Website Wapannuri

CARA CEPAT KAYA YANG BODOH

Begitu banyak orang yang terjebak dalam konsep berpikir kaya mendadak. Begitu banyak orang yang mencari cara cepat kaya. Begitu banyak orang percaya ada metode mudah mendapat kekayaan. Anda percaya ada jalan singkat meraih kekayaan ? Anda bodoh karena tidak pernah ada orang kaya mendadak yang tetap kaya hingga kematiannya. Sekalipun kadang-kadang prinsip ini tidak berlaku bagi beberapa orang, namun pada akhirnya mereka harus takluk pada hukum tertua dunia ini, "Cepat dapat, cepat hilang."

Cara cepat kaya ala Mark Zuckerberg

 

MEMANG BENAR ADA CARA CEPAT KAYA, TAPI....

Saya percaya ada cara kaya mendadak karena memang terbukti. Ada Mark Zuckerberg, si pendiri Facebook yang kekayaannya 13,5 triliyun dollar (bukan rupiah). Ada Chad Hurley pembuat situs video sharing, YouTube yang berumur 30 tahun. Ada Blake Ross dan David Hyatt pemilik browser Internet Mozilla Firefox yang baru berumur 22 tahun. Sedangkan di Indonesia ada sinyo cakep yang lagi naik daun, Bong Chandra (23 taon) .

Nama-nama yang saya sebutkan di atas itu hanya dalam bidang Bisnis Internet, karena saya hidup di dunia ini. Masih ada ratusan nama lagi yang tidak saya ketahui berhasil menjadi OKB (Orang Kaya Baru). Bahkan saya yakin anda bisa menyebutkan beberapa nama teman anda yang dulunya kere sekarang ini menjadi kaya. Sebaliknya anda pun bisa menyebutkan nama teman anda yang dulunya kaya sekarang menjadi kere. Lah....anda kok pancet ae ? Dulu gak sugih...saiki yo gak sugih. Dulu biasa-biasa saja, sekarang pancet aeeeeee !!

Kaya mendadak ala bong chandraMengapa teman - teman saya nasibnya lebih baik dari saya ? Mengapa mereka lebih cepat jadi orang kaya dibandingkan saya ? Padahal umurnya sama, podo makan nasi, start-nya barengan, melarat'e podo. Tapi kenapa dia lebih cepat pensiun dari saya ya ? Apa yang kurang dari saya ? Apa saya menempuh jalur yang salah ? Apa Tuhan tidak adil kepada saya ? Apa nasib saya memang jadi pegawai sampe mati ? Apa karena saya tidak berani mengambil resiko ? Jika orang lain bisa kaya, maka saya pun juga bisa !

Anda harus bisa membedakan antara orang kaya dengan orang sukses. Orang kaya adalah orang kaya, sedangkan orang sukses adalah orang sukses......ck...ck...ck....pak Wapan edan!....semua orang juga tau pak ! Keponakan saya yang masih umur 5 taon juga isa njawab ngono pak ! Entot....wong sugih yo wong sugih....wong sukses yo wong sukses....gak tepak blas ! Hadeh....hadeh....

Gini...maksud saya, orang kaya belum tentu sukses. Sementara orang sukses pasti akan kaya. Teman anda kaya, bagus ! Itu kekayaan bapaknya ! Teman anda sukses tapi ijek melarat, bagus ! Kaya hanya masalah waktu saja ! Sukses selalu berakhir dengan kekayaan sekalipun saat ini masih belum kelihatan. Sementara kekayaan belum tentu berakhir dengan kesuksesan. Saya memiliki definisi kesuksesan yang sedikit berbeda dari kebanakan orang, itulah alasan saya mengatakan hal ini.

Sukses berarti melakukan sesuatu yang kita sukai. Seorang penjual yang sukses adalah seorang penjual yang menyukai menjual produk karena itulah satu-satunya hal yang ingin dilakukan dalam hidupnya. Seorang ibu rumah tangga yang sukses adalah seorang ibu rumah tangga yang menginginkan menjadi ibu rumah tangga. Saya seorang pengusaha garmen yang sukses karena saya menyenangi mengutak-atik kain, menjahit, mendisain dan menjualnya menjadi pakaian yang paling indah yang pernah saya buat khusus untuk seseorang.

Orang sukses adalah orang yang begitu mencintai pekerjaannya. Dia hanya memikirkan satu hal saja, produk terbaik untuk pelanggannya. Jika dia bekerja sebagai salesman, maka order akan dikirim tepat waktu, menjelaskan keunggulan produknya dengan bersemangat dan melayani dengan hati tulus. Jika dia pengusaha, maka dia akan memastikan mendapatkan barang termurah dan menjualnya dengan harga terbaik. Jika dia adalah seorang profesional, maka dia akan memastikan dirinya siap menghadapi pertanyaan atau kasus terberat yang pernah ada.   

Definisi Sukses
 
Sekarang, bisakah anda meramal masa depan seseorang yang memiliki konsep berpikir dan cara kerja seperti itu ? Apakah hidupnya tetap sama beberapa tahun mendatang ? Bisakah nasib mereka berubah menjadi lebih baik dari hari ini ? Apakah mereka calon Orang Kaya Baru ? Jika anda berpikir bahwa mereka akan menjadi orang kaya maka anda setengah benar.

Masa depan tidak bisa diramalkan. Sama halnya dengan kekayaan anda. Jika anda berpikir bahwa harta kekayaan anda tidak akan habis sampai tujuh turunan, maka anda perlu membaca tulisan saya tentang kematian ! Saya kenal seorang yang berpikir persis seperti itu ! Dan memang, sampe 7 turunan pun tidak akan bisa habis duitnya. Anda bisa menghitung kekayaan anda, tetapi anda tidak bisa menghitung hari - hari anda ! Anda bisa bekerja keras untuk masa depan anda tetapi anda tidak bisa mendapatkan jaminan kekayaan.

Yah....saya punya teman yang nasibnya kayak Pak Wapan ceritakan. Teman saya ini pekerja keras, taat beribadah dan berbakti kepada orang tua. Tapi gak sugih-sugih....pancet elek ae nasib'e. Anehnya, teman saya satunya lagi....wes bejad, durhaka, rai gak ngrejekeni, elek, ngentut-an tapi hokinya gak abis-abis.  Dunia sungguh semakin jahat. Nasib orang baik jadi jelek, sementara nasib bajingan malah tambah baik. Dunia wes terbalik. Sing rajin tetep melarat, sing males tambah sugih !

Jadi, jika kerja keras bukan jaminan memperoleh kekayaan. Apalagi elu yang males-malesan ! Kamu pingin cepat kaya tapi gak mau susah ! Kamu pingin kaya mendadak tapi gak mau ambil resiko ! Kamu pingin usaha sendiri tapi takut keluar dari pekerjaanmu saat ini ! Kamu mengeluh nasibmu begini-begini saja tapi tidak mulai melakukan sesuatu ! Kamu berpikir telah melangkah keluar dari zona nyaman tapi hasil kerjamu tidak kelihatan. Kamu tidak tahu apa yang benar-benar kamu sukai tetapi berpikir untuk memulai usaha sendiri. Kamu mau kaya tapi mengharapkan orang lain yang bersusah payah untuk dirimu. Parahnya lagi... kamu berpikir kamu pernah membangun usaha dari nol tetapi kamu itu sebenarnya baru mengupas kulitnya !

Jika kerja keras saja tidak menjamin masa depan yang penuh kelimpahan apalagi kamu yang banyak alasan !

 

Grafik perkembangan usaha

 

PENYIMPANGAN ADALAH KENYATAAN HIDUP

Jika kematian adalah satu-satunya hal yang pasti dalam kehidupan, maka penyimpangan adalah hal kedua yang sama pastinya dalam kehidupan ini. Penyimpangan adalah hal yang neleneh, tidak masuk diakal, diluar perkiraan dan produk tidak sempurna. Tidak semua penyimpangan yang ada dalam kehidupan ini jelek. Kadangkala malah mendatangkan berkah tersendiri bagi orang yang mengalaminya.

Suatu bentuk usaha umumnya membutuhkan waktu lima sampai sepuluh tahun mencapai masa kejayaannya. Jika usaha yang anda rintis baru berjalan lima tahun, maka teruskan saja dan tetaplah fokus karena anda kurang lima tahun lagi untuk dapat memetik hasilnya. Penyimpangan yang mungkin anda alami adalah selama sepuluh tahun masih tetap saja sama. Jangan menyerah, karena ada beberapa orang yang baru mencapai puncak kesuksesan usahanya setelah 15 tahun bekerja. Bahkan ada yang baru memetik buahnya 25 tahun kemudian. It's OK!

cara kaya mendadak ala chad hurleySebaliknya, penyimpangan yang membawa berkah datang kepada orang yang hanya perlu waktu kurang dari lima tahun saja langsung Boom! Mark Zuckerberg hanya membutuhkan waktu satu tahun saja untuk menjadikan Facebook terkenal. Dan membutuhkan waktu 7 tahun untuk menjadikannya sebagai bisnis internet terbesar ketiga setelah Apple dan Google. Dari biasa-biasa saja menjadi luar biasa. Dari bukan siapa-siapa menjadi siapa yang gak tau Mark Zuckerberg berarti ndeso !

Tuhan hanya menciptakan manusia menjadi dua jenis. Pria dan wanita. Semenjak kejatuhan manusia ke dalam dosa, munculah dua jenis spesies baru, pria kewanita-wanitaan dan wanita kepria-prian. Padahal hanya ada dua hormon saja, testosteron yang membentuk pria dan esterogen yang membentuk buah dada wanita. Nek kamu pria tapi memiliki lebih banyak hormon esterogen daripada hormon testosteron maka kamu adalah jenis bocor alus. Pria dengan tubuh wanita. Berkulit tipis, halus, bersuara tenor dan pandai berbicara. Sedangkan wanita kepria-priaan cenderung dikuasai oleh adrenalin dan persaingan. Saya menyebut kedua jenis ini Pria feminim dan wanita maskulin. Dan saya pernah menulis topik ini.
 
Begitu banyak orang tua yang merasa kecewa dan kehilangan kehormatan keluarganya karena memiliki anak yang menyimpang dari kodratnya. Saya heran.... mengapa mereka tidak membuka pikirannya dan mencari tahu penyebabnya ? Semoga mereka membaca tulisan saya dan menyadari kesalahannya, bahwa dosa membawa penyimpangan namun Tuhan datang  untuk menyembuhkan. Anda dan saya harus menyadai dan menerima bahwa ada penyimpangan  yang terjadi di dunia ini.

Salah satu film terbaik yang menceritakan penyimpangan kehidupan ini adalah Matrix. Film yang dibintangi Keanu Reves ini dibuat dalam tiga sequel. Namun sebenarnya ada sequel lainnya yang tidak muncul di bioskop karena bentuknya film animasi kartun. Saya yakin, anda akan bingung jika melihat seri pertama saja. Neo (Keanu Reves) didatangi oleh tiga orang yang tak dikenal dan menawarkan "kebenaran" dalam hidupnya. Syaratnya hanya satu, Neo tidak dapat kembali ke kehidupannya saat ini setelah mendengar kebenaran tersebut. Sequel pertama ini diakhiri dengan munculnya Mr. Smith yang kelak menjadi musuh bebuyutan Neo.

Seri kedua, Matrix:Reloaded, bercerita tentang pertemuan Neo dengan Oracle. Seseorang yang mengetahui masa depan dan membiarkan Neo menebak masa depannya sendiri. Oracle hanya mengarahkan namun tidak memberi jawaban.  Dan seri terakhir, Matrix:Revolution adalah perang besar Neo dengan Mr. Smith yang akan mengakhiri dunia mereka, dunia manusia Neo dan dunia mesin Mr. Smith. Pendeknya Matrix adalah film tentang peperangan manusia dengan mesin. Anda bisa mendownload film ini secara gratis karena saya juga sudah mengajarkan cara gratis download film bioskop.

Film Matrix

Matrix adalah dunia imajinatif yang dibuat oleh komputer super canggih namun masih memiliki bug atau error, yaitu Neo dan Mr. Smith. Neo sebagai virus baik sementara Mr. Smith sebagai virus perusaknya. Demikian dengan semua program komputer yang dibuat oleh manusia, selalu memiliki ruang error antara 3-5%. Kalo gak ada bug-nya, gak mungkin ada cheat travian, gak mungkin ada cheat pointblank, gak mungkin ada crack-crackan....he...he...he....

Jadi gimana nih ? Haruskah kita bersyukur karena adanya penyimpangan atau memaki-makinya ? Ya tergantung Pak Wapan. Kalau saya kebetulan dapet penyimpangan yang membawa berkah saya bersyukur sekali. Nek dapet penyimpangan yang membawa sengsara saya akan berdoa supaya diberikan kekuatan untuk melewatinya dengan hati bersukacita karena saya tahu pasti Happy Ending !

 

KESIMPULAN
Memang benar ada beberapa orang yang bisa cepat kaya, namun jauh lebih banyak yang baru kaya setelah bertahun-tahun bekerja keras. Anda harus menerima penyimpangan ini tanpa disertai dengan iri hati. Itulah anugerah Tuhan bagi mereka. Dan percayalah, Tuhan yang sama akan memberkati anda menurut cara dan waktu Tuhan sendiri.

Kerja keras adalah satu-satunya cara meraih kekayaan. Namun kerja keras bukanlah jaminan.  Ada banyak faktor yang tidak pernah bisa kita kontrol. Satu-satunya jaminan kita adalah iman kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Dia yang menciptakan kita tentunya Dia akan memelihara kita. Kebaikan Tuhan jauh melebihi cinta ibu kepada anaknya dan pengorbanan ayah kepada keluarganya. Masa ada orangtua yang tega kepada anaknya ? Masa ada Tuhan yang tega kepada ciptaanNya ?

Jika anda kaya mendadak....ingatlah itu adalah berkat Tuhan. Jika jalan menuju kekayaan anda seperti kebanyaan orang... ingatlah penyertaan Tuhan. Jika anda masih saja gak kaya-kaya... berarti anda apes ! Wakakakakakak...... !

Tentang Kematian dan Maknanya bagi kehidupan
Penyesalan selalu datang terlambat. Renungkan kembali prioritas utama hidup anda!

Share this content

ARTIKEL TERBARU

BISNIS ONLINE

SERI WIRASWASTA

PERENCANAAN KEUANGAN

ARTIKEL LEPAS