Website Wapannuri

CARA MENIKMATI HIDUP DALAM MASALAH DAN KEKURANGAN

Setelah bertemu dengan orang yang memiliki segala-galanya dalam kehidupan ini, pemikiran saya tentang pensiun usia muda berubah drastis. Dulu saya berpikir hidup tanpa masalah itu menyenangkan, bekerja tanpa perlu memikirkan hari ini bisa makan atau tidak itu kebahagiaan dan sungguh merupakan barokah jika tidak perlu kuatir dengan masa depan karena hartaku tidak akan habis tujuh turunan. Ternyata apa yang kelihatannya indah dalam bayang-bayang tidak seindah kenyataannya. Bagaimana mungkin memiliki kekayaan namun tidak nikmat sama sekali ?

Tips menikmati hidup yang penuh dengan masalah

 

MANUSIA MEMILIKI RASA BOSAN

Apa makanan yang paling paling anda sukai dalam hidup ini ? Pernah coba Wagiu ? Daging sapi mendem ! Beberapa bulan lalu saya sempat mencicipi makanan ini. Rasanya memang khas, daging aroma miras. Enak sekali (juga mahal sekali)

Semenjak kecil, si sapi sudah diminumi bir, sehingga dagingnya beda dengan sapi-sapi lainnya. Baunya pun bukan bau sapi...terus bau apa dong pak ? Ha...ha...ha....Demikian pula dengan perawatannya, mungkin mandinya air aqua dan makannya rumput afrika. Si sapi yang hanya mengenal bir ini tidak mau mimik air ketika dewasa karena dari kecil tahunya bir adalah minuman untuk sapi. Lagi pula teman-teman si sapi ini juga minum bir, geng sapi bir rek !

Wagyu, daging sapi mendem. Rasanya mantapGigitan pertama menggoyang lidah, brrrrr ueeeenak tenan ! Gak tau makan yang kayak gini dalam hidupku, juga gak tu makan semahal ini ! Nah, saya memiliki kebiasaan antik dalam soal mencoba makanan baru. Pesen yang banyak sampe mblenger ! Begitu perut udah mulai kenyang dan hidangan di meja masih sisa maka saya tetap menelannya, kalau tetep tidak bisa ya saya bungkus buat jadwal makan selanjutnya. Tapi, sampai di rumah biasanya tidak saya sentuh lagi karena wes enek, liat aja males apalagi makan lagi. Nggak deh...

Begitu makan wagyu untuk kedua kalinya, sensasinya mulai berkurang. Tidak seenak yang pertama. Makan untuk yang ketiga kalinya tambah biasa-biasa saja. Kalo makan wagiu setiap hari bisa marah-marah saya ! Mbleeenger tau ? Apa gak ada makanan lainnya tah ?  Nek di-titir terus, justru nasi pecel kuah rawon itu jauh lebih enak.

Saya yakin anda juga mengalami hal yang sama. Jika anda sering makan di luar, saya yakin akan kebingungan mau makan apa lagi hari ini ? Masakan istri anda yang biasa-biasa saja jadi luar biasa karena jarang anda makan. Jika anda berada di luar negri atau luar pulau, maka tahu campur, gado-gado atau indomie goreng itu rasanya wueenak tenan ! 

Sesuatu yang dinikmati terus - menerus, pada akhirnya akan berkurang tingkat kepuasannya. Itulah sifat dasar manusia ! Jika anda ingin mendapatkan tingkat kepuasan yang sama lagi, maka anda memiliki dua pilihan. Menaikkan standar anda atau menurunkan standar hidup anda.

 

CARA MENIKMATI HIDUP

Sebagian besar orang memilih jalan yang salah dan berakhir dengan tingkat kebosanan yang mengerikan. Jika anda heran dengan berita bunuh diri seorang anak yang bapak ibunya kaya raya, berkuasa dan terhormat maka inilah penyebabnya.

Menaikkan standar hidup pada akhirnya berakhir dengan kebosanan. Setelah wagiu, maka anda akan mencoba babigiu, ayamgiu, hiugiu, kelelawarqiu, tikusqiu, RWgiu dan giu giu lainnya. Proses menaikkan standar ini begitu mudah dan begitu berulang-ulang. Hal yang sama setiap kali, hanya beda di harganya saja. Begitu sering sehingga anda berpikiran dengan uang bisa membeli segala-galanya.

Hal ini benar kecuali membeli kebahagiaan dan kenikmatan hidup. Memang benar anda bisa membeli kenikmatan hidup dengan rumah mewah, mobil mahal, gadget terbaru atau Wanita Idaman Lain. Tapi semua itu akan berakhir dengan kebosanan. Justru tambah sugih isa tambah bosan, paradox kehidupan yang tidak dipahami oleh kita yang hidupnya pas-pasan.

Cara menikmati hidup itu dengan mengetahui tujuan hidup kitaPertanyaannya adalah apa yang sebenarnya mengisi hidup kita ? Bukan masalah kekayaan tidak membawa kebahagiaan. Jika anda menebak bahwa tulisan saya itu anti sukses maka anda juga salah. Saya berpendapat dan mengharuskan bahwa setiap orang harus hidup berkecukupan. Gak ada enaknya tiap hari makan tahu tempe rek ! Gak enak juga nek tiap awal bulan terima bayaran cuman mampir sedilut terus dibuat bayar utang ! Asli gak ada nikmatnya ! Belum lagi gegeran ambek bojo gara-gara uang !!

Anda harus menaikkan standar hidup anda yang pas-pasan ke hidup yang berkecukupan dulu. Jangan mau hidup hanya karena belas kasihan orang lain dan bergantung dengan utang ! Anda harus jadi orang cukup, syukur-syukur kalo bisa lebih !

Anda juga salah jika berpikiran tidak bisa menikmati hidup dengan keadaan seperti saat ini ! Saya tidak ngomong bekerja hanya untuk bayar utang itu harus dinikmati. Salah besar itu ! Cara hidup anda salah, ngapain hutang ? Karena kebutuhan hidup ? Karena bayarannya kurang ? Tidak mungkin ! Setiap manusia dipelihara oleh Tuhan pencipta langit dan bumi. Hanya saja anda telah mensia-siakan anugerahNya. Ketika sukses anda berfoya-foya dan berpikir hartamu tidak akan habis 7 turunan. Ketika berada di titik terendah dalam kehidupan anda memilih mengambil jalan pintas !

Ketika memiliki pilihan menyimpan atau menghabiskan anda memilih bersenang-senang. Ketika anda bisa memilih membayar hutang atau bersenang-senang anda pilih menyenangkan diri sendiri. Ketika anda bisa memilih menaikan atau menurunkan standar hidup untuk menekan kebosanan, anda memilih menaikannya.  Pendeknya anda benar-benar hanya memikirkan saat ini saja. Masa depan ? Nanti dulu deh....

Jadi, jika saat ini hidup anda serba minus dan membaca tulisan ini seraya berkata dalam hati...aahhh saya tak belajar menikmati hidup saya karena si Wapannuri menyarankannya maka anda tidak menangkap maksud saya. Perbaiki dulu pola hidup anda, prioritaskan mana yang benar-benar penting dan abaikan segala hal yang tidak penting tetapi seakan-akan penting.

Saya keki benar dengan orang yang men-ciak uang saya ! Ketika dia memilih merawat orang yang bukan apa-apanya daripada membayar hutangnya kepada saya, ealah malah memilih merawat orang itu karena katanya lebih mulia. Lah...saya juga punya tanggungan bos ! Saya harus menghidupi keluarga saya, istri saya makan apa ? Orangtua saya makan apa ? Saya bayar listrik pakai uang monopoli apa ? Dia pikir merawat orang lebih penting daripada membayar utang ? Gila !  Mengambil uang orang lain itu juga berarti membunuh nyawanya ! Tapi untung ada Tuhan yang baik yang memelihara dan bertanggungjawab atas ciptaanNya.

Ketika anda tidak bisa membuat pilihan yang benar, maka selamanya tidak akan pernah bisa menikmati hidup ini. Sekalipun anda kaya raya sayangnya tidak bahagia, apalagi nek melarat, tampah sengsara jadinya.  

 

TIPS MENIKMATI HIDUP DALAM KEKURANGAN

"Pertama kali naik Lexus, rasane enak soro. Tapi kalo setiap hari naik Lexux rasane biasa. Gak ada bedanya dengan naik mobil lainnya. Setelah mendown-grade hidup, saya beli Xenia....wik kamu tahu ? Naik Lexus itu enak soro !" kata Ayah kaya saya. Ha...ha...ha....sopo sing ngangkat si Wanapuri jadi anaknya ? Gak kok, aku cuman niru Robert Kiyosaki, Rich Dad Poor Dad.

"Tadi pagi, saya bangun jam 4 pagi, bikin kopi sendiri dan duduk di apartemen saya sambil lihat Sunrise ! Wah indah juga ya Sunrise di Surabaya ! Gak perlu ke Jepang buat liat matahari terbit. Di sini gak kalah bagusnya kok ! Selama tinggal di sini, aku baru tahu pemandangan di apartemen ini ternyata indah sekali." lanjut ayah kaya saya. DIEEENG !!

Tiap hari kita juga menikmati matahari terbit, bahkan sebelum matahari terbit kita wes ndisek'i (mendahului). Gak onok apik'e, yo rasane sumuk ambek mblenger titik. Kerjo maneh !! Diamuki bos maneh !! Ha...ha...ha....

Tips pertama adalah menurunkan standar hidup kita sendiriTips pertama untuk menikmati hidup adalah  pepetkan diri anda dulu sebelum anda benar-benar kepepet. Ayah kaya saya menggunakan istilah yang berbeda, "Saya harus menurunkan standar hidup saya karena kalo saya hidup seperti sekarang ini maka saya tidak akan bisa maju lagi. "

Tips ini gampang diucapkan namun sulit dilakukan karena membutuhkan disiplin yang sangat hebat. Tantangannya adalah membuang harga diri anda sendiri. Jika dulu anda dihormati, sekarang harus menghormati. Jika dulu anda dilayani, sekarang harus melayani. Jika dulu anda dicari orang, maka sekarang anda yang mencari mereka !

Kalau saya menganggap diri saya tidak memiliki uang untuk hari ini maka saya harus bekerja sedemikian kerasnya supaya hari ini bisa makan dan keluarga saya bisa tetap hidup. Padahal kenyataannya tidak demikian. Tabungan saya cukup untuk hidup berbulan-bulan, saya bisa beli HP terbaru, bisa nyicil mobil atau makan di Sushi Tei kalau mau. Tetapi saya tidak mengambil jalan itu. Saya lebih memilih untuk memproyeksikan hidup saya saat ini dalam keadaan sulit karena saat ini saya memiliki pilihan. Saya tidak mau berada dalam keadaan benar-benar kepepet ! Saya lebih memilih berada dalam keadaan kepepet daripada benar-benar kepepet.

Setelah rutin menerapkan keadaan kepepet ini maka saya benar-benar tidak pernah kepepet. Jika tabungan saya berada dalam kondisi sisa 3 bulan, maka saya memproyeksikan hidup saya tinggal 1 bulan saja. Jika tabungan saya berada dalam keadaan 1 bulan, maka saya memproyeksikan hidup saya tinggal satu hari saja. Jika tabungan saya sudah habis, maka saya terpaksa membuka tabungan asuransi saya. Jika tabungan asuransi saya sudah habis maka saya terpaksa menjual emas hasil pernikahan kami. Jika emas itu sudah habis juga, berarti saya harus kerja ikut orang lagi. Ha...ha...ha.... tapi ijek adoh rek, bisa bertahun-tahun itu lamanya !

Kok rasanya gak mungkin kalo dalam waktu satu dua tahun ini aku gak dapet kerjaan sama sekali ? Toh saya bukan orang malas dan nganggur. Tandanya kalo saya gak sempet update Wapannuri dot com ini berarti saya super duper akeh kerjaan. Kalau saya sempat bikin satu atau tiga artikel perbulan berarti saya repot. Kalo saya bisa bikin diatas 4 artikel perbulan berarti saya senggang. Kalo saya bikin artikel tiap hari, berarti apa yaaa ? Soale mulai tahun 2008 sampe sekarang hal itu tidak pernah terjadi. ^-^'

Percaya diri sendiri agar bisa menikmati hidupTips kedua agar bisa menikmati hidup ini adalah memiliki keyakinan bahwa saya pasti sukses. Dan kalo udah sukses nanti ngapain ? Baru mulai menikmati hidup ? Nggapain harus nunggu nanti ? Sekarang pun saya bisa menikmati hidup dalam kekurangan atau masalah. Kenapa harus tunggu nanti untuk menikmati hidup ? Disuruh sapa ? Sarannya sapa ? Ngawur ae, hidup itu pilihan tau !

Saya saat ini dalam masalah, so what gitu loh? Masalah saya tidak bisa diatasi ? Kata siapa ? Tidak ada kasus yang tidak selesai. Masalah saya besar dan banyak pak ! Gampang itu, pecah-pecah saja dulu jadi masalah kecil-kecil. Selesaikan satu persatu dan pelan-pelan.Hanya masalah waktu saja sebelum masalah besar jadi masalah kecil. Kan kita masih punya waktu 20 tahun lagi untuk hidup, syukur-syukur dikasih umur lebih panjang lagi.

Wah, masalah saya ini tak ada ujung pangkalnya pak Wapannuri, mbulet-let. Baik, kamu umur berapa sekarang ? Sacap (30) tah ? Terus rencanamu mau matek umur piro ? Gocap (50) ? Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk metani masalahmu yang mbuleti itu ? Setahun cukup ? Dua tahun ? Lima tahun ? Kalo memang butuh waktu lima tahun, mulailah metani dari hari ini, jadi kamu masih punya sisa waktu 15 tahun untuk menikmati hidup ! Beres kan ! Jika waktu berada di pihak kita, jika waktu masih ada ngapain dibuang-buang dengan mengeluh ? Mulai dengan apa yang bisa kamu kerjakan saja. Jok angel-angel, sing gampang disek ae !

Kenapa anda berpikir tidak bisa sukses ? Kenapa anda berpikir ikut orang tidak bisa sukses ? Siapa yang ngajari itu ? Denger dari sapa jadi karyawan tidak bisa sugih ? Anda hanya tidak tahu caranya. Saya pikir dengan menyempatkan waktu untuk membaca Manajemen Keuangan Pribadi mata anda akan terbuka betapa banyak uang yang anda hambur-hamburkan.

Ok. Anda pekerja keras, kreatif dan mau hidup susah. Anda juga jujur, beriman dan memiliki integritas. Beri saya tiga alasan saja mengapa anda tidak bisa sukses ! Satu-satunya penyebab hidup anda datar-datar saja saat ini adalah "menunggu".  Anda menunggu keajaiban dulu baru bergerak. Anda menunggu order dulu baru berani kulakan. Anda menunggu Tuhan membuka jalan dulu baru mau melangkah. Anda menunggu anak anda besar, anda menunggu cicilan rumah lunas, anda menunggu gaji anda naik dulu, menunggu ini, menunggu itu.....tapi yang ditunggu - tunggu tidak datang juga.

Hei! Bukan begitu cara kerjanya ! Anda harus melangkah dulu baru jalan terbuka. Anda harus berani mengambil keputusan dulu baru Tuhan mengawal. Ketika Tuhan di pihak kita siapakah lawan kita ? Bahkan ketika Tuhan menutup pintu, Ia segera membuka jendela. Kok bisa ? Ya soale Dia adalah pencipta yang bertanggungjawab. Bukan seperti beberapa bapak yang menelantarkan anak-istrinya.  Tuhan tidak pernah meninggalkan kita sendirian.

Tuhan juga tidak pernah membiarkan masalah yang melebihi kekuatan kita. Masalah yang anda hadapi saat ini adalah masalah yang mampu anda atasi. Itu janjiNya, jadi mengapa harus bingung mencari jalan keluar ? Lakukan saja segala sesuatu yang bisa anda kerjakan dan nikmatilah setiap detiknya dengan ucapan syukur. Lapo mikir soro-soro ? Ketika anda sukses nantinya pasti kangen dengan saat-saat mendebarkan seperti sekarang ini.

 

KESIMPULAN
Jujur saya kangen dengan ketegangan bekerja sebagai seorang Event Organizer. Saya kangen dikejar-kejar waktu, saya kangen bekerja tapi gak mari-mari. Saya kangen debaran jantung waktu opening....serune rek!  

Ahhh....jika ingat tentang masa lalu yang penuh masalah itu saya jadi tersenyum sendiri. Seandainya saja saat itu saya bisa lebih menikmati dan bersyukur. Tapi mau gimana lagi ? Waktu tidak bisa diputar kembali, tinggal kenangan yang disimpan di hati untuk masa tua nanti. Tunggu.....

Saat ini saya memiliki pilihan untuk merubah masa depan saya. Apa yang dulu tidak sempat saya lakukan bisa saya lakukan hari ini. Kali ini saya akan lebih menikmati hidup walaupun ada masalah dan serba pas-pasan. Ya ! Karena saya yakin sepuluh tahun mendatang saya pasti menjadi orang sukses, dan juga tetap membagikan hidup saya di sini !

Pekerjaan yang membuat kita kaya ?
Lakukan apa yang anda sukai dan mulailah melakukannya. Sekarang !!

Share this content

ARTIKEL TERBARU

BISNIS ONLINE

SERI WIRASWASTA

PERENCANAAN KEUANGAN

ARTIKEL LEPAS