Website Wapannuri

PANDUAN MEMBUAT WEBSITE

Berbicara mengenai panduan berarti kita berbicara mengenai apa yang harus pertama kali kita lakukan, kemudian kedua, ketiga, 4 dst....Kalau menurut Wapannuri sih langkah - langkahnya :

Panduan membuat website gratisan

 

1. ISI WEBSITE
Apa yang mau kita tampilkan di website kita. Dan apa tujuan kita membuat web ini. Apakah itu untuk company profile atau sekedar iseng. Kalau untuk company profile apa isinya ? Menurut saya paling tidak harus mengandung beberapa hal ini :

a. Profil perusahaan. Siapa pemilik perusahaan itu, alamatnya, email, fax, no. telepon, dan kalau perlu no. handphone. Karena menurut saya, bisnis internet adalah bisnis kepercayaan. Dan kepercayaan harus didukung dengan bukti dan keterbukaan. Kita tidak akan bertransaksi di internet kalau kita tidak tahu dengan siapa kita akan berhubungan. Apakah dengan perusahaan sungguhan atau penipu pengalaman.

b. Produk yang dijual. Dan ini berbicara mengenai foto, karena dengan foto orang lain bisa melihat dengan matanya sendiri apa yang kita jual. Kalau ada video lebih baik, karena dilihat dari semua sisi. Hanya yang perlu diperhatikan adalah mengenai ukuran produk. Foto tidak bisa disamakan dengan ukuran sebenarnya. Mungkin saja di foto kelihatan kecil, tetapi begitu barangnya datang...jauh dari kecil! Untuk itu perlu ada benda pembanding dalam foto kita. Misalnya korek api, kartu kredit, dan lainnya yang umum diketahui orang. Jadi pengungjung bisa mempunyai bayangan mengenai produk kita.

c. Testimony & Portofolio. Ini adalah bukti dari produk kita. Bahwa kita bisa dipercaya oleh pengunjung. Hanya saja testimony dan portofolio ini bisa menipu karena semua orang bisa menulis sesukanya mereka, toh tidak ada yang protes. Makanya...jaga integritas kita. Jangan mbujuki...karena ada hukum menabur dan menuai.

 

2. DISAIN WEBSITE
Kalau menurut saya, hanya ada 2 tipe disain, yaitu KECEPATAN dan KEINDAHAN.

a. Kecepatan. Cepat atau tidaknya loading website dipengaruhi 2 faktor, yaitu koneksi internet dan file yang akan dibaca. Ambillah asumsi bahwa 50% pengguna internet di indonesia menggunakan jasa Telkom. Jadi tolak ukur kecepatan website kita adalah menggunakan Telkomnet. Sebagai informasi tambahan, yang dicari kebanyakan orang di internet itu adalah informasi. Informasi yang sesuai dengan kebutuhannya.

b. Keindahan. Kapan kita perlu membuat disain yang indah ? Jika produk yang kita jual adalah invisible atau jasa. Karena keindahan berhubungan dengan foto, video dan animasi. Dan ini membutuhkan file yang lumayan besar. Makanya membuka situs porno memerlukan waktu yang relatif lebih lama.

 

3. DOMAIN & HOSTING
Kalau saya sendiri lebih suka pilih yang dekat dengan tempat tinggal saya, supaya lebih mudah kalau mau komplain. Untuk Domain & Hosting yang ada di Surabaya bisa menggunkan jasa Jagoan Hosting. Untuk informasi mengenai hal ini bisa klik di Domain & Hosting Gratis yang sudah saya tulis.

 

4. PROGRAM
Terakhir, dengan program apa kita akan membuat webiste. Kalau menurut wapannuri. Pakai program Dreamweaver karena sangat kompatibel dengan program database. Dan percayalah teman, gak akan rugi belajar program ini (kalau kamu memang ingin serius di bisnis internet). Alternatif program lainnya adalah program website builder, tinggal search di google...dan anda akan menjumpai banyak program ini...gratis kok.

Google Adsense untuk penghasilan tambahan
Kabar baik buat anda, karena adsense sudah mendukung bahasa Indonesia

Share this content

ARTIKEL TERBARU

PONSEL DAN GADGET

BISNIS ONLINE

SOFTWARE KOMPUTER