termasuk orang yang usil, anda install program pcs station ini di 5 komputer tadi. Begitu anda menyalakan PC Station ini dan menancapkan kabel LAN-nya maka dia akan menampilkan kelima komputer tadi sebagai server ! Anda mau login ke komputer di lantai satu terus keluar lagi dan masuk ke komputer lantai 4 ? Bisa dan tidak ada masalah sama sekali ! Tinggal connect lalu log off saja. Persis kayak internetan di hotspot !

Jika anda mau menambah satu Pc Station lagi, maka anda hanya perlu menancapkan kabel LAN saja dan simsalabim ! Satu komputer sudah jadi ! Enak soro pake PC station ini ! Jauh lebih enak daripada betwin ! Kedepannya, saya akan menggunakan pc station ini untuk tempat kerja saya karena Jongos'e kantor bisa merakit komputer ini ! Waakakakakakak ! Temenan iki rek ! Karena dia hanya perlu menarik kabel LAN dan kabel listrik saja !

 

PILIH MENGGUNAKAN PC STATION ATAU BETWIN ?
Kesimpulan pertama yang kita dapatkan dari Pc station dan betwin adalah sama-sama cloud computing ! Satu PC bisa dipakai beberapa user secara bersamaan. Tinggal beli VGA card (betwin) atau terminal (pc station).

Kesimpulan kedua yang juga sebuah pertanyaan : Enakan pake pc station atau betwin pak ? Jawabannya tergantung kebutuhan dan pilihan anda sendiri. Tugas saya di sini adalah memberikan review, pertimbangan, dan kelebihan serta kekurangannya.

Pc Station atau betwin

PERTAMA. Harga VGA card relatif lebih murah daripada terminal PC station. Di Surabaya, bulan Oktober 2011, satu VGA Card PCI-Express 512Mb harganya sekitar 450 ribu rupiah. Sedangkan harga pc station paling murah, tanpa merk, buatan cina Rp 700.000. Selisihnya sekitar 250 ribu rupiah. Artinya beli 2 pc station dapat 3 vga card. Untuk masalah harga, Betwin lebih murah.

KEDUA. PC station jauh lebih user friendly dan mudah perawatannya. Jika saat ini anda menggunakan betwin dan berencana untuk menambah 1 user lagi maka anda akan pusing dan takut-takutan. Pusing karena harus menshut-down komputer dulu, anda dan orang yang komputernya dibongkar sama-sama terganggu dan tidak bisa kerja. Takut-takutan karena komputer itu sensitif kalo dibongkar pasang. Apalagi betwin sedikit pilih-pilih vga card. Nek drivernya crash, bisa berhari-hari anda perang dengan komputer itu dengan kemungkinan menang kalah 50-50.

Coba kalo udah pake pc station ! Ya Tuhan, terima kasiih banyak ! Cukup beli terminalnya, tarik kabel LAN dan tancepin ke PC station ! Langsung nyala dan bisa dipake dalam hitungan menit ! Jongos'e kantor ae iso ! Benar-benar mudah ! Untuk perimbangan kemudahan, PC Station juaranya !

 

Server PC Station
Server PC STATION saya !
- AxiooDual Core
- Memory 2Gb
- VGA dedicated 512Mb
KETIGA. Jika letak komputer yang ingin anda tambahkan jauh dari server maka mutlak harus memakai PC station. Anggap saja 10 meter dari servernya. Masalahnya pada betwin adalah kabel monitor dan kabel keyboard dan mouse !
Kalo kabel monitor sih bisa diatasi, tapi maksimal hanya 50 meter. Lebih dari itu anda harus beli penguat vga ! Tau gak harganya kabel monitor 50 meter ? Yang pasti mahal soro rek ! Tapi gak apa-apa karena masih ada yang jual. Beda dengan kabel USB ! Gak ada yang jual kabel USB 50 meter ! Wkakakakakak.... Setahu saya paling panjang cuman 15 meter ! Tapi keyboard dan mouse anda gak bakalan dikenali komputer. Gak kuat soalnya !

Rekor terpanjang saya untuk betwin adalah 6 meter. Keyboard, mouse, dan vga dapat dikenali dengan baik ! Lebih dari itu saya tidak berhasil !

Bagaimana dengan PC Station ? Waaaaah....luar biasa bok ! Sekuat anda membeli kabel LAN ! Saya baru nyoba dari komputer lantai 3 ke komputer lantai 1, melewati 3 HAP !  Lancar jayaaaa ! No Problem At All.... Soal jarak.... PC Station lagi juaranya !

KEEMPAT. Bagaimana dengan performanya ? Baik PC Station maupun Betwin sama-sama mengklaim performanya mengikuti performa servernya. Jika Core2Duo, maka pc station juga menikmati kecepatan Core2Duo. Demikian juga dengan Betwin ! Jika Server spek-nya QUAD CORE , maka anak-anaknya juga ikut QUAD CORE !

Pada kenyataanya memang iya ! Tapi Betwin jauh lebih unggul kalo menyangkut masalah kinerja ini.

Masalah yang pertama kali anda temukan di PC Station adalah resolusi monitor. Setting pixel terbesar yang bisa anda gunakan pada pc station adalah 1024x768 : 16 bit. Artinya monitor wide anda tidak bisa menampilkan hasil maksimal, gambarnya besar-besar dan kelihatan penyet ! Wes gitu gak tajam maneh ! Memang PC station adalah teknologi lama yang cocok dengan monitor jadul alias monitor tabung yang makan tempat ! Kapan diuptade softwarenyaaaa ? Kapan ?

Bagaimana dengan betwin ? Waaaah, dijamin anda pasti puas karena resolusinya bisa maksimal sesuai dengan tipe VGA yang anda beli ! Kalo anda beli yang 2Gb maka anda bisa menikmatinya dengan betwin ini.

Dari pengalaman saya menggunakan Betwin dan Pc Station ini. Masalah kinerja masih lebih unggul betwin. Anda bisa membuka Photoshop dan Coreldraw bersamaan tanpa membuat server menjadi lambat/terganggu. Kalo pake PC Station, anda bakalan marah-marah karena baik komputer server maupun client akan ngelag ! Kok bisa yaaa ? Emboh gak eroh, tapi kenyataanya gitu. Ato karena saya beli PC Station yang murah, tak bermerek, dan tak terkenal yaaa ? Mungkin juga, karena saya gak mau beli PC Station merk Sunday yang hargnya 1juta rupiah ! Mengapa ? Karena selisih sedikit dengan merakit komputer baru !
 
Gangguan lainnya yang saya alami dengan PC Station adalah waktu komputer client standby ! Jika mau digunakan lagi, maka dia akan freeze sebentar baru kemudian berjalan normal kembali ! Begitu 10 menit tidak kita gunakan, PCS akan freeze sebentar, paling cuman 5 detik. Tapi benar-benar menganggu !
Jadi, betwin lebih unggul di masalah performa atau kinerja.

Kinerja PC Station

 

KESIMPULAN
Setelah membaca review pc station, betwin dan cloud computoing inu. Sistem mana yang akan anda gunakan ? BTW atau PCS ?
Kalo saya ya jelas milih PC Station karena program operasinal kantor saya ringan. Software sehari-hari yang digunakan tak lepas dari winamp, microsoft office, dan internet. Gak perlu komputer spek tinggi ! Lain saya, lain anda ! Apa tujuan anda ?

Lah terus kenapa pak Wapan dulu milih Betwin ? Soalnya harga pc station dulu mahal, gak masuk akal, dan ngawur ! Jaman saya dulu harga vga card cuman 150rb, harga pc station 1.500.000 ! Sedangkan harga PC lengkap tanpa monitor 1.500.000. Daripada beli Pc station mendingan beli CPU opo'o ! Yang jual kok gak mikir yaaa ??? Wes, pokok'e sudah tak review. Anda sendiri yang memutuskan mau pilih pc station atau betwin yang sama-sama keluarga cloud computing terapan.

 

BETWIN, satu komputer dua monitor !
Bisa diakses bersamaan ! Beli VGA card, pasang, dan install softwarenya
.

Share this content

ARTIKEL TERBARU

PONSEL DAN GADGET

BISNIS ONLINE

SOFTWARE KOMPUTER